CONTOH SURAT TUGAS
SURAT - TUGAS
Nomor: 800 / / 2016
Dengan ini Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura :
Nama :
NIP :
Jabatan : Kepala Sekolah
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Kartasura
memberikan kiprah kepada :
Nama : ......
NIP : ........
Jabatan : Guru
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Kartasura
Hari : Selasa
Tanggal : 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016
Waktu : 07.00 WIB s/d selesai
Tempat : Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Sekolah Menengah Pertama N 4 Sukoharjo
Keperluan : Mengikuti Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama se- Kabupaten Sukoharjo
Demikian untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan melaporkan kesannya sehabis selesai melaksanakan tugas.
Kartasura, 19 November 2016
Kepala Sekolah,
....................................
NIP ..................................
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
Di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tanggal: 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016
Disusun Oleh:
NIP
PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 3 KARTASURA
TAHUN 2016
IDENTITAS GURU
1. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Kartasura
2. Nama Guru :
3. NIP :
4. NRG : 083926063016
5. NUPTK : 2639749650300012
6. Sertifikat Pendidik : 08030908730093
7. Jabatan/Golongan : Guru Madya / IVa
8. Alamat Instansi
· Desa /Jalan : Jalan P. Diponegoro 64, Kartasura
· Kabupaten : Kabupaten Sukoharjo
· Provinsi : Jawa Tengah
· Telepon/Fax : 0271780034
· Surel : smp.gazura@yahoo.co.id
9. Mengajar Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
10. SK Pengangkatan
a. Sebagai CPNS
· Pejabat yang Mengangkat : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
· Nomor SK : 71841/A2/KP/1995
· Tanggal SK : 24 -11 -1995
· TMT : 01 – 12 - 1995
b. Pangkat Terakhir
· Pejabat yang Mengangkat : Gubernur Jateng
· Nomor SK : 823.4/07244
· Tanggal SK : 31 – 10 - 2007
· TMT : 1 – 10 - 2007
11. Alamat Rumah
· Alamat / Jalan :
· Kabupaten : Sukoharjo
· Provinsi : Jawa Tengah
· Telepon/Fax :
· sur-el :
PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
Disusun Oleh:
NIP
Kartasura, 8 Desember 2016
Mengesahkan
Kepala Sekolah Menengah Pertama N 3 Kartasura, Koordinator PKB,
…………….. ………...
NIP ………… NIP ………..
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis sanggup menuntaskan Buku Laporan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016 di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 22 November 2016, 29 November 206, dan 6 Desember 2016 oleh MGMP Kabupaten Sukoharjo dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Di dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru dan penyusunan laporan ini, penulis mendapatkan banyak kesempatan, bimbingan, petunjuk, bantuan, serta saran-saran yang bermanaat dari banyak sekali pihak, yang semuanya itu sanggup menawarkan fasilitas dan menunjang dalam menuntaskan penulisan laporan ini. Oleh lantaran itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada yang terhormat:
1. Agus Ulinuha,Ph.D., Ketua LPPM UMS;
2. Drs. Darno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo;
3. Drs. Juwardi, M.Pd.I, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; dan
4. Narasumber serta rekan-rekan akseptor Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016.
Penulis menyadari, bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam penyusunan laporan pengembangan diri ini yang disebabkan oleh keterbatasan waktu, kemampuan, dan pengetahuan. Oleh lantaran itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya, penulis berharap laporan ini sanggup bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri khususnya.
