JARINGAN KEILMUAN di NUSANTARA
Perkembangan forum pendidikan dan pengajaran di masjid-masjid kesultanan sangat ditentukan oleh sumbangan penguasa.sultan bukan saja mendanai kegiatan-kegiatan masjid,tetapi juga mendatangkan ulama,baik dari mancanegara,terutama timur tengah,maupun dari kalangan ulama pribumi sendiri.
Kerajaan samudera pasai mengalami kemunduran dalam bidang politik,tradisi keilmuan tetap berlanjut.samudera pasai terus berfungsi sebagai sentra studi islam di nusantara.
Kerajaan malaka dengan ulet melaksanakan pengajian dan pendidikan islam.hal itu terbuti dengan hasil berhasilnya kerajan ini dalam waktu singkat melaksanakan perubahan sikap dan konsepsi masyarakat terhadap agama,kebudayaan dan ilmu pengetahuan.karena perhatian kerajaan yang tinggi terhadap pendidikan islam,banyak ulama dari mancanegara yang tiba ke malaka,seperti afganistan,malabar,hindustan,arab.dari jawa contohnya sunan bonang dan sunan giri.
Di banten, fungsi istana sebagai forum pendidikan juga sangat mencolok. Bahkan pada masa ke 17, banten sudah menjadi sentra ilmu pengetahuan islam di pulau jawa.
Di palembang ,istana ( keraton) juga difungsikan sebagai pust sastra dan ilmu agama.banyak sultan palembang yang mendorong perkembangan intelektual keagamaan,seperti sultan ahmad najamuddin I dan sultan muhammad baha’uddin. Itu tercermin pada keberadaan perpustakaan keraton yang memiliki cukup lengkap dan rapi.
Berkembangnya pendidikan dan pengajaran islam, telah berhasil menyatukan wilayah nusantara yang sangat luas.dua hal yang mempercepat proses itu yaitu penggunaa huruf arab dan bahasa melayu sebagai bahasa pemersatu ( lingua franca).aksara arab itu disebut dengan banyak sebutan, mirip huruf jawi ( di melayu) dan huruf pengon (dijawa).
Berkembangnya pendidikan islam di istana-istana raja seolah menjadi pendorong munculnya pendidian dan pengajaran di masyarakat.setelah terbentuknya aneka macam ulama hasil didikan dari istana-istana,maka murid-muridnya melaksanakan pendidikan ke tingkatan yang lebih luas,dengan diangsungkannya pendidikan dirumah-rumah ulama untuk masyarakat umum.pelajaran yang diberikan terutama membaca al-quran ,menghafal ayat-ayat pendek,dan berguru bacaan salat lima waktu.
Di nusantara,masjid-masjid yang berada di pemukiman penduduk yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat menjalankan fungsi pendidikan dan pengajaran untuk masyarakat umum.tidak jarang diantaranya bermetamorfosis sebuah forum pendidikan yang cukup kompleks,seperti meunasah di aceh, suarau di minangkabau, tabrak di kalimantan dan pesantren di jawa.
AKULTURASI dan PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM
Hasil proses alkulturasi antara kebudayaan praislam dengan dengan dikala islam masuk tidak hanya berbentuk fisik kebendaan mirip seni bangunan,seni ukir/pahat, dan karya sastra tetapi juga menyangkut contoh hidup dan kebudayaan non fisik lainnya.
1. Seni bangunan
· Masjid dan menara
Seni bangunan yang menonjol yaitu masjid.fungsi utama dari masjid yaitu tempat beribadah bagi orang islam.
Cir-ciri bangunan masjid kuno di indonesia
Ø Atapnya berupa atap tumpang,yaitu atap yang bersusun,semakin ke atas semakin kecil dan tingkat yang paling atas berbentuk limas.jumlah tumpang biasanya ganjil dan tumpang satu disebut meru.puncak diatas tumpang disebut mustaka
Ø Tidak ada menara yang berfungsi untuk mengumandangkan adzan.untuk menandai waktu salat dengan memukul beduk. pada masjid kudus bentuk menaranya yang berbentuk sebuah candi langgam jawa timur yang telah di ubah dan diberi atap tumpang.masjid banten menara tambahannya dibentuk ibarat mencusuar.
