Latest News

Materi Komplit Biologi Lingkungan


MATERI Komplit BIOLOGI
LINGKUNGAN
A. KESEIMBANGAN LINGKUNGAN
a)      Konsep Keseimbangan Lingkungan
Keseimbangan lingkungan yakni kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun aCaranya insan dalam menjaga kestabilan kehidupannya.keseimbangan lingkungan merupakan keseimbangan yg dinamis yaitu keseimbangan yg sanggup mengalami perubahan, tetapi perubahan ini bersifat menjaga keseimbangan komponen-komponennya dan tidak menghilangkan suatu komponen tertentu.
Lingkungan dikatakan seimbang Jika diantara komponen biotik dan abiotiknya berada dalam komposisi yg proposional dan stabil.lingkungan yg seimbang memiliki daya dukung lingkungan yg maksimal.daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan dalam mendukung kehidupan banyak sekali makhluk hidup di dalamnya.
Perlu diketahui bahwa keseimbangan lingkungan tidaklah stabil. Pergesran keseimbangan ini terjadi tanggapan adanya penurunan dan kenaikann populasi banyak sekali komponen biotik ( binatang dan tumbuhan) di dalamnya serta perubahan komponen abiotik. Jika terjadi gangguan, seCaranya alami lingkungan bakal melaksanakan perbaikan diri menuju keseimbangan lagi lantaran adanya daya lentinng lingkungan. Daya lenting lingkungan yakni kemampuan lingkungan untuk pulih kembali pada keadaan seimbang Jika mengalami perubahan atau gangguan. Bakal tetapi,jika perubahan atau gangguaterganggu.ebihi daya lentingnya,lingkungan tidak lagi seimbang atau dikatakan mengalami kerusakan lingkungan.

