RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Wajib
Kelas /Semester : X/Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 16 JP ( 4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik diharapkan sanggup :
1. Memahami batasan debat
2. Memahami unsur-unsur debat.
3. Memahami tata cara debat
4. Memahami mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
5. Memahami pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral terhadap mosi.
6. Memahami ragam bahasa debat
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. 3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan | 3.12.1 Merumuskan batasan debat 3.12.2 Mengidentifikasi unsur-unsur debat. 3.12.3 Merumuskan tata cara debat 3.12.4 Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang 3.12.5 Mengnalisis pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral terhadap mosi. 3.13.1 Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. 3.13.2 Mengidentifikasi ragam bahasa debat |
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara ekspresi untuk memperlihatkan esensi dari debat. 4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. | 4.12.1 Menyusun permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen pihak afirmasi, pihak oposisi, dan pihak netral terhadap permasalahan. 4.12.2 Menyimpulkan hasil debat. 4.13.1 Menyusun mosi dari permsalahan aktual 4.13.2 Menyusun pendapat untuk mendukung atau menolak mosi 4.13.3 Melaksanakan debat sesuai dengan kiprah yng ditetapkan |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Contoh-contoh Teks debat
2. Konsep
Ø Ragam bahasa debat
Ø Unsur-unsur debat
Ø Isi debat:
· mosi/topik permasalahan yang diperdebatkan;
· pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
· argumentasi untuk mendukung sikap.
Ø Pihak-pihak pelaksana debat:
· pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
· tim afirmatif (yang baiklah dengan mosi);
· tim oposisi yang tidak baiklah dengan mosi);
· pemimpin/wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
· Penonton/ juri.
3. Prinsip
· Pelaksanaan debat yang santun
4. Prosedur
· Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
· Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning
E. Media Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media :
© Worksheet atau lembar kerja (siswa)
© Lembar penilaian
© Laboratorium komputer sekolah atau warnet
© Perpustakaan sekolah
2. Alat/Bahan :
© Penggaris, spidol, papan tulis
© Laptop & infocus
© Slide presentasi (ppt)
F. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Buku teks pelajaran yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan ª Peserta didik diminta membaca teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233. ª Peserta didik diminta membaca teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182. v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : ª Peserta didik diminta menyimak teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233. ª Peserta didik diminta menyimak teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182. untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Aktivitas ª Peserta didik diminta membaca teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi pada buku siswa halman 176-177, kemudian akseptor didik diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada kolom berikut ini. ª Peserta didik diminta membaca dan menyimak teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182, kemudian akseptor didik diminta untuk megerjakan tugas-tugas berikut ini. 1. Sebutkan unsur-unsur dalam teks debat! 2. Sebutkan unsur-unsur insan (siapa saja) yang terdapat dalam debat? 3. Jelaskan kiprah masing-masing unsur insan dalam debat! 4. Pada teks debat di atas ada tim Netral. Dalam aktivitas debat, seringkali tidak ada Tim Netral. Bagaimana pendapatmu? 5. Namun debat intinya hampir sama dengan diskusi membutuhkan moderator dan sekretaris. Dalam teks debat di atas, tidak tampak adanya kiprah sekretaris. Menurut pendapatmu, apakah dalam debat dipelukan seorang sekretaris? Jelaskan pendapatmu!
v Mempraktikan v Mendiskusikan ª Peserta didik diminta mendiskusikan hasil kerja Tugas 1 yang terdapat pada buku siswa halaman 178.Berdasarkan hasil diskusi akseptor di ajak untuk mendiskusikan perihal esensi debat. ª Peserta didik diminta mendiskusikan Tata Cara Berdebat yang Baik v Saling tukar informasi tentang : ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat. v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat | | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ª Menemukan Esensi Debat © Merumuskan esensi debat; © Mengidentifikasi unsur-unsur debat; © Merumuskan tata cara debat v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat. v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan ª Peserta didik diminta membaca penggalan debat yang terdapat pada buku siswa halaman 185-186. ª Peserta didik diminta membaca mosi yang terdapat pada buku siswa halaman 188. ª Peserta didik diminta membaca teks yang dirumpangkan pada buku siswa halaman 192. ª Peserta didik diminta membaca kembali teks debat Bahasa Inggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233. v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Aktivitas ª Peserta didik diminta membaca penggalan debat berikut ini kemdian kerjakan soal-soal berikut ini.
