Latest News

Teks Tajuk Rencana/Editorial


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
MENENTUKAN OPINI PENULIS PADA TEKS TAJUK RENCANA
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci jawaban: E
Pembahasan
Soal tersebut menanyakan wacana opini redaksi dalam kutipan tajuk rencana. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018, soal tersebut termasuk ke ruang lingkup bahan membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level kognitif aplikasi atau penerapan. Kompetensi yang diuji yakni menyimpulkan isi tersirat dalam teks yaitu, menentukan opini /pendapat penulis menurut penggalan tajuk planning dengan tepat.
Kalimat opini yakni sebuah kalimat pendapat yang di dalamnya terdapat pernyataan yang belum sanggup dibuktikan kebenarannya. Opini redaksi pada kutipan tajuk planning di atas yakni kalimat nomor (5) Daripada menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik pemerintah mulai menyiapkan infrastruktur mitigasi yang benar (pilihan tanggapan E). Kalimat nomor (1), (2), (3), dan (4) berisi informasi atau fakta yang terjadi. 

RINGKASAN MATERI
OPINI REDAKSI DALAM TAJUK RENCANA
Tajuk rencana
Tajuk rencana/Editorial yakni artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap kejadian yang sedang menjadi pembicaraan pada dikala surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana/Editorial biasanya diungkapkan adanya informasi atau duduk masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi wacana duduk masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan impian redaksi akan tugas serta pembaca.
Pernyataan fakta dan opini ini biasanya diutarakan secara singkat, logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat/ menerjemahkan informasi yang menonjol biar pembaca menjadi menyimak seberapa penting informasi tersebut. Fungsi tajuk rencana/editorial biasanya menjelaskan berita, artinya, dan alhasil pada masyarakat. Tajuk rencana/Editorial juga mengisi latar belakang dari kaitan informasi tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh. Dalam tajuk rencana/editorial terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang sanggup terjadi, serta meneruskan evaluasi watak mengenai informasi tersebut.
Ciri-ciri

·       Berisi opini redaksi wacana kejadian yang sedang hangat dibicarakan
·       Berisi ulasan wacana suatu duduk masalah yang dimuat
·       Biasanya berskala nasional, informasi internasional sanggup menjadi tajuk rencana/editorial, apabila informasi tersebut memberi dampak kepada nasional
·       Tertuang pikiran subjektif redaksi
(https://id.wikipedia.org/wiki/Tajuk_rencana)

Pengertian Opini:
Dalam KBBI, opini yakni pendapat; pikiran; pendirian. Dengan demikian, sebuah opini belum terbukti kebenarannya.
Pengertian Kalimat Opini:
Kalimat opini yakni sebuah kalimat pendapat yang di dalamnya terdapat pernyataan yang belum sanggup dibuktikan kebenarannya.
Pengertian Opini Penulis:
Opini penulis yakni pendapat penulis. Dalam menulis sebuah wacana/tajuk rencana/paragraf, penulis akan memasukkan beberapa data atau hal-hal yang sedang terjadi dikala ini. Setelah menjabarkan permasalahannya, penulis akan menambahkan pendapat pribadinya mengenai topik yang ia bahas tersebut.
Contoh Soal:
(1) Pendidikan yang dulu diperjuangkan mati-matian oleh para pejuang kemerdekaan biar seluruh rakyat mendapat hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. (2) Setiap tahun pemikiran gres selalu muncul kecacatan berulang-ulang yakni kebingungan orang renta mencari sekolah untuk anaknya. (3) Ternyata kecacatan itu muncul alasannya yakni duduk masalah usang belum tuntas. (4) Standardisasi sekolah masih belum terang sehingga menjadikan kasta-kasta dalam pendidikan. (5) Sistem kasta tersebut menciptakan para orang renta berlomba-lomba untuk mendapat sekolah berkasta tinggi. (6) Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar biar anaknya bisa masuk di sekolah favorit. (7) Sementara, banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah favorit bukan alasannya yakni kurang pandai, melainkan alasannya yakni mereka tidak bisa membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi pendidikan Indonesia.
CONTOH SOAL
Opini penulis dalam tajuk tersebut yakni ....
(A) Seluruh rakyat mendapat hak pendidikan yang sama.
(B) Pemerataan pendidikan telah diperjuangkan mati-matian.
(C) Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu.
(D) Standardisasi pendidikan akan menjadikan keganjilan.
(E) Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yang tinggi

ANALISIS
Kalimat (1) merupakan kalimat opini alasannya yakni terdapat kata “ternyata masih” yang menunjukan pendapat dan belum tentu semua oke dengan hal ini.
Kalimat (2) merupakan kalimat opini alasannya yakni terdapat “selalu muncul”, padahal belum tentu.
Kalimat (3) juga merupakan kalimat opini alasannya yakni masih menjelaskan kalimat (2).
Kalimat (4) merupakan kalimat opini alasannya yakni terdapat frasa “masih belum jelas”.
Kalimat (5) merupakan kalimat opini, terlihat dari “para orang renta berlomba-lomba”, padahal belum tentu.
Kalimat (6) juga opini alasannya yakni menambahkan kalimat (5).
Kalimat (7) terang merupakan kalimat opini.
Dari klarifikasi tersebut, terlihat kalimat (1) hingga kalimat (7) merupakan kalimat opini.
Lalu, bagaimana dengan opini penulis pada paragraf tersebut? Apakah semua itu merupakan opini dari si penulis? Tentu saja bukan.
Opini penulis pada paragraf tersebut hanya terdapat pada kalimat (1).
Kalimat (1) merupakan kesimpulan yang diambil oleh si penulis, sedangkan kalimat (2) hingga dengan kalimat (7) yakni pembagian terstruktur mengenai si penulis untuk menguatkan opini yang telah ia simpulkan pada kalimat (1). Pembuktian itu penulis jabarkan dengan memperlihatkan peristiwa/kejadian yang sudah/sedang terjadi pada dikala ini.
Dalam paragraf tersebut terdiri dari tujuh kalimat. Ketujuh kalimat tersebut merupakan kalimat opini. Namun, ketujuh kalimat opini tersebut belum tentu merupakan opini dari si penulis. Opini penulis hanya terdapat pada kalimat pertama alasannya yakni kalimat lainnya yakni klarifikasi si penulis untuk menguatkan opininya. Dengan demikian, tanggapan yang paling sempurna untuk pertanyaan tersebut yakni pilihan (C). ( /search?q=kisi-kisi-uji-coba-un-20172018-smkmak)

0 Response to "Teks Tajuk Rencana/Editorial"

Total Pageviews