b)     Faktor yg megakibatkan perubahan lingkungan
1. faktor alam, antara lain gempa bumi,gunung meletus,gelombang tsunami,tanah longsor, banjir, angin angin kencang dan kemarau panjang.
2. faktor manusia,antara lain pembakaran dan penebangan hutan, pembangunan industri dan pemukiman, penambangan seCaranya liar, sistem pertanian monokultur dan pencemaran lingkunan contohnya tanggapan pengguanaan pestisida dan pupuk kimia berlebihan.
B.PENCEMARAN LINGKUNGAN
            Pencemaran lingkungan yakni masuknya atau dimasukannya makhluk hidup,zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan insan sehingga kualitasnya turun hingga ke tingkat tertentu yg mengakibatkan lingkungan hidup tidak sanggup berfungsi sesuai ke tingkat tertentu yg mengakibatkan lingkungan hidup tidak sanggup berfungsi sesuai peruntukanya. Bahan penyebab pencemaran disebut polutan.suatu zat disebut polutan apabila jumlahnya melebihi batas normal , berada pada tempat tidak semestinya, dan berada pada waktu yg tidak tepat.
            Berdasarkan lokasi yg tercemar, pencemaran lingkungan dibedakan menjadi pencemaran air,pencemaran udara,dan pencemaran tanah.
1.Pencemaran air
Pencemarn air yaitu ,masuknya makhluk hidup atau zat lain ke dalam air oleh kegiatan insan sehingga kualitas air turun hingga ke tingkat tertentu dan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan kegunaannya.
Sumber pencemaran sanggup berupa limbah rumah tangga,limbah pertanian,limbah industri dan limbah pertambangan.
a. limbah rumah tangga
Limbah rumah tangga sanggup berupa limbah organik ( sisa materi makanan, tinja,dan urine ) limbah eanorganik (plastik, kertas,dan kaca) serta limbah detergen. Limbah organik yg mencemari perairan menimbulkan terhalangnya cahanya matahari untuk masuk ke perairan sehingga mengganggu aCaranya fotosintesis fitoplankton dalam air.
b. limbah pertanian
            Limbah dari kegiatan pertanian berupa pupuk kimia dan pestisida. Kelebihan pupuk di lahan pertanian bakal tercuci oleh hujan dan masuk ke terusan irigasi,sungai, dan danau, sehingga mengakibatkan peningkatan unsur hara di tubuh perairan yg disebut eutrofikasi. Peningkatan unsur hara mengakibatkan terjadinya blooming yaitu pertumbuhan ganggang atau eceng gondok seCaranya cepat sehingga menutup permukaan air.permukaan air yg tertutup ganggang atau eceng gondok bakal menghambat masuknya cahaya matahari ke dalam perairan dan menurunkan oksigen terlarut di air. Akibatnya banyak organisme air yg mati kekurangan oksigen.
Proses terjadinya eutrofikasi sebagai berikut masuknya nutrien ke dalam perairan bakal memacu pertumbuhan tumbuhan air dan bila pertumbuhannya massal bakal mengubah karakteristik biologi perairan peningkatan kadar nutrien dan zat organik bakal menimbulkan perpindahan status trofik dari oligotrofik atau minim zat hara menjadi autotrofik atau kaya zat hara di tengah perairan masak eceng gondok berkumpul dan membuat problem ekologis dengan menghalangi sinar matahari hingga ke dasar terhalangnya sinar matahari hingga ke dasar danau mengakibatkan produsen tidak sanggup berfotosintesis sehingga produsen bakal mati produsen yg mati bakal diurai oleh basil dan membutuhkan banyak oksigen untuk mengurainya sehingga bakal terjadi kondisi anoksis atau defisiensi oksigen kondisi tersebut sanggup mengakibatkan simpulan hidup ikan. akar eceng gondok sanggup menghambat lancarnya arus air sehingga pMaknakel yg bisa terbawa fatwa air pada alhasil jatuh ke bawah dan terjadilah pendangkalan.
c)limbah industri
 limbah yg berasal dari pupuk
Industri limbah industri sanggup berupa logam berat contohnya cadmium, merkuri ,timbal dan seng arsenat ,krom, timah, benzena serta karbon tetraklorida.zat-zat tersebut sanggup merusak organ tubuh insan bahkan beberapa diantaranya merupakan penyebab kanker.
 d) limbah pertambangan di maritim terutama disebabkan oleh limbah pertambangan minyak lepas pantai dan kebocoran kapal tanker yg mengangkut minyak setiap tahun diperkirakan jumlah kebocoran dan tumpahan minyak dari kapal tanker ke maritim mencapai 3,9 juta ton hingga 6,6 juta ton tumpahan minyak merusak kehidupan di maritim diantaranya burung maritim dan ikan. minyak yg tertempel pada bulu burung dan insan sanggup mengakibatkan simpulan hidup hewan-hewan tersebut,adanya pencemaran dalam perairan sanggup diketahui melalui uji kimia kualitas air beberapa parameter kimia kualitas air mencakup BOD, COD,DO dan PH.
a)BOD
jumlah oksigen terlarut yg diharapkan oleh mikroorganisme dalam air untuk menguraikan materi organik. nilai BOD diperoleh dari selisih oksigen terlarut awal dengan oksigen terlarut simpulan semakin besar nilai BOD tingkat pencemaran air semakin tinggi
b)COD
Merupakan jumlah Oksigen yg diharapkan untuk mengurangi seluruh materi organik yg terkandung dalam air melalui reaksi kimia
c)DO
Adalah kadar oksigen terlarut dalam air penurunan DO sanggup diakibatkan oleh pencemaran air yg mengandung materi organik sehingga mengakibatkan organisme air terganggu.semakin kecil nilai DO tingkat pencemaran air semakin tinggi.
d)pH
PH yakni ukuran keasamaan suatu perairan,air higienis memiliki PH 6,5 hingga 7,5 air dengan PH yg lebih kecil dari PH normal bakal bersifat asam sedangkan air yg memiliki ph lebih dari PH normal bakal bersifat basa.perubahan PH air tergantung pada polutan air tersebut. air yg memiliki ph lebih kecil atau lebih besar dari kisaran PH normal tidak sesuai dengan kehidupan mikroorganisme
