Latest News

Rpp Teks Debat Kelas X Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengan Atas ...

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia Wajib

Kelas /Semester          :  X/Genap

Tahun Pelajaran         :  2017/2018

Alokasi Waktu            :  16 JP ( 4 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

 Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik diharapkan sanggup :

1.      Memahami batasan debat

2.      Memahami unsur-unsur debat.

3.      Memahami tata cara debat

4.      Memahami mosi menurut isu atau permasalahan yang  sedang berkembang

5.      Memahami pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral terhadap mosi.

6.      Memahami ragam bahasa debat

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.12    Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.13    Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan
3.12.1 Merumuskan batasan debat
3.12.2 Mengidentifikasi unsur-unsur debat.
3.12.3 Merumuskan tata cara debat
3.12.4 Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang  sedang berkembang
3.12.5 Mengnalisis pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan tim  netral terhadap mosi.
3.13.1 Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim  netral dalam debat.
3.13.2 Mengidentifikasi ragam bahasa debat
4.12      Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara ekspresi untuk memperlihatkan esensi dari debat.
4.13      Mengembangkan permasalahan/isu dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
4.12.1 Menyusun permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen pihak afirmasi, pihak oposisi, dan pihak netral terhadap permasalahan.
4.12.2 Menyimpulkan hasil debat.
4.13.1    Menyusun mosi dari permsalahan aktual
4.13.2    Menyusun pendapat untuk mendukung atau menolak mosi
4.13.3    Melaksanakan debat sesuai dengan kiprah yng ditetapkan


C.     Materi Pembelajaran

1.    Fakta

Contoh-contoh Teks debat

2.    Konsep

Ø  Ragam bahasa debat

Ø  Unsur-unsur debat

Ø  Isi debat:

·         mosi/topik permasalahan yang diperdebatkan;

·         pernyataan sikap (mendukung atau menolak);

·         argumentasi untuk mendukung sikap.

Ø  Pihak-pihak pelaksana debat:

·         pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;

·         tim afirmatif (yang baiklah dengan mosi);

·         tim oposisi yang tidak baiklah dengan mosi);

·         pemimpin/wasit debat (yang menjaga tata tertib)’

·         Penonton/ juri.

3.    Prinsip

·         Pelaksanaan debat yang santun

4.    Prosedur

·         Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang

·         Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat



D.     Metode Pembelajaran

Pendekatan                                    : Scientific Learning

Model Pembelajaran          : Discovery Learning


E.     Media Alat dan Bahan Pembelajaran

1.      Media :

©  Worksheet atau lembar kerja (siswa)

©  Lembar penilaian

©  Laboratorium komputer sekolah atau warnet

©  Perpustakaan sekolah

2.      Alat/Bahan :

©  Penggaris, spidol, papan tulis

©  Laptop & infocus

©  Slide presentasi (ppt)

F.      Sumber Belajar:

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

3.      Buku teks pelajaran yang relevan


G.     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini


v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan
ª  Peserta didik diminta membaca  teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233.
ª  Peserta didik diminta membaca teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182.
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai :
ª  Peserta didik diminta menyimak  teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233.
ª  Peserta didik diminta menyimak teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182.
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal :
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta membaca teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi pada buku siswa halman 176-177, kemudian akseptor didik diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada kolom berikut ini.


ª  Peserta didik diminta membaca dan menyimak teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182, kemudian akseptor didik diminta untuk megerjakan tugas-tugas berikut ini.
1.      Sebutkan unsur-unsur dalam teks debat!
2.      Sebutkan unsur-unsur insan (siapa saja) yang terdapat dalam debat?
3.      Jelaskan kiprah masing-masing unsur insan dalam debat!
4.      Pada teks debat di atas ada tim Netral. Dalam aktivitas debat, seringkali tidak ada Tim Netral. Bagaimana pendapatmu?
5.      Namun debat intinya hampir sama dengan diskusi membutuhkan moderator dan sekretaris. Dalam teks debat di atas, tidak tampak adanya kiprah sekretaris. Menurut pendapatmu, apakah dalam debat dipelukan seorang sekretaris? Jelaskan pendapatmu!

