Latest News

√50 Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Sd 2019 Dan Balasan (+Pdf)

Halo sobat, kembali lagi dengan admin soalprediksi.com. Dalam menunjang kebutuhan akan soal USBN yang sangat sedikit, terutama untuk jenjang SD SD. Di kesempatan kali ini admin akan memberikan latihan soal USBN bahasa indonesia SD terbaru 2019 dan kunci jawaban.
Bentuk soalnya yakni online dan PDF yang bisa sobat download secara gratis disini. Para kalangan menyerupai orang tua, guru, bahkan siswa pun bisa memakai teladan latihan soal USBN bahasa indonesia SD-nya sebagai materi pembelajaran menjelang USBN SD tahun fatwa 2018/2019 (yang akan berakhir sebentar lagi). 

Dan para guru bisa menggunakannya sebagai materi teladan dalam pembuatan USBN SD. Karena sebagaimana yang diketahui bahwa ketetapan soal USBN dibentuk oleh masing-masing forum menyerupai dinas pendidikan dan MGMP di wilayah domisili tersebut. 

Emm, bukan hanya SD doank sih ya. Melainkan MI (Madrasah Ibtidaiyah) pun bisa juga menggunakannya.

Alasannya berasal dari Ujian ini yang semula memakai istilah US/M (Ujian Sekolah/Madrasah). DAN pada tahun fatwa 2017/2018 kemarin sudah berganti nama menjadi USBN (SD). Perubahannya masih minor kok, menyerupai materi dan sebagainya tidak termasuk. Yang berubah menyerupai sudah disebutkan di atas, sistem pembuatan naskah soalnya saja.

Dan juga sebagai perhiasan BONUS, ada +1 prediksi soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan jawabannya. Silahkan di download :
  • Prediksi Soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan Kunci Jawaban, DOWNLOAD

√100 Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan Jawaban (+PDF)

 Dalam menunjang kebutuhan akan soal USBN yang sangat sedikit √50 Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan Jawaban (+PDF)

Materi USBN SD di mapel bahasa indonesia sudah terangkum lengkap pada kisi - kisi USBN bahasa indonesia SD KTSP/Kurikulum 2013 yang dibagikan pemerintah. Berikut ini rinciannya :  
  1. Makna kata, antonim, sinonim, memilih unsur teks
  2. Menentukan informasi, unsur intrinsik
  3. Menentukan kesalahan pengggunaan ejaan
Dan lain sebagainya yang bisa sobat cek disini : Kisi - Kisi USBN Bahasa Indonesia SD 2019, DOWNLOAD


Baiklah, itu saja sih informasi singkatnya. Berikut ini yakni √100 Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan Jawaban (+PDF). Selamat mengerjakan. 

Maaf, untuk copy paste guna kepentingan blog tidak diijinkan. Dan untuk lebih memudahkan sobat dalam proses pengerjaan, menimbang soal ini yang tergolong menguras waktu (karena banyaknya kata). Admin menyarankan mendownload file PDF ini terlebih dahulu.

√50 Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan Jawaban (+PDF), DOWNLOAD

1. Bacalah paragraf berikut!
(1) Burung maleo termasuk satwa endemik di Indonesia. (2) Endemik berarti binatang ini hanya bisa ditemukan di satu daerah. (3) Burung maleo hanya sanggup ditemukan di Pulau Sulawesi. (4) Burung ini paling banyak ditemukan di Kabupaten Donggala dan Luwuk Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai oleh nomor . . . . 

A. (1)
B. (2) 

C. (3) 
D. (4) 
Jawaban : A

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2–5! 


Sejak dua pekan terakhir, Malaysia mengeluh bahwa daerahnya diselimuti kabut asap yang berasal dari Indonesia. Kabut asap yang melanda negara itu disebabkan oleh kebakaran hutan di Provinsi Riau. Kondisi udara di sana semakin bertambah jelek setiap harinya. Pemerintah Malaysia pun mendesak pemerintah RI untuk segera menanggapi problem kabut asap ini.

Dalam pemberitaan disebutkan bahwa asap berasal dari pembakaran hutan. Peristiwa itu bukan tanggapan kebakaran hutan secara alami. Artinya, ada acara sekelompok orang yang diduga bermaksud membuka lahan dengan cara memperabukan hutan.

Bukan untuk pertama kalinya tragedi kabut asap dari Indonesia menyebar ke Malaysia. Pada tahun 1997–1998, indeks polusi udara pernah mencapai angka 860 tanggapan kebakaran hutan di Indonesia. Saat itu beberapa negara Asia Tenggara terkena dampaknya, menyerupai Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan sebagian tempat selatan Filipina dengan kerugian ekonomi yang ditimbulkan diperkirakan mencapai US$9,3 miliar.

(Sumber: www.bbc.co.uk dengan penyesuaian) 

2. Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut yakni . . . .
A. sudah dua pekan wilayah Malaysia diselimuti oleh kabut asap
B. pemerintah RI segera menanggapi problem kabut asap
C. dua pekan terakhir pemerintah Malaysia mengeluh
D. kondisi udara di Malaysia sangat buruk 

Jawaban : A

3. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua yakni . . .
A. Kebakaran hutan di Provinsi Riau terjadi secara alami. 