2) pencemaran udara
Pencemaran udara yakni adanya materi atau zat absurd di udara yg menimbulkan perubahan susunan atau komposisi udara dari keadaan normalnya. sumber pencemaran udara di setiap wilayah atau daerah berbeda-beda,sumber utama pencemaran udara berasal dari kendaraan bermotor,kegiatan rumah tangga,dan industri.dampak pencemaran udara dapat  berskala mikro maupun makro.pada skala mikro atau lokal pencemaran udara berdampak pada kesehatan insan contohnya Udara yg tercemar gas karbon monoksida Jika terhirup seseorang bakal menimbulkan keracunan dan Jika orang tersebut terlambat ditolong sanggup menimbulkan kematian.dampak pencemaran udara berskala makro contohnya fenomena hujan asam dalam skala regional sedangkan dalam skala global yakni imbas rumah beling dan penipisan lapisan ozon.
a) imbas rumah kaca
Merupakan tanda-tanda peningkatan suhu di permukaan bumi yg terjadi lantaran meningkatnya CO2 atau karbondioksida di atmosfer. tanda-tanda ini disebut imbas rumah beling lantaran diumpamakan dengan fenomena yg terjadi di rumah kaca, pada rumah beling sinar matahari sanggup dengan Mudah masuk ke dalamnya sebagian sinar matahari tersebut digunakan oleh tumbuhan dan sebagian lagi dipantulkan kembali ke arah kaca. sinar yg dipantulkan ini tidak sanggup keluar dari rumah beling sehingga rumah beling menjadi panas .di bumi radiasi panas yg berasal dari matahari ke bumi diumpamakan menyerupai menembus rumah kaca.radiasi panas tersebut ditentukan oleh benda-benda yg berada di permukaan bumi ke ruang angkasa.radiasi panas yg dipantulkan kembali ke ruang angkasa merupakan radiasi inframerah. sebagian radiasi inframerah panas yg paling penting di atmosfer yakni h2o dan co2 ,seperti beling dalam rumah beling h2o dan co2 tidak sanggup menyerap seluruh keadaan inilah yg mengakibatkan suhu di permukaan bumi meningkat disebut dengan pemanasan global atau global warning .kenaikan suhu mengakibatkan mencairnya gunung es di Kutub Utara dan Selatan kondisi ini menimbulkan naiknya permukaan air maritim sehingga mengakibatkan banyak sekali kota dan wilayah pinggir maritim bakal tenggelam. sedangkan daerah yg kering menjadi semakin kering.efek rumah beling menimbulkan perubahan iklim contohnya kekeringan atau curah hujan yg tinggi di banyak sekali tempat sehingga mensugesti produktivitas budidaya pertanian peternakan perikanan dan kehidupan manusia.
b) hujan asam
Gas welirang oksida SOx terdiri atas gas so2 ,so3 yg keduanya memiliki sifat yg berbeda. gas so2 berbau tajam dan tidak Mudah terbakar ,sedangkan gas so3 bersifat sangat reaktif. gas so3 Mudah bereaksi dengan uap air yg ada di udara untuk membentuk asam sulfat atau H2 so4 asam sulfat ini sangat reaktif Mudah bereaksi atau memakan benda-benda lain yg menimbulkan kerusakan menyerupai proses pengkaratan atau korosi dan proses kimiawi lainnya. konsentrasi gas so2 di udara  bakal mulai terdeteksi oleh indra insan atau tercium baunya makalah konsentrasinya berkisar antara 0,3 hingga 1 PPM .gas buangan hasil pembakaran pada umumnya mengandung gas so2 lebih banyak daripada gas so3. jadi dalam hal ini yg mayoritas yakni gas so2 Namun demikian gas tersebut bakal bertemu dengan oksigen yg ada di udara dan kemudian membentuk gas so3 melalui reaksi air bakal bereaksi dengan gas so2 sehingga membentuk asam sulfat udara yg mengandung uap air juga bakal bereaksi dengan gas so3 membentuk asam sulfat reaksi antara gas so3 dengan uap air yg terdapat di udara bakal membentuk asam sulfit maupun asam sulfat. Apabila asam sulfat dan asam sulfat turun ke bumi bahu-membahu dengan jatuhnya hujan terjadi lah apa yg dikenal dengan acid rain atau hujan asam. hujan asam sangat merugikan lantaran sanggup merusak tumbuhan maupun kesuburan tanah hujan asam juga menimbulkan berkaratnya benda-benda yg terbuat dari logam contohnya jembatan dan rel kereta api serta rusaknya banyak sekali bangunan. Selain itu hujan asam juga mengakibatkan menurunnya pH tanah, sungai dan danau sehingga mensugesti kehidupan organisme tanah dan air serta kesehatan manusia.
c) penipisan lapisan ozon
Lapisan ozon atau O3 yakni Lapisan gas yg menyelimuti bumi pada ketinggian kurang lebih 30 km di atas bumi.lapisan ozon terdapat pada lapisan atmosfer yg disebut stratosfer.lapisan ozon ini berfungsi menahan 99% radiasi sinar ultraviolet atau UV yg dipancarkan matahari.gas CFC atau chloro fluoro carbon yg berasal dari produk aerosol atau gas penyemprot mesin pendingin dan proses pembuatan plastik atau karet busa ,jika hingga ke lapisan stratosfer bakal berikatan dengan Ozon CFC yg berikatan dengan Ozon mengakibatkan terurainya molekul Ozon sehingga terjadi kerusakan lapisan ozon berupa penipisan lapisan ozon. penipisan lapisan ozon yg membentuk lubang bakal mengurangi fungsi lapisan ozon sebagai penahan sinar UV .sinar UV yg hingga ke bumi bakal mengakibatkan kerusakan pada kehidupan di Bumi kerusakan tersebut antara lain gangguan kesehatan insan menyerupai kanker kulit terutama untuk orang yg berkulit putih dan kerusakan mata atau katarak, gangguan pada rantai masakan di maritim ,serta kerusakan tumbuhan budidaya ,pertanian dan perkebunan.
3) pencemaran tanah
Pencemaran tanah yakni masuknya zat zat pencemar ke dalam tanah baik seCaranya pribadi maupun tidak pribadi atau melalui air dan udara pencemaran tanah berasal dari limbah rumah tangga, kegiatan pertanian dan pertambangan.

