Latest News

Kisi-Kisi Ogn 2018 Mapel Pendidikan Agama Dan Kebijaksanaan Pekerti Sma/Smk/Smalb




CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

1. Konsep Manusia (Penciptaan Manusia, Insan dan Basyar)

2. Konsep Agama Islam

3. Konsep Aqidah

4. Al Qur’an dan Hadist sebagai dasar aturan Islam

5. Ijtihad dan penyelesaian dilema aturan Islam

6. Konsep Ibadah dan

7. Konsep Muamalah

8. Akhlak dan Budi Pekerti

9. Konsep Pendidikan Islam

10. Sejarah Peradaban Islam masa klasik, modern, kontemporer

11. Islam dan Budaya Lokal.

12. Perbedaan Mazhab dan Penafsiran.

13. Kerukunan antar umat beragama

14. Gender dalam perspektif Islam

15. Hak Asasi Manusia dalam Islam

16. Radikalisme dalam Islam

17. Terorisme dan Jihad

18. Perkembangan IPTEKS dalam perspektif Islam

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)


KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1. Pemahaman penerima didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif penerima didik, prinsip-prinsip kepribadian penerima didik, dan bekal asuh awal penerima didik.

2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori berguru dan pembelajaran, taktik pembelajaran menurut karakteristik penerima didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan bahan ajar, serta rancangan pembelajaran menurut taktik yang dipilih.

3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4. Perancangan dan pelaksanaan penilaian pembelajaran: penilaian (assessment) proses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan banyak sekali metode, analisis hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk memilih tingkat ketuntasan berguru (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas aktivitas pembelajaran secara umum.

5. Pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan banyak sekali potensi akademik dan nonakademik penerima didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)




0 Response to "Kisi-Kisi Ogn 2018 Mapel Pendidikan Agama Dan Kebijaksanaan Pekerti Sma/Smk/Smalb"

Total Pageviews