Latest News

Contoh Laporan Pengembangan Diri (Diklat) Untuk Kenaikan Pangkat Guru






CONTOH SURAT TUGAS

SURAT - TUGAS

Nomor: 800 /        / 2016


Dengan ini Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura :


Nama                                        :      

NIP                                           :     

Jabatan                                      :      Kepala Sekolah

Unit Kerja                                 :      SMP Negeri 3 Kartasura


memberikan kiprah kepada :



Nama                                        :      ......

NIP                                           :      ........

Jabatan                                      :      Guru

Unit Kerja                                 :      SMP Negeri 3 Kartasura

Hari                                           :      Selasa

Tanggal                                     :      22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016

Waktu                                       :      07.00 WIB s/d selesai

Tempat                                      :      Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Sekolah Menengah Pertama N 4 Sukoharjo

Keperluan                                 :      Mengikuti Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama se- Kabupaten Sukoharjo



Demikian untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan melaporkan kesannya sehabis selesai melaksanakan tugas.


Kartasura, 19 November 2016


Kepala Sekolah,  



....................................

NIP ..................................




 




LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO


Di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tanggal: 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016









Disusun Oleh:

NIP


PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 3 KARTASURA
TAHUN 2016




IDENTITAS GURU

1.        Nama Sekolah                                  :    SMP Negeri 3 Kartasura
2.        Nama Guru                                      :   
3.        NIP                                                  :   
4.        NRG                                                :    083926063016
5.        NUPTK                                           :    2639749650300012
6.        Sertifikat Pendidik                          :    08030908730093
7.        Jabatan/Golongan                            :    Guru Madya / IVa
8.        Alamat Instansi
·           Desa /Jalan                                :    Jalan  P. Diponegoro 64, Kartasura
·           Kabupaten                                :    Kabupaten Sukoharjo
·           Provinsi                                     :    Jawa Tengah
·           Telepon/Fax                              :    0271780034
·           Surel                                         :    smp.gazura@yahoo.co.id
9.        Mengajar Mata Pelajaran                 :    Bahasa Indonesia
10.    SK Pengangkatan
a.         Sebagai CPNS
·           Pejabat yang Mengangkat :    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
·           Nomor SK                         :    71841/A2/KP/1995
·           Tanggal SK                        :    24 -11 -1995
·           TMT                                   :    01 – 12 - 1995
b.        Pangkat Terakhir
·           Pejabat yang Mengangkat :    Gubernur Jateng
·           Nomor SK                         :    823.4/07244
·           Tanggal SK                        :    31 – 10 - 2007
·           TMT                                   :    1 – 10 - 2007
11.    Alamat Rumah
·           Alamat / Jalan                           :    
·           Kabupaten                                :    Sukoharjo
·           Provinsi                                     :    Jawa Tengah
·           Telepon/Fax                              :    
·           sur-el                                         :   


PENGESAHAN

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI







DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP

KABUPATEN SUKOHARJO



Disusun Oleh:

NIP







Kartasura, 8 Desember 2016

Mengesahkan
Kepala Sekolah Menengah Pertama N 3 Kartasura,                               Koordinator PKB,


……………..                                                      ………...
NIP …………                                                    NIP ………..





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis sanggup menuntaskan Buku Laporan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016 di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 22 November 2016, 29 November 206,  dan 6 Desember 2016 oleh MGMP Kabupaten Sukoharjo dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Di dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru dan penyusunan laporan ini, penulis  mendapatkan banyak kesempatan, bimbingan, petunjuk, bantuan, serta saran-saran yang bermanaat dari banyak sekali pihak, yang semuanya itu sanggup menawarkan fasilitas dan menunjang dalam menuntaskan penulisan laporan ini. Oleh lantaran itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada yang terhormat:
1.        Agus Ulinuha,Ph.D., Ketua LPPM UMS;
2.        Drs. Darno,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo;
3.        Drs. Juwardi, M.Pd.I, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; dan
4.        Narasumber serta rekan-rekan akseptor Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016.
Penulis menyadari, bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam penyusunan laporan pengembangan diri ini yang disebabkan oleh keterbatasan waktu, kemampuan, dan pengetahuan. Oleh lantaran itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya, penulis berharap laporan ini sanggup bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri khususnya.