ª Peserta didik diminta menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini.
ª Peserta didik diminta membaca mosi-mosi yang terdapat pada tabel kolom dan memberikan pendapat perihal mosi. Lengkapi dengan argument yang mendukung pedapmu.
ª Peserta didik diminta membaca teks yang di rumpangkan yang terdapat pada buku siswa halaman 192, kemudian melengkapi kepingan yang rumpang dengan kesimpulan yang sempurna dan tentukan cara penarikan kesimpulan yang kau lakukan dengan memakai tabel. ª Peserta didik diminta membaca kembali teks debat Bahasa Inggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi, kemudian buatlah simpulan pendapat yang disampaikan (a) Tim afirmasi (b) tim oposisi (c) tim netral. v Mempraktikan v Mendiskusikan ª Peserta didik diminta membaca surat surat penawaran yang terdapat pada buku siswa halaman 208 kemudian berdikusi untuk menemukan isi surat tersebut yang membuktikan bahwa surat penawaran juga termasuk teks negosiasi. v Saling tukar informasi tentang : ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat | | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat © Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat © Menyimpulkan hasil debat. v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan ª Peserta didik diminta membaca teks Penyerapan Kosa Kata Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Berimteraksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182. ª Peserta didik diminta membaca teks debat Apakah Ponsel Berbahaya? Yang terdapat pada buku siswa halaman 195-198. v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | v Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Aktivitas ª Peserta didik diminta membaca Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini memakai tabel berikut. 1. Identifikasikanlah pendapat dan argumen yang disampaikan masing-masing tim! 2. Analisislah kekuatan dan kelemahan pendapat masing-masing pihak menurut argumen yang disampaikan.
ª Peserta didik diminta untuk membaca kembali teks debat Penyerupaan Kosa Kata Bahasa Asing, Apakah Ponsel Berbahaya atau teks debat lainya (termasuk dari rekaman video), kemudian temukanlah penggunaan ragam bahasa tidak baku di dalam teks tersebut kemudian analisilah penyebab ketidakbakuan kalimat tersebut dan benahilah kalimat tidak baku tersebut biar menjadi kalimat ragam baku memakai tabel berikut.
v Mempraktikan v Mendiskusikan v Saling tukar informasi tentang : ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. | | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
© Peserta didik diminta menganalisis kekuatan dan kelemahan pendapat yang di sampaikan oleh masing-masing pihak yang berdebat yang terdapat pada buku siswa halaman 195. - Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan) © Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat. © Mengidentifikasi ragam bahasa debat. v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi. © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi. © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah ditetapkan. v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah ditetapkan dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Aktivitas ª Peserta didik secara berkelompok diminta untuk menyusun mosi menurut dua gosip Berita 1 dan Berita 2 yang terdapat pada buku siswa halaman 201-202. ª Peserta didik diminta untuk berlatih menyusun pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang mosi tersebut dengan memakai mosi hasil kerja pada aktivitas 1 dengan berkelompok. Dalam debat, setiap tim mengambil sikap sebagai pihak yang mendukung mosi (afirmasi) atau yang menolak mosi (oposisi) memakai tabel berikut ini.
