KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) | |||||
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI | ||||
Mata Pelajaran | : BAHASA INDONESIA | ||||
Kelas / Semester | : XII MIPA/IIS/ 2 (GENAP) | ||||
Tahun Pelajaran | : 2017/ 2018 | ||||
KKM | : 75 | ||||
Kompetensi Inti | : | ||||
1. | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | ||||
2. | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | ||||
3. | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | ||||
4. | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan. | ||||
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | Kriteria Penentuan Ketuntasan | |||
Komplek sitas | Sarana pendukung | Intake siswa | |||
3.9. | Menganalisis isi dan kebahasaan novel. | 75 | |||
3.9.1 Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribaha-sa) novel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.9.2 Menyusun novel menurut rancangan | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.9.3 Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasa-an novel, dan hasil penyusunan novel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
4.9. | Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. | 75 | |||
4.9.1 Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribaha-sa) novel. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.9.2 Menyusun novel menurut rancangan | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.9.3 Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasa-an novel, dan hasil penyusunan novel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.10. | Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca | 75 | |||
3.10.1 Mengritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.10.2 Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.10.3 Memresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengung-kapan opini dan hasil menyusunan opini da-lam bentuk artikel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
4.10. | Menyusun opini dalam bentuk artikel. | 75 | |||
4.10.1 Mengritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.10.2 Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.10.3 Memresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengung-kapan opini dan hasil menyusunan opini da-lam bentuk artikel. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.11. | Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah. | 75 | |||
3.11.1 Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/ atau buku ilmiah | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.11.2 Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.11.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun, | 75 | 76 | 74 | 75 | |
4.11. | Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | 75 | |||
4.11.1 Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/ atau buku ilmiah | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.11.2 Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.11.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun, | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.12. | Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis. | 75 | |||
3.12.1 Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
3.12.2 Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
3.12.3 Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
4.12. | Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis. | 75 | |||
4.12.1 Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.12.2 Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.12.3 Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.13. | Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai. | 75 | |||
3.13.1 Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai | 75 | 74 | 76 | 75 | |
3.13.2 Menyusun kritik dan esai menurut konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan | 75 | 74 | 76 | 75 | |
3.13.3 Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai menurut sistematika dan kebahasaan. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
4.13. | Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai. | 75 | |||
4.13.1 Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.13.2 Menyusun kritik dan esai menurut konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.13.3 Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai menurut sistematika dan kebahasaan. | 75 | 76 | 74 | 75 | |
3.14. | Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi). | 75 | |||
3.14.1. Menemukan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam buku nonfiksi dan drama yang dibaca | 75 | 74 | 76 | 75 | |
3.14.2. Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca | 75 | 74 | 76 | 75 | |
3.14.3. Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.14. | Menulis refleksi perihal nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi). | 75 | |||
4.14.1. Menemukan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam buku nonfiksi dan drama yang dibaca | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.14.2. Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca | 75 | 74 | 76 | 75 | |
4.14.3. Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya. | 75 | 74 | 76 | 75 | |
KKM SEMESTER 2 | 75 | 75 | 75 | 75 | |
Mengetahui, | Boyolali, Januari 2018 | ||||
Kepala Sekolah Menengan Atas N 2 Boyolali | Guru Mata Pelajaran | ||||
UNDUH KKM DI SINI |
Contoh Kkm Bahasa Indonesia Kelas Xii Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Contoh Kkm Bahasa Indonesia Kelas Xii Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018"