KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) | |||||
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas .... | ||||
Mata Pelajaran | : BAHASA INDONESIA | ||||
Kelas / Semester | : X MIPA/IIS/ 2 (GENAP) | ||||
Tahun Pelajaran | : 2017/ 2018 | ||||
KKM | : 65 | ||||
Kompetensi Inti | : | ||||
1. | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | ||||
2. | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai potongan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | ||||
3. | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | ||||
4. | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan. | ||||
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | Kriteria Penentuan Ketuntasan | |||
Komplek sitas | Sarana pendukung | Intake siswa | |||
3.10. | Mengevaluasi pengajuan, pena waran dan persetujuan dalam teks perundingan verbal maupun tertulis. | 65 | |||
3.10.1 Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.10.2 Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.10.3 Memberikan jawaban hasil kerja sobat atau kelompok lain secara verbal (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EBI, dan penggunaan kalimat). | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.10. | Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara verbal atau tulis. | 65 | |||
4.10.1 Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.10.2 Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.10.3 Memberikan jawaban hasil kerja sobat atau kelompok lain secara verbal (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EBI, dan penggunaan kalimat). | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.12. | Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan selesai dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | 65 | |||
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan selesai dari simulasi debat yang mengakibatkan pro dan kontra yang diperankan oleh akseptor didik | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.12.2 Melaksanakan debat. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.12.3 Mengevaluasi pelaksanaan debat. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.12. | Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, an selesai dari debat secara verbal untuk menawarkan esensi dari debat. | 65 | |||
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan selesai dari simulasi debat yang mengakibatkan pro dan kontra yang diperankan oleh akseptor didik | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.12.2 Melaksanakan debat. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.12.3 Mengevaluasi pelaksanaan debat. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.14. | Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi. | 65 | |||
3.14.1 Mengidentifikasi kejadian (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.14.2 Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari kejadian yang tertuang dalam dalam teks biografi. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.14.3 Memberikan komentar secara verbal atau tulis terhadap hasil kerja sobat atau kelompok lain. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.14. | Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis tertulis | 65 | |||
4.14.1 Mengidentifikasi kejadian (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.14.2 Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari kejadian yang tertuang dalam dalam teks biografi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.14.3 Memberikan komentar secara verbal atau tulis terhadap hasil kerja sobat atau kelompok lain. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.15. | Menganalisis aspek makna dan kebaha saan dalam teks biografi. | 65 | |||
3.15.1 Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.15.2 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.15.3 Memberikan jawaban secara verbal terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.15. | Menyusun teks biografi tokoh | 65 | |||
4.15.1 Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.15.2 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.15.3 Memberikan jawaban secara verbal terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.17. | Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). | 65 | |||
3.17.1 Mendata kata-kata yang menawarkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/ tujuan/maksud (itention). dalam puisi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/ irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), tujuan/maksud (itention). | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.17.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.17. | Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). | 65 | |||
4.17.1 Mendata kata-kata yang menawarkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/ tujuan/maksud (itention). dalam puisi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/ irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), tujuan/maksud (itention). | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.17.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.18. | Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca | 65 | |||
3.18.1. Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.18.2. Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.18. | Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. | 65 | |||
4.18.1 Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis | 65 | 64 | 66 | 65 | |
KKM SEMESTER 2 | 65 | ||||
Mengetahui, | Boyolali, Januari 2018 | ||||
Kepala SMA.... | Guru Mata Pelajaran | ||||
UNDUH KKM DI | |||||
Contoh Kkm Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Contoh Kkm Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018"