Latest News

Pengaruh Jadwal Kesehatan Langsung Pada Lingkungan Hidup


PENGARUH PROGRAM KESEHATAN PRIBADI
TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP



















XI MIPA 2
KELOMPOK 3

AILSA DAMODARA (02)
ANNISA LUTHFI AULIA (03)
AULIKA CITRA PERTIWI (04)
AURORA MEI NILAM SARI (05)
DIAH AYU SEKAR KINASIH (06)
ELLIA RAHMAWATI (07)
FITRA YUNITA RAHMAWATI (10)




SMA NEGERI 1 SEWON
TAHUN AJARAN 2018/2019
Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yg telah menunjukkan rahmat serta karuniaNya kepada Kami sehingga saya berhasil menuntaskan MAKALAH ini yg Alhamdulillah tepat pada waktu yg berjudul KESEHATAN PRIBADI.
KESEHATAN ialah Keliru satu pecahan terpenting dalam kehidupan manusia, baik kesehatan eksklusif maupun kesehatan lingkungan. Manusia sanggup beraktifitas dengan baik apabila tubuhnya sehat. Kesehatan tubuh harus kita jaga dan pelihara yg sesuai di anjurkan oleh pakar kesehatan.
Begitu sangat penting Makna kesehatan sehingga di sekolah-sekolah pendidikan kesehatan telah menjadi pecahan dari mata pelajaran Keliru satunya pendidikan kesehatan jasmani dan rohani. Di sekolah dasar kesehatan eksklusif menduduki tugas yg sangat penting, guru di tuntut untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam diri belum dewasa muridNya, sebab tidak di pungkiri masih banyak belum dewasa yg kurang perduli wacana kesehatan eksklusif sehingga mereka sangat Mudah terjangkit penyakit.


DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................................2
Daftar Isi..................................................................................................................3
BAB I Pendahuluan...................................................................................................4
BAB II Pembahasan...................................................................................................5
BAB III penutup........................................................................................................8
Daftar Pustaka ............................................................................................................9        









           







BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
            Program kesehatan eksklusif merupakan Keliru satu pengusung kualitas hidup manusia. Kualitas hidup sangat penting dalam melanjutkan eksistensi bermasyarakat. Kualitas hidup menentukan evaluasi lingkungan hidup tersebut baik atau tidak. Dalam lingkungan yg baik maka terdapat kualitas hidup dengan aCaranya yg baik pula. Dalam lingkungan hidup yg berkualitas terdapat eksklusif yg sehat dan berkualitas pula.
            Pribadi sanggup dikatakan sehat jikalau luar dan dalam eksklusif seseorang sudah higienis dari segala penyakit yg sanggup menghipnotis kesehatan eksklusif tersebut. Pribadi yg sehat harus memiliki aCaranya kesehatan eksklusif yg sehat. Dalam hal ini aCaranya kesehatan eksklusif bakal dianalisis pengaruhnya terhadap lingkungan hidup.
            Penulis melihat di sekitar lingkungan hidup yg berkualitas terdapat masyarakat dengan eksklusif yg baik. Dengan penulisan makalah ini diharapkan sanggup lebih menjelaskan imbas aCaranya eksklusif terhadap lingkungan hidup. Dengan begitu para pembaca sanggup memperluas waasannya wacana pentingnya aCaranya kesahatan eksklusif dalam menjaga lingkungan hidup

B. Tujuan  dan Manfaat
            Penulisan ini bertujuan untuk
            1. mengetahui aCaranya kesehatan eksklusif yg menghipnotis lingkungan hidup
            2. mengetahui kekerabatan antara aCaranya kesehatan prbadi dengan lingkungan
            3. mengetahui imbas aCaranya kesehatan eksklusif terhadap lingkungan hidup










