CONTOH RPP TEKS PUISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA ……………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : X / 2
Materi Pokok : Teks Puisi
Alokasi Waktu : 4 X45 Menit (2 JP)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
KI 2 Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif melalui keteladanan, pertolongan nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya perihal a. ilmu pengetahuan, b. teknologi, c. seni, d. budaya, dan e. Humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: a. efektif, b. kreatif, c. produktif, d. kritis, e. mandiri, f. kolaboratif, g. komunikatif, dan h. solutif, dalam ranah konkret dan abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.17Menganalisis unsur pembangun puisi. | 3.17.1 Menganalisis kata konkret dalam puisi. 3.17.2 Menganalisis gaya bahasa dalam puisi 3.17.3 Menganalisis rima dalam puisi 3.17.4 Menganalisis tipografi dalam puisi 3.17.5 Menganalisis tema dalam puisi 3.17.6 Menganalisis rasa dalam puisi 3.17.7 Menganalisis nada dalam puisi 3.17.8 Menganalisis amanat dalam puisi |
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. | 4.17.1 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). 4.17.2 Mempresentasikan puisi yang ditulis 4.17.3 Menanggapi puisi yang dipresentasikan 4.17.4 Merevisi puisi yang telah ditulis |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 1: Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dengan model pembelajaran diskoveri, penerima didik sanggup menganalisis unsur pembangun puisi dengan rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, teliti, serta jujur.
2. Pertemuan 2: Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan dengan diskusi dan penugasan, penerima didik dapat menulis puisi dengan kreatif, jujur, dan penuh tanggung jawaab.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Teks Puisi
Konsep
· Unsur-unsur pembangun puisi
ü diksi;
ü imaji;
ü kata konkret;
ü gaya bahasa;
ü rima/irama;
ü tipografi;
ü tema/makna (sense);
ü rasa (feeling);
ü nada (tone);dan
ü amanat/tujuan/maksud (itention).
Prinsip
Analisis unsur pembangun puisi
Prosedur
Menulis Puisi
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Saintifik approach
Model : discovery learning (pertemuan pertama),
Penugasan dan diskusi (pertemuan ke 2)
Metode : penugasan, tanya jawab, diskusi.
F. Media/Alat Bahan
1. Media/Alat : LCD, Laptop
2. Bahan : Teks Puisi
G. Sumber Belajar
· Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017 buku siswa halaman 243 dan 271
· Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017 buku guru
· Internet
· Video
· Buku/ sumber lain yang relevan.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
(2 X 45 menit)
Indikator:
3.17.1 Menganalisis kata konkret dalam puisi.
3.17.2 Menganalisis gaya bahasa dalam puisi
3.17.3 Menganalisis rima dalam puisi
3.17.4 Menganalisis tipografi dalam puisi
3.17.5 Menganalisis tema dalam puisi
3.17.6 Menganalisis rasa dalam puisi
3.17.7 Menganalisis nada dalam puisi
3.17.8 Menganalisis amanat dalam puisi
Tahap | Langkah-langkahpembelajaran | Alokasiwaktu |
1. Pendahuluan: | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerahTuhan dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik mendapatkan apersepsi yang diberikan guru dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh guru dengan teliti dan sungguh-sungguh 3. Peserta didik memprediksi materi yang akan dipelajarinya 4. Peserta didik mendapatkan informasi perihal materi dan tujuan yang akan dipelajari serta acara pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks biografi. | 10 menit |
2. INTI | DISCOVERY 1. Stimulation (pemberian rangsangan) Peserta didik membaca teks puisi dalam buku pembelajaran yaitu teks puisi “Sajak Matahari” karya W.S.Rendra(hal. 253buku Siswa) 2. Problem Statement (identifikasi masalah) Peserta didik menyimak klarifikasi Pendidik tentang analisis unsur pembangun puisi yang meliputi · diksi; · imaji; · kata konkret; · gaya bahasa; · rima/irama; · tipografi; · tema/makna (sense); · rasa (feeling); · nada (tone);dan · amanat/tujuan/maksud (itention). 3. Data collection (Pengumpulan Data) Peserta didik mencari informasi dari banyak sekali sumber untuk mengetahui (pengertian, teknik analisis) unsur pembangun puisi yang meliputi · diksi; · imaji; · kata konkret; · gaya bahasa; · rima/irama; · tipografi; · tema/makna (sense); · rasa (feeling); · nada (tone);dan · amanat/tujuan/maksud (itention). 4. Data Processing (Pengolahan Data) · Peserta didik mendiskusikan analisis data unsur pembangun puisi teks puisi yang berjudul “Sajak Matahari” karya W.S.Rendra(hal. 253buku Siswa) 5. Verification (Pemeriksaan data) Kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memperlihatkan jawaban . 6. Generalisation (penarikan kesimpulan) Di bawah bimbingan Pendidik, penerima didik menyimpulkan hasil analisis unsur pembangun puisi . | 70 menit |
