MATA PELAJARAN EKONOMI (PEMINATAN)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas : X (SEPULUH)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
KI 3 | : | Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humanior adengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
KI 4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mensyukuri sumberdaya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan 1.2 Mengamalkan pedoman agama dalam memanfaatkan produk bank dan forum keuangan bukan bank serta dalam pengelolaan koperasi 2.1 Bersikap jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli, kreatif,mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi 2.2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjakeras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melaksanakan acara ekonomi | |||||
3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi 4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi | Konsep Ekonomi · Pengertian Ilmu ekonomi · Pembagian Ilmu ekonomi · Prinsip ekonomi | Mengamati: Membaca pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber belajar yang relevan Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi Mengeksplorasi: Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber yang relevan Mengasosiasi : Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menciptakan kekerabatan antara pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi Mengomunikasikan: hasil analisis dan selesai tentang konsep dasar ilmu ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan) | Tes tertulis: Menilai kemampuan kognitif wacana konsep ekonomi dalam bentuk objektif dan uraian Unjuk kerja : Menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan konsep ilmu ekonomi Penilaian produk : Menilai laporan dan materi presentasi wacana konsep ilmu ekonomi Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 2 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media massa cetak/ elektronik |
3.2 Menganalisis persoalan ekonomi dan cara mengatasinya 4.2 Melaporkan hasil analisis persoalan ekonomi dan cara mengatasinya | Masalah Ekonomi dan cara mengatasinya · Inti persoalan ekonomi/Kelangkaan · Pilihan · Biaya peluang · Skala prioritas · Pengelolaan keuangan · Permasalahan pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) · Sistem ekonomi | Mengamati : Membaca tentang inti persoalan ekonomi/kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa), dengan memakai sistem ekonomi yang berlaku dari berbagai sumber belajar yang relevan Menanya: Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan inti persoalan ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan memakai sistem ekonomi yang berlaku Mengeksplorasi: Mengumpulkan data/informasi wacana inti persoalan ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan memakai sistem ekonomi yang berlaku dari berbagai sumber yang relevan. Mengasosiasi : Menganalisis isu dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait dan memilih kekerabatan antara inti persoalan ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi untuk mendapatkan selesai dan membuat planning pemecahan persoalan ekonomi Mengomunikasikan: hasil analisis dan selesai masalah ekonomi dan cara mengatasinya dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan) | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana persoalan ekonomi dan cara mengatasinya dalam bentuk objektif dan uraian. Unjuk kerja : Menilai kemampuan diskusi/presentasi laporan hasil analisis persoalan ekonomi dan cara mengatasinya Penilaian produk : Menilai hasil pembuatan kiprah menyusun skala prioritas kebutuhan dan pengelolaan keuangan Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 4 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media massa cetak/ elektronik |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
3.3 Menganalisis kiprah pelaku acara ekonomi 4.3 Menyajikan kiprah pelaku acara ekonomi | Pelaku Kegiatan Ekonomi · Pelaku-pelaku acara ekonomi :Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri. · Peran pelaku acara ekonomi · Model diagram interaksi antar pelaku ekonomi/ circulair flow diagram | Mengamati: Pelaku-pelaku acara ekonomi (Rumah Tangga Konsumsi, Rumah Tangga Produksi, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri), kiprah pelaku acara ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/circulair flow diagram dari berbagai sumber belajar yang relevan Menanya: Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pelaku-pelaku acara ekonomi (Rumah Tangga Konsumsi, Rumah Tangga Produksi, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri), kiprah pelaku acara ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/ circulair flow diagram Mengeksplorasi: Mengumpulkan data/informasi tentang pelaku-pelaku acara ekonomi, kiprah pelaku acara ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/circulair flow diagram dari berbagai sumber belajar yang relevan Mengasosiasi: Menganalisis isu dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait serta memilih kekerabatan antara pelaku-pelaku acara ekonomi, Peran pelaku acara ekonomi, Model diagram interaksi pelaku ekonomi/ circulair flow diagram