Latest News

Kisi-Kisi Ogn 2018 Matematika Sma/Smk/Smalb


KISI-KISI OGN 2018 MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/SMALB

1.    Logika mencakup pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, pernyataan beragam dan pernyataan berkuantor, nilai kebenaran suatu pernyataan, pernyataan yang setara, serta prinsip logika matematika dalam penarikan kesimpulan, metoda pembuktian dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

2.    Aljabar mencakup bilangan, bentuk akar, eksponen, logaritma, bentuk kuadrat, nilai mutlak, bentuk rasional, persamaan dan pertaksamaan banyak sekali bentuk aljabar, sistem persamaan banyak sekali bentuk aljabar, suku banyak, aktivitas linear, matriks (operasi matriks, determinan matriks, invers matriks, matriks transformasi geometri), vektor, barisan dan deret (pola bilangan, notasi sigma, barisan dan deret aritmetika berhingga maupun tak berhingga, barisan dan deret geometri berhingga maupun tak berhingga, bunga dan anuitas), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

3.    Geometri mencakup luas tempat bidang datar, volume bangkit ruang, jarak dua buah titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, sudut antara dua buah garis, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang, sifatsifat garis sejajar dan berpotongan, irisan kerucut, persamaan bulat dan persamaan garis singgungnya,

4.    Trigonometri mencakup konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, pertidaksamaan trigonometri, hukum sinus dan hukum kosinus, sinus dan kosinus dari jumlah dan selisih dua sudut, jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

5.    Kalkulus mencakup fungsi, fungsi komposisi dan fungsi invers (pengertian, domain, dan range), limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, kekontinuan fungsi, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, luas daerah, volume benda putar, serta penerapannya dalam pemecahan masalah.

6.    Statistik mencakup pemahaman dan aplikasi penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian, peluang bersyarat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah.

7.    Kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif dalam rekreasi dan aplikasi matematika.

KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1.    Pemahaman akseptor didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif akseptor didik, prinsip-prinsip kepribadian akseptor didik, dan bekal asuh awal akseptor didik.

2.    Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori mencar ilmu dan pembelajaran, taktik pembelajaran menurut karakteristik akseptor didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan bahan ajar, serta rancangan pembelajaran menurut taktik yang dipilih.

3.    Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4.    Perancangan dan pelaksanaan penilaian pembelajaran: penilaian (assessment) proses dan hasil mencar ilmu secara berkesinambungan dengan banyak sekali metode, analisis hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu untuk memilih tingkat ketuntasan mencar ilmu (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas aktivitas pembelajaran secara umum.

5.    Pengembangan potensi akseptor didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan banyak sekali potensi akademik dan nonakademik akseptor didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)


0 Response to "Kisi-Kisi Ogn 2018 Matematika Sma/Smk/Smalb"

Total Pageviews