BAB II
PEMBAHASAN

            Usaha kesehatan eksklusif ialah perjuangan atau upaya individu untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatannya. Guna kesehatan eksklusif untuk diri sendiri bakal memudahkan individu dalam melaksanakan kinerja sehingga memperoleh hasil yg optimal. Guna kesehatan eksklusif untuk masyarakat bakal mengurangi beban masyarakat dan endemi penyakit. Semakin tinggi taraf kesehatan individu, maka bakal semakin tinggi taraf kesehatan masyarakat.
            Usaha kesehatan lingkungan baik dalam bidang preventif, kuratif maupun rehabilitasi menciptakan setiap warga masyarakat sanggup mencapai derajat kesehatan yg setinggi tingginya baik jasmani, rohani, maupun sosialnya.
Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Kesehatan Pribadi
Kesehatan ialah dambaan kita semua. Untuk hidup sehat tentunya kita bakal menjalankan sebuah aCaranya rutin dengan memerhatikan gaya hidup. Banyak faktor yg memengaruhi kesehatan khususnya pada pribadi. Keliru satunya ialah pola hidup sehat. Marilah kita bahas pola hidup sehat dari berbgai segi.
1.      Pola dan Kebiasaan Makan
Pola makan memiliki tiga komponen penting, yaitu : Jenis, frekuensi, dan jumlah. Jenis masakan di Indonesia mengenal pola masakan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah. Sedangkan frekuensi sangat tergantung pada kelompok umur. Pola makan menurut jumlah Memakai contoh Angka Kecukupan Gizi (AKG).
a.       Jenis Makanan
Berhubung zat gizi yg terkandung dalam masakan tersebut ada 5 macam yg utama, yaitu : karbohidrat atau hidrat arang, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, terdapat pula dua zat gizi lagi, yaitu : air dan oksigen.
b.      Frekuensi Makanan
Frekuensi ialah jumlah makan dalam sehari-hari baik kualitatif maupun kuantitatif. Jika rata-rata, umumnya lambung kosong antara 3-4 jam.
c.       Jumlah Makanan
Jumlah masakan tergatung dari kandungan jumlah kalori dalam setiap masakan yg kita makan. Jumlah kalori dalam masakan sebaiknya diubahsuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.
Kebiasaan makan berbeda dengan pola makan, kebiasaan makan bersifat sangat personal. Maknanya, setiap orang memiliki perbedaan dalam kebiasaan makan mereka dari segi lauk maupun waktu.

2.      Pola Aktivitas Jasmani atau Olahraga
Aktivitas jasmani ialah gerakan tubuh oleh otot tubuh dan sistem penunjangnya yg memerlukan pengeluaran energi. Aktivitas jasmani yg sesuai untuk cukup umur sanggup digolongkan menjadi 3 tingkatan :
1)      Aktivitas ringan, memerlukan sedikit tenaga dan biasanya tidak menjadikan perubahan dalam pernafasan atau ketahanan.
2)      Aktivitas sedang, membutuhkan tenaga intens atau terus menerus gerakan otot yg berirama atau kelenturan.
3)      Aktivitas berat, biasanya bekerjasama dengan olahraga dan membutuhkan kekuatan dan menciptakan berkeringat
3.      Pola Istirahat
Istirahat yg baik tentunya bakal menciptakan tubuh menjadi senantiasa bugar dalam menjalani aCaranya sehari-hari. Istirahat bagi tubuh kita ada aneka macam macam, yaitu tidur, bersantai, perubahan dalam aktivitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau masalah-masalah lainnya.
Faktor terpenting dalam istirahat ialah tidur. Kortisol memainkan peranan yg besar dalam membantu kita menghadapi tekanan yg kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan.
4.      Penyakit
Penyakit ialah suatu keadaan tidak normal dari tubuh atau pikiran yg menjadikan ketidaknyamanan, difungsi atau kesukaran terhadap orang yg dipengaruhinya. Penyakit dibedakan pada penyakit menular, tidak menular, dan kronis.

