Latest News

Silabus Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018


SILABUS BAHASA INDONESIA
Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu
Semester Genap
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kelas X 

Kompetnsi inti

3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kasatmata dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.10  Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan verbal maupun tertulis.
Isi teks negosiasi:
·       permasalahan;
·       pengajuan;
·       penawaran;
·       persetujuan/ janji yang tercapai.


·      Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
·     Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
·     Memberikan balasan hasil kerja sahabat atau kelompok lain secara verbal (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).
4.10  Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara verbal atau tulis.
3.11  Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.
Struktur teks negosiasi:
·       orientasi dan
·       permasalahan(pengajuan, penawaran, dan persetujuan).

Kebahasaan
·       pasangan tuturan dalam teks negosisi dan
·       bahasa yang santun.


·      Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
·      Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
·     Menyusun teks perundingan dengan memerhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan.
·     Mempresentasikan, mengomentari, dan  merevisi teks perundingan yang telah disusun.
4.11    Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan.
3.12    Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan selesai dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
Debat:
·       esensi debat;
·       mosi (permasalahan yang didebatkan);
·       argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
·       tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).
·    Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan selesai dari simulasi debat yang mengakibatkan pro dan kontra yang diperankan oleh penerima didik.
·    Melaksanakan debat.
·    Mengevaluasi pelaksanaan debat.
4.12    Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan selesai dari debat secara verbal untuk memberikan esensi dari debat.
3.13    Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).
Isi debat:
·       mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
·       pernyataan perilaku (mendukung atau menolak);
·       argumenasi untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak pelaksana debat:
·       pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
·       tim afirmatif (yang oke dengan mosi);
·       tim oposisi yang tidak oke dengan mosi);
·       pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
·       Penonton/ juri.
·  Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).
·   Memberikan balasan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
·    Melaksanakan debat.
·    Mengevaluasi pelaksanaan debat.
4.13    Mengembangkan permasalahan/isu dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
3.14    Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi
·       Pola penyajian  cerita ulang (biografi).
·       Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
·      Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
·     Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari insiden yang tertuang dalam dalam teks biografi 
·     Memberikan komentar secara verbal atau tulis terhadap hasil kerja sahabat atau kelompok lain.
4.14    Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.
3.15    Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Unsur-unsur  biografi:
·       orientasi: (identitas singkat tokoh);
·       rangkaian insiden dan problem yang dialami; dan
·       Reorientasi :

Kebahasaan biografi:
·       pronominal;
·       pengacu dan yang diacu; dan
·       konjungsi.
·      Mendata  pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
·     Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
·     Memberikan balasan secara verbal terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
4.15    Menceritakan kembali isi teks biografi baik verbal maupun tulis
3.16    Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
Puisi:
(semua jenis puisi)
·       isi;
·       tema;
·       makna;
·       amanat; dan
·       suasana.

·      Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
·      Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
4.16    Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
3.17    Menganalisis  unsur pembangun puisi.
Unsur-unsur pembangun puisi
·         diksi;
·         imaji;
·         kata konkret;
·         gaya bahasa;
·         rima/irama;
·         tipografi; 
·         tema/makna (sense);
·         rasa (feeling);
·         nada (tone);dan
·         amanat/tujuan/maksud (itention).  

·      Mendata kata-kata yang memberikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).  dalam puisi. 
·      Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).  
·      Mempresentasikan,  menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis
4.17    Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
3.18    Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
Resensi buku.
Membuat Resensi Buku yang Dibaca
·      Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
·      Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
·      Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis
4.18    Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.





                                                                                          Boyolali,     Januari 2018

Mengetahui

Kepala  SMA.........                                                 Guru Mata Pelajaran



                      ………………………                                                        ………………………………


UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA DI SINI


UNDUH GRATIS PERANGKAT PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SILABUS, PROTA, PROSEM/PROMES, KKM, RPP BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII SMA/SMK/MA

KELAS X

1.       SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X


2.       PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS X


3.       PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS X


4.       KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA KELAS X


5.       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS X


KELAS XI

1.       SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI


2.       PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS XI


3.       PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XI


4.       KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA KELAS XI


5.       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS XI


KELAS XII

1.       SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII


2.       PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS XII


3.       PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XII


4.       KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA KELAS XII


5.       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS XII




0 Response to "Silabus Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018"

Total Pageviews