Latest News

Melengkapi Tabel Dengan Pokok-Pokok Pikiran Menurut Isi Teks: Seri Persiapan Usbn Sd



MELENGKAPI TABEL DENGAN POKOK-POKOK PIKIRAN BERDASARKAN ISI TEKS

Pokok-pokok pikiran yaitu hal-hal penting atau gagasan utama yang terdapat pada teks.

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga sanggup dengan gampang disimak (https://kbbi.web.id/tabel).



Kegiatan melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks dimulai dengan acara membaca teks, menemukan pokok-pokok pikiran dan mengisi/melengkapi tabel yang rumpang dengan informasi/data yang diperoleh dari acara membaca.

Contoh soal dan kunci jawaban

Bacalah teks berikut!
Museum Angkut yang terletak di Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur masih menjadi tujuan
utama para wisatawan yang tiba ke Kota Batu atau Kota Malang. Museum Angkut dibagi
menjadi beberapa zona. Ada zona edukasi yang berisi gosip mengenai sejarah perkembangan
alat transportasi. Zona Sunda Kelapa atau Batavia yang terdapat replika Pelabuhan Sunda Kelapa
lengkap dengan miniatur kapal. Zona Jepang berisi koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi. Zona Uni Eropa berisi koleksi kendaraan beroda empat produksi Inggris dan kendaraan beroda empat kuno yang dipakai oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi kendaraan beroda empat dari banyak sekali merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis. Ada zona Hollywood yang berisi banyak sekali transportasi yang ada di flm-flm Hollywood ibarat Batmobile dan kendaraan beroda empat Scooby Doo. Terakhir zona Gangster dan Broadway, membuat suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika.

Berikut ini disediakan tabel yang memuat gosip penting dalam teks tersebut.

Nama Zona
Koleksi/Isi
Edukasi
memberi gosip mengenai sejarah perkembangan alat transportasi
Sunda Kelapa atau Batavia
(a)
Jepang
koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi
Uni Eropa
(b)
(c)
berbagai transportasi yang ada di flm-flm Hollywood ibarat Batmobile dan kendaraan beroda empat Scooby Doo
Gangster dan Broadway
menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika

Informasi penting yang sempurna untuk melengkapi tabel yang kosong yaitu . . . .
A. (a) koleksi kendaraan beroda empat produksi Inggris dan kendaraan beroda empat kuno yang dipakai oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi kendaraan beroda empat dari banyak sekali merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis; (b) memberi gosip mengenai sejarah perkembangan alat transportasi; dan (c) Gangster dan Broadway
B. (a) replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal; (b) koleksi kendaraan beroda empat produksi Inggris dan kendaraan beroda empat kuno yang dipakai oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi kendaraan beroda empat dari banyak sekali merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis; dan (c) Hollywood
C. (a) koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi; (b) membuat suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika; dan (c) Hollywood
D. (a) replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal; (b) banyak sekali transportasi
yang ada di flm-flm Hollywood ibarat Batmobile dan kendaraan beroda empat Scooby Doo; dan (c) Uni Eropa

(http://www.websitependidikan.com)


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali gosip tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan pandangan gres pokok teks

  1. menggali gosip tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi tragedi menurut isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra
a. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, sopan santun tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali gosip tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi tragedi menurut isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks

0 Response to "Melengkapi Tabel Dengan Pokok-Pokok Pikiran Menurut Isi Teks: Seri Persiapan Usbn Sd"

Total Pageviews