Berikut ini upaya untuk menjaga kesehatan pribadi
            Berikut ini upaya untuk menjaga kesehatan pribadi. Memelihara Kebersihan diri Memelihara kebersihan tubuh dengan Caranya: mandi dua kali satu hari; menggosok gigi dikala hendak tidur dan pada pagi hari sehabis bangkit tidur; kebersihan rambut, kuku, hidung, dan telinga; kebersihan pakaian; kebersihan sepatu termasuk kaos kaki; dan kebersihan kamar tidur.
Memilih masakan yg sehat dan bergizi Makan yg sehat yaitu masakan yg seimbang, Maknanya mengandung semua zat-zat gizi yg diharapkan oleh tubuh dalam jumlah yg sesuai. Selain itu, masakan sehat juga tidak mengandung bibit-bibit penyakit atau zat-zat yg sanggup membahayakan tubuh. Makanan bergizi bagi tubuh harus seimbang, Maknanya dihentikan kurang dan dihentikan berlebihan. Kekurangan zat gizi sanggup menjadikan kondisi tubuh tidak tepat dan Mudah terjangkit penyakit serta menghipnotis keadaan kesehatan mentalnya. Sementara itu, kelebihan zat gizi menjadikan penimbunan dalam jaringan tubuh. Pada kondisi tertentu menjadikan proses metabolisme di dalam tubuh terganggu. 
            Istirahat dan Tidur, tidur termasuk istirahat, tetapi istirahat belum tentu sama dengan tidur. Beristirahat Maknanya berhenti sebentar untuk melepaskan lelah, sedangkan tidur Maknanya mengistirahatkan tubuh dan kesadarannya. Bila kurang tidur, kesehatan tubuh kita sanggup terganggu. Akibat orang yg kurang tidur ialah mata menjadi sayu, muka pucat, tubuh lemah, malas, dan kurang bergairah. 
Meningkatkan daya tahan tubuh
            Olahraga yg teratur dan benar Olahraga atau latihan fisik diharapkan untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Selain itu untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan; mendatangkan gairah hidup; menurunkan kadar lemak dan kolesterol; berkurangnya risiko gangguan pada jantung dan pembuluh darah; serta tulang-tulang, persendian, dan otot menjadi kuat.b. Vaksinasi terhadap suatu penyakit.
Menghindari terjadinya penyakit
            Membiasakan diri dengan menjalankan hukum kesehatan.b. Menghindari kontak dengan sumber penularan penyakit.6. Meningkatkan taraf kecerdasan dan rohania. Mematuhi dan menjalankan peraturan agama b. Meningkatkan pengetahuan dengan membaca
Melakukan investigasi kesehatan Pemeriksaan kesehatan (check up) sebaiknya dilakukan seCaranya periodik untuk mengetahui kondisi tubuh dalam jangka waktu tertentu. Jika dari chek up ditemukan adanya gangguan kesehatan, maka sanggup dilakukan tindakan pencegahan dini, menyerupai vaksinasi atau teknik pencegahan lainnya.8. Melakukan kebiasaan sehat lainnyaa. Jauhi narkobab. Hindari minuman beralkoholc. Hentikan kebiasaan merokok
Kesehatan Lingkungan Orang sanggup dikatakan sehat seCaranya tepat jikalau sehat jasmaninya, sehat mentalnya, dan sehat pulalingkungan sosialnya. Kesehatan lingkungan ialah kekerabatan timbal balik antara menusia dengan lingkungan yg berakibat atau memengaruhi derajat kesehatan manusia. Ilmu kesehatan insan mencakup sanitasi dan higiene. Sanitasi ialah pelatihan dan pemeliharaan kebersihan dan kesehatan lingkungan, guna menunjang pemeliharaan dan pelatihan kesehatan manusia, atau lebih dikenal dengan sanitasi lingkungan. Higiene berMakna pemeliharaan kebersihan jasmani dan barang-barang yg sangat dekat hubungannya dengan kebersihan jasmani. 
Sejalan dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perhatian untuk kesehatan juga semakin besar. Telah diupayakan aneka macam perjuangan insan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan lingkungan menyerupai berikut ini.1. Pemberantasan sumber penyakit menulara. Mengobati penderita penyakit atau membebaskan basil penyakit pada pembawa penyakitb. Menghilangkan vektor penyakit
Peningkatan taraf hidup rakyat
            Penerangan dan perbaikan gizib. Pengawasan terhadap penyebaran dan gangguan obat-obatan dan makananc. Peningkatan gizi masyarakatd. Pengadaan vaksinasi/imunisasi
Mencegah pencemaran terhadap lingkungan
            Daerah industri dengan tempat permukiman penduduk harus memiliki jarak yg amanb. Setiap pabrik diharuskan memiliki penyaring udara untuk menghindari polusi udarac. Setiap pabrik harus memiliki kolam penampung limbah cair dan sekaligus bisa mengadakan daur ulang terhadap zat limbah tersebutd. Mengolah air buangan (limbah) industri, baik seCaranya biologis maupun nonbiologis, contohnya dengan filtrasi dan sedimentasi.
Mengubah atau memenangaruhi lingkungan hidup ehingga faktor-faktor yg tidak baik sanggup diawasi dan tidak membahayakan, sanggup berupa transmigrasi, pengembangan kota, penghijauan lahan gundul, dan pengaturan perjuangan pertanianMemanfaatkan dan memproses limbah dengn Caranya mengadakan daur ulang terhadap sampah-sampah organik untuk dijadikan materi yg bermanfaat.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Pengaruh aCaranya kesehatan eksklusif terdapat faktor-faktor penting yg menghipnotis kesehatan eksklusif pula diantaranya ialah pola dan kebiasaan makan, pola aCaranya jasmani atau olahraga, pola istirahat, dan penyakit. Upaya sederhana yg sanggup dilakukan untuk menjaga kesehatan eksklusif diantaranya memelihara kebersihan diri, memilih masakan yg sehat dan bergizi, dan istirahat yg cukup. Selain itu kekerabatan antara aCaranya kesehatan eksklusif dengan lingkungan memiliki kekerabatan yg sangat dekat dimana suatu aCaranya kesehatan eksklusif sanggup menghipnotis lingkungan diantaranya untuk memelihara kebersihan diri maka dengan membersihkan lingkungan sanggup menghipnotis linkungan. Dan juga imbas aCaranya kesehatan eksklusif terhadap lingkungan hidup diantaranya dengan menjaga kebersihan diri maka kita sangat perlu untuk membersihkan lingkungan,



















DAFTAR PUSTAKA

Sekolah Gudang.2015.Makalah Kesehatan Pribdi.https://gudangsekolah.wordpress.com/2015/09/10/makalah-kesehatan-pribadi/.diakses pada : 4 Oktober 2018 pukul: 08.40
Sumaryoto dan Soninopembri, 2014. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Pembukuan.




           

0 Response to "Pengaruh Jadwal Kesehatan Langsung Pada Lingkungan Hidup"

Total Pageviews