Latest News

Makna Simbol Dalam Cerpen

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
MENENTUKAN MAKNA SIMBOL DALAM TEKS CERPEN

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci jawaban: B
Pembahasan
Soal di atas menanyakan makna simbol pada karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke ruang lingkup bahan membaca sastra level kognitif aplikasi. Kompetensi yang diuji yaitu menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Makna simbol bendera kuning dalam teks tersebut yaitu ada yang meninggal (pilihan balasan B). Kalimat yang menjelaskan bahwa makna simbol bendera kuning yaitu tanda ada yang meninggal, yaitu kalimat Di sana sudah banyak orang dan sebuah ambulance. 
RINGKASAN MATERI
PENGERTIAN MAJAS SIMBOLIK
Majas simbolik termasuk dalam salah satu kategori majas perbandingan. Sesuai dengan namanya, majas simbolik merupakan gaya bahasa yang membandingkan suatu hal dengan simbol lain, sanggup berupa lambang, tokoh, hewan, ataupun benda. Simbol yang dipakai dalam majas ini memiliki makna tertentu yang mewakili suatu hal yang ingin disampaikan.
Fungsi Majas Simbolik
Fungsi penggunaan majas simbolik yaitu untuk memperhalus makna bantu-membantu yang ingin disampaikan serta menunjukkan dampak yang menarik bagi pendengar. Majas simbolik sanggup dipakai untuk memberikan gagasan, mengkritik atau berpendapat terhadap suatu hal atau seseorang. Dengan kata lain, majas simbolik dipakai untuk memberikan pesan secara tersirat atau implisit. Simbol yang dipakai merupakan simbol yang sudah umum digunakan. Baik pembicara maupun lawan bicara sudah mengetahui wacana simbol yang digunakan.
Contoh Majas Simbolik
Berikut disajikan beberapa penggunaan majas simbolik dalam kalimat:
1.         Warna putih yaitu warna kesukaan ibu alasannya yaitu melambangkan kesucian.
2.         Warna merah pada bendera negara Indonesia melambangkan keberanian ((http://dosenbahasa.com/contoh-majas-simbolik).


0 Response to "Makna Simbol Dalam Cerpen"

Total Pageviews