B. Kabut asap di Malaysia merupakan insiden tahunan.
C. Provinsi Riau merupakan daerah penghasil panas bumi.
D. Kebakaran hutan di Provinsi Riau terjadi lantaran ulah manusia. 

Jawaban : D

4. Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf ketiga yakni . . .
A. Kapan terakhir kali tragedi kabut asap dari Indonesia menimpa tempat Filipina?
B. Siapa yang diduga melaksanakan pembakaran hutan di Provinsi Riau pada 1997–1998? 

C. Berapa kerugian yang ditimbulkan tanggapan tragedi kabut asap dari Indonesia pada tahun 1997–1998?
D. Bagaimana kiprah pemerintah Indonesia dalam menanggulangi tragedi kabut asap pada tahun 1997–1998? 

Jawaban : C

5. Bagaimana kondisi udara di Malaysia tanggapan terbakarnya hutan di Indonesia?
A. semakin bertambah jelek setiap harinya
B. hanya berdampak pada terbatasnya jarak pandang
C. menjadi higienis lantaran ada proses penyaringan secara alami
D. sangat mengkhawatirkan sehingga tidak memungkinkan untuk kehidupan 

Jawaban : A

6. Bacalah paragraf berikut!
Minum susu setiap hari merupakan kebiasaan yang baik. Susu sanggup memenuhi kebutuhan protein dan kalsium badan manusia. Susu juga baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu bermanfaat untuk menguatkan tulang dan mencegah gigi berlubang. Kebiasaan minum susu sebaiknya dimulai semenjak usia dini. Jika ketika usia bawah umur sudah terbiasa minum susu, tidak menutup kemungkinan kebiasaan tersebut akan terbawa sampai dewasa.

Berdasarkan paragraf tersebut, kebaikan yang diperoleh kalau membiasakan diri minum susu yakni . . .
A. Tubuh akan menerima protein, kalsium, dan vitamin 
D dalam jumlah yang berlebih. 
B. Kebutuhan protein dan kalsium di dalam badan terpenuhi dan tulang menjadi kuat. 
C. Tubuh sanggup bergerak aktif dan energik ketika usia anak-anak.
D. Tubuh menjadi sehat dan bugar sesudah bangkit tidur. 

Jawaban : B

7. Bacalah paragraf berikut!
Tanaman obat keluarga (toga) sudah mulai jarang dibudidayakan. Namun, bagi sebagian orang, setiap keluarga perlu membudidayakan toga. Bibit toga gampang didapatkan. Bibit toga berupa tumbuhan rimpang sanggup diperoleh dari bahan-bahan memasak, contohnya jahe, kunyit, dan kencur. Tanaman rimpang tersebut sanggup dikembangbiakkan dengan cara yang mudah, yaitu hanya dengan menanam rimpang yang sudah cukup tua. Selain tumbuhan rimpang, tumbuhan menjalar menyerupai sirih juga gampang didapatkan. Sirih tidak ditanam memakai bibit, melainkan memakai setek batang yang sudah renta dan berakar ditancapkan ke dalam tanah.

Berikut disediakan tabel berisi informasi penting menurut paragraf tersebut. 



Informasi yang sempurna untuk melengkapi penggalan (a), (b), dan (c) yakni . . . . 
A. (a) menjalar, (b) sirih, dan (c) setek batang
B. (a) rimpang, (b) kunyit, dan (c) setek batang 

C. (a) menjalar, (b) jahe, dan (c) cara menanam 
D. (a) rimpang, (b) sirih, dan (c) cara menanam 
Jawaban : D

8. Sawah dan ladang gagal panen lantaran kekurangan air.
Antonim kata gagal pada kalimat di atas yakni . . . .
A. kurang
B. macet 

C. berhasil 
D. berlimpah 
Jawaban : C

9. Bacalah percakapan berikut!
Cici : Ketut, apakah kau sudah menciptakan kiprah laporan buku? Ketut : Iya sudah.
Cici : Kamu menciptakan laporan buku perihal apa?
Ketut : Aku menciptakan laporan buku perihal pencegahan penyakit jantung. Kalau kamu? Cici : Kalau saya buku perihal fungsi dan jenis masakan sehat.
Topik percakapan tersebut yakni . . . . 

A. penyelesaian kiprah laporan buku
B. kiprah kelompok Bahasa Indonesia
C. diskusi perihal isi kiprah laporan buku
D. pembagian kiprah menciptakan laporan buku 

Jawaban : C

10. Perhatikan iklan berikut! 




Es krim yummy dengan rasa vanila dan cokelat. “Gold Monas” kaya gizi dan rasa.
Kalimat yang sesuai dengan isi iklan yakni . . .
A. Kamu bisa menikmati es krim mini dengan rasa durian.
B. Es krim jumbo dengan rasa vanila dan cokelat. 