v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
ª  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil kerja Tugas 1 yang terdapat pada buku siswa halaman 178.Berdasarkan hasil diskusi akseptor di ajak untuk mendiskusikan perihal esensi debat.
ª  Peserta didik diminta mendiskusikan Tata Cara Berdebat yang Baik
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat.
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat
150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

    

2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Menemukan Esensi Debat
©  Merumuskan esensi debat;
©  Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©  Merumuskan tata cara debat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat.
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan
ª  Peserta didik diminta membaca penggalan debat yang terdapat pada buku siswa halaman 185-186.
ª  Peserta didik diminta membaca mosi yang terdapat pada buku siswa halaman 188.
ª  Peserta didik diminta membaca teks yang dirumpangkan pada buku siswa halaman 192.
ª  Peserta didik diminta membaca kembali teks debat Bahasa Inggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233.
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai :
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal :
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta membaca penggalan debat berikut ini kemdian kerjakan soal-soal berikut ini.




ª  Peserta didik diminta menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini.



ª  Peserta didik diminta membaca mosi-mosi yang terdapat pada tabel kolom dan memberikan pendapat perihal mosi. Lengkapi dengan argument yang mendukung pedapmu.



ª  Peserta didik diminta  membaca teks yang di rumpangkan yang terdapat pada buku siswa halaman 192, kemudian melengkapi kepingan yang rumpang dengan kesimpulan yang sempurna dan tentukan cara penarikan kesimpulan yang kau lakukan dengan memakai tabel.
ª  Peserta didik diminta membaca kembali teks debat Bahasa Inggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi, kemudian buatlah simpulan pendapat yang disampaikan (a) Tim afirmasi (b) tim oposisi (c) tim netral.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
ª  Peserta didik diminta membaca surat surat penawaran yang terdapat pada buku siswa halaman 208 kemudian berdikusi untuk menemukan isi surat tersebut yang membuktikan bahwa surat penawaran juga termasuk teks negosiasi.
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat
150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit



3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat 
©  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
©  Menyimpulkan hasil debat.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
 dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan
ª  Peserta didik diminta membaca teks Penyerapan Kosa Kata Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Berimteraksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182.
ª  Peserta didik diminta membaca teks debat Apakah Ponsel Berbahaya? Yang terdapat pada buku siswa halaman  195-198.
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai :
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal :
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
v  Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta membaca Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini memakai tabel berikut.
1.      Identifikasikanlah pendapat dan argumen yang disampaikan masing-masing tim!
2.      Analisislah kekuatan dan kelemahan pendapat  masing-masing pihak menurut argumen yang disampaikan.



ª  Peserta didik diminta untuk membaca kembali teks debat Penyerupaan Kosa Kata Bahasa Asing, Apakah Ponsel Berbahaya atau teks debat lainya (termasuk dari rekaman video), kemudian temukanlah penggunaan ragam bahasa tidak baku di dalam teks tersebut kemudian analisilah penyebab ketidakbakuan kalimat tersebut dan benahilah kalimat tidak baku tersebut biar menjadi kalimat ragam baku memakai tabel berikut.



v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
©  Peserta didik diminta menganalisis kekuatan dan kelemahan pendapat yang di sampaikan oleh masing-masing pihak yang berdebat yang terdapat pada buku siswa halaman 195.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit



4. Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©  Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
ª  Berlatih Praktik Debat
©  Menyusun mosi.
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi.
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah ditetapkan.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Berlatih Praktik Debat
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah ditetapkan
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai :
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal :
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Aktivitas
ª  Peserta didik secara berkelompok diminta untuk menyusun mosi menurut dua gosip Berita 1 dan Berita 2 yang terdapat pada buku siswa halaman 201-202.
ª  Peserta didik diminta untuk berlatih menyusun pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang mosi tersebut dengan memakai mosi hasil kerja pada aktivitas 1 dengan berkelompok. Dalam debat, setiap tim mengambil sikap sebagai pihak yang mendukung mosi (afirmasi) atau yang menolak mosi (oposisi) memakai tabel berikut ini.



