Latest News

Rpp Bahasa Indonesia Smp/Mts. Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas Viii Semester 2 Teks Drama



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMP/MTs.

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester                       : VIII/ 2

Materi Pokok                          : Teks Drama

Alokasi Waktu                        : 4x40 menit (2x pertemuan)

A.      KOMPETENSI INTI

1.    Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.

2.    Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.

3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.    Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI


Kompetensi Dasar

Indikator
3.15
Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15 Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton atau didengar
3.15.1


3.15.2




Mengelompokkan isu dalam teks drama berdasarkan strukturnya
Menganalisis unsur-unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15
Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton atau didengar
4.15.1

4.15.2




Membacakan teks drama (tradisional dan modern)
Menginterpretasi drama yang dibacakan


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama

Setelah mengikuti pembelajaran ihwal surat pribadi dan surat dinas, siswa dibutuhkan dapat:

1.       Mengelompokkan isu dalam teks drama berdasarkan strukturnya secara benar .

2.      Menganalisis unsur-unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah secara benar.

Pertemuan Kedua

Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa dibutuhkan dapat:

1.      Membacakan teks drama (tradisional dan modern) secara benar.

2.      Menginterpretasi drama yang dibacakan secara benar.


D.    Materi Pembelajaran

1.      Pengertian drama

2.      Struktur teks drama

3.      Unsur-unsur teks drama

4.      Interpretasi drama

E.       METODE/MODEL PEMBELAJARAN

-          Saintifik


F.       MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1.      Media::

-          LCD proyektor

2.      Bahan :

a. Teks drama

3.      Sumber belajar:



G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN


Pertemuan Pertama 


Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Guru menayangkan video drama ”Ande-ande Lumut”
-       Siswa menuliskan struktur drama yang disajikan
-       Siswa mengidentifikasi unsur bagian drama yang ditayangkan. (literasi media)
-       Siswa mengidentifikasi abjad yang sanggup diteladani dari potongan drama yang ditayangkan.
-       Siswa menyimpulkan isi bab drama yang ditayangkan. (literasi media).
-       Guru menanyakan keterkaitan tayangan drama dengan bahan yang akan diajarkan.
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang.
-       Siswa menampilkan drama yang telah ditentukan
-       Siswa dalam kelompok mengamati drama yang ditampilkan kelompok lain
-       Dengan dipandu guru, siswa menciptakan pertanyaan secara berkelompok mengenai isu dalam drama.
-       Masing-masing kelompok mencari isu dari banyak sekali sumber isu atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya ihwal pengertian, struktur, dan unsur-unsur drama.
-       Siswa menuliskan isu yang diperoleh dari drama.
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas.
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan.
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa mendapatkan kiprah dari guru untuk menemukan isu dari teks drama
-       Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara mencar ilmu mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10’


Pertemuan Kedua


Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang.
-       Siswa membaca teks drama secara berkelompok (literasi)
-       Setiap kelompok menginterpretasi teks drama yang disajikan
-       Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain.
-       Setiap kelompok memperlihatkan evaluasi atas hasil kelompok lain.
-       Setiap kelompok memberikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
60’
Penutup
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa mendapatkan kiprah dari guru, yaitu mencari naskah drama dengan tema bebas dari banyak sekali sumber.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara mencar ilmu mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10’


H.      PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN        

1.    Teknik Penilaian

a.        Sikap (spiritual dan sosial)

Observasi (jurnal)

b.        Pengetahuan

1)        Tes tertulis (Uraian)

2)        Penugasan (Lembar Kerja)

c.         Keterampilan :

Praktik (Penilaian Praktik)

2.   Pembelajaran Remedial

Tulis acara pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

    pembelajaran ulang

    bimbingan perorangan

    belajar kelompok

    pemanfaatan tutor sebaya

bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu sesuai hasil analisis penilaian.



3.   Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, penerima didik yang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu diberi acara pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.