Kartasura, 8 Desember  2016
Penulis,


NIP


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………………….   i
IDENTITAS DIRI …………………………………………………………….   ii
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………...  iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………...   iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………….....   v
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI                                                            
A.       PENDAHULUAN ………………………………………………………..  1
B.       ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN ………………………………….  2
C.       PELAKSANAAN PELATIHAN ………………………………………… 2
D.       TEMPAT DAN WAKTU ………………………………………………...   2
E.        TUJUAN PELATIHAN ………………………………………………….   2
F.        MATERI DALAM PELATIHAN ………………………………………..  3
G.      NARASUMBER ………………………………………………………….  5
H.       PESERTA PELATIHAN …………………………………………………  6
I.          STRATEGI KEGIATAN …………………………………………………  6
J.          HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH …………………………….. 6
K.       TINDAK LANJUT ……………………………………………………….   6
L.        DAMPAK SETELAH MENGIKUTI PELATIHAN …………………….  7
M.      PENUTUP ………………………………………………………………...  7

LAMPIRAN – LAMPIRAN
1.        Surat Tugas dari Kepala Sekolah tanggal 19 November 2016
2.        Daftar Peserta Pelatihan
3.        Jadwal Kegiatan
4.        Sertifikat (Nomor: 475/a.3-VIII/LPPM/XII/2016)


DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO


A.      PENDAHULUAN
Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional yaitu guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha membuatkan kariernya. Karier seorang guru sanggup dikembangkan melalui banyak sekali kegiatan, contohnya acara pendidikan dan pelatihan. Melalui acara tersebut pengetahuan dan keterampilannya akan selalu berkembang sehingga layanan yang diberikan kepada akseptor didik yaitu layanan yang semakin berkualitas.
Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk mempunyai kinerja yang baik dalam melaksanakan kiprah mengajar, mendidik, dan melatih akseptor didik saja melainkan juga harus melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk sanggup meningkatkan profesionalismenya.  Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru sanggup melaksanakan acara pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melaksanakan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan membuat karya-karya inovatif.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua acara yaitu diklat fungsional dan acara kolektif guru. Semua acara yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam acara kolektif guru sedangkan acara lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional.
Seorang  guru  yang  melaksanakan  pengembangan  diri  atau  kegiatan  pengembangan keprofesian  berkelanjutan  lainnya  di samping  akan  dapat  meningkatkan  pengetahuan  dan keterampilan  sebagai  seorang  guru,  juga  mendapat  penghargaan  angka  kredit  yang  dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.

B.       ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN
1.        Surat Tugas Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura, Sukoharjo tanggal 19 November 2016.
2.        Untuk meningkatkan pemahaman perihal pengembangan karier guru melalui Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
3.        Untuk meningkatkan profesionalitas guru

C.      PELAKSANAAN PELATIHAN
Pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo dirancang melalui pendekatan andragogi melalui:
a.         Pemaparan materi  melaui ceramah, tanya jawab, dan diskusi/kerja kelompok
b.        Pemaparan hasil kerja kelompok
c.         Sharing pengalaman mengikuti acara PKB

D.      TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan mulai tanggal 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016 bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sukoharjo.

E.       TUJUAN PELATIHAN
Kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengikuti dan melaksanakan Kegiatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sehingga karier guru sanggup berkembang lantaran terpenuhinya kebutuhan penilaian angka kredit (PAK). Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi acara Pengembangan Diri (PD), Publikasi Ilmiah (PI), dan Karya Inovatif (KI).