a). limbah rumah tangga
Keliru satu limbah rumah tangga yakni sampah. dalam jumlah banyak menyerupai di kota-kota besar berperan besar dalam pencemaran tanah. tanah yg mengandung sampah di atasnya bakal menjadi tempat hidup banyak sekali basil penyebab penyakit. pencemaran oleh basil dan polutan lainnya dari sampah bakal mengurangi kualitas air tanah .air tanah yg menurun kualitasnya sanggup terlihat dari perubahan fisiknya perubahan fisik contohnya berbau ,berwarna dan berasa bahkan terhadap terdapat lapisan menyerupai minyak. beberapa jenis sampah menyerupai plastik dan Logam sulit terurai sehingga besar lengan berkuasa pada kemampuan tanah menyerap air.

b). limbah pertanian
Dalam kegiatan pupuk buatan zat kimia pemberantas hama atau pestisida dan pemberantas tumbuhan pengganggu atau herbisida sanggup mencemari tanah. Penggunaan pupuk buatan seCaranya berlebihan mengakibatkan tanah menjadi asam yg selanjutnya besar lengan berkuasa terhadap produktivitas tanaman. tumbuhan menjadi layu berkurang produksinya dan alhasil mati. pencemaran tanah oleh pestisida dan herbisida terjadi Saat dilakukan penyemprotan ,sisa-sisa penyemprotan tersebut bakal terbawa oleh air hujan dan alhasil mengendap di tanah. pestisida  dan herbisida memiliki sifat sulit terurai dan sanggup bertahan usang di dalam tanah. residu pestisida dan herbisida ini membahayakan kehidupan organisme tanah contohnya residu pestisida DDT atau dikloro difenil trikloroetana sanggup membunuh mikroorganisme yg sangat penting bagi proses pembusukan sehingga kesuburan tanah terganggu. tanah yg tercemar pupuk buatan pestisida dan herbisida sanggup mencemari sungai lantaran zat-zat tersebut terbawa air hujan dan erosi.