                                                                                                …………., ………… 2018

Mengetahui,

Kepala,                                                                                   Guru Mapel,



………………..                                                                                    ……………………………




LAMPIRAN MATERI TEKS DRAMA


  1. Pengertian Teks Drama

Teks Drama yaitu suatu teks dongeng yang di pentaskan diatas panggung atau biasa disebut teater ataupun tidak dipentaskan di atas panggung menyerupai drama radio, telivisi, dan film. Drama secara luas sanggup diartikan sebagai salah satu bentuk sastra yang isinya ihwal suatu kehidupan yang disajikan atau dipertunjukkan dalam bentuk gerak.

  1. Struktur Teks Drama

Struktur Teks Drama yaitu terdiri dari 3 unsur, yaitu antara lain :
1)      Prolog atau biasa disebut adegan pembukaan
2)      Dialog atau percakapan antar pemain, dan
3)      Epilog atau adegan final atau penutup

  1. Unsur-Unsur Teks Drama

Teks Drama mengandung beberapa unsur didalamnya, berikut yaitu unsur unsur yang ada dalam teks drama :

1)      Alur, yaitu berupa rangkaian alur yang terjadi pada drama.
2)      Amanat, yaitu pesan yang terkandung dalam drama.
3)      Tokoh, yaitu pelaku yang memerankan seorang tokoh dalam cerita. Penokohan yaitu penggambaran tabiat setiap tokoh. Ada 3 macam tokoh: (1) protagonis yaitu  tokoh yang meampilkan kebaikan, (2) Antagonis yaitu tokoh jahat atau tokoh penentang kebaikan, (3) Tirtagonis yaitu tokoh pendukung protagonist.
4)      Tema, yaitu pandangan gres pokok dongeng atau gagasan.
5)      Aneka sarana kesastraan dan kedramaan yang mendukung penampilan pelaku dalam suatu drama, misalnya tata panggung dan tata rias

Contoh Teks Drama

Berikut yaitu salah satu referensi dari teks drama untuk 2 orang:

Mengejar Cita-Cita

Ada dua anak yang dekat semenjak kecil yang berjulukan Adi dan Anjas. Mereka selalu berasama, tetapi semenjak ayah Adi harus pindah kerja mereka berdua pun berpisah. Pada suatu saat tanpa disengaja mereka bertemu kembali tanpa disadari. Ketika mereka bertemu, mereka berdua berbincang-bincang. Karena mereka berdua telah kelas 12, mereka pun membicarakan akan kuliah kemanakah mereka sesudah lulus Sekolah Menengan Atas nanti.

Anjas : ngomong-ngomong, kau mau kuliah dimana?

Adi   : saya mau kuliah di PIP.

Anjas  : emangnya kau ngambil jurusan apa ?

Adi    : pelayaran. Mau jadi Kapten Kapal dong hehehe.. hmmm tapi...

Anjas  : tapi kau kenapa?

Adi   : tapi saya lemah di pelajaran fisika.

Anjas    : duh jangan duka dong udah enggak apa-apa. Kalau  kamu mencar ilmu lebih ulet lagi niscaya kau bisa. Teruslah berusaha, Jangan menyerah. Kejar harapan kamu. Eits tapi jangan lupa kalau sudah usaha, kita juga harus tetep berdoa.

Adi    : iya, makasih ya atas masukannya niscaya saya bakal mencar ilmu lebih ulet lagi.

Anjas   : nah gitu dong.

Adi  : kalau kau ? mau kuliah dimana ?

Anjas   : saya belum tau naih. Kira-kira berdasarkan kau dimana ya? Terus jurusan apa?

Adi  : kalau berdasarkan saya sih lebih baik kau ikutin kata hati kau aja. Pastinya yang sesuai sama talenta dan minat kau juga.

Anjas   : iya sih. Tapi masalahnya saya belum tau nih talenta saya dimana.