Ø Masjid umumnya didirikan di ibu kota atau akrab istana kerajaan.ada juga masjid yang dipandang keramat yang dibangun diatas bukit atau akrab makam.
· Makam
Makam-makam yang terletak di tempat-tempat yang tinggi atau diatas bukit,menunjukan kesinambungan tradisi yang engandung unsur kepercayaan terhadap ruh-ruh nenek moyang dalam pengejawantahan pendirian pundek berundak megalitik.unsur seni bangunan keagamaan masih diteruskan pada masa tumbuh dan berkembangnya islam di indonesia melalui proses alkulturasi.makam-makam yang lokasinya di atas bukit,makam yang paling atas yaitu yang dianggap paling dihormati contohnya sunan gunung jati atau syarif hidayatullah di gunung sembung.dibagian teratas komppleks pemakaman imogir yaitu makam sultan agung hanyokrokusuma, di tempat datar di kota gede orang yang paling dihormati ditempatkan di tengah.makam walisongo biasanya diletakkan di cungkup .
2. Seni ukir
Waupun seni patung untuk menggambarkan makhluk hidup secara konkret tidak diperbolehkan.bakal tetapi,seni pahat atau seni ukir terus berkebang para seniman tidak ragu mengembangkan seni hias an seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan.kemudian muncul seni hias dengan arab atau kaligrafi.kalau terpksa ingin melukiskan makhluk hidup bakal disamarkan dengan aneka macam hiasan.
3. Aksara dan seni sastra
Abjad atau huruf-huruf arab sebagai abjad yang dipakai untuk menulis arab mulai dipakai di indonesia.
Ø Hikayat yaitu karyab sastra yang berisi dongeng sejarh ataupun dongeng.
Ø Babad yaitu mirip hikayat namun isinya tidak selalu menurut fakta, jadi isinya gabungan antara fakta sejarah,mitos,dan kepercayaan.
Ø Syair berasal dari perkataan arab untuk menamakan karya sastra berupa sajak-sajak yang terdiri atas empat baris setiap baitnya.
Ø Suluk merupakan karya sastra yang berupa kitab-kitab dan isinya yan menjelaskan soal-soal tasawufnya.
4. Kesenian
Menghasilkan kesenian bernafas islam yang bertujuan untuk mengembangkan anutan islam.
· Permainan debus yaitu tarian yang pada puncak program para penari menusukkan benda tajam ke tubuhnya tanpa meninggalkan luka.
· Seudati,sebuah tarian yang berasal dari aceh yang diamainkan oleh 8 orang sambil menyanyikan shakawat nabi.
· Wayang
5. Kalender
Pada pemerintahan umar bin khattab dia berusaha membenahi kalender islam yang ditetapkan 1H yaitu 14 september 622 M, sistem kalender itu juga besar lengan berkuasa di nusantara.yaitu kalender yang diciptakan oleh sultan agung,mengenai nama-nama bulan pada tahun saka contohnya bulan muharam diganti dengan sura dan ramadhan diganti dengan pasa.kalender dia dimulai tanggal 1 sura tahun 1555 jawa atau 8 agustus 1633.
PROSES INTEGRASI NUSANTARA
1) Peranan ulama dalam proses integrasi
Agama islam yang masuk dan berkembang di nusantara mengajarka kebersamaan dan mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama.islaa mengajarkan persamaan dan tidak mengenal kasta-kasta dalam kehidupan masyarakat.konsep anutan islam memunculkan sikap ke arah persatuan dan persamaan derajat.
2) Peran perdagangan antar pulau
Melalui acara pelayaran dan perdagangan antar pulau di indonesia berlangsung dari kawasan satu ke kawasan yang lain,bahkan antar negara satu dan negara lain.kegiatan pelayaran dan perdagangan pada umumnya berlansung dalam waktu yang lama.hal ini menjadikan pergaulan dan hubungan kebudayaan antara para pedagang dengan peduduk setempat.
3) Peran bahasa
Diperlukan satu bahasa yang menjadi bahsas mediator dan sanggup dimengerti oleh semua suku bangsa.jika tidak memiliki kesamaan bahasa,persatuan tidak bakal terjadi sebab diantara suku bangsa timbul kecurigaann dan prasangka lain.
Sumber :
Sejarah indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK semester 2
0 Response to "Ringkasan Bahan Sejarah"