RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : SMP/MTs. |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : IX/2 |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit (2 pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan info dalam pidato dan diskusi
B. Kompetensi Dasar
10.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang sempurna dan artikulasi serta
volume bunyi yang jelas
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
1. Mampu menyusun garis besar kerangka pidato
2. Mampu berpidato dengan intonasi yang sempurna dan artikulasi serta volume bunyi yang jelas
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa sanggup menyusun garis besar kerangka pidato
2. Siswa sanggup berpidato dengan intonasi tepat, artikulasi serta volume yang jelas.
E. PBKB
1. Teliti
2. Percaya Diri
3. Mandiri
4. Kesantunan
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Teliti
a. Serius dan tidak menyepelekan hal-hal kecil
b. Menyelesaikan kiprah dengan hati-hati
c. Ulet dalam menuntaskan tugas
2. Percaya Diri
a. Berani berbicara di depan kelas
b. Tidak menunjukkan perilaku canggung
c. Menguasai suasana dan keadaan pada saat berpidato
3. Mandiri
a. Melakukan kegiatan dengan tidak bergantung pada orang lain
b. Menyelesaikan kegiatan sempurna waktu tanpa dukungan orang lain
4. Kesantunan
a. Kalimat yang dipakai komunikatif
b. Kata yang dipakai sangat sopan dan santun
G. Materi Pembelajaran
1. Kerangka pidato
2. Berpidato
3. Teknik berpidato
H. Model / Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran: Demonstrasi
2. Metode Pembelajaran : Tanya jawab,Pemodelan, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan
I. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan | Rincian Kegiatan | Metode | Waktu |
Pendahu-luan | 1. Guru mengaitkan bahan pembelajaran dengan pengalaman siswa. 2. Guru bersama siswa melaksanakan tanya jawab wacana hal-hal yang berkaitan dengan pidato 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menunjukkan motivasi kepada siswa biar terbiasa melaksanakan pidato. | Tanya Jawab | 10 menit |
Inti | Eksplorasi 1. Siswa dan guru bertanya jawab wacana kegiatan menyusun kerangka pidato 2. Siswa dan guru bertanya jawab wacana teks pidato yang sudah diamati. Elaborasi 3. Siswa mendiskusikan wacana cara-cara menyusun garis besar kerangka pidato dengan topik lain. 4. Siswa mengidentifikasi topik yang akan dibentuk untuk menyusun kerangka pidato. 5. Siswa berlatih berpidato dalam kelompok masing-masing 6. Teman satu kelompok menunjukkan komentar/ penilaian Konfirmasi 7. guru menunjukkan penegasan penegasan/penguatan-penguatan | Inkuiri Diskusi Demonstrasi Penugasan | 60 menit |
Penutup | 1. Guru menunjukkan simpulan 2. Guru dengan siswa melaksanakan refleksi. 3. Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Penugasan | 10 menit |
Pertemuan kedua
Kegiatan | Rincian Kegiatan | Metode | Waktu |
Pendahu-luan | 5. Guru mengaitkan bahan pembelajaran dengan pengalaman siswa. 6. Guru bersama siswa melaksanakan tanya jawab wacana hal-hal yang berkaitan dengan pidato 7. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. 8. Guru menunjukkan motivasi kepada siswa biar terbiasa melaksanakan pidato | Tanya Jawab | 10 menit |
Inti | Eksplorasi 7. Siswa dan guru bertanya jawab wacana kegiatan berlatih berpidato pada pertemuan pertama Elaborasi 8. Siswa melanjutkan kegiatan berpidato ( di depan kelas) sesuai dengan tema yang dikembangkan 9. Siswa lain menunjukkan komentar/penilaian. Konfirmasi 10. Guru menunjukkan penegasan-penegasan/penguatan-penguatan | Inkuiri Diskusi Demonstrasi Penugasan | 60 menit |
Penutup | 4. Guru menunjukkan simpulan 5. Guru dengan siswa melaksanakan refleksi. 6. Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Penugasan | 10 menit |
J. Kegiatan di Luar Tatap Muka
1. Penugasan Terstruktur
Siswa menulis kerangka pidato dengan tema tertentu dan berpidato di hadapan teman (pasangannya) | Waktu: 1 minggu |
2. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
Siswa memperhatikan gaya berpidato setiap pembina upacara dan memberikan penilaian. | Waktu: Kesepakatan guru dan siswa |
K. Penilaian
Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1.Siswa sanggup menyusun garis besar kerangka pidato 2.Siswa sanggup berpidato dengan intonasi yang sempurna dan artikulasi yang jelas. 3.Siswa sanggup berpidato dengan volume bunyi yang jelas. | Tes Unjuk Kerja | ------------- |
Soal/Instrumen :
Susunlah garis besar kerangka pidato dengan topik tertentu!
Pedoman Penskoran
No | Deskriptor | Skor |
1 2 3 | Siswa menuliskan garis besar kerangka pidato sesuai dengan topik yang dipilih. Siswa menuliskan garis besar kerangka pidato tidak sesuai topik. Siswa tidak menulis garis besar kerangka pidato. | 5 2 0 |
Jumlah skor | 5 |
1. Bawakan pidato yang telah kau susun dengan intonasi yang sempurna serta artikulasi yang jelas!
2. Bawakan pidato dengan volume bunyi yang jelas!
Rubrik Penilaian Berpidato
No | Aspek | Deskripsi | Skor Maksimal |
1 2 3 4 5 | Intonasi dan jeda Kesesuaian isi dengan topik Pelafalan Gerak dan mimik Volume suara | Pengaturan jeda, tinggi rendah nada, keras lemah suara, cepat-lambat Isi pidato sesuai dengan topik yang sudah ditentukan Pelafalan kata secara terang dan tapat Keserasian antara verbal wajah, gerak, sikap, dan ucapan Keras lemahnya suara | 4 4 4 4 4 |
Total skor maksimal | 20 |
Skor maksimal
No. 1) = 5
No. 2) = 20
Penghitungan nilai final dalam skala 0 s.d. 100
SkorPerolehan | ||||
Nilai Akhir | = | -------------------- | x | Skor Ideal (100) |
Skor Maksimal |
b. Pengamatan selama proses pembelajaran untuk evaluasi PBKB
No | Pencapaian Penilaian PBKB | PBKB | Skor | |||
Teliti | Mandiri | Percaya Diri | Kesantunan | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 4 | 16 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 3 | 12 |
3 | MT (mulai terlihat) | 2 | 2 | 2 | 2 | 8 |
4 | BT(belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 1 | 4 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 4 | 16 |
L. Alat, Sumber, Media Pembelajaran
1. Alat: Papan tulis, spidol
2. Sumber:
· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .
· Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga. halaman ... .
3. Media: Model berpidato
..............., ............ 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
.............. .........................................................
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas Ix Semester 2 Kd 10.1"