Latest News

Menentukan Bab Alur Teks Cerpen


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTS
MENENTUKAN BAGIAN ALUR TEKS CERPEN
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci Jawaban: C
Pembahasan

Soal tersebut menanyakan bab alur cerpen dari suatu teks cerpen. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup bahan membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu memilih bab cerpen.


Kutipan teks tersebut merupakan alur bab perkenalan. Isi bab perkenalan yaitu mengenalkan tokoh (Cartim) , penokohan (orangya tidak terlalu ganteng bahkan nyaris mendekati jelek), hingga latar sebuah dongeng (di Kampung Bilawong).

RINGKASAN CERITA

BAGIAN-BAGIAN ALUR CERPEN

Secara sederhana, alur mempunyai beberapa tahapan, mulai awalnya pengenalan, konflik, komplikasi (kerumitan), klimaks, leraian, hingga pada penyelesaian. Berikut ini ialah klarifikasi dari masing-masing bab alur.

1. Pengenalan

Pada tahap ini, pembaca dikenalkan pada tokoh, penokohan, hingga latar sebuah cerita.

2. Konflik

Setelah itu, pembaca akan dihadapkan pada bab dongeng yang menampilkan kasus utama dari kisah. Masalah sanggup menyangkut duduk kasus dalam diri sang tokoh, perselisihan dengan tokoh lain, hingga antara satu tokoh dan lingkungannya. Untuk cerpen, biasanya hanya ada satu konflik yang membangun kisahnya.

3. Klimaks

Ketika kasus sudah mencapai puncaknya, itulah yang dikenal dengan istilah klimaks. Di tahap ini pembaca sanggup mendapat puncak ketegangan dari duduk kasus yang diusung pengarang.

4. Peleraian

Setelah mencapai puncak, duduk kasus akan menemui titik balik yang cenderung menurun. Tingkat ketegangan berkurang alasannya ialah kasus sedang menuju pada tahap akhir.

5. Penyelesaian

Tahap tamat yang dimaksud ialah penyelesaian. Pada bab ini, semua kasus diuraikan dan didapati solusinya. Namun, ada juga cerpen yang menciptakan penyelesaiannya secara terbuka sehingga bab solusi tidak diceritakan. (http://www.studiobelajar.com/unsur-intrinsik-cerpen/)


0 Response to "Menentukan Bab Alur Teks Cerpen"

Total Pageviews