Latest News

Kisi-Kisi Soal Uji Coba Usbn Sd / Mi Tahun 2018 Bahasa Indonesia



Kisi-Kisi USBN Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI terdiri atas 32 indikator
yang tercakup dalam  4 lingkup bahan sebagai berikut.

1.      Membaca Nonsastra=11 indikator;

2.      Membaca Sastra = 8 indikator;

3.      Menulis Terbatas = 7 indikator; dan

4.      Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca = 6 indikator.

Berikut dikembangkan kisi-kisi try out atau uji coba USBN SD/MI tahun 2018

KISI-KISI UJI COBA USBN SD/MI TAHUN 2018

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TAHUN PELAJARAN 2017/2018


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No soal
Bentuk Soal
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat
1.       
PG
2.menentukan
antonim/sinonim
Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat

2.       
PG

Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat
3.       
PG

3.menggali isu tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tanya/ balasan dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
4.       
PG
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat utama paragraf dengan tepat
5.       
PG
Aplikasi
• Menyimpulkan
• Menggunakan
konsep/prinsip
5.menentukan inspirasi pokok teks
5. Disajikan paragraf, siswa bisa menemukan inspirasi pokok  paragraf dengan tepat.

6.       
PG

6.menggali isu tersirat teks
6. Disajikan paragraf, siswa bisa menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
7.       
PG

7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
8.       
PG Uraian
8.Mengidentifikasi jenis teks
Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa bisa memilih jenis teks dengan tepat
9.       
PG
Penalaran
• Mengevaluasi
• Membandingkan pola
(menganalisis)
• Menanggapi
9.memprediksi
kejadian menurut isi teks
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa bisa memilih insiden menurut isi teks
10.   
PG
10.              membandingkan isi teks
Disajikan dua teks, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan isi dua teks dengan sempurna
11.   
PG Uraian

11.              melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
Disajikan pecahan teks berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada  teks dengan tepat.
12.   
PG

2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
12.              Menentukan isu tersurat pada karya sastra
Disajikan teks sastra (pantun, kisah prosa/ drama), siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat.
13.   
PG
13.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
Disajikan kutipan kisah , siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat
14.   
PG
Disajikan kutipan kisah , siswa bisa memilih tabiat tokoh pada kutipan dengan tepat
15.   
PG
Disajikan kutipan kisah , siswa bisa memilih latar pada kutipan dengan tepat
16.   
PG
14.              menentukan makna kata/simbol/kias
Disajikan teks syair/cerita , siswa bisa memilih makna kata pada syair dengan tepat
17.   
PG

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

15.              menggali isu tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
Disajikan kutipan drama/dialog, siswa bisa memilih topik/tema dalam kutipan dengan  dengan tepat.
18.   
PG
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih akibat kisah dengan tepat
19.   
PG
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih makna bab teks/kalimat dengan tepat
20.   
PG
16.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
21.   
PG

Disajikan kutipan teks pantun, siswa bisa memilih amanat dengan tepat.
22.   
PG

Disajikan kutipan teks cerita, siswa bisa memilih amanat dengan tepat.
23.   
PG

Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih tema  dengan tepat.
24.   
PG
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan contoh (menganalisis)
-     Menanggapi

17.              Memprediksi insiden menurut isi cerita
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa bisa membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
25.   
PG
18.              menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, siswa bisa memilih nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
26.   
PG Uraian

19.              menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa bisa memilih hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat
27.   
PG



3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
20.              Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
28.   
PG
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
29.   
PG
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
30.   
PG
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

21.  menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, siswa bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat.
31.   
PG
22.  menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa bisa menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
32.   
PG Uraian
Disajikan ilustrasi, siswa bisa menyusun teks narasi sesuai gambaran dengan tepat
33.   
PG
23.  melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
34.   
PG
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
35.   
PG
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kalimat dengan tepat
36.   
PG
24.  melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan pecahan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
37.   
PG
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan contoh (menganalisis)
-     Menanggapi

25.  Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa bisa memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
38.   
PG
26.  memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak sempurna , siswa bisa memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
39.   
PG
4
Menyunting
kata/istilah, frase,
kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
27.  Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa bisa memperlihatkan penulisan kata (huruf capital) yang tidak tepat.
40.   
PG
28.  Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa bisa memperlihatkan penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan sempurna
41.   
PG Uraian
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

29.  menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi bab rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
42.  38
PG
30.  menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat langsung yang kalimatnya diberi nomor, siswa bisa memilih tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut.
43.   
PG
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan contoh (menganalisis)
-     Menanggapi

31.  Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa bisa memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.
44.  47
PG
32.  Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa bisa memilih perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
45.   
PG

UNDUH KISI-KISI USBN SD DI SINI

UNDUH BEDAH KISI-KISI/PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN DI SINI


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali isu tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan inspirasi pokok teks

  1. menggali isu tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi insiden menurut isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan isu tersurat pada karya sastra
a. Menentukan isu tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan isu tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan isu tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali isu tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi insiden menurut isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018

0 Response to "Kisi-Kisi Soal Uji Coba Usbn Sd / Mi Tahun 2018 Bahasa Indonesia"

Total Pageviews