Latest News

Rpp Bahasa Indonesia Kelas Ix/2 Kurikulum 2006



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah
: SMP/MTs.
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/2
Alokasi Waktu           
: 2  X  40 menit (1 pertemuan)




A.    Standar Kompetensi

9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah



B.     Kompetensi Dasar

9.2   Memberi komentar ihwal isi pidato/khotbah/ ceramah



C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

1.      Mampu menemukan isi pidato

2.      Mampu memberi komentar dengan alasan logis dan bahasa yang santun ihwal isi pidato



D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa sanggup menemukan isi pidato

2.      Siswa sanggup memberi komentar dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun ihwal isi pidato



E.     PBKB

1.      Teliti

2.      Kesantunan

3.      Berpikir Logis



F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Teliti

a.      Serius dan tidak menyepelekan hal-hal kecil

b.      Cermat dalam menemukan isi pidato

2.      Kesantunan

a.      Mampu memakai kalimat secara santun (tidak menyinggung perasaan)

b.      Mampu memakai pilihan kata yang halus waktu memberi komentar

c.       Mampu menerapkan hukum main dalam memberi komentar (terlebih dahulu memberi kesempatan kepada moderator)

3.      Berpikir Logis

a.      Mampu memakai kalimat secara  singkat, jelas, dan koheren

b.      Mampu menyampaikan komentar sesuai dengan duduk kasus yang disampaikan 



G.    Materi Pembelajaran

1.      Isi pidato

2.      Komentar terhadap pidato dan implementasinya



H.    Model / Metode Pembelajaran

1. Model Pembelajaran          : Role Playing

2. Metode Pembelajaran        :Tanya jawab, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan 



I.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Rincian Kegiatan
Metode
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengaitkan bahan pembelajaran dengan pengalaman siswa.
2.      Guru bersama siswa melaksanakan tanya jawab ihwal hal-hal yang berkaitan dengan pidato
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.      Guru menawarkan motivasi kepada siswa semoga terbiasa mendengarkan/menonton pidato
Tanya jawab
10  menit
Inti

Eksplorasi
1.      Guru dan siswa bertanya jawab ihwal isi pidato yang pernah didengarkannya.
2.      Guru memotivasi siswa semoga terbiasa mendengarkan dengan saksama pidato
Elaborasi
3.      Siswa mendengarkan ceramah.
4.      Siswa mendiskusikan isi pidato
5.      Siswa mencermati simpulan  isi pidato
6.      Siswa mengomentari simpulan isi pidato
Konfirmasi
7.      Guru menawarkan penegasan hasil diskusi.
Inkuiri





Diskusi
Demonstrasi


60 menit
Penutup
1.      Guru dan siswa melaksanakan refleksi.
2.      Guru menugasi siswa untuk mendengarkan sebuah pidato dari tayangan  televisi /siaran radio (dari internet) dan mengomentari isinya.
3.      Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Penugasan

10 menit





J.        Kegiatan di Luar Tatap Muka

1.      Kegiatan /Penugasan Terstruktur



Siswa memberi komentar ihwal isi pidato pembina upacara bendera Senin pagi

Waktu: 1 minggu





2.       Kegiatan/Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur



Siswa mencatat hal penting dan menawarkan komentar terhadap isi  pidato di televisi

Kesepakatan guru dan siswa

K.    Penilaian

a.    Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar





Indikator Penilaian :
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.Siswa sanggup memilih isi pidato
2.Siswa sanggup memberi komentar dengan alasan logis dan bahasa yang santun ihwal isi  pidato
Tes tulis
Uraian



Soal/Instrumen

1.      Temukan isi pidato  yang kalian dengar!

2.      Berikan komentar ihwal isi pidato yang kalian  dengar dengan bahasa yang santun dan alasan yang logis!


 




1) Pedoman Penskoran


Deskriptor
Skor
Ø  Siswa memilih isi pidato dengan benar dan tepat
Ø  Siswa memilih isi pidato kurang benar
Ø  Siswa tidak  bisa memilih isi pidato
5
3
0



2) Pedoman  Penskoran


                                                Deskriptor
Skor
Ø  Siswa menawarkan komentar dengan alasan logis
Ø  Siswa menawarkan komentar dengan alasan kurang logis
Ø  Siswa menawarkan komentar dengan alasan tidak  logis
Ø  Siswa tidak menawarkan komentar
3
2
1
0



Deskriptor
Skor
Ø  Siswa sanggup memberi komentar dengan bahasa yang santun
Ø  Siswa sanggup memberi komentar dengan bahasa yang kurang santun
2
1



Skor maksimal

No. 1) = 5

No. 2) = 3

= 2   Jumlah 10 



Penghitungan nilai simpulan dalam skala 0 s.d. 100



SkorPerolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal




b.      Pengamatan   selama proses pembelajaran untuk evaluasi PBKB



No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Teliti
Kesantunan
Berpikir Logis
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat)
2
2
2
6
4
BT(belum terlihat)
1
1
1
3







Skor Maksimal
4
4
4
12




L.     Alat, Sumber, Media Pembelajaran

1.   Alat:    Papan tulis, spidol

2.   Sumber:  

· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .

·   Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)  Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga.  halaman ... .

3. Media: Teks pidato

 




                                                                                    ..............., ............ 2018

Mengetahui  

Kepala Sekolah,                                           Guru Mata Pelajaran,







..............                                                          .........................................................


0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Ix/2 Kurikulum 2006"

Total Pageviews