3. PENUTUP | Kegiatan Pendidik bersama penerima didik yaitu: · Menghubungkan isi puisi dengan memperlihatkan sikap unggul dalam kehidupan sehari-hari. · Mengajukan pertanyaan perihal materi yang belum dikuasai. · Meringkas hasil pembelajaran secara lisan . · Merefleksi hasil pembelajaran Kegiatan guru yaitu: · Menyampaikan kiprah yang harus dikerjakan penerima didik untuk pertemuan kedua. · Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
Pertemuan kedua
(2 X 45 menit)
Indikator:
4.17.1 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.2 Mempresentasikan puisi yang ditulis
4.17.3 Menanggapi puisi yang dipresentasikan
4.17.4 Merevisi puisi yang telah ditulis
Tahap | Langkah-langkahpembelajaran | Alokasiwaktu |
Pendahuluan: | 1. Pesertadidik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dengan berdoa bersama 2. Peserta didik merespon pertanyaan Pendidik perihal materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya, “ Apa yang kalian ketahui perihal puisi?”; “ Apa saja unsur pembangun puisi” 3. Peserta didik mendapatkan informasi perihal materi dan tujuan yang akan dipelajari serta acara pembelajaran yang akan dipelajari dalam menulis teks puisi. | 5 menit |
INTI | 1. Peserta didik dengan rasa ingin tahu, disiplin, dan bertanggung jawab memperhatikan pembacaan puisi dalam video pembelajaran pembacaan puisi 2. Peserta didik bertanya jawab perihal isi puisi 3. Peserta didik menulis puisi untuk mengungkapkan perasaannya 4. Peserta didik mendemonstrasikan hasil puisi yang ditulisnya dengan membacakan di depan kelas 5. Peserta didik memperlihatkan komentar terhadap puisi yang ditulis teman 6. Peserata didik merevisi (jika perlu) menurut masukan teman | 70 menit |
3. PENUTUP | Kegiatan Pendidik bersama penerima didikyaitu: · Membuat simpulan hasil pembelajaran. · Merefleksi manfaat pembelajaran teks puisi bagi kehidupan nyata. Kegiatan Pendidik yaitu: · Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk mengumpulkan puisi yang dibuatnya untuk dijadikan antologi kumpulan puisi karya siswa | 15 menit |
G. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian :tes
b. Bentuk Penilaian :Tes tulis.
c. Instrumen penilaian: Tes uraian
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian :penugasan.
b. Bentuk :tugas tertulis.
c. Instrumen penilaian :lembar kerja dan penilaian presentasi
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada penerima didik untuk membenahi kiprah yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui ……., ……………
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran,
Lampiran :
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA/SMK....
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | 25 Januari 2018 | Azhari | Tidak mengerjakan kiprah menganalisis unsur pembangun puisi | Tanggung jawab | - | Dipanggil dan disuruh mengerjakan kiprah kembali dengan waktu terbatas |
2 | 25 Januari 2018 | Farhan | Mengerjakan kiprah dengan serius, tepat waktu, dan risikonya sangat baik | Tanggung jawab | + | Diberi kebanggaan atau apresiasi |
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 |
……., …………..
Kepala Sekolah Menengan Atas …….. , Guru Mata Pelajaran,
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
KUIS
Satuan Pendidikan | : | SMA | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Kompetensi dasar | : | 3.17 | Menganalisis unsur pembangun puisi. |
Indikator | : | 3.17.1 3.17.2 3.17.3 3.17.4 3.17.5 3.17.6 3.17.7 3.17.8 | Menganalisis kata konkret dalam puisi. Menganalisis gaya bahasa dalam puisi Menganalisis rima dalam puisi Menganalisis tipografi dalam puisi Menganalisis tema dalam puisi Menganalisis rasa dalam puisi Menganalisis nada dalam puisi Menganalisis amanat dalam puisi |
Materi | : | Unsur-unsur pembangun puisi |
Instrumen:
1. Apa yang kalian ketahui perihal puisi?
2. Bagaimana perasaan kalian dikala membaca puisi?
3. Unsur-unsur apa saja yang membangun puisi?
4. Apa manfaat membaca puisi?
Rubrik Penilaian Tes Lisan (Kuis)
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penilaian : ............................................................................