ª Peserta didik diminta untuk melaksanakan debat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 1. Pembicara I dari kelompok afirmasi memberikan argumentasi pembuka (Pemahaman topik, permasalahan, analisis) secara umum yang memperlihatkan bahwa mereka mendukung mosi. 2. Pembicara I dari regu oposisi memberikan argumentasi pembuka (Pemahaman topik, permasalahan, analisis) secara umum yang membuktikan mereka tidk baiklah dengan mosi. 3. Pada babak pertama ini tidak diperkenankan melaksanakan interupsi. 4. Peserta II dari regu afirmasi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I. 5. Peserta II dari regu oposisi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I. 6. Peserta III dari regu afirmasi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I dan II sekaligus memberikan kesimpulan terhadap mosi. 7. Peserta III dari regu oposisi memberikan dan memperkuat argumentasi yang disampaikan pembicara I dan II sekaligus memberikan kesimpulan terhadap mosi. 8. Tim Lawan sanggup melaksanakan interupsi dimulai pada Pembicara II, dua menit sesudah pembicara memaparkan argumentasi. Dengan maksimal dua kali interupsi & waktu 30 detik pada satu kali interupsi. Interupsi dihentikan pada 1 menit terakhir. 9. Pemberian interupsi harus atas seizin moderator. 10. Waktu yang diberikan kepada setiap regu maksimal lima menit. Laksanakanlah debat sesuai dengan tata tertib yang telah disepakati. v Mendiskusikan v Saling tukar informasi tentang : ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Berlatih Praktik Debat © Menyusun mosi © Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi © Melaksanakan debat sesuai kiprah yang telah di tetapkan | | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
ª Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
ª Merumuskan mosi menurut isu atau permasalahan yang sedang berkembang
ª Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
v Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
v Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
ª Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
ª Mengidentifikasi ragam bahasa debat
……………, …….2018
Mengetahui
Kepala SMA/SMK ….. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1. .
2. .
3. .
4. .
5. .
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban | Penyelesaian | Skor |
1 |
| 2 |
2 |
| 2 |
3 |
| 2 |
4 |
| 2 |
5 |
| 2 |
| Jumlah | 10 |
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian |
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. a. …………………. b. …………………. Jawaban : a. ………………… - …………………
Pedoman Penskoran No | Jawaban | Skor | a. |
|
| b. |
|
| Skor maksimal |
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling sempurna !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban | Penyelesaian | Skor |
1 |
| 1 |
2 |
| 1 |
3 |
| 1 |
4 |
| 1 |
.... |
| 1 |
20 |
| 1 |
| Jumlah | 20 |
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda |
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. Jawaban : a. ………………… - …………………
- …………………
- …………………
- …………………
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS
NO | NAMA | PILIHAN GANDA | ESSAY | SKOR | NILAI |
01 | 02 | 03 | 04 | 05 | 06 | 07 | 08 | 09 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 01 | 02 | 03 | 04 | 05 | PG | E |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : . ……………..
No | Nama Peserta Didik | Pernyataan |
Pengungkapan gagasan yang orisinil | Kebenaran Konsep | Ketepatan penggunaan istilah | Dan lain sebaginya |
Ya | Tidak | Ya | Tidak | Ya | Tidak | Ya | Tidak |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan |
Nama Peserta Didik | Pernyataan | Jumlah | Pengungkapan gagasan yang orisinil | Kebenaran konsep | Ketepatan penggunaan istilah | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | Fitria |
|
|
|
|
|
|
|
| Gina |
|
|
|
|
|
|
|
| .... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan - Penugasan |
Mengidentifikasi ……………………. Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan perihal cara kerja …………………….secara tertulis dengan banyak sekali media. Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….
Langkah Tugas : 1. Lakukan observasi ke pasar atau kawasan lainnya untuk mendapat informasi mengenai ……………………. 2. Datalah yang kau dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., …………………….. 3. Diskusikan hasil observasi yang kau lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut: a. Jenis …………………….apa yang paling banyak kau temukan dipasaran? b. Bagaimana yang terjadi? c. Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan? 4. Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada aktivitas pembelajaran berikutnya
|
Rubrik Penilaian
No. | Kriteria | Kelompok |
9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 | Ketepatan menentukan bahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 | Kreativitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 | Ketepatan waktu pengumpulan tugas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 | Kerapihan hasil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| Jumlah skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan :
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat | Kriteria |
4 | Jawaban memperlihatkan penerapan konsep fundamental yang berhubungan dengan kiprah ini. Ciri-ciri: Semua balasan benar, sesuai dengan mekanisme operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan kiprah ini |
3 | Jawaban memperlihatkan penerapan konsep fundamental yang berhubungan dengan kiprah ini. Ciri-ciri: Semua balasan benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu balasan salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima |
2 | Jawaban memperlihatkan keterbatasan atau kurang memahami duduk masalah yang berafiliasi dengan kiprah ini. Ciri-ciri: Ada balasan yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada balasan tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan. |
1 | Jawaban hanya memperlihatkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berafiliasi dengan duduk masalah ini. Ciri-ciri: Semua balasan salah, atau Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui mekanisme yang benar. |
0 | Tidak ada balasan atau lembar kerja kosong |
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : . …………..
