KISI-KISI OGN 2018 BIMBINGAN KONSELING
1. Menguasai ilmu pendidikan untuk praksis bimbingan dan konseling
2. Menguasai ilmu bimbingan dan konseling dan landasan keilmuannya
3. Menguasai teori asesmen dalam bimbingan dan konseling
4. Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan pembelajaran secara kontekstual dalam praksis bimbingan dan konseling
5. Menganalisis sasaran capaian perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir penerima didik
6. Menerapkan strategi, pendekatan, teknik, dan metode dalam memfasilitasi perkembangan pribadi, sosial, mencar ilmu dan karir penerima didik.
7. Mengevaluasi tingkat capaian perkembangan pribadi, sosial, mencar ilmu dan karir penerima didik.
8. Menguasai konsep, pendekatan, teknik, dan metode keilmuan bimbingan dan konseling.
9. Menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode keilmuan bimbingan dan konseling.
10. Menguasai taktik layanan bimbingan dan konseling secara individual, kelompok, klasikal, dan lintas kelas atau kelas besar.
11. Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, nonformal, informal
12. Menguasai metodologi penelitian dalam bimbingan dan konseling.
KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1. Pemahaman penerima didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif penerima didik, prinsip-prinsip kepribadian penerima didik, dan bekal latih awal penerima didik.
2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependidikan, teori mencar ilmu dan pembelajaran, taktik pembelajaran menurut karakteristik penerima didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan bahan ajar, serta rancangan pembelajaran menurut taktik yang dipilih.
3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
4. Perancangan dan pelaksanaan penilaian pembelajaran: penilaian (assessment) proses dan hasil mencar ilmu secara berkesinambungan dengan banyak sekali metode, analisis hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu untuk memilih tingkat ketuntasan mencar ilmu (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas jadwal pembelajaran secara umum.
5. Pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan banyak sekali potensi akademik dan nonakademik penerima didik.
(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
0 Response to "Kisi-Kisi Ogn 2018 Bimbingan Konseling"