C. Rasa es krim Gold Monas manis dan segar.
D. Es krim Gold Monas yummy dan bergizi! 

Jawaban : D

11. Bacalah laporan berikut!
Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, binatang ini yakni pekerja yang ulet. Kerbau sanggup bekerja membajak sawah seharian penuh. Kerbau merupakan binatang sangkar yang terbesar. Ia mempunyai tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang dekat kepada seorang anak sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia mengamuk ataupun berontak. Kerbau sanggup hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya sanggup lebih santai tanpa harus rasa takut kehilangan.
Isi laporan hasil pengamatan tersebut yakni . . . .
A. masakan kesukaan kerbau
B. ukuran badan kerbau 

C. tingkah laris kerbau 
D. tugas-tugas kerbau 
Jawaban : C

Bacalah paragraf arahan berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
Yunus akan menanam bibit buah mangga indramayu. Yunus harus melewati beberapa tahap penanaman bibit mangga. Proses penanaman bibit mangga diawali dengan cara mencangkok batang pohon mangga yang sudah tua. Langkah selanjutnya, mempersiapkan lahan dengan cara menggemburkan tanah. Setelah itu, Yunus menciptakan lubang-lubang di tanah untuk menanam bibit mangga. Jarak antara lubang satu dengan lubang yang lain sejauh dua meter.

12. Tanggapan yang sesuai dengan paragraf arahan tersebut yakni . . .
A. Penanaman bibit pohon mangga yang dilakukan Yunus berbeda dengan cara penanaman yang dilakukan petani mangga pada umumnya, yaitu dengan mencangkok batang.
B. Setelah melaksanakan penanaman bibit mangga, Yunus sebaiknya melaksanakan perawatan dan pemeliharaan tumbuhan dengan cara disiram dan dipupuk.
C. Persiapan lahan yang dilakukan oleh Yunus melewatkan proses perataan tanah sehingga akan memengaruhi proses penanaman bibit buah mangga.
D. Buah mangga harus dilestarikan oleh masyarakat orisinil Indramayu biar tetap menjadi tumbuhan khas daerah tersebut. 

Jawaban : B

13. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf arahan tersebut yakni . . .
A. Buah mangga sanggup diolah menjadi manisan yang segar dan nikmat. 

B. Yunus menggemburkan tanah sebelum melaksanakan penanaman bibit. 
C. Yunus membeli bibit mangga di koperasi pertanian.
D. Buah mangga sanggup diolah menjadi aneka camilan. 

Jawaban : B

14. Bacalah paragraf arahan berikut!
Menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban setiap anggota masyarakat. Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan anggota masyarakat lainnya. Melaksanakan kewajiban menjaga kebersihan sanggup memelihara korelasi antarmasyarakat. Menjaga kebersihan lingkungan berarti menghargai hak orang lain untuk mendapatkan kenyamanan tinggal di lingkungan tersebut. Oleh lantaran itu, diharapkan sikap peduli, tanggung jawab, dan tenggang rasa untuk mewujudkan ketenteraman di lingkungan masyarakat.

Makna kata bercetak tebal pada paragraf tersebut yakni . . . .
A. mengetahui hal yang baik dan jelek bagi diri sendiri dan orang lain
B. memperhatikan keperluan dan kepentingan orang lain
C. menghargai dan menghormati perbedaan orang lain
D. menghargai dan menghormati perasaan orang lain 

Jawaban : B

15. Bacalah teks mekanisme berikut!
Prosedur membersihkan akuarium.
1. Pindahkan ikan-ikan ke dalam bak.
2. Keluarkan semua air dari dalam akuarium.
3. Bersihkan kotoran dan lumut.
4. Bilas dan isi dengan air bersih.
5. Masukkan kembali ikan ke dalam akuarium.

Pernyataan yang sesuai dengan teks mekanisme tersebut yakni . . . 
A. Ikan dikeluarkan sebelum dibersihkan.
B. Air higienis yang disediakan harus banyak.
C. Bak yang dijadikan tempat ikan diisi makanan. 

D. Lumut dan kotoran dipindahkan ke dalam bak. 
Jawaban : A

16. Bacalah teks pidato berikut!
Kami ucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami selama enam tahun dengan penuh kesabaran. Selama enam tahun ini, kami tentu saja tidak lepas dari kesalahan dan kenakalan. Kami mohon maaf atas sikap yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru sekalian. Kami juga minta maaf kalau kami pernah mengecewakan bapak dan ibu guru. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih dengan setulus hati. Pelajaran dan perhatian yang telah bapak dan ibu guru berikan kepada kami akan sangat bermanfaat untuk masa depan kami. Doakan kami selalu ulet berguru biar sanggup meraih cita-cita.