c) limbah pertambangan
Aktivitas penambangan materi galian juga sanggup menimbulkan pencemaran tanah Keliru satu kegiatan penambangan yg memiliki efek besar. mencemarkan tanah yakni penambangan emas, pada penambangan emas polusi tanah terjadi tanggapan penggunaan merkuri dalam proses pemisahan emas dari bijinya .merkuri tergolong sebagai materi berbahaya dan beracun yg sanggup mematikan tumbuhan, organisme tanah dan mengganggu kesehatan manusia.
C. penanganan limbah
a). penanganan limbah cair
1. sistem penanganan limbah cair domestik.
Limbah cair berbahaya yaitu tinja manusia. penanganan limbah tinja insan sanggup dilakukan dengan metode cubluk, yaitu lubang diberi dinding tidak kedap air di penggalan atasnya dan dilengkapi dengan tutup. limbah dari jamban pribadi dialirkan ke dalam cubluk. Jika jumlah sudah penuh limbah dialirkan ke cubluk lain. Cubluk sebaiknya dibentuk dengan jarak 15 m dari galian sumur Agar limbah dari cubluk tidak mencemari air sumur.
Tangki septik konvensional berupa tanki kedap air yg dilengkapi dengan pipa ventilasi dan lubang kontrol . Limbah cair disimpan selama minimal 1 hari di dalam tangki septik. kemudian dialirkan ke sumur resapan. pMaknakel padatan dalam limbah bakal mengendap dan membentuk lumpur tinja. di atas tangki septic diberi lubang investigasi yg berfungsi sebagai lubang penyedot tinja.
Tangki septik biofilter,tangki septik biofilter terdiri atas kolam pengendap ruangan yg berisi media filter atau kerikil Pecah, kerikil apung, ijuk dan Kerikil dan ruang resapan berisi kerikil, pasir dan ijuk. kolam pengendap berfungsi mengendapkan pMaknakel padatan menjadi lumpur tinja. air  luapan dari kolam pengendap dialirkan ke ruang yg berisi media filter. pada permukaan media filter tumbuh lapisan tipis mikroorganisme atau basil anaerob yg bakal menguraikan materi organik dalam limbah cair tersebut. selanjutnya air luapan dari ruangan media filter dialirkan ke ruang resapan.
Instalasi pengolan
 biasanya dibangun untuk perkantoran restoran hotel dan Rumah Sakit. pengolahan limbah cair ini mencakup tiga Proses yaitu fisik kimiawi dan biologis Urutan tahapan pengolahan nya sebagai berikut 
1. pengolahan pendahuluan atau penyaringan yaitu dengan menyaring bahan-bahan berangasan yg terbawa dalam limbah cair,mencampur limbah dalam kolam ekualisasi dan mengatur Agar fatwa limbah yg menuju ke kolam aerasi selalu tetap.
2 pengolahan pertama atau pengendapan, yaitu dengan mengendapkan pasir dan pMaknakel padatan lainnya.
3. Pengolahan kedua atau proses biologis yaitu dengan mengurangi materi organik seCaranya biokimiawi, pengendapan pMaknakel padatan kedua dan desinfeksi atau membunuh kuman penyakit. pengolahan limbah rumah sakit memerlukan disinfeksi dengan takaran khusus
4.pengolahan lumpur yaitu dengan mengumpulkan lumpur dan mengurangi kadar air atau pemekatan lumpur, menstabilkan dan mengeringkan Lumpur.