F.       MATERI PELATIHAN
Materi utama yang diberikan dalam Diklat ini yaitu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) selama 32 jam pembinaan dengan rincian sebagai berikut.
a.         Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1.        Publikasi Ilmiah (15 jam pelatihan)
2.        Karya Inovatif (5 jam pelatihan)
b.        Praktik Penulisan PTK (6 jam pelatihan)
c.         Praktik Penulisan Artikel/Jurnal (6 jam pelatihan)
Deskripsi Materi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
PKB meliputi acara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi yang didesain untuk meningkatkan karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan. Dengan perencanaan dan refleksi pada pengalaman mencar ilmu guru dan/atau praktisi pendidikan akan mempercepat pengembangan pengetahuan dan keterampilan guru sertakemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan. PKB  adalah penggalan penting dari proses pengembangan keprofesionalan guru. PKB  dalam rangka pengembangan pengetahuan dan keterampilan merupakan tanggung-jawab guru secara individu  sesuai dengan masyarakat pembelajar, jadi sangat penting  bagi guru yang berada di ujung paling depan pendidikan. PKB  adalah pengembangan keprofesian  berkelanjutan  yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau  meningkatkan kompetensinya  di atas standar kompetensi profesinya  yang  sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan  pangkat/jabatan fungsional guru. PKB meliputi tiga hal; yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
a.    Pengembangan  Diri
Pengembangan Diri yaitu upaya-upaya meningkatkan profesionalisme diri biar mempunyai kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan biar bisa melaksanakan kiprah pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan termasuk pelaksanaan tugas-tugas embel-embel yang relevan dengan fungsi sekolah/  madrasah. Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan acara kolektif guru  untuk  mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang meliputi kompetensi  pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana  yang  diamanatkan  dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional.  Sedangkan untuk bisa melaksanakan tugas  tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. agenda PKB diorientasikan kepada acara peningkatan kompetensi sesuai dengan tugas-tugas embel-embel tersebut (misalnya kompetensi bagi kepala sekolah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, dsb.).
b.    Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah yaitu salah satu unsur utama dalam penilaian kinerja guru yang dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme guru sehingga oleh karenanya diberi angka kredit.Bentuk publikasi yang sanggup dilakukan oleh guru yaitu presentasi pada lembaga ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
Sesuai dengan ketentuan KEPMENPAN No: 84/1993 ada 7 (tujuh) macam publikasi ilmiah yang merupakan penggalan acara pengembangan profesi. Sejak tahun 2009, ketentuan tersebut diperbaharui dengan diterbitkannya PERMENPAN dan RB No: 19 Tahun 2009 yang tetapkan sebanyak 10 macam publikasi sebagai penggalan dari acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yaitu:
1)        Presentasi di lembaga ilmiah
2)        Hasil penelitian
3)        Tinjauan ilmiah
4)        Tulisan ilmiah populer
5)        Artikel ilmiah
6)        Buku pelajaran
7)        Modul/diktat
8)        Buku dalam bidang pendidikan
9)        Karya terjemahan
10)    Buku pedoman guru
Publikasi ilmiah yang layak memperoleh angka kredit harus memenuhi kriteria yang dinyatakan dalam abreviasi APIK,  yang artinya: Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. Asli, bukan merupakan hasil plagiat tetapi gagasan asli yang bersangkutan. Perlu, yang berarti menuntaskan problem yang secara kasatmata terjadi atau dihadapi oleh guru yang bersangkutan dalam lingkungan tugasnya. Ilmiah, yaitu berbentuk penelitian yang berisi dan dilakukan mengikuti kaidah-kaidah kebenaran ilmiah. Konsisten, dalam arti harus disusun sesuai dengan kiprah pokok dan fungsi penyusunnya.
c.         Karya Inovatif
Karya inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau inovasi gres sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan seni. Karya inovatif ini mencakup:
1)   penemuan teknologi tepat guna kategori kompleks dan/atau sederhana;
2)   penemuan/peciptaan atau pengembangan karya senikategori kompleks dan/atau sederhana; 
3)   pembuatan/pemodifikasian alat  pelajaran/peraga/-praktikum kategori kompleks dan/ atau sederhana;
4)     penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya pada tingkat nasional maupun provinsi
Penekanan materi yang disampaikan  dalam  Diklat  ini  adalah  Penulisan PTK dan Karya Ilmiah berupa artikel. Adapun hal-hal yang disampakan yaitu kebijakan bahasa,  orientasi menulis karya ilmiah,penggalian topik penelitian dan judul, penyusunan rancangan proposal penelitian, metode dan teknik penelitian PTK, pemanfaatan bahasa dalam KI, penyuntingan KI,sumber penulisan KI, ulasan artikel, dan praktik penulisan artikel..

G.      NARASUMBER
Narasumber Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo ini adalah:
No
Nama
Status
Asal Sekolah
1
Prof. Dr. Markhamah, M. Hum.
Guru Besar dan Widyaiswara UMS
UMS Surakarta
2
Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd.
Tim Penilai PAK,
 Kabupaten Sukoharjo
SMKN 2 Sukoharjo

H.      PESERTA PELATIHAN
Peserta Diklat Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru berjumlah 22 orang yang terdiri dari guru Bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Sukoharjo (terlampir).

I.         STRATEGI KEGIATAN




J.        HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH
Hasil yang diperoleh dari Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama adalah terlatihnya guru dalam menghasilkan banyak sekali Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.

K.      TINDAK LANJUT
Tindak lanjut dari Diklat Peningkatan Karier Guru SMP yaitu guru  berusaha sanggup melaksanakan banyak sekali acara PKB terutama Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Selanjutnya mereka mengusulkan angka kredit yang diperoleh untuk kenaikan pangkat mereka. 