Adi    : ya kalau berdasarkan saya sih talenta kau sebaiknya minta pendapat ke orang lain ihwal talenta kamu. Misalnya ke teman, ke guru, ke orang bau tanah juga pasti. Terus kalau kau masih galau juga, saya saranin kau untuk minta petunjuk pada Yang Maha Esa. Ya dengan Berdoa lah.

Anjas  : wah makasih juga ya, atas pendapat dan saran kamu. Aku akan coba ikutin saran kamu. Oh iya udah sore nih. Aku pulang ya. Makasih Adi .

Adi  : oh iya udah. Sama-sama. Makasih ya Anjas.

   Dan sesudah perbincangan tadi, mereka berdua menjadi lebih ulet mencar ilmu lagi. Dan hasilnya Anjas telah mengetahui talenta dan minatnya untuk melanjutkan sekolahnya.

Waktu terus berlalu. Tidak terasa mereka berdua telah lulus ujian dan mereka pun ingin melanjutkan sekolahnya ke akademi tinggi yang mereka inginkan. Karena mereka rajin mencar ilmu dan berdoa, mereka pun hasilnya diterima di akademi tinggi yang mereka idam-idamkan.

Abdul Malik Oktario Gufandri

Author : Abdul Malik Oktario Gufandri

DAFTAR PUSTAKA


LAMPIRAN PENILAIAN

1.      Penilaian Sikap

Petunjuk:

a.       Amati perkembangan sikap siswa memakai instrumen jurnal pada setiap pertemuan.

b.      Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau sikap siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah mempunyai catatan sikap kurang baik dalam jurnal, apabila telah memperlihatkan sikap (menuju) yang diharapkan, sikap tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial


Nama Sekolah             :   SMP

Kelas/Semester            :  VIII/2

Tahun Pelajaran           :  2017/2018

           

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap






















2.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan

a.                   Teknik                               : tes tertulis

b.                  Bentuk                              : uraian

c.                   Indikator soal/Kisi-kisi:

No
Materi
Indikator
Bentuk tes
No.Soal
1.




Teks Drama
Disajikan teks drama, siswa bisa
1.      Menjelaskan pengertian drama.
2.      Menentukan struktur teks drama.
3.      Menentukan unsur-unsur teks drama.
4.      Mampu menginterpretasikan teks drama.
Uraian





1
2
3
4



d.     Butir Soal

Teks Drama

Mengejar Cita-Cita

Ada dua anak yang dekat semenjak kecil yang berjulukan Adi dan Anjas. Mereka selalu berasama, tetapi semenjak ayah Adi harus pindah kerja mereka berdua pun berpisah. Pada suatu saat tanpa disengaja mereka bertemu kembali tanpa disadari. Ketika mereka bertemu, mereka berdua berbincang-bincang. Karena mereka berdua telah kelas 12, mereka pun membicarakan akan kuliah kemanakah mereka sesudah lulus Sekolah Menengan Atas nanti.

Anjas : ngomong-ngomong, kau mau kuliah dimana?

Adi   : saya mau kuliah di PIP.

Anjas  : emangnya kau ngambil jurusan apa ?

Adi    : pelayaran. Mau jadi Kapten Kapal dong hehehe.. hmmm tapi...

Anjas  : tapi kau kenapa?

Adi   : tapi saya lemah di pelajaran fisika.

Anjas    : duh jangan duka dong udah enggak apa-apa. Kalau  kamu mencar ilmu lebih ulet lagi niscaya kau bisa. Teruslah berusaha, Jangan menyerah. Kejar harapan kamu. Eits tapi jangan lupa kalau sudah usaha, kita juga harus tetep berdoa.

Adi    : iya, makasih ya atas masukannya niscaya saya bakal mencar ilmu lebih ulet lagi.

Anjas   : nah gitu dong.

Adi  : kalau kau ? mau kuliah dimana ?

Anjas   : saya belum tau naih. Kira-kira berdasarkan kau dimana ya? Terus jurusan apa?