Isi teks pidato tersebut yakni . . . .
A. permohonan maaf dan ucapan terima kasih siswa kepada guru lantaran telah mengajarkan ilmu yang bermanfaat
B. ungkapan kebahagiaan dan pujian guru terhadap prestasi siswa yang telah membanggakan sekolah
C. permintaan maaf guru kepada warga sekolah kalau selama mengajar telah melaksanakan kesalahan
D. ucapan terima kasih guru kepada siswa lantaran telah mengikuti pelajaran dengan rajin dan tekun 

Jawaban : A

17. Bacalah paragraf berikut!

Keluarga Herman sangat baik. Mereka tinggal di Desa Mekarsari. Ketika ada tetangga yang mengalami kesulitan, mereka selalu membantu. Mereka membantu tetangga- tetangganya dengan ikhlas. Mereka tidak pernah mengharapkan balas budi dari tetangga- tetangga yang dibantunya.
Jenis paragraf tersebut yakni . . . .
A. eksposisi
B. deskripsi 

C. persuasi 
D. narasi 
Jawaban : D

18. Bacalah ilustrasi berikut!
Ayah bermaksud membeli perabotan ukir dari Jepara. Toko perabotan tersebut beralamat di Jalan Mawar nomor 3 dengan nomor telepon 4440441. Ayah bermaksud menghadiahkan perabotan itu untuk abang yang tinggal di Bandung. Alamat rumah abang di Jalan Nuri nomor 7 dengan nomor telepon 751157. Kode telepon wilayah Jepara 0291 dan Bandung 022. 

Untuk pemesanan perabot di Jepara, nomor telepon yang harus dihubungi yakni . . . .
A. 022-4440441
B. 022-751157 

C. 0291-751157 
D. 0291-4440441 
Jawaban : D

19. Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!

Teks 1
Rabu, 8 Oktober 2014, sempurna pukul 02.30 terjadi kebakaran hebat di Gang Garuda. Kebakaran ini dengan cepat menghanguskan ratusan rumah beserta isinya. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Penyebab kebakaran ini diduga tanggapan korsleting listrik.

Teks 2
Minggu kemudian terjadi kebakaran di dekat rumahku. Dua rumah tetanggaku hangus terbakar. Kebakaran terjadi lantaran ledakan tabung gas dari salah satu rumah. Meskipun tidak ada korban jiwa, terdapat dua korban terluka cukup parah dan ketika ini sedang dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Persamaan isi kedua teks tersebut yakni . . .
A. Pemaparan jumlah korban luka tanggapan insiden kebakaran.
B. Pengaruh insiden kebakaran terhadap kondisi jiwa korban. 

C. Peristiwa kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah.
D. Laporan pengamatan terhadap penyebab dan solusi tragedi alam kebakaran. 

Jawaban : C

20. Bacalah pantun berikut!
Ke hulu menciptakan pagar
Jangan terpotong batang durian
Cari guru tempat berguru
Supaya jangan sesal kemudian

Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut yakni . . .
A. Kita harus berakal menciptakan pagar untuk mencegah pencuri. 

B. Kita harus rajin berguru biar tidak menyesal di kemudian hari.
C. Agar tidak menyesal di kemudian hari, kita harus berakal menciptakan pagar.
D. Selain berguru menciptakan pagar, kita harus berakal memotong batang durian. 

Jawaban : B

Bacalah dongeng rakyat berikut untuk menjawab soal nomor 21–23!
Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka yakni Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Pipit. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamerkan diri kepada Burung Pipit. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memamerkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.

Burung Pipit sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, Burung Pipit pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu Burung Pipit menghibur anaknya.

Suatu hari, Burung Pipit berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman- temannya, tetapi tidak ada satu pun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di rumah Pak Tani, Burung Pipit melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka pun meratapi kesombongannya.

21. Watak tokoh Burung Murai Batu dalam dongeng tersebut yakni . . . .
A. penyabar
B. tinggi hati 

C. rendah hati 
D. keras kepala 
Jawaban : B

22. Amanat yang sanggup kita peroleh dari dongeng tersebut yakni . . .
A. Kita dihentikan memamerkan kekurangan kita.
B. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
C. Kita dihentikan menyombongkan kelebihan yang kita miliki. 

D. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan. 
Jawaban : C

23. Latar dongeng rakyat tersebut yakni . . . .
A. desa
B. kota 

C. hutan 
D. gunung 
Jawaban : C

Bacalah dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 25!
Kebo Iwa mempunyai badan yang besar dan hobi makan. Kebo Iwa akan mengamuk ketika merasa lapar. Kebo Iwa sanggup merusak segala sesuatu yang ada di sekitarnya, menyerupai tanaman, pagar, sampai rumah penduduk. Jika Kebo Iwa sudah mengamuk, tidak ada orang yang sanggup menghentikannya, kecuali kalau orang-orang memberikan masakan dalam jumlah banyak.

Penduduk semakin gundah terhadap sifat Kebo Iwa yang pemarah. Jika Kebo Iwa terus marah, materi masakan penduduk akan habis untuk memenuhi kebutuhan makan Kebo Iwa saja. Akhirnya, penduduk memberi syarat kepada Kebo Iwa. Kebo Iwa harus bekerja keras terlebih dahulu kalau ingin mendapatkan masakan yang banyak. Kebo Iwa pun mau mendapatkan syarat tersebut. Kebo Iwa pun mulai bekerja membangun rumah penduduk yang telah dirusaknya dengan rajin. Sebagai imbalannya, Kebo Iwa mendapatkan masakan yang banyak dan yummy dari penduduk yang sudah dibantunya.