No | Nama Siswa | Tingkat | Nilai | Ket. |
4 | 3 | 2 | 1 |
1. |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik |
Topik : ……………………….. KI : ……………………….. KD : ……………………….. Indikator : ………………………..
No | Nama | Persiapan Percobaan | Pelaksanaan Percobaan | Kegiatan Akhir Percobaan | Jumlah Skor | 1 |
|
|
|
|
| 2 |
|
|
|
|
| …. |
|
|
|
|
| …. |
|
|
|
|
|
No | Keterampilan yang dinilai | Skor | Rubrik | 1 | Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan) | 30 | - Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya - Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat - Bahan-bahan tersedia di kawasan yang sudah ditentukan. | 20 | Ada 2 aspek yang tersedia | 10 | Ada 1 aspek yang tersedia | 2 | Pelaksanaan Percobaan | 30 | - Menggunakan alat dengan tepat - Membuat materi percobaan yang dibutuhkan dengan tepat - Menuangkan / menambahkan materi yang tepat - Mengamati hasil percobaan dengan tepat |
|
| 20 | Ada 3 aspek yang tersedia | 10 | Ada 2 aspek yang tersedia | 3 | Kegiatan tamat praktikum | 30 | - Membuang larutan atau sampah ketempatnya - Membersihkan alat dengan baik - Membersihkan meja praktikum - Mengembalikan alat ke kawasan semula | 20 | Ada 3 aspek yang tersedia | 10 | Ada 2 aspek yang tersedia |
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang dipakai untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kau menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1. Kerjakan kiprah ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2. Selesaikan duduk masalah terkait ……………
3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5. Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6. Hasil pemecahan duduk masalah dibuat dalam laporan tertulis perihal aktivitas yang dilakukan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7. Laporan kepingan perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8. Laporan kepingan pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9. Laporan kepingan pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada duduk masalah lain (jika memungkinkan)
10. Laporan dikumpulkan paling lambat …………… ahad sesudah kiprah ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria | Skor |
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah · Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan · Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang benar dan tepat · Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan duduk masalah yang masuk budi (nalar) dan penyajian data berbasis bukti · Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain · Kerjasama kelompok sangat baik | 4 |
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah · Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan · Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang benar dan tepat · Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan duduk masalah yang masuk budi (nalar) dan penyajian data berbasis bukti · Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain · Kerjasama kelompok sangat baik | 3 |
· Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah · Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan · Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang kurang terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang kurang benar dan tepat · Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan duduk masalah yang kurang masuk budi (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti · Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain · Kerjasama kelompok baik | 2 |
· Jawaban tidak benar · Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan · Bagian perencanaan memuat tujuan aktivitas yang tidak terang dan persiapan/strategi pemecahan duduk masalah yang kurang benar dan tepat · Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan duduk masalah yang kurang masuk budi (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti · Bagian pelaporan memuat kesimpulan tamat yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada duduk masalah lain · Kerjasama kelompok kurang baik | 1 |
Tidak melaksanakan kiprah proyek | 0 |
Penilaian Keterampilan – Proyek |
Mata Pelajaran : …………… Guru Pembimbing : …………… Nama Proyek : …………… Nama : …………… Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………
No | Aspek | Skor (1 – 5) | 1 | PERENCANAAN : a. Rancangan Alat - Alat dan bahan - Gambar rancangan/desain b. Uraian cara memakai alat |
| 2 | PELAKSANAAN : a. Keakuratan Sumber Data / Informasi b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data c. Analisis Data d. Penarikan Kesimpulan |
| 3 | LAPORAN PROYEK : a. Sistematika Laporan b. Performans c. Presentasi |
| Total Skor |
|
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama Produk : ………………………………..