Adi  : kalau berdasarkan saya sih lebih baik kau ikutin kata hati kau aja. Pastinya yang sesuai sama talenta dan minat kau juga.

Anjas   : iya sih. Tapi masalahnya saya belum tau nih talenta saya dimana.

Adi    : ya kalau berdasarkan saya sih talenta kau sebaiknya minta pendapat ke orang lain ihwal talenta kamu. Misalnya ke teman, ke guru, ke orang bau tanah juga pasti. Terus kalau kau masih galau juga, saya saranin kau untuk minta petunjuk pada Yang Maha Esa. Ya dengan Berdoa lah.

Anjas  : wah makasih juga ya, atas pendapat dan saran kamu. Aku akan coba ikutin saran kamu. Oh iya udah sore nih. Aku pulang ya. Makasih Adi .

Adi  : oh iya udah. Sama-sama. Makasih ya Anjas.



   Dan sesudah perbincangan tadi, mereka berdua menjadi lebih ulet mencar ilmu lagi. Dan hasilnya Anjas telah mengetahui talenta dan minatnya untuk melanjutkan sekolahnya.

Waktu terus berlalu. Tidak terasa mereka berdua telah lulus ujian dan mereka pun ingin melanjutkan sekolahnya ke akademi tinggi yang mereka inginkan. Karena mereka rajin mencar ilmu dan berdoa, mereka pun hasilnya diterima di akademi tinggi yang mereka idam-idamkan.

Abdul Malik Oktario Gufandri

Author : Abdul Malik Oktario Gufandri


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks drama tersebut!

No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apa yang dimaksud dengan drama?

2.
Apa sajakah struktur teks drama?

3.
Unsur-unsur apa yang terdapat dalam drama?

4.
Interpretasikan teks drama tersebut dengan kehidupan kita sehari-hari!



Pedoman penskoran 


No.
Deskriptor
Skor
1.
Dapat menjelaskan pengertian drama dengan benar
2
2.
Dapat menyebutkan struktur teks drama dengan benar
2
3.
Dapat menyebutkan unsur-unsur teks drama dengan benar
3
4.
Dapat menginterpretasikan teks drama dengan benar
3



Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 10) x 100


3.      Penilaian Kompetensi Keterampilan

a.                   Teknik                   :  kinerja/praktik

b.                  Indikator soal/Kisi-kisi:



No
Materi
Indikator
Bentuk tes
No.Soal
1.




Teks Drama
Disajikan teks drama, siswa bisa
1.      Menjelaskan pengertian drama
2.      Menentukan struktur teks drama
3.      Menentukan unsur-unsur teks drama
4.      Menginterpretasi teks drama
Uraian






1
2

3

4




Alternatif Jawaban:

1.       Drama yaitu suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk obrolan dan diperagakan di panggung.

2.       Struktur teks drama, antara lain:

1)            Prolog atau biasa disebut adegan pembukaan

2)            Dialog atau percakapan antar pemain, dan

3)            Epilog atau adegan final atau penutup


3.       Unsur-unsur teks drama:

1)        Alur, yaitu berupa rangkaian alur yang terjadi pada drama.
2)        Amanat, yaitu pesan yang terkandung dalam drama.
3)        Tokoh, yaitu pelaku yang memerankan seorang tokoh dalam cerita. Penokohan yaitu penggambaran tabiat setiap tokoh. Ada 3 macam tokoh: (1) protagonis yaitu  tokoh yang meampilkan kebaikan, (2) Antagonis yaitu tokoh jahat atau tokoh penentang kebaikan, (3) Tirtagonis yaitu tokoh pendukung protagonist.
4)        Tema, yaitu pandangan gres pokok dongeng atau gagasan.
5)        Aneka sarana kesastraan dan kedramaan yang mendukung penampilan pelaku dalam suatu drama, misalnya tata panggung dan tata rias.

4.       Kebijakan guru 



0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Smp/Mts. Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas Viii Semester 2 Teks Drama"

Total Pageviews