24. Tema dongeng tersebut yakni . . .
A. kesabaran
B. kerja keras 

C. keras kepala 
D. kepahlawanan 
Jawaban : B

25. Maksud pernyataan yang bercetak miring dalam dongeng tersebut yakni . . .
A. Penduduk tidak sanggup memenuhi kebutuhan makan untuk keluarganya, kalau materi masakan yang ada dimakan oleh Kebo Iwa.
B. Bahan masakan penduduk tidak akan habis, meskipun Kebo Iwa terus-menerus meminta makan.
C. Kebo Iwa menghabiskan seluruh materi masakan penduduk yang berbuat usil kepada Kebo Iwa.
D. Kebo Iwa memaksa biar semua penduduk memenuhi kebutuhan makannya sehari- hari.

Jawaban : A

Bacalah dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 26 dan 27!
Bel selesai pelajaran berbunyi nyaring, tanda waktu sekolah telah usai. Sandi dan Arif mengemasi buku dan alat tulisnya sambil membicarakan perihal liburan semester ganjil. Mereka mempunyai rencana liburan masing-masing. Mereka asyik berbincang sambil berjalan menuju tempat parkir sepeda. Arif gres ingat kalau hari ini ia tidak membawa sepeda. Arif pun berniat untuk pulang jalan kaki.

Saat Arif hendak berpamitan kepada Sandi untuk pulang terlebih dahulu, Sandi mengajak Arif untuk pulang bersama. Hari ini Sandi membawa sepeda. Sandi ingin memberi tumpangan kepada Arif, lantaran rumah Arif dan rumah Sandi satu arah. Awalnya Arif menolak usulan Sandi lantaran akan merepotkan. Sandi meyakinkan Arif dan berkata, “Tidak ada yang merasa direpotkan kalau kita berniat untuk membantu teman. Ayo, Rif, ikut saja denganku!” Arif pun bersedia ikut dan mengucapkan terima kasih kepada Sandi.

26. Sikap yang sanggup diteladani dari tokoh Sandi dalam dongeng tersebut yakni . . . .
A. setia mitra membantu sobat yang sedang kesulitan
B. menghargai sobat yang sedang tidak membawa sepeda
C. hirau tak hirau terhadap keadaan sobat yang sedang kesulitan
D. mau memberi pertolongan kepada sobat yang meminta bantuan 

Jawaban : A

27. Hal yang terjadi kalau Arif membawa sepeda yakni . . .
A. Arif memperlihatkan untuk membonceng dan mengantarkan Sandi pulang ke rumah memakai sepeda.
B. Arif tidak perlu berjalan kaki lantaran ia akan dibonceng Sandi memakai sepeda pulang ke rumah.
C. Sandi tidak perlu memperlihatkan untuk membonceng Arif lantaran Arif pulang dengan berjalan kaki.
D. Arif bisa pulang bersama Sandi memakai sepeda masing-masing. 

Jawaban : D

28. Bacalah dongeng berikut!
Di sebuah hutan rimba, seorang pemburu mencari jejak seekor singa. Di jalan, pemburu tersebut bertemu dengan seorang kakek pencari kayu. Pemburu tersebut bertanya, “Apa kakek tahu di mana sarang singa?” Kakek pun menjawab, “Aku tidak hanya tahu di mana singa itu bersarang. Aku bahkan bisa melihat dengan terperinci di mana kini singa itu berada.”

Wajah sang pemburu bermetamorfosis pucat sampai giginya berbunyi. Ia pun menjawab,”Tidak, terima kasih, saya tidak meminta semua itu, saya hanya mencari jejak kakinya, bukan singanya.” Pencari kayu itu pun senang lantaran sanggup menyelamatkan singa yang termasuk binatang langka dari kejaran pemburu.

Nilai moral positif yang terkandung dalam dongeng tersebut yakni . . . . 
A. lindungilah binatang langka
B. jangan takut apabila tidak merasa bersalah
C. bersikap santunlah kepada orang yang lebih renta
D. walaupun sudah dibohongi, tetaplah yakin pada tujuan 

Jawaban : A

29. Bacalah cuplikan dongeng berikut!
Saat hari Senin tiba, Dira berangkat sekolah terburu-buru. Dia khawatir tiba terlambat, lantaran hari itu ia akan upacara bendera. Dira pun lupa sarapan. Padahal, Dira mempunyai penyakit mag. Ketika mengikuti upacara bendera, Dira merasa nyeri pada penggalan perutnya. Dia juga merasa pusing. Penyakit mag Dira kambuh. Sahabatnya, Fitrah, mengetahui keadaan Dira. Akhirnya, Fitrah mengantarkan Dira ke UKS. Dira pun beristirahat di sana.

Kesimpulan isi dongeng anak tersebut yakni . . .
A. Penyakit mag Dira kambuh ketika mengikuti upacara bendera. 

