MENENTUKAN MAKNA KATA/ISTILAH PADA TEKS
Istilah yakni kata atau adonan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah)
Paragraf disusun memakai kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut mempunyai makna atau arti. Oleh lantaran itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih semoga bisa memberikan maksud penulis.
Kesalahan penggunaan kata-kata atai istilah akan mengakibatkan penafsiran berbeda. Kata-kata atau istilah yang dipakai sanggup berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah bekerjasama dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.
Contoh soal dan kunci tanggapan materi memilih makna kata/istilah pada teks.
1. SD Program Khusus akan berulang tahun. Kepala Sekolah meminta seluruh siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah. Siswa diharap membawa alat kebersihan menyerupai sapu lidi, sapu ijuk, kemoceng, dan kain pel. Setiap siswa harus berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Makna kata bergaris bawah di dalam paragraf tersebut yaitu ....
A. merencanakan jadwal kegiatan
B. ikut serta dalam kegiatan
C. mengawasi jalannya kegiatan
D. menilai jalannya kegiatan
A. merencanakan jadwal kegiatan
B. ikut serta dalam kegiatan
C. mengawasi jalannya kegiatan
D. menilai jalannya kegiatan
2. Tidur merupakan kebutuhan manusia. Saat tidur, seluruh anggota tubuh beristirahat. Mengistirahatkan tubuh dari banyak sekali macam aktivitas idealnya memerlukan waktu sebanyak delapan jam. Tidur yang baik dilakukan pada pukul 21.00–22.00. Keesokan harinya, kita juga sebaiknya bangkit tidur pada pagi hari sekitar pukul 05.00. Kebiasaan tidur secara teratur sanggup menyehatkan dan menyegarkan badan. Hal itu disebabkan dikala malam kita segera mengistirahatkan tubuh dan dikala bangkit pagi kita sanggup menghirup udara segar dan higienis yang baik untuk pernapasan.
Makna kata aktivitas dalam paragraf tersebut yakni . . . .
A. rutinitas yang dilakukan secara terus-menerus setiap waktu
B. gampang beraksi dan bereaksi
C. ulet melakukan tugas
D. kegiatan yang dilakukan
Makna kata aktivitas dalam paragraf tersebut yakni . . . .
A. rutinitas yang dilakukan secara terus-menerus setiap waktu
B. gampang beraksi dan bereaksi
C. ulet melakukan tugas
D. kegiatan yang dilakukan
3. Bank BRI memberikan pemberian modal dengan bunga rendah kepada para pedagang kaki lima (PKL) .Hal ini disambut baik oleh para PKL . Adapun alasan Bank BRI meminjamkan modal tersebut yakni semoga PKL bisa mengembangkan usahanya sekaligus mempunyai warung tetap.
Istilah bunga rendah dalam paragrap di atas mempunyai arti… .
A. Keuntungan yang diperoleh orang yang meminjam
B. Jumlah keseluruhan peminjam yang harus dibayarkan
C. Kerugian yang diperoleh oleh pihak yang meminjamkan
D. Biaya suplemen ringan pada peminjam yang harus dibayarkan (http://www.websitependidikan.com)
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan inspirasi pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian menurut isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, budbahasa tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai kepingan teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian menurut isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks
0 Response to "Menentukan Makna Kata/Istilah Pada Teks: Seri Bahan Usbn Sd Dilengkapi Soal Dan Kunci Jawaban"