2. sistem penangan limbah cair industri
1 penanganan sistem setempat, industri membuat instalasi pengolahan limbah sendiri. biasanya penanganan setempat memerlukan biaya besar.limbah yg dihasilkan diupayakan sesedikit mungkin dan sanggup dimanfaatkan kembali
2. penanganan sistem terpusat, sistem ini dikembangkan di daerah daerah industri yg menghasilkan banyak sekali jenis limbah berbeda ,apabila limbah dari banyak sekali industri dicampur atau disatukan bakal menyulitkan proses pengolahan. Oleh lantaran itu masing-masing industri harus melaksanakan pengolahan terlebih dahulu sehingga fluensi limbah memenuhi syarat tertentu sebelum masuk ke jaringan air kotor dan IPAL  instalasi pengolahan air limbah.
b) penanganan limbah padat
1. meminimalkan limbah padat
•reuse memanfaatkan kembali barang bekas tanpa harus memprosesnya terlebih dahulu contohnya Memakai gelas air mineral bekas untuk tempat pembibitan tanaman.
• replacement atau Mengubah dengan sesuatu yg lebih irit dan lebih kondusif .Misalnya Memakai daun pisang sebagai pembungkus masakan daripada Memakai plastik.
• refusal atau menolak materi yg membahayakan keseimbangan lingkungan dan keselamatan hidup organisme.
• repair, memperbaiki yg kurang sesuai.
•reconstruct, menyusun ulang struktur yg tidak sesuai.
•redurability atau memeperpanjang umur suatu benda.
• reduce atau mengurangi limbah contohnya dengan membawa tas belanja dari rumah Saat belanja di pasar sehingga mengurangi penggunaan kantong plastik.
•recyle atau mendaur ulang limbah contohnya mendaur ulang kertas bekas.
•recovery atau memperoleh kembali komponen-komponen yg bermanfaat melalui proses kimia,fisika dan biologi contohnya batok kelapa dan sekam padi sebagai materi bakar.
2. Caranya penanganan limbah padat atau sampah.
-  penimbunan sampah atau landfill tumpukan sampah dari rumah tangga dan basa sanggup digunakan untuk menimbun tanah agak rendah dengan Caranya ditekan dipadatkan kemudian ditimbun dengan tanah untuk mempercepat penguraian dan tidak menimbulkan bau. Namun demikian Caranya ini tidak menjamin keamanan bagi lingkungan lantaran sering menimbulkan pencemaran air tanah yg bersumber dari lindi atau air rembesan sampah
-
- penimbunan limbah padat dengan tanah seCaranya berlapis. penimbunan limbah padat dengan Caranya ini dilakukan seCaranya terpola dan dilengkapi sistem pengamanan Agar tidak mencemari lingkungan di arena cekungan. pembuangan sampah dibangun dinding yg kedap air dipasang pipa penyalur gas metana dan terusan drainase untuk menampung lindi yg dihasilkan.setelah tumpukan sampah mencapai ketinggian tertentu tumpukan sampah dipadatkan dan ditutup dengan lapisan tanah setebal 10 hingga 15% dari ketebalan lapisan sampah untuk mencegah berkembangnya vektor penyakit. serta penyebaran abu Dan Sampah ringan yg sanggup mencemari lingkungan sekitarnya, di atas lapisan tanah epilog sanggup dihamparkan sampah lagi Kemudian ditimbun lapisan tanah kembali sehingga terbentuk lapisan-lapisan sampah dan tanah. Jika tempat pembuangan sudah mencapai kapasitas maksimum lapisan tanah epilog terakhir setinggi 60 senti atau lebih ditimbun di atas lapisan sampah untuk mencegah terjadinya polusi udara di lingkungan sekitarnya.
- pembakaran
pembakaran sampah bakal menghasilkan Abu. pembakaran sampah juga menimbulkan panas dan asap. sehingga sebaiknya dilakukan di tempat yg jauh dari pemukiman. namun tidak semua sampah sanggup musnah Jika dibakar contohnya kaleng, logam, beling dan besi sehingga diharapkan alat pembakaran sampah bertemperatur tinggi atau insinerator untuk menghancurkannya .tempat penghancuran sampah  yg terkumpul dihancurkan dengan alat sehingga menjadi potongan-potongan kecil kemudian digunakan untuk menimbun tanah yg rendah.
- pengomposan sampah sampah organik atau  Dedaunan, Sisa sayuran ,kulit buah dan kotoran binatang dibusukkan dengan Memakai basil sehingga menjadi pupuk kompos.
- pemanfaatan sebagai masakan ternak.
sisa sayuran ,ampas tapioka Dan ampas tahu sanggup dimanfaatkan sebagai masakan ternak.


