Latest News

Penelitian Mengenai Perkembangan Penemuan Pelajar Sma N 1 Sewon Di Kurun Globalisasi


Perkembangan Inovasi Pelajar Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon di Era Globalisasi
 










Kelompok  (X MIPA 2)
Disusun Oleh :
1.     Aulika Citra Pertiwi (03)
2.     Diah Ayu Sekar Kinarsih (05)
3.     Indah Meilestari  (15)


SMA NEGERI 1 SEWON
JL.Parangtritis KM.5 Bangunharjo,Sewon,Bantul,Yogyakarta
Tahun Ajaran 2017/2018

LEMBAR PENGESAHAN

 

Perkembangan Inovasi Pelajar Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon di Era Globalisasi
Disusun Oleh :


Aulika Citra Pertiwi
(03) X MIPA 2
Diah Ayu Sekar Kinasih
(05) X MIPA 2
Indah Mei Lestari
(15) X MIPA 2



Menyetujui,

Yogyakarta, 15 Mei 2018      
                                
Pembimbing I



Wahyudi,S.Pd
NIP. 1959110780031010
Pembimbing II



Rr.Esthi Wikan Nastri,S.Pd.
NIP.19740305300123006



Mengetahui,
Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon
Kepala Sekolah


Drs.Marsudiyana
NIP. 195903221987031004

KATA PENGANTAR


            AssalamualaikumWr.Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, alasannya yaitu dengan segala nikmat, rahmat dan hidayah-Nya, saya diberi kesempatan untuk menuntaskan laporan penelitian yg berjudul “Perkembangan Inovasi Pelajar di Era Globalisasi”.
Peneliti ingin mengetahui bagaimana globalisasi memengaruhi tumbuh kembang penemuan pada remaja,khususnya pelajar. Saat peneliti kerap melihat pelajar yg bahagia bermain game online, peneliti berpikir adakah suatu hal yg baik dipikiran mereka wacana masa depan. Maka dari itu saya para peneliti melaksanakan riset bakal hal itu.

            Laporan penelitian ini sanggup terselesaikan atas pertolongan beberapa pihak, oleh alasannya yaitu itu saya berterimakasih kepada pihak-pihak yg telah membantu saya, yg tidak sanggup saya sampaikan satu persatu. Namun saya sangat berterimakasih kepada semua pihak tersebut umumnya dan kepada Bapak Wahyudi, selaku guru sosiologi saya yg telah menunjukkan pembelajaran dan pendidikan yg baik, dan mengajarkan Caranya menciptakan laporan penelitian khususnya.

            Kami menyadari  sebagai seorang pelajar yg masih dalam proses pembelajaran, laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan. Oleh alasannya yaitu iru, kritik dan saran sangat saya harapkan yg bersifat membangun. Untuk menyebabkan laporan selanjutnya lebihn baik. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Wassalamualaikum Wr.Wb.


DAFTAR ISI





BAB I

PENDAHULUAN

A.              Latar Belakang Masalah

Peneliti ingin mengetahui bagaimana globalisasi memengaruhi tumbuh kembang penemuan pada remaja, khususnya pelajar. Saat peneliti kerap melihat pelajar yg bahagia bermain game online, peneliti berpikir adakah suatu hal yg baik dipikiran mereka wacana masa depan.
Peneliti juga kerap melihat banyak teman peneliti yg berjualan online dan berjualan offline, apa yg ada dibenak pikiran mereka wacana berjualan baik online maupun offline. Jika mereka berjualan online maupun offline niscaya mereka memiliki tujuan. Tujuan yg mereka miliki apakah untuk masa depan atau hanya untuk sekedar ingin mencoba.
Selanjutnya peneliti ingin mengetahui berapa banyak pelajar di Sekolah Menengan Atas Sewon yg mau menembangkan penemuan atau yg masih kurang yakin dalam mengekspresikan inovasinya tersebut, maka dari itu peneliti bakal melaksanakan penelitian wacana Perkembangan Inovasi Pelajar di Era Globalisasi.

