PROGRAM TAHUNAN
Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu
Semester Ganjil dan Genap
SMA …………………
Kelas X
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
SMT | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu @ 45’ |
1 | 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan mulut dan tulis. | 16 |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara mulut maupun tulis. | ||
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik mulut maupun tulis | ||
4.2 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | ||
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 14 | |
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara mulut dan / tulis. | ||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | ||
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | ||
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. | 14 | |
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik mulut maupun tulis | ||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. | ||
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik mulut maupun tulis | ||
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam kisah rakyat (hikayat) baik mulut maupun tulis. | 14 | |
4.7 Menceritakan kembali isi kisah rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | ||
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen. | ||
4.8 Mengembangkan kisah rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. | ||
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen. | 14 | |
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. | ||
Jumlah Jam Efektif | 72 | |
Jumlah Jam UH + UTS +UAS | 8 | |
Jumlah Jam Cadanagan | 0 | |
Jumlah Jam Tidak Efektif | 24 | |
Jumlah Jam Total Semester Ganjil | 104 | |
2 | 3.10. Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan mulut maupun tertulis. | 14 |
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara mulut atau tulis. | ||
3.11. Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. | ||
4.11 Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. | ||
3.12. Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan selesai dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | 14 | |
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan selesai dari debat secara mulut untuk menawarkan esensi dari debat. | ||
3.13. Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). | ||
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. | ||
3.14. Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi | 14 | |
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | ||
3.15. Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | ||
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik mulut maupun tulis | ||
3.16. Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. | 14 | |
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | ||
3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi. | 12 | |
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | ||
3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. | ||
4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. | ||
Jumlah Jam Efektif | 68 | |
Jumlah Jam UH + UTS +UAS | 8 | |
Jumlah Jam Cadanagan | 0 | |
Jumlah Jam Tidak Efektif | 28 | |
Jumlah Jam Total Semester Genap | 104 | |
JUMLAH JAM EFEKTIK TOTAL | 140 JP |
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA………… Guru Mata Pelajaran
.................... ..................................
UNDUH PROTA KELAS X DI SINI
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL DAN GENAP
SMA ………………….
KELAS XI (SEBELAS)
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
SMT | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu @ 45’ |
1 | 3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | 12 |
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara mulut dan tulis | ||
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | ||
4.2. Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | ||
3.3. Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi mulut dan tulis | 12 | |
4.3. Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara mulut dan tulis | ||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | ||
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara mulut atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | ||
Penilaian Harian | 4 | |
3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan kasatmata yang disajikan dalam ceramah | 16 | |
4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan kasatmata sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | ||
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | ||
4.6. Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan kasatmata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | ||
3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 8 | |
4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) | ||
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | ||
4.10. Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | ||
Penilaian Harian | 4 | |
3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan kisah pendek yang dibaca | 16 | |
4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam kisah pendek | ||
3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun kisah pendek dalam buku kumpulan kisah pendek | ||
4.9. Mengkonstruksi sebuah kisah pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen | ||
Penilaian Harian | 4 | |
Remedial / Pengayaan | 4 | |
Jumlah Jam Efektif | 68 | |
Jumlah Jam UH + UTS +UAS | 16 | |
Jumlah Jam Cadanagan | 0 | |
Jumlah Jam Tidak Efektif | 20 | |
Jumlah Jam Total Semester Ganjil | 104 | |
2 | 3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 12 |
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | ||
3.20. Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca | ||
4.20. Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian | ||
3.12. Mengidentifikasi gugusan penting yang ada dalam proposal acara atau penelitian yang dibaca | 12 | |
4.12. Melengkapi informasi dalam proposal secara mulut semoga lebih efektif | ||
3.13. Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal | ||
4.13. Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan | ||
Penilaian Harian | 4 | |
3.14. Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca | 12 | |
4.14. Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah | ||
3.15. Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah | ||
4.15. Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan | ||
3.16. Membandingkan isi banyak sekali resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi | 12 | |
4.16. Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi | ||
3.17. Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda | ||
4.17. Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan kisah pendek atau novel yang sudah dibaca | ||
Penilaian Harian | 4 | |
3.18. Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton | 10 | |
4.18. Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan | ||
3.19. Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton | ||
4.19. Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan | ||
Remedial / Pengayaan | 8 | |
Jumlah Jam Efektif | 68 | |
Jumlah Jam UH + UTS +UAS | 12 | |
Jumlah Jam Cadanagan | 0 | |
Jumlah Jam Tidak Efektif | 24 | |
Jumlah Jam Total Semester Genap | 104 | |
JUMLAH JAM EFEKTIK TOTAL | 140 JP |
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
.................................
...................
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu
Semester Ganjil dan Genap
SMA …………………….
Kelas XII
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
SMT | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu @ 45’ |
1 | 3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 18 |
4.1. Menyajikan selesai sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara mulut maupun tulis | ||
3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | ||
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | ||
3.3. Mengidentifikasi informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian bencana yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam kisah sejarah mulut atau tulis | 16 | |
4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi kisah sejarah dalam sebuah teks eksplanasi | ||
3.4. Menganalisis kebahasaan kisah atau novel sejarah | ||
4.4. Menulis kisah sejarah langsung dengan memerhatikan kebahasaan | ||
3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan selesai terhadap suatu isu) dalam teks editorial | 16 | |
4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial baik secara mulut maupun tulis | ||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial | ||
4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis | ||
Penilaian Harian | 2 | |
3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan kisah pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 10 | |
4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku wacana satu topik baik secara mulut maupun tulis | ||
3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca | ||
4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara mulut maupun tulis | ||
3.10. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca | 14 | |
4.10. Menyusun opini dalam bentuk artikel | ||
Remedial / Pengayaan | 8 | |
Jumlah Jam Efektif | 74 | |
Jumlah Jam UH + UTS +UAS | 6 | |
Jumlah Jam Cadanagan | 0 | |
Jumlah Jam Tidak Efektif | 20 | |
Jumlah Jam Total Semester Ganjil | 104 | |
2 | 3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel | 10 |
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis | ||
Penilaian Harian | 2 | |
3.11. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah | 10 | |
4.11. Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | ||
Penilaian Harian | 2 | |
3.12. Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis | 8 | |
4.12. Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara mulut maupun tulis | ||
3.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai | ||
4.13. Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis | ||
Penilaian Harian | 2 | |
3.14. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 8 | |
4.14. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | ||
Penilaian Harian | 2 | |
Remedial / Pengayaan | 8 | |
Jumlah Jam Efektif | 46 | |
Jumlah Jam UH + UTS +UAS | 14 | |
Jumlah Jam Cadanagan | 0 | |
Jumlah Jam Tidak Efektif | 0 | |
Jumlah Jam Total Semester Genap | 68 | |
JUMLAH JAM EFEKTIK TOTAL | 120 JP |
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA…… Guru Mata Pelajaran
…………………. ……………………..
UNDUH PROTA KELAS XII DI SINI
0 Response to "Prota Mapel Bahasa Indonesia Sma/Smk Tahun Pelajaran 2017/2018"