untuk mendapatkan simpulan wacana peran pelaku acara ekonomi Mengomunikasikan hasil analisis dan selesai tentang kiprah pelaku acara ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan) | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana kiprah pelaku acara ekonomi dalam bentuk objektif dan uraian: Unjuk kerja: Menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan kiprah pelaku acara ekonomi Penilaian produk: Menilai laporan dan materi presentasi wacana kiprah pelaku acara ekonomi dan model diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram) Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 3 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media cetak/elektronik · Narasumber · Bila | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.4 Mendeskripsikan konsep pasar dan terbentuknya harga pasar dalam perekonomian 4.4 Melakukan penelitian wacana pasar dan terbentuknya harga pasar dalam perekonomian | Pasar dalam perekonomian · Pengertian pasar · Peran pasar dalam perekonomian · Bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya Permintaan dan penawaran · Pengertian undangan dan penawaran · Faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran · Kurva undangan dan penawaran · Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) · Hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya · Proses terbentuknya harga keseimbangan · Pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas · Faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran | Mengamati: Membaca peran pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran dari berbagai sumber belajar. Menanya: Mengajukan pertanyaan : kiprah pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran. Mengeksplorasi: Mengumpulkan data/informasi tentang peran pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran dari beberapa sumber yang relevan Mengasosiasi : Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menciptakan kekerabatan tentang peran pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran. Mengomunikasikan Menyampaikan hasil analisis dan selesai dalam berbagai bentuk media serta melaporkan hasil penelitian wacana kiprah pasar dan terbentuknya harga pasar dalam perekonomian | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana pasar dalam acara perekonomian dalam bentuk objektif dan uraian: Penilaian projek : Menilai kiprah melaksanakan penelitian sederhana wacana kiprah pasar dalam perekonomian Penilaian produk : Menilai laporan hasil penelitian sederhana wacana kiprah pasar dalam perekonomian Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 6 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media cetak/elektronik · Bila memungkinkan sanggup mengakses data dari internet, contoh: /search?q=konsep-dasar-struktur-pasar-dalam |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.5 Mendeskripsikan bank, forum keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral 4.5. Menyajikan kiprah dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas jasa Keuangan (OJK) dan Bank Sentral | Mengamati: pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank jenis, prinsip acara usaha, dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Menanya: bertanya dan berdiskusi untuk mendapat penjelasan wacana pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank, jenis, prinsip acara usaha, dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK Mengeksplorasi: mengumpulkan data/informasi pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank jenis, prinsip acara usaha, dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Mengasosiasi : menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank jenis, prinsip acara usaha, dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK berdasarkan data/informasi yang sudah dikumpulkan Mengomunikasikan: Laporan dan mempresentasikannya dalam bentuk verbal dan goresan pena wacana kiprah dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, serta kiprah dan fungsi bank sentral dan OJK | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana bank dan forum keuangan bukan bank dalam bentuk objektif dan uraian Unjuk kerja : Menilai kemampuan mendemontrasikan fungsi dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral Penilaian produk : Menilai laporan dan materi presentasi wacana kiprah dan produk bank dan forum keuangan bukan bank | 6 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media cetak/elektronik · www.ojk.go.id · www.idx.co.id · Undang-undang No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 Tahun 2004 junto No. 6 Tahun 2009 wacana BI · Undang-undang No.21 tahun 2011 wacana OJK · Undang-undang No. 10 Tahun 1998 wacana Perbankan · Undang-undang No. 21 Tahun 2008 wacana Perbankan Syariah |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.6 Mendeskripsikan sistem pembayaran dan alat pembayaran 4.6 Menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran | Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran · Pengertian Sistem Pembayaran · Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran · Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia Uang · Sejarah uang · Pengertian uang · Fungsi, jenis