Nama Peserta Didik : ………………………………..
No | Aspek | Skor |
1 | Perencanaan Bahan | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Proses Pembuatan a. Persiapan Alat dan Bahan b. Teknik Pengolahan c. K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan) |
|
|
|
|
3 | Hasil Produk a. Bentuk Fisik b. Bahan c. Warna d. Pewangi e. …….. |
|
|
|
|
Total Skor |
|
|
|
|
|
Ø Aspek yang dinilai diadaptasi dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan balasan yang diberikan. Semakin lengkap dan sempurna jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No | Kategori | Skor | Alasan |
1 | 1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana? |
|
|
2 | 2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibentuk sesuai? |
|
|
3 | 3. Apakah terdapat uraian perihal mekanisme pengukuran/pengamatan yang dilakukan? |
|
|
4 | Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar? |
|
|
5. | Apakah data dan fakta yang disajikan akurat? |
|
|
6. | Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibentuk logis? |
|
|
7. | Apakah goresan pena dan diagram disajikan secara menarik? |
|
|
8. | Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? |
|
|
Jumlah |
|
|
Kriteria: 5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Penilaian Keterampilan – Produk |
Mata Pelajaran : …………… Nama Peserta Didik : …………… Nama Produk : …………… Kelas : …………… Alokasi Waktu : ……………
No | Aspek | Skor (1 – 5) | 1 | Tahap Perencanaan Bahan |
| 2 | Tahap Proses Pembuatan : a. Persiapan alat dan bahan b. Teknik Pengolahan c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan) |
| 3 | Tahap Akhir (Hasil Produk) a. Bentuk fisik b. Inovasi |
| Total Skor |
|
|
Penilaian Keterampilan - Portofolio |
Mata Pelajaran : ………………………….. Kelas/Semester : ………………………….. Peminatan : ………………………….. Tahun Ajaran : 2015/2016 Judul portofolio : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum Tujuan : Peserta didik sanggup merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai goresan pena ilmiah Ruang lingkup : Karya portofolio yang dikumpulkan yakni laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1
Uraian kiprah portofolio 1. Buatlah laporan aktivitas merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai goresan pena ilmiah 2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu sesudah akseptor didik melaksanakan tugas
Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik | Mata Pelajaran : ………………… Alokasi Waktu : Sampel yang dikumpulkan : Laporan Nama Peserta didik : ………………… Kelas : …………………
No | Indikator | Periode | Aspek yang dinilai | Catatan / Nilai | Kebenaran Konsep | Kelengkapan gagasan | Sistematika | Tata Bahasa | 1 | …. | …. |
|
|
|
|
| 2 | Menyusun laporan perancangan percobaan |
|
|
|
|
|
| 3 | Menyusun laporan praktikum |
|
|
|
|
|
| 4 | …. | …. |
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum | No | Komponen | Skor | 1 | Kebenaran Konsep | Skor 25 jikalau seluruh konsep bidang studi pada laporan benar Skor 15 jikalau sebagian konsep bidang studi pada laporan benar Skor 5 jikalau semua konsep bidang studi pada laporan salah | 2 | Kelengkapan gagasan | Skor 25 jikalau kelengkapan gagasan sesuai konsep Skor 15 jikalau kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep Skor 5 jikalau kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep | 3 | Sistematika | Skor 25 jikalau sistematika laporan sesuai hukum yang disepakati Skor 15 jikalau sistematika laporan kuang sesuai hukum yang disepakati Skor 5 jikalau sistematika laporan tidak sesuai hukum yang disepakati | 4 | Tatabahasa | Skor 25 jikalau tatabahasa laporan sesuai aturan Skor 15 jikalau tatabahasa laporan kuang sesuai aturan Skor 5 jikalau tatabahasa laporan tidak sesuai aturan | Keterangan: Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100 Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= x 4
|
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.) |
JUDUL
……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………
|
……………, 25 Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA ….. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
0 Response to "Rpp Teks Debat Kelas X Semester 2"