Pedoman penyekoran:
No soal | Deskripsi | Skor |
1,2,3,4 | Menjawab dengan benar dan sempurna. | 3 |
Menjawab hamper benar. | 2 | |
Menjawab hanya sebagian kecil yang benar. | 1 |
Instrumen Tugas kelompok :
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
KUIS
Satuan Pendidikan | : | SMA | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Kompetensi dasar | : | 3.17 | Menganalisis unsur pembangun puisi. |
Indikator | : | 3.17.1 3.17.2 3.17.3 3.17.4 3.17.5 3.17.6 3.17.7 3.17.8 | Menganalisis kata konkret dalam puisi. Menganalisis gaya bahasa dalam puisi Menganalisis rima dalam puisi Menganalisis tipografi dalam puisi Menganalisis tema dalam puisi Menganalisis rasa dalam puisi Menganalisis nada dalam puisi Menganalisis amanat dalam puisi |
Materi | : | Unsur-unsur pembangun puisi |
Petunjuk : Bacalah puisi ”Sajak Matahari” karya W.S. Rendra berikut ini, kemudian kerjakan tugas-tugas di bawahnya dengan tepat secara berkelompok!
Sajak Matahari
Karya : W.S. Rendra
Matahari bangun dari sanubariku
Menyentuh permukaan samodra raya
Matahari keluar dari mulutku
Menjadi pelangi di cakrawala
Wajahmu keluar dari jidatku
Wahai kamu, perempuan miskin!
Kakimu terbenam di dalam lumpur.
Kamu harapkan beras seperempat gantang
Dan di tengah sawah tuan tanah menanammu!
Satu juta leleki gundul
Keluar dari hutan belantara
Tubuh mereka terbalut lumpur
Dan kepala mereka berkilatan
Memantulkan cahaya matahari
Mata mereka menyala
Tubuh mereka menjadi bara
Dan mereka aben dunia
Matahari ialah cakra jingga
Yang dilepas tangan Sang Khrisna
Ia menjadi rahmat dan kutukanmuya,
ya umat manusia!
Rubrik Penilaian Penugasan Individu :
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman penyekoran:
No soal | Deskripsi | Skor | Skor maksimal |
1 | Menjawab dengan benar disertai alasan yang benar. | 30 | 30 |
Menjawab benar tetapi alasan salah | 20 | ||
Menjawab hampir benar | 10 | ||
2 | Menjawab dengan benar dengan menyebutkan 5 unsur instrinsik dengan tepat. | 40 | 40 |
Menjawab dengan benar dengan menyebutkan 4 unsur instrinsik dengan tepat. | 30 | ||
Menjawab dengan benar dengan menyebutkan 3 unsur instrinsik dengan tepat. | 20 | ||
Menjawab dengan benar dengan menyebutkan kurang dari 3 unsur instrinsik dengan tepat. | 10 | ||
3 | Menjawab dengan tepat makna yang terkandung di dalam puisi disertai alasan yang benar. | 40 | 40 |
Menjawab dengan tepat makna yang terkandung di dalam puisi disertai alasan yang salah. | 30 | ||
Menjawab dengan tepat makna yang terkandung di dalam puisi tanpa disertai alasan. | 20 | ||
Menjawab hamper benar makna yang terkandung di dalam puisi disertai alasan yang salah. | 10 | ||
Total | 100 |
Kunci :
……, ………….
Kepala Sekolah Menengan Atas ……………, Guru Mata Pelajaran,
…………………………… ………………………
RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X (SMA/SMK)
1. TEKS NEGOSIASI
2. TEKS DEBAT
3. TEKS BIOGRAFI
4. TEKS PUISI
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Kompetensi dasar | : | 3.17 | Menganalisis unsur pembangun puisi. |
Indikator | : | 3.17.1 3.17.2 3.17.3 3.17.4 3.17.5 3.17.6 3.17.7 3.17.8 | Menganalisis kata konkret dalam puisi. Menganalisis gaya bahasa dalam puisi Menganalisis rima dalam puisi Menganalisis tipografi dalam puisi Menganalisis tema dalam puisi Menganalisis rasa dalam puisi Menganalisis nada dalam puisi Menganalisis amanat dalam puisi |
Materi | : | Unsur-Unsur Pembangun Puisi |
Kisi-kisi
Kompetensi Dasar | IPK | Materi Pokok | Indikator Soal | No Soal |
3.17 Menganalisis unsur pembangun pusi | 3.17.9 Menganalisis kata konkret dalam puisi. | Kata-kata konkret dalam puisi | Disediakan sebuah puisi, penerima didik menganalisis kata-kata konkret disertai bukti. | 1. |
3.17.10Menganalisis unsur-unsur pembangun puisi | Unsure-unsur pembangun puisi | Disediakan sebuah puisi, penerima didik menganalisis unsure-unsur pembangun puisi. | 2. |
Instrumen
Petunjuk : Bacalah puisi berikut, kemudian kerjakan kiprah di bawahnya!