ª  Peserta didik diminta untuk melaksanakan debat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1.   Pembicara I dari kelompok afirmasi memberikan argumentasi pembuka (Pemahaman topik, permasalahan, analisis) secara umum yang memperlihatkan bahwa mereka mendukung mosi.
2.   Pembicara I dari regu oposisi memberikan argumentasi pembuka (Pemahaman topik, permasalahan, analisis) secara umum yang membuktikan mereka tidk baiklah dengan mosi.
3.   Pada babak pertama ini tidak diperkenankan melaksanakan interupsi.
4.   Peserta II dari regu afirmasi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I.
5.   Peserta II dari regu oposisi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I.
6.   Peserta III dari regu afirmasi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I dan II sekaligus memberikan kesimpulan terhadap mosi.
7.   Peserta III dari regu oposisi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I dan II sekaligus memberikan kesimpulan terhadap mosi.
8.   Tim Lawan sanggup melaksanakan interupsi dimulai pada Pembicara II, dua menit sesudah pembicara memaparkan argumentasi. Dengan maksimal dua kali interupsi & waktu 30 detik pada satu kali interupsi. Interupsi dihentikan pada 1 menit terakhir.
9.   Pemberian interupsi harus atas seizin moderator.
10.  Waktu yang diberikan kepada setiap regu maksimal lima menit.
Laksanakanlah debat sesuai dengan tata tertib yang telah disepakati.
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Berlatih Praktik Debat 
©  Menyusun mosi
©  Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©  Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan
150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

                            

H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.      Teknik Penilaian

a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)      Tes Tertulis

a)      Pilihan ganda

b)      Uraian/esai

2)      Tes Lisan

b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)      Proyek, pengamatan, wawancara’

ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok

ª  Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok

ª  Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

2)      Portofolio / unjuk kerja

ª  Laporan tertulis individu/ kelompok

3)      Produk,

2.      Instrumen Penilaian

a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)

b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)

c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

d.      Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

v  Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar

ª  Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang

ª  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat

v  Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.

b.      Pengayaan

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.

v  Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya

ª  Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.

ª  Mengidentifikasi ragam bahasa debat





                                                                                                   ……………, …….2018



Mengetahui

Kepala SMA/SMK …..                                        Guru Mata Pelajaran









……………………………………                       …………………………………….




LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS

(Bentuk Uraian)

Soal Tes Uraian

1.    .

2.    .

3.    .

4.    .

5.    .


Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran

Alternatif jawaban
Penyelesaian
Skor
1

2
2

2
3

2
4

2
5

2

Jumlah
10


Nilai =


Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
Topik     : ………………….
Indikator  :       …………………..
Soal        : ………………….
a.       ………………….
b.      ………………….
Jawaban   :
a.       …………………
  1. …………………

Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor
a.


b.


Skor maksimal






LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS

 (Pilihan Ganda)



Pilih Satu Jawaban yang paling sempurna !

1.

a.

b.

c.

d.

e.

dst.



Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran

Alternatif  Jawaban
Penyelesaian
Skor
1

1
2

1
3

1
4

1
....

1
20

1

Jumlah
20



Nilai =





Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
Topik     : ………………….
Indikator  :       …………………..
Soal        : ………………….
Jawaban   :
a.       …………………
  1. …………………
  2. …………………
  3. …………………
  4. …………………


LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS


NO
NAMA
PILIHAN GANDA
ESSAY
SKOR
NILAI
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
01
02
03
04
05
PG
E
1





























2





























3





























4





























5































LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan


KELAS : . ……………..

No
Nama Peserta Didik
Pernyataan
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
Kebenaran Konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Dan lain sebaginya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3











Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Nama
Peserta
Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
Fitria








Gina








....












LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

PENILAIAN PENUGASAN


Penilaian Pengetahuan - Penugasan
Mengidentifikasi …………………….
Tugas       : Menyusun laporan hasil percobaan perihal cara kerja …………………….secara tertulis dengan banyak sekali media.
Indikator :  membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….