Dari  latar belakang duduk kasus tersebut sanggup diidentifikasi duduk kasus dalam laporan berikut :
1.      Mengetahui Caranya memunculkan penemuan sekalangan remaja.
2.      Mengetahui setiap dewasa memiliki inovasi.
3.      Mengetahui globalisasi memengaruhi perkembangan inovasi.
4.      Mengetahui Caranya merealisasikan inovasi.






Dari identifikasi duduk kasus penelitian dalam laporan ini bakal dibatasi semoga memperoleh kajian yg mendalam yaitu sebagai berikut :
1.      Caranya memunculkan penemuan sekalangan remaja.
2.      Setiap dewasa memiliki inovasi.
3.      Globalisasi memengaruhi perkembangan inovasi.
4.      Caranya merealisasikan inovasi.

Berdasarkan pembatasan duduk kasus diatas rumusan maasalah disusun dalam laporan penelitian ini yaitu sebagai berikut :
1.      Bagaimana Caranya memunculkan penemuan sekalangan dewasa ?
2.      Apakah setiap dewasa memiliki penemuan ?
3.      Apakah globalisasi memengaruhi perkembangan penemuan ?
4.      Bagaimana Caranya merealisasikan penemuan ?

E.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
Dalam penelitian dan penulisan laporan ini bertujuan dan memiliki manfaat sebagai berikut :
1.      Memunculkan penemuan terpendamdikalangan pelajar
2.      Mengembangkan penemuan dalam memanfaaatkan teknologi
3.      Menyingkirkan rasa takut bakal risiko dalam berinovasi



BAB II

TINJAUAN PUSTAKA


A.    Inovasi

Menurut Suryani (2008:304), Inovasi dalam konsep yg luas bekerjsama tidak hanya terbatas pada produk. Inovasi sanggup berupa ide, Caranya-Caranya ataupun obyek yg dipersepsikan oleh seseorang sebagai sesuatu yg baru.

B.     Globalisasi

Istilah globlisasi berasal dari kata globe (peta dunia yg berbentuk bola). Dari kata globe selanjutnya lahir istilah global (yg Maknanya meliputi seluruh dunia). Dari kata global lahirlah istilah globalisasi, yg bermakna sebuah proses mendunia. Globalisasi yaitu suatu proses dibentuknya suatu tatanan, aturan, dan ocial yg berlaku bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. Globalisasi tidak mengenal adanya batas-batas wilayah; bahkan tidak mengenal hukum ocia, regional, kebijakan ocial yg sanggup mengurangi ruang gerak masuknya nilai, ide, pikiran atau gagasan yg dianggap sudah merupakan kemauan masyarakat dunia harus dihilangkan. Globalisasi berlaku di semua bidang kehidupan, menyerupai politik, ekonomi, ocial, budaya dan sebagainya. 







BAB III

METODE PENELITIAN

A.    Jenis Penelitian
      Jenis penelitian ini termasuk pada kategori penelitian sosiologi

B.     Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian bertempat di Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon pada tanggal 16 April 2018

C.    Teknik Pengumpulan Data
Teknik yg kita gunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi, yg saya observasi dari buku yg saya baca di perpustakaan tempat kota Yogyakarta.
Dalam melaksanakan penelitian ini metode yg  saya gunakan untuk mengumpulkan data kuantitaf yg saya dapatkan dari pengumpulan kuisioner. Caranya yg saya gunakan untuk mendapat data yaitu dengan membagikan kuisioner pada beberapa sample yg terpilih seCaranya acak, berikut ini yaitu kuisioner yg saya bagikan kepada para sample.
ANGKET
KUISIONER PENELITIAN PERKEMBANGAN INOVASI PELAJAR Sekolah Menengan Atas N 1 SEWON DI ERA GLOBALISASI

NO
PERNYATAAN
SS
S
TS
STS
1.
Saya sangat menggandrungi game online




2.
Saya merasa bahwa saya bisa berbagi penemuan gres dalam game online




3.
Saya merasa kecanduan ocial media




4.
Saya merasa kurang memanfaatkan ocial media




5.
Saya memiliki penemuan dalam memanfaatkan ocial media




6.
Saya masih takut dalam memunculkan inovasi




7.
Saya belum mengerti bagaumana berbagi inovasi




8.
Saya merasa bahwa saya sangat ingin berbagi penemuan namun tidak ada pihak pendukung




9.
Saya merasa sangat butuh pendukung inovasi




10.
Saya merasa tidak butuh pendukung dalam inovasi




11.
Saya merasa sanggup berbagi penemuan saya sendiri




12.
Saya sudah sanggup berbagi inovasi





Keterangan : SS = Sangat Setuju
                        S   = Setuju
                       TS  = Tidak Setuju
                      STS = Sangat Tidak Setuju






