MEMBANDINGKAN ISI TEKS
Membandingkan isi teks yaitu upaya mencari persamaan dan/atau perbedaan isi dua teks.
1. Apa untuk menanyakan masalah, peristiwa, atau insiden yang dibahas dalam teks.
2. Siapa untuk menanyakan orang yang dibahas dalam teks.
3. Di mana untuk menanyakan tempat insiden yang dibahas dalam teks.
4. Kapan untuk menanyakan waktu insiden yang dibahas dalam teks.
5. Mengapa untuk menanyakan lantaran atau alasan, masalah, peristiwa, atau insiden dalam teks.
6. Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya masalah, peristiwa, atau insiden dalam teks.
Contoh soal dan kunci jawaban
Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Rafa mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia mencar ilmu secara rutin. Setiap hari ia memulai mencar ilmu pukul 19.00 WIB. la gres berhenti mencar ilmu dikala jam mengatakan pukul 21.30 WIB. Biasanya ia mencar ilmu bersama ibunya. Rafa sangat berharap dalam ujian nanti, ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga sanggup diterima di Sekolah Menengah Pertama favorit di kotanya.
Rafa mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia mencar ilmu secara rutin. Setiap hari ia memulai mencar ilmu pukul 19.00 WIB. la gres berhenti mencar ilmu dikala jam mengatakan pukul 21.30 WIB. Biasanya ia mencar ilmu bersama ibunya. Rafa sangat berharap dalam ujian nanti, ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga sanggup diterima di Sekolah Menengah Pertama favorit di kotanya.
Teks 2
Ridho, siswa kelas V. Dia termasuk anak yang tidak pandai. Meskipun begitu, ia tidak pernah merasa rendah diri. Ia selalu bertanya bila ada bahan pelajaran yang belum dipahami. Setiap kali ada ulangan. ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai terbaik. Demikian juga pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapat nilai memuaskan. Ridho juga ingin biar ibunya merasa bangga.
Ridho, siswa kelas V. Dia termasuk anak yang tidak pandai. Meskipun begitu, ia tidak pernah merasa rendah diri. Ia selalu bertanya bila ada bahan pelajaran yang belum dipahami. Setiap kali ada ulangan. ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai terbaik. Demikian juga pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapat nilai memuaskan. Ridho juga ingin biar ibunya merasa bangga.
Persamaan kedua teks tersebut yaitu ....
A. Ketekunan dalam mencar ilmu biar lulus ujian.
B. Kasih sayang seorang anak tahadap ibunya.
C. Semangat mencar ilmu untuk meraih nilai tinggi.
D. Kerja keras dalam mencar ilmu biar naik kelas.
A. Ketekunan dalam mencar ilmu biar lulus ujian.
B. Kasih sayang seorang anak tahadap ibunya.
C. Semangat mencar ilmu untuk meraih nilai tinggi.
D. Kerja keras dalam mencar ilmu biar naik kelas.
2. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1 Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok Utara tentu sudah tidak absurd lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang memiliki tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan bahari (mdpl) yaitu gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.
Teks 2 Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak. Sebagian besar pendaki ini
merupakan mahasiswa pencinta alam yang berasal dari banyak sekali tempat di Indonesia. Hal yang
paling sering mereka lakukan yaitu memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus.
Perbedaan isi dari kedua teks tersebut yaitu . . .
A. Teks 1 menjelaskan persiapan mendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menjelaskan pendaki Gunung Rinjani.
B. Teks 1 menceritakan pendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 1 menceritakan ketinggian dan
letak Gunung Rinjani.
C. Teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menceritakan pendaki Gunung Rinjani.
D. Teks 1 menjelaskan bahwa Gunung Rinjani yaitu gunung yang paling banyak dikunjungi oleh pendaki, sedangkan teks 2 menjelaskan acara di Gunung Rinjani.
Teks 1 Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok Utara tentu sudah tidak absurd lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang memiliki tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan bahari (mdpl) yaitu gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.
Teks 2 Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak. Sebagian besar pendaki ini
merupakan mahasiswa pencinta alam yang berasal dari banyak sekali tempat di Indonesia. Hal yang
paling sering mereka lakukan yaitu memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus.
Perbedaan isi dari kedua teks tersebut yaitu . . .
A. Teks 1 menjelaskan persiapan mendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menjelaskan pendaki Gunung Rinjani.
B. Teks 1 menceritakan pendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 1 menceritakan ketinggian dan
letak Gunung Rinjani.
C. Teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menceritakan pendaki Gunung Rinjani.
D. Teks 1 menjelaskan bahwa Gunung Rinjani yaitu gunung yang paling banyak dikunjungi oleh pendaki, sedangkan teks 2 menjelaskan acara di Gunung Rinjani.
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali isu tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan inspirasi pokok teks
- menggali isu tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi insiden menurut isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan isu tersurat pada karya sastra
a. Menentukan isu tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan isu tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan isu tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali isu tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi insiden menurut isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks
0 Response to "Membandingkan Isi Teks: Bahan Dan Soal Persiapan Usbn Sd"