Langkah Tugas :
1.      Lakukan observasi ke pasar atau kawasan lainnya untuk mendapat informasi mengenai …………………….
2.      Datalah yang kau dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3.      Diskusikan hasil observasi yang kau lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.       Jenis …………………….apa yang paling banyak kau temukan dipasaran?
b.      Bagaimana yang terjadi?
c.       Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4.      Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada aktivitas pembelajaran berikutnya



Rubrik Penilaian

No.
Kriteria
Kelompok
9
8
7
6
5
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi









2
Ketepatan menentukan bahan









3
Kreativitas









4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas









5
Kerapihan hasil










Jumlah skor












Keterangan: 4 = sangat baik,            3 = baik,          2 = cukup baik,                        1 = kurang baik

NilaiPerolehan =



LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA



Pekerjaan :

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja

Tingkat
Kriteria
4
Jawaban memperlihatkan penerapan konsep fundamental yang berhubungan dengan kiprah ini. Ciri-ciri:
Semua balasan benar, sesuai dengan mekanisme operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan kiprah ini
3
Jawaban memperlihatkan penerapan konsep fundamental yang berhubungan dengan kiprah ini. Ciri-ciri:
Semua balasan benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu balasan salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
2
Jawaban memperlihatkan keterbatasan atau kurang memahami duduk masalah yang berafiliasi dengan kiprah ini.
Ciri-ciri:
Ada balasan yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada balasan tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
1
Jawaban hanya memperlihatkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berafiliasi dengan duduk masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua balasan salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui mekanisme yang benar.
0
Tidak ada balasan atau lembar kerja kosong


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA

KELAS : . …………..


No
Nama Siswa
Tingkat
Nilai
Ket.
4
3
2
1
1.       







2.       







3.       









Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
Topik       :  ………………………..
KI             :  ………………………..
KD           :  ………………………..
Indikator  :  ………………………..

No
Nama
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1





2





….





….






No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)
30
-   Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya
-   Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat
-   Bahan-bahan tersedia di kawasan yang sudah ditentukan.
20
Ada 2 aspek yang tersedia
10
Ada 1 aspek yang tersedia
2
Pelaksanaan Percobaan
30
-   Menggunakan alat dengan tepat
-   Membuat materi percobaan yang dibutuhkan dengan tepat
-   Menuangkan / menambahkan materi yang tepat
-   Mengamati hasil percobaan dengan tepat



20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia
3
Kegiatan tamat praktikum
30
- Membuang larutan atau sampah ketempatnya
- Membersihkan alat dengan baik
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke kawasan semula
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia




LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK



Proyek :                     

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................


Orientasi Masalah:

Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang dipakai untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kau menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!


Langkah-langkah Pengerjaan:

1.    Kerjakan kiprah ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.

2.    Selesaikan duduk masalah terkait ……………

3.    Cari data …………… dengan ……………….. tersebut

4.    Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun

5.    Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut

6.    Hasil pemecahan duduk masalah dibuat  dalam laporan tertulis perihal aktivitas yang dilakukan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah

7.    Laporan kepingan perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah

8.    Laporan kepingan pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil

9.    Laporan kepingan pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada duduk masalah lain (jika memungkinkan)

10.     Laporan dikumpulkan paling lambat …………… ahad sesudah kiprah ini diberikan



Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria
Skor
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan duduk masalah yang masuk budi (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
4
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan duduk masalah yang masuk budi (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
3
·       Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang kurang terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan duduk masalah yang kurang masuk budi (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain
·       Kerjasama kelompok baik
2
·       Jawaban tidak benar
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang tidak terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan duduk masalah yang kurang masuk budi (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain
·       Kerjasama kelompok kurang baik
1
Tidak melaksanakan kiprah proyek
0


Penilaian Keterampilan – Proyek
Mata Pelajaran     :  ……………                                             Guru Pembimbing  : ……………
Nama Proyek       :  ……………                                             Nama                      : ……………
Alokasi Waktu     :  ……………                                             Kelas                      : ……………

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
PERENCANAAN :
a. Rancangan Alat
- Alat dan bahan
- Gambar rancangan/desain
b. Uraian cara memakai alat

2
PELAKSANAAN :
a. Keakuratan Sumber Data / Informasi
b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data
c. Analisis Data
d. Penarikan Kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK :
a. Sistematika Laporan
b. Performans
c. Presentasi

Total Skor





LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PRODUK



Nama Produk                      :  ………………………………..

Nama Peserta Didik             :  ………………………………..