Kartasura, 8 Desember 2016
Penulis,
NIP
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………. i
IDENTITAS DIRI ……………………………………………………………. ii
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………... iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………... iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..... v
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A. PENDAHULUAN ……………………………………………………….. 1
B. ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN …………………………………. 2
C. PELAKSANAAN PELATIHAN ………………………………………… 2
D. TEMPAT DAN WAKTU ………………………………………………... 2
E. TUJUAN PELATIHAN …………………………………………………. 2
F. MATERI DALAM PELATIHAN ……………………………………….. 3
G. NARASUMBER …………………………………………………………. 5
H. PESERTA PELATIHAN ………………………………………………… 6
I. STRATEGI KEGIATAN ………………………………………………… 6
J. HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH …………………………….. 6
K. TINDAK LANJUT ………………………………………………………. 6
L. DAMPAK SETELAH MENGIKUTI PELATIHAN ……………………. 7
M. PENUTUP ………………………………………………………………... 7
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Surat Tugas dari Kepala Sekolah tanggal 19 November 2016
2. Daftar Peserta Pelatihan
3. Jadwal Kegiatan
4. Sertifikat (Nomor: 475/a.3-VIII/LPPM/XII/2016)
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
A. PENDAHULUAN
Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional yaitu guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha membuatkan kariernya. Karier seorang guru sanggup dikembangkan melalui banyak sekali kegiatan, contohnya acara pendidikan dan pelatihan. Melalui acara tersebut pengetahuan dan keterampilannya akan selalu berkembang sehingga layanan yang diberikan kepada akseptor didik yaitu layanan yang semakin berkualitas.
Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk mempunyai kinerja yang baik dalam melaksanakan kiprah mengajar, mendidik, dan melatih akseptor didik saja melainkan juga harus melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk sanggup meningkatkan profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru sanggup melaksanakan acara pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melaksanakan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan membuat karya-karya inovatif.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua acara yaitu diklat fungsional dan acara kolektif guru. Semua acara yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam acara kolektif guru sedangkan acara lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional.
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya di samping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.
B. ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN
1. Surat Tugas Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura, Sukoharjo tanggal 19 November 2016.
2. Untuk meningkatkan pemahaman perihal pengembangan karier guru melalui Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
3. Untuk meningkatkan profesionalitas guru
C. PELAKSANAAN PELATIHAN
Pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo dirancang melalui pendekatan andragogi melalui:
a. Pemaparan materi melaui ceramah, tanya jawab, dan diskusi/kerja kelompok
b. Pemaparan hasil kerja kelompok
c. Sharing pengalaman mengikuti acara PKB
D. TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan mulai tanggal 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016 bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sukoharjo.
E. TUJUAN PELATIHAN
Kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengikuti dan melaksanakan Kegiatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sehingga karier guru sanggup berkembang lantaran terpenuhinya kebutuhan penilaian angka kredit (PAK). Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi acara Pengembangan Diri (PD), Publikasi Ilmiah (PI), dan Karya Inovatif (KI).
F. MATERI PELATIHAN
Materi utama yang diberikan dalam Diklat ini yaitu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) selama 32 jam pembinaan dengan rincian sebagai berikut.
a. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1. Publikasi Ilmiah (15 jam pelatihan)
2. Karya Inovatif (5 jam pelatihan)
b. Praktik Penulisan PTK (6 jam pelatihan)
c. Praktik Penulisan Artikel/Jurnal (6 jam pelatihan)
Deskripsi Materi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
PKB meliputi acara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi yang didesain untuk meningkatkan karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan. Dengan perencanaan dan refleksi pada pengalaman mencar ilmu guru dan/atau praktisi pendidikan akan mempercepat pengembangan pengetahuan dan keterampilan guru sertakemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan. PKB adalah penggalan penting dari proses pengembangan keprofesionalan guru. PKB dalam rangka pengembangan pengetahuan dan keterampilan merupakan tanggung-jawab guru secara individu sesuai dengan masyarakat pembelajar, jadi sangat penting bagi guru yang berada di ujung paling depan pendidikan. PKB adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesinya yang sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. PKB meliputi tiga hal; yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
a. Pengembangan Diri
Pengembangan Diri yaitu upaya-upaya meningkatkan profesionalisme diri biar mempunyai kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan biar bisa melaksanakan kiprah pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan termasuk pelaksanaan tugas-tugas embel-embel yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah. Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan acara kolektif guru untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional. Sedangkan untuk bisa melaksanakan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. agenda PKB diorientasikan kepada acara peningkatan kompetensi sesuai dengan tugas-tugas embel-embel tersebut (misalnya kompetensi bagi kepala sekolah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, dsb.).
b. Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah yaitu salah satu unsur utama dalam penilaian kinerja guru yang dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme guru sehingga oleh karenanya diberi angka kredit.Bentuk publikasi yang sanggup dilakukan oleh guru yaitu presentasi pada lembaga ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
Sesuai dengan ketentuan KEPMENPAN No: 84/1993 ada 7 (tujuh) macam publikasi ilmiah yang merupakan penggalan acara pengembangan profesi. Sejak tahun 2009, ketentuan tersebut diperbaharui dengan diterbitkannya PERMENPAN dan RB No: 19 Tahun 2009 yang tetapkan sebanyak 10 macam publikasi sebagai penggalan dari acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yaitu:
1) Presentasi di lembaga ilmiah
2) Hasil penelitian
3) Tinjauan ilmiah
4) Tulisan ilmiah populer
5) Artikel ilmiah
6) Buku pelajaran
7) Modul/diktat
8) Buku dalam bidang pendidikan
9) Karya terjemahan
10) Buku pedoman guru
Publikasi ilmiah yang layak memperoleh angka kredit harus memenuhi kriteria yang dinyatakan dalam abreviasi APIK, yang artinya: Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. Asli, bukan merupakan hasil plagiat tetapi gagasan asli yang bersangkutan. Perlu, yang berarti menuntaskan problem yang secara kasatmata terjadi atau dihadapi oleh guru yang bersangkutan dalam lingkungan tugasnya. Ilmiah, yaitu berbentuk penelitian yang berisi dan dilakukan mengikuti kaidah-kaidah kebenaran ilmiah. Konsisten, dalam arti harus disusun sesuai dengan kiprah pokok dan fungsi penyusunnya.
c. Karya Inovatif
Karya inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau inovasi gres sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan seni. Karya inovatif ini mencakup:
1) penemuan teknologi tepat guna kategori kompleks dan/atau sederhana;
2) penemuan/peciptaan atau pengembangan karya senikategori kompleks dan/atau sederhana;
3) pembuatan/pemodifikasian alat pelajaran/peraga/-praktikum kategori kompleks dan/ atau sederhana;
4) penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya pada tingkat nasional maupun provinsi
Penekanan materi yang disampaikan dalam Diklat ini adalah Penulisan PTK dan Karya Ilmiah berupa artikel. Adapun hal-hal yang disampakan yaitu kebijakan bahasa, orientasi menulis karya ilmiah,penggalian topik penelitian dan judul, penyusunan rancangan proposal penelitian, metode dan teknik penelitian PTK, pemanfaatan bahasa dalam KI, penyuntingan KI,sumber penulisan KI, ulasan artikel, dan praktik penulisan artikel..
G. NARASUMBER
Narasumber Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Sukoharjo ini adalah:
No | Nama | Status | Asal Sekolah |
1 | Prof. Dr. Markhamah, M. Hum. | Guru Besar dan Widyaiswara UMS | UMS Surakarta |
2 | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | Tim Penilai PAK, Kabupaten Sukoharjo | SMKN 2 Sukoharjo |
H. PESERTA PELATIHAN
Peserta Diklat Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru berjumlah 22 orang yang terdiri dari guru Bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Sukoharjo (terlampir).
I. STRATEGI KEGIATAN
J. HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH
Hasil yang diperoleh dari Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama adalah terlatihnya guru dalam menghasilkan banyak sekali Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.
K. TINDAK LANJUT
Tindak lanjut dari Diklat Peningkatan Karier Guru SMP yaitu guru berusaha sanggup melaksanakan banyak sekali acara PKB terutama Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Selanjutnya mereka mengusulkan angka kredit yang diperoleh untuk kenaikan pangkat mereka.
L. DAMPAK SETELAH MENGIKUTI KEGIATAN
Dampak yang dibutuhkan melalui pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP antara lain:
1. Guru memahami banyak sekali acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
2. Guru mau melaksanakan banyak sekali acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
3. Karier/profesionalitas guru meningkat
4. Prestasi mencar ilmu akseptor didik meningkat, dan mutu pendidikan juga meningkat.
M. PENUTUP
Secara umum Diklat Peningkatan Karier Guru Sekolah Menengah Pertama bertujuan biar para akseptor lebih memahami banyak sekali jenis acara yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan karier mereka. Kegiatan yang dimaksud tidak lain yaitu acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Beberapa acara yang termasuk dalam acara PKB tersebut yaitu acara Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. Setelah para akseptor memahami, dibutuhkan mereka mau mempraktikkannya. Dengan pemahaman dan kemauan mempraktikkan (baca: melaksanakan) karier mereka akan meningkat. Selanjutnya akan terbentuk profesionalitas guru. Dampak positif yang dirasakan yaitu meningkatnya prestasi akseptor didik yang berarti meningkatnya mutu pendidikan.