dan syarat uang · Unsur pengaman uang rupiah · Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia Alat pembayaran nontunai · Jenis-jenis alat pembayaran nontunai | Mengamati: pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Menanya: bertanya dan berdiskusi untuk mendapat penjelasan tentang pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai. Mengeksplorasi: mengumpulkan data/informasi wacana pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Mengasosiasi: menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya wacana pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai menurut data/informasi yang sudah dikumpulkan Mengomunikasikan laporan dalam bentuk verbal dan tulisan, mempresentasikannya, serta mensimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran di depan kelas. | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam bentuk objektif dan uraian Unjuk kerja: Menilai kemampuan menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran (sikap dan keterampilan) Penilaian produk : Menilai laporan dan materi penyajian wacana sistem pembayaran dan alat pembayaran Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 4 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media cetak/elektronik · Undang-undang Republik Indonesia No. 7 tahun 2011 Tentang Mata Uang · Peraturan Bank Indonesia No.6 /14/PBI/2004 tanggal 22 Juni 2004 tentang Pengeluaran, Pengedaran, Pencxabutan, Penarikan dan Pemusnahan Uang Rupiah · Peraturan Dewan Gubernur No.6/7PDG/2004 tanggal 22 Juni 2004 wacana Manajemen Pengedaran Uang · Surat Edaran Intern No.7/84/INTERN tanggal 28 Oktober 2005 wacana petunjuk Pelaksana Pengeluaran Uang Rupiah Baru |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.7 Mendeskripsikan konsep manajemen 4.7 Menerapkan konsep manajemen dalam acara sekolah | Manajemen · Pengertian administrasi · Fungsi-fungsi manajemen · Unsur-unsur manajemen · Bidang-bidang manajemen · Penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah | Mengamati : Membaca pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Menanya: Mengajukan pertanyaan pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah Mengeksplorasi mengumpulkan data/informasi wacana pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Mengasosiasi menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta memilih hubungannya tentang pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah menurut data/informasi yang sudah dikumpulkan Mengomunikasikan Menyampaikan laporan wacana rancangan penerapan teori administrasi dalam acara sekolah dan mempresentasikannya dalam bentuk goresan pena dan lisan | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana hakikat administrasi dalam bentuk objektif dan uraian. Penilaian projek : Menilai kemampuan mempraktikan teori administrasi dalam acara sekolah (sikap, keterampilan) Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 3 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media cetak/elektronik |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.8 Mendeskripsikan konsep koperasi dan pengelolaan koperasi 4.8 Menerapkan konsep koperasi dan pengelolaan koperasi | Koperasi · Pengertian koperasi · Asas koperasi · Prinsip-prinsip koperasi · Tujuan koperasi · Jenis-jenis koperasi · Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi Pengelolaan koperasi · Peran koperasi · Perangkat organisasi koperasi · Sumber permodalan koperasi · Prosedur pendirian koperasi | Mengamati Membaca pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi, peran koperasi, perangkat organisasi koperasi, sumber permodalan koperasi, dan mekanisme pendirian koperasi dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Menanya: Mengajukan pertanyaan pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi, peran koperasi, perangkat organisasi koperasi, sumber permodalan koperasi, dan mekanisme pendirian koperasi Mengeksplorasi: Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi. peran koperasi sekolah, perangkat organisasi koperasi sekolah, sumber permodalan koperasi sekolah, dan mekanisme pendirian koperasi sekolah dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan Mengasosiasi: Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi, peran koperasi, perangkat organisasi koperasi, sumber permodalan koperasi, dan mekanisme pendirian koperasi menurut data/informasi yang sudah dikumpulkan Mengomunikasikan rencana penerapan konsep koperasi dalam praktik pengelolaan Koperasi Siswa (KOPSIS) | Tes tertulis : Menilai kemampuan kognitif wacana hakikat koperasi dalam bentuk objektif dan uraian: Penilaian projek : Menilai kemampuan dalam mempraktikan pengelolaan koperasi sekolah melalui KOPSIS. Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran | 6 x 3 JP | · Buku paket ekonomi Kemendikbud · Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan · Media cetak/elektronik · Undang-undang No.17 Tahun 2012 wacana Perkoperasian · Keputusan Bersama Menteri Koperasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negeri No.SKB 125/M/KPTS/X/1984, No.0447/U/1984, dan No. 71 tahun 1984 wacana pelatihan dan pengembangan koperasi sekolah. |
0 Response to "Download Rpp Ekonomi Sma 2013"