No
Aspek
Skor
1
Perencanaan Bahan
1
2
3
4
2
Proses Pembuatan
a.       Persiapan Alat dan Bahan
b.      Teknik Pengolahan
c.       K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)




3
Hasil Produk
a.       Bentuk Fisik
b.      Bahan
c.       Warna
d.      Pewangi
e.       ……..




Total Skor






Ø  Aspek yang dinilai diadaptasi dengan jenis produk yang dibuat

Ø  Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan balasan yang diberikan. Semakin lengkap dan sempurna jawaban, semakin tinggi perolehan skor.


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PORTOFOLIO

Tugas

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................


Rubrik Penilaian

Nama siswa         :    ………………….

Kelas                   :    ………………….

No
Kategori
Skor
Alasan
1
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?


2
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibentuk sesuai?


3
3. Apakah terdapat uraian perihal mekanisme pengukuran/pengamatan yang dilakukan?


4
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?


5.
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?


6.
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibentuk logis?


7.
Apakah goresan pena dan diagram disajikan secara menarik?


8.
Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?


Jumlah



Kriteria:                        5 = sangatbaik,                         4 = baik,                      3 = cukup,                                                          2 = kurang, dan                        1 = sangat kurang


Penilaian Keterampilan – Produk
Mata Pelajaran     :  ……………                                             Nama Peserta Didik  :    ……………
Nama Produk       :  ……………                                             Kelas                      : ……………
Alokasi Waktu     :  ……………                                            

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
Tahap Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan :
a. Persiapan alat dan bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

3
Tahap Akhir (Hasil Produk)
a. Bentuk fisik
b. Inovasi

Total Skor






Penilaian Keterampilan - Portofolio
Mata Pelajaran     : …………………………..
Kelas/Semester     : …………………………..
Peminatan            : …………………………..
Tahun Ajaran       : 2015/2016
Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan                 : Peserta didik sanggup merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai goresan pena ilmiah
Ruang lingkup      :
Karya portofolio yang dikumpulkan yakni laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

Uraian kiprah portofolio
1. Buatlah laporan aktivitas merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai goresan pena ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu sesudah akseptor didik melaksanakan tugas

Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik
Mata Pelajaran                    :  …………………
Alokasi Waktu                   :
Sampel yang dikumpulkan   :  Laporan
Nama Peserta didik            :  …………………
Kelas                                  :  …………………

No
Indikator
Periode
Aspek yang dinilai
Catatan / Nilai
Kebenaran Konsep
Kelengkapan gagasan
Sistematika
Tata Bahasa
1
….
….





2
Menyusun laporan perancangan percobaan






3
Menyusun laporan praktikum






4
….
….








Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum
No
Komponen
Skor
1
Kebenaran Konsep
Skor 25 jikalau seluruh konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 15 jikalau sebagian konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jikalau semua konsep bidang studi pada laporan salah
2
Kelengkapan gagasan
Skor 25 jikalau kelengkapan gagasan sesuai konsep
Skor 15 jikalau kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep
Skor 5 jikalau kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep
3
Sistematika
Skor 25 jikalau sistematika laporan sesuai hukum yang disepakati
Skor 15 jikalau sistematika laporan kuang sesuai hukum yang disepakati
Skor 5 jikalau sistematika laporan tidak sesuai hukum yang disepakati
4
Tatabahasa
Skor 25 jikalau tatabahasa laporan sesuai aturan
Skor 15 jikalau tatabahasa laporan kuang sesuai aturan
Skor 5 jikalau tatabahasa laporan tidak sesuai aturan
Keterangan:
Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100
Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=  x 4






Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

JUDUL

………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………




                                                                                                   ……………, 25 Juli 2016



Mengetahui

Kepala SMA …..                                                 Guru Mata Pelajaran





……………………………………                       …………………………………….



Catatan Kepala Sekolah

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................


RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X (SMA/SMK)

1.       TEKS NEGOSIASI







2.       TEKS DEBAT





3.       TEKS BIOGRAFI



4.       TEKS PUISI

               KLIK /search?q=rpp-20172018-kelas-xi-semester-2-mapel

0 Response to "Rpp Teks Debat Kelas X Semester 2"

Total Pageviews