B. Dira tidak mengikuti upacara bendera lantaran terlambat.
C. Dira mengantarkan Fitrah untuk beristirahat di UKS.

D. Karena terburu-buru, Fitrah tidak sempat sarapan. 
Jawaban : A

Bacalah syair berikut untuk menjawab soal nomor 30 dan 31!
Sebelumnya tak pernah kurasa pilu
Saat tak kuingat masa kemudian
Tapi kini sesudah semua berlalu
Betapa saya tertunduk aib
Tak sempat kubalas semua pemberianmu Tak sempat kutunjukkan pengabdianku Maafkan aku, Ibu

30. Maksud syair tersebut yakni . . . .
A. Penyesalan anak lantaran tak sempat membalas budi kepada ibunya. 

B. Perilaku anak yang sering menyakiti hati ibunya.
C. Harapan anak apabila bertemu dengan ibunya. 

D. Keinginan anak untuk membahagiakan ibunya. 
Jawaban : A

31. Makna kata yang bercetak miring yakni . . . .
A. belasungkawa
B. sangat sedih 

C. bahagia 
D. sakit 
Jawaban : B

32. Perhatikan percakapan rumpang berikut!
Ujang : No, nanti kau les Matematika, kan? 

Seno : Iya. Kamu berangkat pukul berapa, Jang?
Ujang : . . .
Seno : Oke, kalau begitu kita berangkat bareng, yuk! 

Ujang : Baiklah! Aku tunggu di tempat biasa, ya!
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi percakapan tersebut yakni . . .
A. Wah, maaf, No, sebelum les saya mau jemput adikku terlebih dahulu. 

B. Yuk, kita berangkat les gotong royong sambil mengendarai sepeda.
C. Aku berangkat dengan mengendarai sepeda. 

D. Aku berangkat pukul setengah empat sore. 
Jawaban : D

33. Perhatikan petunjuk memakai DVD player berikut.
1. Tekan tombol power.
2. Colokkan steker ke stopkontak.
3. Tekan tombol open-close untuk membuka.
4. Tekan tombol play.
5. Tekan tombol open-close untuk menutup.
6. Masukkan keping DVD.
Urutan memakai DVD player yang sempurna yakni . . . . 

A. 1–2–4–3–5–6
B. 2–1–6–3–5–4 

C. 2–1–3–6–5–4 
D. 1–2–4–3–5–6 
Jawaban : C

34. Perhatikan petunjuk acak berikut!
(1) Jika masih tercium aroma amis, lumuri sedikit parutan nanas pada daging itu. 

(2) Tusukkan potongan-potongan daging tersebut ke tusuk satai.
(3) Cuci higienis daging sapi terlebih dahulu.
(4) Diamkan selama 10 menit, kemudian potong-potong kecil daging. 

(5) Setelah selesai ditusukkan, lumuri daging satai dengan kecap. 
(6) Bakarlah daging tersebut di atas arang sekitar 10–15 menit.
(7) Setelah warna daging kecokelatan, angkat dan sajikan dengan kecap serta sambal.

(8) Satai daging sapi pun siap dinikmati.
Urutan petunjuk cara menciptakan satai sapi yakni . . . . 

A. (3)–(1)–(4)–(5)–(6)–(2)–(7)–(8)
B. (3)–(4)–(1)–(5)–(6)–(2)–(7)–(8)

C. (3)–(1)–(4)–(2)–(5)–(6)–(7)–(8) 
D. (3)–(2)–(1)–(4)–(6)–(5)–(7)–(8) 
Jawaban : C

35. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Saat banjir melanda Kota Jakarta, ratusan warga menjadi korban. Banyak orang kehilangan tempat tinggal dan beberapa sekolah terendam banjir. Tak terkecuali perkantoran. Beberapa  . . dan peralatan kantor lainnya hanyut terbawa banjir.
Istilah yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut yakni . . . . 

A. gedung
B. dokumen 

C. saluran 
D. ruangan 
Jawaban : B

36. Perhatikan pantun rumpang berikut!
Anak ayam berpuluh-puluh
Buat barisan di tepi jalan 

. . . .
. . . .
Isian yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut yakni . . . . 

A. Sebagai alat penerangan jalan
Malam hari pancarkan sinar
B. Tuntut ilmu bersungguh-sungguh
Sebagai bekal hari kemudian
C. Pakai baju jangan lusuh
Pakai celana jangan kedodoran
D. Obat ini sangat ampuh
Dijual di pinggir trotoar 

Jawaban : B

37. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Upaya untuk mengembangk an energi alternatif dilakuk an melalui banyak sekali program. Pemerintah sedang menyebarkan pemanfaatan energi alternatif ramah lingkungan dengan biaya yang minim. Salah satu energi alternatif yang dikembangkan yakni . . . biogas yang berasal dari kotoran ternak. Keuntungan dari energi alternatif ini mencakup materi yang gampang didapat, ramah lingkungan, aman, ekonomis, dan sanggup mengurangi ketergantungan terhadap elpiji.

Kata baku yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yakni . . . . 

A. energi
B. enerjik 

C. energik 
D. enerji 
Jawaban : A

38. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Mi lethek merupakan jenis mi berwarna kecokelatan yang bentuknya menyerupai soun. 

(2) Bahkan, beberapa restoran menyajikan mi lethek sebagai sajian spesial.
(3) Di daerah Yogyakarta, mi lethek sangat terkenal.
(4) Kata “lethek” berasal dari bahasa Jawa yang artinya ‘kusam’.