DAFTAR PESERTA
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
No | Nama | Asal Sekolah |
1 | Sri Santosa, S.Pd., M.Pd. | SMPN 1 Nguter |
2 | Imtihan Syamsul Maarif, S.Pd. | SMPN 4 Sukoharjo |
3 | Titiek Maryuni, S.Pd., M.Pd. | SMPN 3 Nguter |
4 | Dra. Eny Haryaningsih, M.Pd. | SMPN 1 Sukoharjo |
5 | Dra, Eny Haryaningsih, M.Pd. | SMPN 1 Sukoharjo |
6 | Dudung Andriyano, S.Pd., M.Pd. | SMPN 3 Sukoharjo |
7 | Suparti, S.Pd., M.Pd. | SMPN 2 Bendosaari |
8 | Bambang Wisnu, S.Pd. | SMPN 1 Gatak |
9 | Dra. Maya Maria Hartanti | MTS. Bekonang |
10 | Drs. Widodo | SMPN 2 Nguter |
11 | Drs. Martanto | SMPN 1 Bulu |
12 | Dra. Hagni Sri Wiyanti | SMP Muh. Sukoharjo |
13 | Sukrisno Santoso, S.Pd. | Mutiara Insan, Sukoharjo |
14 | Endah Mustaqimah, S.Pd., M.Hum. | SMPN 3 Kartasura |
15 | Dra. Bekti Dwi Hastuti | SMPN 1 Grogol |
16 | Dra. Sri Harsono | SMPN 5 Sukoharjo |
17 | Anas Charis Fachrudin, S.Pd. | SMP Al Azhar 21 |
18 | Isminatun, S.Pd., M.Pd. | SMPN 2 Gatak |
19 | Suwardji, S.Pd. | SMPN 5 Sukoharjo |
20 | Susi Handayani, S.Pd., M.Pd. | SMPN 1 Kartasura |
21 | Dra. Sri Rahayu | SMPN 3 Tawangsari |
22 | Ida Arijani, S.Pd. | SMPN 4 Polokarto |
JADWAL KEGIATAN
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
No | Waktu | Materi | Narasumber | Petugas | Tempat |
PENINGKATAN KARIER Pertemuan 1: Selasa, 22 November 2016 | |||||
1 | 07.00 – 10.00 | PKB | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | PANITIA | UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA |
2 | 10.00 – 10.15 | Break | |||
3 | 10.15 – 12.15 | Best Practice | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
4 | 12.15 – 13.00 | Ishoma | |||
5 | 13.00 – 15.00 | PTK | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
6 | 15.00 – 15.15 | Break | |||
7 | 15.15 – 16.15 | PTK | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
Peningkatan Karier Pertemuan 2: Selasa, 29 November 2016 | |||||
1 | 07.00 – 10.00 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | PANITIA | UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA |
2 | 10.00 – 10.15 | Break | |||
3 | 10.15 – 12.15 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
4 | 12.15 – 13.00 | Ishoma | |||
5 | 13.00 – 15.00 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
6 | 15.00 – 15.15 | Break | |||
7 | 15.15 – 16.15 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
Peningkatan Karier Pertemuan 3: Selasa, 6 Desember 2016 | |||||
1 | 07.00 – 10.00 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | PANITIA | SMP N 4 SUKOHARJO |
2 | 10.00 – 10.15 | Break | |||
3 | 10.15 – 12.15 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | ||
4 | 12.15 – 13.00 | Ishoma | |||
5 | 13.00 – 15.00 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | ||
6 | 15.00 – 15.15 | Break | |||
7 | 15.15 – 16.15 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. |
0 Response to "Contoh Laporan Pengembangan Diri (Diklat) Untuk Kenaikan Pangkat Guru"