Latest News

Ini Hadits-Hadits Lailatul Qadar Terjadi Pada Malam 27 Ramadhan

 Namun ada yang lebih istimewa lagi yakni  Ini Hadits-Hadits Lailatul Qadar Terjadi pada Malam 27 Ramadhan
ilustrasi lailatul qadar (500px)

Seluruh malam Ramadhan ialah istimewa. Namun ada yang lebih istimewa lagi yakni 10 malam terakhir Ramadhan.

Dari 10 malam terakhir Ramadhan itu, ada yang lebih istimewa lagi yakni malam-malam ganjilnya. Dan dari malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir ramadhan, ada satu malam yang paling istimewa yakni malam 27 Ramadhan.






Mengapa 27 Ramadhan merupakan malam paling istimewa? Karena malam inilah yang seCaranya spesifik disebut sebagai tanggal terjadinya lailatul qadar.

Sedikitnya ada tiga hadits shahih yang menyebutkan lailatul qadar terjadi pada malam 27 Ramadhan.

قَالَ أُبَىٌّ وَاللَّهِ الَّذِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ إِنَّهَا لَفِى رَمَضَانَ – يَحْلِفُ مَا يَسْتَثْنِى – وَوَاللَّهِ إِنِّى لأَعْلَمُ أَىُّ لَيْلَةٍ هِىَ. هِىَ اللَّيْلَةُ الَّتِى أَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِقِيَامِهَا هِىَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِى صَبِيحَةِ يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لاَ شُعَاعَ لَهَا.

Ubay (bin Ka’ab) berkata, “Demi Allah yang tiada ilah kecuali Dia. Sesungguhnya dia (lailatul qadar) terjadi di bulan Ramadhan. Dan demi Allah bergotong-royong saya mengetahui malam itu. Ia ialah malam yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan saya untuk qiyamullail, yaitu malam ke-27. Dan sebagai tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit dengan cahaya putih yang sinarnya tidak menyilaukan.” (HR. Muslim)

قَالَ أُبَىٌّ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاللَّهِ إِنِّى لأَعْلَمُهَا وَأَكْثَرُ عِلْمِى هِىَ اللَّيْلَةُ الَّتِى أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِقِيَامِهَا هِىَ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ – وَإِنَّمَا شَكَّ شُعْبَةُ فِى هَذَا الْحَرْفِ – هِىَ اللَّيْلَةُ الَّتِى أَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.

Ubay (bin Ka’ab) berkata perihal lailatul qadar, “Demi Allah, bergotong-royong saya mengetahui bahwa dia (lailatul qadar) ialah malam yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk qiyamullail, yaitu malam ke-27.” Syu’bah (Keliru seorang perawi) ragu dengan kata “amarana” atau “amarana bihaa”. (HR. Muslim)





Dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ مُتَحَرِّيَهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِى لَيْلَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ

“Barangsiapa ingin mencarinya (lailatul qadar), hendaklah dia mencarinya pada malam ke-27” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, sebagian ulama menyakini bahwa lailatul qadar terjadi pada malam ke-27. Namun, jumhur ulama menjelaskan bahwa hadits tersebut hanya menyatakan bahwa lailatul qadar pernah terjadi pada malam ke-27. Adapun pada tahun-tahun lainnya, lailatul qadar tidak sanggup dipastikan apakah dia terjadi pada malam ke-21, malam ke-23, malam ke-25, malam ke-27 atau malam ke-29.

Baca juga: Zakat Fitrah

Hal itu sebagaimana klarifikasi Imam Nawawi rahimahullah: “Menurut para ulama, lailatul qadar itu berpindah-pindah setiap tahunnya. Kadang di malam ke-27, kadang di malam ke-23, atau sanggup jadi di malam ke-21, atau di malam lainnya. Inilah pendapat yang lebih sempurna dengan mengkompromikan banyak sekali dalil yang ada.”

Lepas dari tanggal berapa jatuhnya lailatul qadar tahun ini, mari perbanyak ibadah di malam-malam terakhir Ramadhan ini. Semoga Allah menganugerahi kita lailatul qadar. Allaahumma aamiin. [Muchlisin BK/Tarbiyah]







0 Response to "Ini Hadits-Hadits Lailatul Qadar Terjadi Pada Malam 27 Ramadhan"

Total Pageviews