Urutan kalimat yang sempurna biar menjadi paragraf padu yakni . . . . 

A. (1)–(2)–(3)–(4)
B. (1)–(4)–(3)–(2) 

C. (1)–(3)–(4)–(2) 
D. (1)–(4)–(2)–(3) 
Jawaban : B

39. Perhatikan gambar berikut!



Kalimat iklan yang sempurna untuk gambar tersebut yakni . . .
A. Belanja di koperasi, harga lebih dekat dan kualitas terjamin!
B. Beli pensil bisa di koperasi sekolah! 

C. Koperasi sekolah, memang juaranya! 
D. Jangan ragu, barang niscaya baru! 
Jawaban : A

40. Perhatikan paragraf laporan rumpang berikut!
Pedagang yang berjualan di Pasar Baru Bekasi beraneka ragam, di antaranya pedagang sayuran, pakaian, sepatu-sandal, dan emas. Setiap pedagang menyewa satu kios di pasar. Terkecuali bagi pedagang sayuran yang semuanya menjajakan barang dagangan mereka di lapak yang telah disediakan oleh pemerintah di lantai dasar Pasar Baru Sumber Alami. Pasar tersebut tidak kotor lantaran para pedagang bertanggung jawab membersihkan tempat mereka setiap selesai berjualan. Jika tidak, mereka dikenakan denda sebesar Rp50.000,00. Setiap pedagang yang berjualan di pasar ini dikenakan biaya sewa kios yang relatif murah, yakni Rp3.000.000,00 per bulan. Setiap pedagang di pasar tersebut mempunyai kartu tanda pedagang. . . . .

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi laporan tersebut yakni . . .
A. Pasar Baru Sumber Alami merupakan salah satu pasar yang mempunyai hukum terperinci dan tertib.
B. Para pedagang di Pasar Baru Sumber Alami cukup banyak yang tidak mematuhi hukum di pasar tersebut.
C. Jika belum mempunyai kartu ini, mereka harus melapor untuk memperoleh izin berjualan di pasar tersebut.
D. Jika mereka telat membayar biaya uang sewa kios, mereka diberi kesempatan untuk melunasi dengan perpanjangan waktu selama empat hari. 

Jawaban : C

41. Perhatikan gambar berikut!




Deskripsi yang sempurna untuk gambar tersebut yakni . . .
A. Hewan tersebut merupakan binatang piaraan. Makanan binatang tersebut yakni buah-buahan.
B. Hewan tersebut berjalan sangat lambat. Hewan tersebut biasanya dimanfaatkan dagingnya untuk dimakan.
C. Tenaga binatang tersebut sangat kuat. Tidak hanya bisa menahan beban berat, binatang tersebut juga bisa bertahan di padang pasir.
D. Hewan tersebut berkaki empat dan sanggup berlari kencang. Hewan tersebut juga mempunyai tenaga yang besar lengan berkuasa sehingga sanggup dijadikan alat transportasi. 

Jawaban : D

42. Bacalah laporan acak berikut!
(1) Arca tersebut merupakan peninggalan pada zaman megalitik. 

(2) Di penggalan depan museum terdapat ikon berupa patung gajah.
(3) Selain arca, masih ada banyak koleksi lain, contohnya perunggu dari zaman paleometalik. (4) Arca tersebut juga memperlihatkan peninggalan agama Hindu dan Buddha.
(5) Ketika memasuki museum, terlihat banyak koleksi arca.

Susunan kalimat pada laporan tersebut biar menjadi paragraf yang padu yakni . . . 

A. (2)–(5)–(4)–(1)–(3)
B. (2)–(5)–(1)–(4)–(3) 

C. (5)–(2)–(4)–(1)–(3) 
D. (5)–(4)–(3)–(2)–(1) 
Jawaban : B

Bacalah teks pidato rumpang berikut untuk menjawab soal nomor 43 dan 44!
Para warga RW 15 yang saya hormati, acara bakti sosial yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali dalam setahun semenjak tahun 2010 ini merupakan acara kerja khusus dari Karang Taruna Amanah di lingkungan RW 15. Program kerja ini wajib di laksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Saya pun berharap biar acara ini sanggup dilaksanakan rutin setahun dua kali dan berjalan lancar. Selain itu, melalui acara ini diharapkan juga sanggup menumbuhkan jiwa sosial kita semua. . . .

43. Kalimat undangan yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut yakni . . .
A. Oleh lantaran itu, marilah kita gotong royong mendukung acara bakti sosial ini biar terselenggara dengan rutin dan lancar.
B. Oleh alasannya yakni itu, sudah menjadi kewajiban kita sebagai penggalan dari warga RW 15 untuk mempunyai jiwa sosial.
C. Maka dari itu, ayo kita bersatu padu biar kerukunan warga RW 15 tetap terjaga dan korelasi silaturahmi terjalin dengan baik.
D. Dengan kata lain, saya mengajak para warga RW 15 untuk senantiasa terjun pribadi dalam penyelenggaraan acara ini. 