L.       DAMPAK SETELAH MENGIKUTI KEGIATAN
Dampak yang dibutuhkan melalui pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP antara lain:
1.        Guru memahami banyak sekali acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
2.        Guru mau melaksanakan banyak sekali acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
3.        Karier/profesionalitas guru meningkat
4.        Prestasi mencar ilmu akseptor didik meningkat, dan mutu pendidikan juga meningkat.

M.     PENUTUP
Secara umum Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama bertujuan biar para akseptor lebih memahami banyak sekali jenis acara yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan karier mereka. Kegiatan yang dimaksud tidak lain yaitu acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Beberapa acara yang termasuk dalam acara PKB tersebut yaitu acara Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. Setelah para akseptor memahami, dibutuhkan mereka mau mempraktikkannya. Dengan pemahaman dan kemauan mempraktikkan (baca: melaksanakan) karier mereka akan meningkat. Selanjutnya akan terbentuk profesionalitas guru. Dampak positif yang dirasakan yaitu meningkatnya prestasi akseptor didik yang berarti meningkatnya mutu pendidikan.

DAFTAR PESERTA
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO

No
Nama
Asal Sekolah
1
Sri Santosa, S.Pd., M.Pd.
SMPN 1 Nguter
2
Imtihan Syamsul Maarif, S.Pd.
SMPN 4 Sukoharjo
3
Titiek Maryuni, S.Pd., M.Pd.
SMPN 3 Nguter
4
Dra. Eny Haryaningsih, M.Pd.
SMPN 1 Sukoharjo
5
Dra, Eny Haryaningsih, M.Pd.
SMPN 1 Sukoharjo
6
Dudung Andriyano, S.Pd., M.Pd.
SMPN 3 Sukoharjo
7
Suparti, S.Pd., M.Pd.
SMPN 2 Bendosaari
8
Bambang Wisnu, S.Pd.
SMPN 1 Gatak
9
Dra. Maya Maria Hartanti
MTS. Bekonang
10
Drs. Widodo
SMPN 2 Nguter
11
Drs. Martanto
SMPN 1 Bulu
12
Dra. Hagni Sri Wiyanti
SMP Muh. Sukoharjo
13
Sukrisno Santoso, S.Pd.
Mutiara Insan, Sukoharjo
14
Endah Mustaqimah, S.Pd., M.Hum.
SMPN 3 Kartasura
15
Dra. Bekti Dwi Hastuti
SMPN 1 Grogol
16
Dra. Sri Harsono
SMPN 5 Sukoharjo
17
Anas Charis Fachrudin, S.Pd.
SMP Al Azhar 21
18
Isminatun, S.Pd., M.Pd.
SMPN 2 Gatak
19
Suwardji, S.Pd.
SMPN 5 Sukoharjo
20
Susi Handayani, S.Pd., M.Pd.
SMPN 1 Kartasura
21
Dra. Sri Rahayu
SMPN 3 Tawangsari
22
Ida Arijani, S.Pd.
SMPN 4 Polokarto


JADWAL KEGIATAN
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO

No
Waktu
Materi
Narasumber
Petugas
Tempat
PENINGKATAN KARIER
Pertemuan 1: Selasa, 22 November 2016
1
07.00 – 10.00
PKB
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.
PANITIA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2
10.00 – 10.15
Break
3
10.15 – 12.15
Best Practice
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.
4
12.15 – 13.00
Ishoma
5
13.00 – 15.00
PTK
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.
6
15.00 – 15.15
Break
7
15.15 – 16.15
PTK
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.

Peningkatan Karier
Pertemuan 2: Selasa, 29 November 2016
1
07.00 – 10.00
SKP
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.
PANITIA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2
10.00 – 10.15
Break
3
10.15 – 12.15
SKP
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.
4
12.15 – 13.00
Ishoma
5
13.00 – 15.00
SKP
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.
6
15.00 – 15.15
Break
7
15.15 – 16.15
SKP
Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.

Peningkatan Karier
Pertemuan 3: Selasa, 6 Desember 2016
1
07.00 – 10.00
DUPAK
Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd.
PANITIA
SMP  N 4 SUKOHARJO
2
10.00 – 10.15
Break
3
10.15 – 12.15
DUPAK
Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd.
4
12.15 – 13.00
Ishoma
5
13.00 – 15.00
DUPAK
Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd.
6
15.00 – 15.15
Break
7
15.15 – 16.15
DUPAK
Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd.



0 Response to "Contoh Laporan Pengembangan Diri (Diklat) Untuk Kenaikan Pangkat Guru"

Total Pageviews