BEDAH KISI-KISI/PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA
Kisi-Kisi USBN Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI terdiri atas 32 indikator yang tercakup dalam 4 lingkup bahan sebagai berikut.
1. Membaca Nonsastra=11 indikator;
2. Membaca Sastra = 8 indikator;
3. Menulis Terbatas = 7 indikator; dan
4. Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca = 6 indicator.
BEDAH KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SD
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No. | Aspek | Level Kognitif | Indikator Materi | Indikator Soal | No | |
1 | Membaca Nonsastra | Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan • Memaknai | 1.menentukan makna kata/istilah pada teks | Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat | 1. | |
2.menentukan antonim/sinonim | Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat | 2. | ||||
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat | 3. | |||||
3.menggali gosip tersurat teks | Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat balasan dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | 4. | ||||
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | 5. | |||||
Disajikan teks laporan, siswa bisa memilih pernyataan yang merupakan isi laporan dengan tepat | 6. | |||||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat utama paragraf dengan tepat | 7. | ||||
Aplikasi • Menyimpulkan • Menggunakan konsep/prinsip | 5.menentukan pandangan gres pokok teks | 5. Disajikan paragraf, siswa bisa menemukan pandangan gres pokok paragraf dengan tepat. | 8. | |||
6.menggali gosip tersirat teks | 6. Disajikan paragraf, siswa bisa menyimpulkan isi paragraf dengan tepat. | 9. | ||||
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks | Disajikan paragraf, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf | 10. | ||||
8.Mengidentifikasi jenis teks | Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa bisa memilih jenis teks dengan tepat | 11. | ||||
Penalaran • Mengevaluasi • Membandingkan pola (menganalisis) • Menanggapi | 9.memprediksi kejadian menurut isi teks | Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa bisa memilih insiden menurut isi teks | 12. | |||
10. membandingkan isi teks | Disajikan dua teks, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan isi dua teks dengan sempurna | 13. | ||||
11. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks | Disajikan kepingan teks berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada teks dengan tepat. | 14. | ||||
2 | Membaca Sastra | Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan • Memaknai | 12. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra | Disajikan teks drama, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat. | 15. | |
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks dongeng dengan tepat | 16. | |||||
Disajikan bait pantun, siswa bisa memilih maksud/isi pantun dengan sempurna | 17. | |||||
13. menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh) | Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat | 18. | ||||
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih tabiat tokoh pada kutipan dengan tepat | 19. | |||||
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih latar pada kutipan dengan tepat | 20. | |||||
14. menentukan makna kata/simbol/kias | Disajikan teks syair , siswa bisa memilih makna kata pada syair dengan tepat | 21. | ||||
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih makna kata simbol/kias pada kutipan dengan tepat | 22. | |||||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | 15. menggali gosip tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks ) | Disajikan kutipan drama/dialog, siswa bisa memilih topik/tema dalam kutipan dengan dengan tepat. | 23. | |||
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih final dongeng dengan tepat | 24. | |||||
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih makna bab teks/kalimat dengan tepat | 25. | |||||
16. menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih konflik dalam kutipan teks dengan tepat. | 26. | ||||
Disajikan kutipan teks pantun, siswa bisa memilih amanat dengan tepat. | 27. | |||||
Disajikan kutipan teks cerita, siswa bisa memilih amanat dengan tepat. | 28. | |||||
Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih tema dengan tepat. | 29. | |||||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan teladan (menganalisis) - Menanggapi | 17. Memprediksi insiden menurut isi cerita | Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa bisa membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat. | 30. | |||
18. menentukan nilai-nilai cerita | Disajikan kutipan cerita, siswa bisa memilih nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat | 31. | ||||
19. menentukan keteladanan tokoh cerita | Disajikan teks cerita/biografi, siswa bisa memilih hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat | 32. | ||||
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
20. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
33.
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
34.
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
35.
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
21. menyusun aneka macam petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
36.
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, siswa bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat.
37.
22. menyusun aneka macam teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa bisa menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
38.
Disajikan ilustrasi, siswa bisa menyusun teks narasi sesuai gambaran dengan tepat
39.
23. melengkapi aneka macam jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
40.
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
41.
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kalimat dengan tepat
42.
24. melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan kepingan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
43.
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan teladan (menganalisis)
- Menanggapi
25. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa bisa memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
44.
26. memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak sempurna , siswa bisa memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
45.
4
Menyunting
kata/istilah, frase,
kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
27. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa bisa mengatakan penulisan kata (huruf capital) yang tidak tepat.
46.
28. Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa bisa mengatakan penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan sempurna
47.
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
29. menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi bab rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
48.
30. menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat langsung yang kalimatnya diberi nomor, siswa bisa memilih tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut.
49.
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan teladan (menganalisis)
- Menanggapi
31. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa bisa memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.
50.
32. Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa bisa memilih perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
51.
UNDUH KISI-KISI USBN 2018 SD/MI DI SINI

BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali gosip tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan pandangan gres pokok teks
- menggali gosip tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi insiden menurut isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan gosip tersurat pada karya sastra
a. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali gosip tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi insiden menurut isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun aneka macam petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun aneka macam teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi aneka macam jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks
0 Response to "Bedah Kisi-Kisi Usbn Sd Tahun 2018 Bahasa Indonesia : Pengembangan Indikator Soal Usbn Sd Tahun 2018"