Jawaban : A

44. Perbaikan ejaan pada kalimat yang bergaris bawah yakni . . .
A. Program kerja ini wajib di laksanakan sesuai dengan waktu yang di tentukan.

B. Program kerja ini wajib dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
C. Program kerja ini wajib di laksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

D. Program kerja ini wajib dilaksanakan sesuai dengan waktu yang di tentukan. 
Jawaban : B

45. Kalimat dengan penggunaan ungkapan yang sempurna yakni . . .
A. Kemarin, si jago merah melalap habis sebuah pondok kecil di bantaran sungai dekat rumahku.
B. Soal ujian kali ini sangat sulit, tetapi saya pantang mengalah mengerjakannya sampai selesai.
C. Romi berjuang untuk mendapatkan beasiswa ke sekolah unggulan dan menciptakan orang tuanya bangga.
D. Nina duduk di teras rumah menikmati udara sore hari sambil bertopang dagu dan membayangkan cita-citanya. 

Jawaban : A

46. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Budi berjalan di pematang sawah sambil menikmati semilir udara yang sejuk.

(2) Pagi itu, matahari bersinar terang dan langit cerah tanpa awan.
(3) Di bawah pohon mangga, ia berhenti dan mulai mengeluarkan perlengkapan melukisnya.
(4) Langkahnya pelan menuju pohon mangga yang rindang.

Urutan yang sempurna biar kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu yakni . . . .

A. (2)–(1)–(3)–(4)
B. (2)–(1)–(4)–(3) 

C. (1)–(2)–(3)–(4) 
D. (1)–(3)–(4)–(2) 
Jawaban : B

47. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Tersedia dingklik dan arena bermain untuk para pengunjung taman. 

(2) Pada pagi hari, udara di taman kota tersebut sangat sejuk dan segar.
(3) Di dekat arena bermain terdapat kolam yang dihias dengan lampu taman.
(4) Selain itu, terdapat beberapa tempat sampah di setiap sisi taman sehingga kebersihan taman tetap terjaga.
(5) Taman kota itu mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan banyak sekali jenis tumbuhan hias. 


Urutan kalimat yang sempurna biar menjadi paragraf deskripsi yakni . . . .

A. (5)–(1)–(3)–(2)–(4)
B. (5)–(3)–(2)–(4)–(1)

C. (5)–(2)–(1)–(3)–(4) 
D. (5)–(4)–(1)–(2)–(3) 
Jawaban : C

48. Bacalah paragraf berikut!
Dalam upaya menjaga lingkungan hidup, pemerintah telah melaksanakan banyak sekali program, di antaranya mengirim informasi perihal lingkungan hidup melalui media umum dan penanaman pohon kapuk untuk mencegah banjir di banyak sekali lokasi. Pemerintah bekerja sama dengan pihak sponsor juga memprakarsai pengumpulan botol kemasan bekas dengan membelinya dari pemulung.

Penggunaan kata yang salah dalam paragraf tersebut yakni . . . . 

A. memprakarsai
B. mengirim 

C. sponsor 
D. media 
Jawaban : B

49. Bacalah paragraf berikut!
Pada hari Senin tanggal 3 Oktober 2016, sekolah mengadakan upacara bendera. Upacara dilaksanakan pada pukul 07.30 dan selesai pada pukul 08.30. Pembina upacara ketika itu yakni Pak Joko, guru Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Menyambut Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2016, Pak Joko memberikan pesan yang berisi perihal semangat membela tanah air.

Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat bercetak miring yakni . . .
A. Pembina upacara ketika itu yakni Pak Joko, guru Ilmu Pengetahuan Sosial (ips). 

B. Pembina upacara ketika itu yakni Pak Joko, guru ilmu pengetahuan sosial (ips). 
C. Pembina upacara ketika itu yakni Pak Joko, guru ilmu pengetahuan sosial (IPS).
D. Pembina Upacara ketika itu yakni Pak Joko, guru ilmu pengetahuan sosial (IPS). 

Jawaban : C

50. Bacalah paragraf berikut!
Kelompok Joni menerima kiprah mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesudah pulang sekolah pada hari Sabtu. Pasar tersebut berada di pinggir jalan. Mereka para pedagang memperhatikan ikan-ikan dagangannya yang meletakkan di dekat jalan raya. Akibatnya, jalan menjadi macet, becek, dan menjadikan basi amis.

Perbaikan tata kalimat yang sempurna pada kalimat bercetak miring yakni . . .
A. Mereka memperhatikan para pedagang yang meletakkan ikan-ikan dagangannya di dekat jalan raya.
B. Para pedagang memperhatikan mereka yang meletakkan dagangannya ikan-ikan di dekat jalan raya.
C. Ikan-ikan dagangannya mereka memperhatikan para pedagang yang meletakkan di dekat jalan raya.
D. Para pedagang yang meletakkan ikan-ikan dagangannya di dekat jalan raya mereka memperhatikan.

Jawaban : A

Demikian artikel tentang √50 Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD 2019 dan Jawaban (+PDF). Semoga bermanfaat untuk orang tua, guru, dan siswa.

0 Response to "√50 Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Sd 2019 Dan Balasan (+Pdf)"

Total Pageviews