c) penanganan limbah materi berbahaya dan beracun B3
limbah materi berbahaya dan beracun (B3) adalah  bahan yg berbahaya lantaran sifat,konsentrasi,atau jumlahnya, baik seCaranya pribadi maupun tidak pribadi sanggup mencemari atau merusak lingkungan hidup serta membahayakan kesehatan dan kelangsungan hidup insan beserta makhluk hidup lainnya.limbah B3 memiliki karakteristik Mudah meledak, Mudah terbakar,bersifat reaktif dan korosif, beracun,dan mengakibatkan infeksi.
limbah B3 berasal dari kegiatan industri,rumah sakit,rumah tangga,maupun pertanian.
1. limbah B3 dari kegiatan industri. berupa senyawa kimia terlepas ke lingkungan yg terjadi pada waktu pengadaan,pengangkutan,penyimpanan,maupun penggunaan bahan-bahan dalam industri.contohnya industri pupuk yg menghasilkan limbah amonia.
2.limbah B3 dari kegiatan rumah sakit, berupa limbah radioaktif,limbah patologis atau sisa-sisa jaringan, organ, plasenta darah dan cairan tubuh.limbah kimiawi menyerupai sisa zat untuk disenfeksi. limbah farmasi menyerupai obat-obatan kadaluwarsa. benda-benda tajam  seperti jarum suntik bekas,pisau dan gunting yg terkontaminasi  oleh kuman penyakit dan limbah yg berpotensi menularkan penyakit.

3. limbah B3 dari kegiatan rumah tangga berupa sisa-sisa obat kadaluwarsa,pemutih, smapo,kamper,baterai bekas, aerosol, racun tikus dan pembasmi nyamuk.

4. limbah B3 dari kegiatan pertanian berupa insektisida dan pupuk
Setiap orang yg melaksanakan perjuangan atau kegiatan yg Memakai serta menghasilkan limbah B3 memiliki kewajiban mengolah limbah sebagai berikut

1. melaksanakan reduksi mengolah menimbun limbah B3
2. apabila menghasilkan limbah yg bermanfaat limbah tersebut sanggup dimanfaatkan sendiri diserahkan ke pihak pemanfaatan limbah B3
3. mengelola limbah B3 sesuai dengan teknologi yg ada dan Jika tidak mampu, limbah B3 diekspor ke negara lain yg memiliki teknologi tersebut
4 melaksanakan izin pengelolaan limbah B3 sesuai dengan jenis pengelolaannya
5. menyimpan limbah B3 paling usang 90 hari bagi limbah yg volumenya kurang dari 50 kilo perhari. penyimpanan ini dilakukan Setelah pemilik industri menerima persetujuan dari bapedal


0 Response to "Materi Komplit Biologi Lingkungan"

Total Pageviews