Latest News

Kisi-Kisi Ogn 2018 Mapel Prakarya Dan Kewirausahaan Sma/Smk/Smalb


KISI-KISI OGN 2018 MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SMA/SMK/SMALB

1. Konsep dan Karakteristik Kewirausahaan
2. Perencanaan saha (kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan)
3. Sistem Produksi (kerajinan, rekayasa, pengolahan, dan budidaya)
4. Perhitungan Harga Pokok
5. Strategi Pemasaran
6. Sistem Konsinyasi
7. Proses penilaian acara usaha

KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1.    Pemahaman penerima didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif penerima didik, prinsip-prinsip kepribadian penerima didik, dan bekal didik awal penerima didik.

2.    Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori mencar ilmu dan pembelajaran, taktik pembelajaran menurut karakteristik penerima didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan bahan ajar, serta rancangan pembelajaran menurut taktik yang dipilih.

3.    Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4.    Perancangan dan pelaksanaan penilaian pembelajaran: penilaian (assessment) proses dan hasil mencar ilmu secara berkesinambungan dengan banyak sekali metode, analisis hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu untuk memilih tingkat ketuntasan mencar ilmu (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas jadwal pembelajaran secara umum.

5.    Pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan banyak sekali potensi akademik dan nonakademik penerima didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)


0 Response to "Kisi-Kisi Ogn 2018 Mapel Prakarya Dan Kewirausahaan Sma/Smk/Smalb"

Total Pageviews