Hai sobat, di kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal usbn ipa SD terbaru 2019 yang sudah disertai kunci jawaban. Bukan hanya pola soal usbn IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dalam bentuk online yang selalu di prioritaskan di blog Soal Prediksi ini, melainkan juga ada file PDF yang diletakkan di selesai artikel yang sanggup teman download secara gratis.
USBN IPA SD meliputi keseluruhan materi yang pernah diajarkan kepada para penerima didik di semester sebelumnya. Materinya tentu sudah tidak luput dari hal itu. Dengan rinkasannya yang terdiri dari :
- Hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya, pelestarian lingkungan
- fungsi potongan tubug, dasar hidup hewan, alat gerak dan fungsinya
- sistem pernapasan, sifat benda, perubahan wujud benda
- jenis gaya, energi alternatif
- sumber daya alam
Dan lain sebagainya yang sanggup teman download pada link berikut ini : kisi - kisi USBN IPA SD 2018/2019, DOWNLOAD
√ 100 Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SD 2019 (+PDF)
Mata ujian IPA berbeda dengan mapel lainnya yang membutuhkan hafalan materi serta penerapan dari materi tersebut. Pembuatan pola soal USBN IPA SD ini pun juga dilandasi dari hal itu. Diharapkan para guru sanggup menggunakannya sebijak mungkin.
Karena bukan hal yang mustahil bahwa latihan soal di bawah ini bakal diujikan pada tahun mendatang. Mengingat keseluruhan butir soal sudah diadaptasi dengan kisi - kisi USBN IPA di atas.
#Sebagai perhiasan bonus, disini admin mempunyai 1+ perhiasan prediksi soal USBN IPA SD 2019. Silahkan di download :
#Sebagai perhiasan bonus, disini admin mempunyai 1+ perhiasan prediksi soal USBN IPA SD 2019. Silahkan di download :
- Prediksi Soal USBN IPA SD 2019, DOWNLOAD
Baiklah, itu saja sih warta singkatnya. berikut ini adalah √ 100 Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SD 2019 (+PDF). Selamat mengerjakan. OH IYA, tidak boleh copy paste untuk di posting ulang pada blog sobat.
+ Untuk lebih memudahkan dalam proses pembelajaran. Silahkan download file PDF soal ini terlebih dahulu..
+ Untuk lebih memudahkan dalam proses pembelajaran. Silahkan download file PDF soal ini terlebih dahulu..
√ 80 Latihan Soal USBN Matematika SD 2019 dan Jawaban (+pdf), DOWNLOAD
1. Ikan kerapu mempunyai bentuk kulit yang ibarat dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi ciri khusus tersebut yaitu . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah binatang lain menjadi benalu di tubuhnya
Jawaban : A
2. Perhatikan gambar-gambar binatang berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua binatang tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
Jawaban : D
3. Perhatikan rantai kuliner berikut!
Makhluk hidup yang sempurna untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai kuliner tersebut yaitu . . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
Jawaban : B
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut yaitu . . . .
A. ikan badut akan memakan benalu yang melekat pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapat kuliner dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon bahari dirugikan alasannya yaitu ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapat kuliner dari anemon laut, sedangkan anemon bahari diuntungkan alasannya yaitu benalu yang melekat dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon bahari sanggup menimbulkan kematian pada anemon alasannya yaitu anak ikan badut memakan anemon
Jawaban : A
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas adventif, yaitu . . . .
Jawaban : D
6. Kupu-kupu mencari kuliner di lingkungan yang mempunyai flora dengan bunga bermekaran.
Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya yaitu . . . .
A. bentuk lisan mirip jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk lisan mirip belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap mirip mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
Jawaban : B
7. Melestarikan hutan bakau di daerah pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau mempunyai kegunaan untuk . . . .
A. mengurangi imbas erosi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor dikala ekspresi dominan hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
Jawaban : A
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di daerah perkotaan yaitu . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan kanal air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di sentra kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
Jawaban : B
9. Manfaat batang tebu bagi insan yaitu . . . .
A. materi baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. materi baku pembuat atap rumah
D. materi baku pembuatan sampan
Jawaban : A
10. Perhatikan denah daur hidup binatang berikut!
Tahapan metamorfosis binatang yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : D
11. Perhatikan gambar rangka insan di samping!
Jenis sendi yang terdapat pada potongan badan yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
Jawaban : C
12. Fungsi potongan indera pendengaran yang ditunjuk anak panah pada gambar di samping yaitu . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke indera pendengaran potongan dalam
Jawaban : D
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di samping!
Fungsi potongan yang ditunjuk oleh X yaitu . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. kanal keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru x
Jawaban : C
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah yaitu . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
Jawaban : B
15. Fungsi ginjal insan yaitu . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
Jawaban : B
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang sempurna yaitu . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Jawaban : D
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang sempurna yaitu . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban : C
18. Halaman pada buku renta biasanya ringkih dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang menimbulkan pelapukan
B. acara basil pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang melekat pada kertas
D. kertas yang sudah tergoda usia akan menghasilkan bercak hitam
Jawaban : A
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di potongan permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut yaitu . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
Jawaban : D
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut yaitu . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. menciptakan bola membisu menjadi bergerak
Jawaban : D
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut dikala dipakai yaitu . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
Jawaban : A
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama yaitu . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban : D
23. Berikut yang menawarkan acara yang memakai energi alternatif dalam kehidupan sehari- hari yaitu . . . .
Jawaban : D
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menawarkan sikap. . . .
A. menghemat energi listrik sesudah menonton televisi
B. mengurangi polusi bunyi dikala menonton televisi
C. waspada terhadap ancaman kebakaran
D. menjaga ruangan biar tetap gelap
Jawaban : A
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibentuk bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibentuk bercelah yaitu untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung dikala terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada ekspresi dominan hujan
Jawaban : B
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas yaitu . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
Jawaban : D
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada kejadian . . . .
A. ibu menjemur pakaian dikala cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
Jawaban : A
28. Benda berikut yang sanggup meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. beling dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
Jawaban : B
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang mempunyai senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
Jawaban : A
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menawarkan salah satu sifat cahaya, yaitu sanggup . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
Jawaban : B
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam yaitu . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
Jawaban : C
32. Perhatikan gambar di samping!
Agar batang besi sanggup menjadi magnet, sifat magnet sanggup diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
Jawaban : B
33. Rambut dari binatang tersebut sanggup dimanfaatkan untuk materi baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
Jawaban : C
34. Contoh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. watu bara, singkong, dan air
Jawaban : B
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus yaitu . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
Jawaban : B
36. Dampak ekspresi dominan kemarau yang panjang akhir pemanasan global terhadap daur air yaitu . . . .
A. perubahan ekspresi dominan menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan bahari
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
Jawaban : D
37. Waktu yang diharapkan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu menimbulkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jikalau dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air bahari
D. gerhana Bulan sebagian
Jawaban : A
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan dikala terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar . . . .
Jawaban : D
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut yaitu . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
Jawaban : A
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
Jawaban : D
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SD 2019 PDF, DOWNLOAD
Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SD 2019 (Online+PDF). Semoga bermanfaat..
0 Response to "Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Ipa Sd 2019 (Online+Pdf)"