BAB IV

HASIL PENELITIAN

Populasi yaitu keseluruhan subjek penelitian dan populasi yg saya pilih yaitu seluruh siswa kelas X Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon. Sample penelitian yg saya gunakan yaitu Memakai Caranya random sampling (acak), dan sample yg saya pilih yaitu 21 siswa kelas X Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon yg saya pilih seCaranya acak.
Grafik koesioner :
Maka sanggup disimpulkan dari grafik diatas bahwa :
·         Dari 21 anak sebagai sample 48% dari mereka tidak sepakat dengan pernyataan bahwa mereka menggandrungi game online.
·         Dalam 67% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon tidak sepakat dengan pernyataan bahwa mereka mampu berbagi penemuan gres dalam game online.
·         Dalam 48 % dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan bahwa mereka kecanduan social media.
·         Dalam 50% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan wacana mereka merasa kurang memanfaatkan ocial media.
·         Dalam 57% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan wacana mereka merasa memiliki penemuan dalam memanfaatkan social media.
·         Dalam 52% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan wacana mereka masih takut dalam memunculkan inovasi.
·         Dalam 71% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan wacana mereka belum mengerti bagaumana berbagi inovasi.
·         Dalam  59% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan wacana mereka sangat ingin berbagi penemuan namun tidak ada pihak pendukung.
·         Dalam 71% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon sepakat dengan pernyataan wacana mereka merasa sangat butuh pendukung inovasi.
·         Dalam 67% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon tidak sepakat dengan pernyataan wacana mereka merasa tidak butuh pendukung dalam inovasi.
·         Dalam 38% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon tidak sepakat dengan pernyataan wacana mereka merasa sanggup berbagi penemuan saya sendiri.
·         Dalam 61% dari sample siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon tidak sepakat dengan pernyataan wacana mereka sudah sanggup berbagi inovasi.
Maka sanggup disimpulkan dari seluruh pertanyaan yg ada bahwa siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon membutuhkan sarana,prasarana,dukunga serta Caranya untuk menegembangkan penemuan dalam memanfaatkan media sosial, mereka berperan lebih aktif sebagai konsumen dan hanya beberapa yg sanggup memanfaatkan sepenuhnya keberadaaan media umum di usia mereka.

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN


A.    kesimpulan

Maka sanggup disimpulkan dari seluruh pertanyaan yg ada bahwa siswa Sekolah Menengan Atas N 1 Sewon membutuhkan sarana,prasarana,dukunga serta Caranya untuk menegembangkan penemuan dalam memanfaatkan media sosial, mereka berperan lebih aktif sebagai konsumen dan hanya beberapa yg sanggup memanfaatkan sepenuhnya keberadaaan media umum di usia mereka.

B.     Saran
      Karena keterbatasan waktu penelitian ini hanya bisa diselesaikan hingga disini. Maka, disarankan diwaktu mendatang penelitian ini sanggup lebih di perdalam  kembali kajian serta permasalahanya. Sehingga sanggup bermanfaat kedepanya.



DAFTAR PUSTAKA


Rumengan, Gerry. Kontribusi Manajemen Talenta, Inovasi Dan Keunggulan Kompetitif Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan. Https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/Maknacle/view/15193/14754. diaksed pada 4 April 2018
SUNARSO, dkk. 2008 . Pendidikan Kewarganagaraan  PKN Untuk Perguruan Tinggi. Http://atelim.com/untuk-perguruan-tinggi.html?part=25 . diakses pada 4 April 2018

0 Response to "Penelitian Mengenai Perkembangan Penemuan Pelajar Sma N 1 Sewon Di Kurun Globalisasi"

Total Pageviews