Latest News

Kisi-Kisi Ogn 2018 Bahasa Inggris Sma/Smk/Smalb




CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS 


1. Menangkap makna teks interaksi interpersonal dan transaksional lisan:

a. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan korelasi keluarga

b. Teks interaksi interpersonal ekspresi yang melibatkan tindakan mengatakan ucapan selamat

c. Teks interaksi interpersonal ekspresi sederhana yang melibatkan tindakan memuji bersayap

d. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melaksanakan suatu tindakan/kegiatan

e. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya

f. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran

g. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tawaran

h. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat

i. Teks interaksi interpersonal lisanyang melibatkan tindakan menunjukkan jasa, dan menanggapinya

j. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran

2. Menangkap makna teks khusus lisan:

Teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) lisan

3. Menangkap makna teks fungsional lisan:

a. Teks news items ekspresi dalam bentuk isu radio

b. Teks mekanisme ekspresi dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)

c. Teks eksposisi analitis ekspresi terkait isu aktual

4. Menyusun teks interaksi ekspresi (secara tidak langsung):

a. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan korelasi keluarga

b. Teks interaksi interpersonal ekspresi yang melibatkan tindakan mengatakan ucapan selamat

c. Teks interaksi interpersonal ekspresi yang melibatkan tindakan memuji bersayap

d. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melaksanakan suatu tindakan/kegiatan

e. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya

f. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran

g. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tawaran

h. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat

i. Teks interaksi interpersonal lisanyang melibatkan tindakan menunjukkan jasa, dan menanggapinya

j. Teks interaksi transaksional ekspresi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran

5. Menangkap makna teks khusus tulis:

a. Teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) tulis

b. Teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang mengatakan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

6. Menangkap makna teks fungsional tulis



KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1. Pemahaman akseptor didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif akseptor didik, prinsip-prinsip kepribadian akseptor didik, dan bekal didik awal akseptor didik.

2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori berguru dan pembelajaran, seni administrasi pembelajaran menurut karakteristik akseptor didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan bahan ajar, serta rancangan pembelajaran menurut seni administrasi yang dipilih.

3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4. Perancangan dan pelaksanaan penilaian pembelajaran: penilaian (assessment) proses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan aneka macam metode, analisis hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk memilih tingkat ketuntasan berguru (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas kegiatan pembelajaran secara umum.

5. Pengembangan potensi akseptor didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan aneka macam potensi akademik dan nonakademik akseptor didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)




0 Response to "Kisi-Kisi Ogn 2018 Bahasa Inggris Sma/Smk/Smalb"

Total Pageviews