Materi Pembelajaran Teks Prosedur
A. Kompetensi Dasar (berdasarkan lampiran permendikbud nomor 24 tahun 2016)
3.1 Mengonstruksi info berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
4.2 Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur,
dan kebahasaan
B. Ringkasan Materi
1. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur
Mengorganisasikan info dalam teks mekanisme ialah aktivitas menelaah teks mekanisme untuk menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melaksanakan suatu aktivitas atau suatu pekerjaan.
BACA PENJELASAN LENGKAP DAN CONTOH MENGORGANISASIKAN INFORMASI DALAM TEKS PROSEDUR KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
2. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur
Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan wacana tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.
Unsur kebahasaan teks mekanisme di antaranya Banyak memakai kata-kata kerja perintah (imperatif), banyak memakai kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya, Banyak memakai konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan, banyak memakai pernyataan persuasif, apabila mekanisme itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan citra terperinci wacana benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
BACA PEMBAHASAN LEBIH LENGKAP DAN CONTOH MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
3. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan dalam Teks Prosedur
Teks mekanisme mempunyai dua bab utama berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Langkah-langkah merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme di antaranya sebagai Berikut.
a. Menentukan macam atau jenis teks mekanisme yang akan dirancang
b. Menentukan topik teks prosedur
c. Menyusun rancangan pernyataan umum dan langkah-langkah atau tahapan-tahapan.
BACA PEMBAHASAN LEBIH LENGKAP DAN CONTOH MERANCANG PERNYATAAN UMUM DAN TAHAPAN-TAHAPAN DALAM TEKS PROSEDUR KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
4. Membandingkan Dua Teks Prosedur
Membandingkan dua teks ialah membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.
BACA PEMBAHASAN LEBIH LENGKAP DAN CONTOH MEMBANDINGKAN DUA TEKS PROSEDUR KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
5. Menyusun Teks Prosedur dengan memperhatikan isi, struktur, dan kaidah kebahasaan
Langkah-langkah penyusunan teks mekanisme ialah sebagai berikut.
a. Menginventarisasi macam-macam aktivitas yang pernah atau sanggup dilakukan.
b. Menentukan tema kegiatan.
c. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik aktivitas secara garis besar.
d. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan gampang dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan bahan-bahan.
f. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang terperinci dan lengkap.
BACA PEMBAHASAN LEBIH LENGKAP DAN CONTOH MENYUSUN TEKS PROSEDUR DENGAN MEMPERHATIKAN ISI, STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
6. Menyunting Teks Prosedur
Dalam menyunting sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, kebenaran isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda bacanya.
BACA
1. PEMBAHASAN LEBIH LENGKAP DAN CONTOH MENYUNTING TEKS PROSEDUR KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
1. PEMBAHASAN LEBIH LENGKAP DAN CONTOH MENYUNTING TEKS PROSEDUR KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
2. POWERPOINT TEKS PROSEDUR /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
3. MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
3. MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KLIK /search?q=mengorganisasikan-informasi-dalam-teks
0 Response to "Materi Pembelajaran Teks Prosedur"