Tugas:
1. Analisislah kata-kata konkret pada puisi “Sajak Matahari” karya : W.S. Rendra!
2. Sebutkan unsure-unsur pembangun puisi “Sajak Matahari” karya : W.S. Rendra!
Kunci:
1.
2.
Pedoman Penyekoran Tugas
No | Aspek yang Dinilai | Skor | Skor maksimal |
1 | a. Peserta didik menentukan lima kata-kata konkret pada puisi dengan tepat. | 20 | 50 |
b. Peserta didik menentukan empat kata-kata konkret pada puisi dengan tepat. | 15 | ||
c. Peserta didik menentukan tiga kata-kata konkret pada puisi dengan tepat. | 10 | ||
d. Peserta didik menentukan kurang dari tiga kata-kata konkret pada puisi dengan tepat. | 5 | ||
2 | e. Peserta didik menentukan lima unsure pembangun puisi dengan tepat. | 20 | 50 |
f. Peserta didik menentukan empat unsure pembangun puisi dengan tepat. | 15 | ||
g. Peserta didik menentukan tiga unsure pembangun puisi dengan tepat. | 10 | ||
h. Peserta didik menentukan kurang dari tiga unsure pembangun puisi dengan tepat. | 5 | ||
i. Total | 100 |
…………, ……………
Kepala Sekolah Menengan Atas ……………, Guru Mata Pelajaran,
…………………………… ………………………
LAMPIRAN MATERI PEMBELAJARAN TEKS PUISI
Kompetensi Dasar
Pengetahuan | Keterampilan |
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca | 4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekpresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi | 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) |
A. Contoh Teks (Fakta)
Berikut ini pola puisi.
TITIP RINDU BUAT AYAH Karya Ebiet G. Ade Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa Benturan dan hempasan terpahat di keningmu Kau nampak renta dan lelah, keringat mengucur deras namun kau tetap sabar hm... Meski nafasmu kadang tersengal memikul beban yang makin sarat kau tetap bertahan Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari kini kurus dan terbungkuk hm... Namun semangat tak pernah pudar meski langkahmu kadang gemetar kau tetap setia Ayah, dalam hening sepi kurindu untuk menuai padi milik kita Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan Anakmu kini banyak menanggung beban Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari kini kurus dan terbungkuk hm... Namun semangat tak pernah pudar meski langkahmu kadang gemetar kau tetap setia |
B. Pengertian Teks (Konsep)
Teks di atas disebut sebuah puisi. Disebut puisi alasannya ialah disajikan dalam bahasa yang indah dan maknanya tidak sesungguhnya dan mendalam. Selain itu, teks di atas mempunyai rangkaian kata-kata yang menggambarkan perasaan penulis (penyairnya). Oleh alasannya ialah itu, yang dimaksud dengan puisi ialah salah satu cabang sastra yang memakai kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan bayangan dan imajinasi, mirip halnya lukisan yang memakai garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.
Mendemonstrasikan puisi
a. Membacakan Puisi
Puisi tidak hanya dinikmati dengan membaca sendirian tapi bisa juga dibacakan. Membacakan puisi adalah menyampaikan karya puisi dengan bahasa lisan. Istilahnya
sama dengan deklamasi. Seorang pembaca puisi yang hebat bisa menjiwai puisi yang dibacakan dengan baik. Oleh alasannya ialah itu, pendengar akan sanggup mencicipi suasana puisi tersebut serta bisa menangkap makna puisi yang disampaikan penyairnya. Hal itu akan tercapai ketika pembaca puisi tidak hanya mengandalkan permainan vokal tetapi juga memerhatikan ekspresi, intonasi, dan gerakan tubuhnya dikala membaca puisi. i. Vokal
Suara yang dihasilkan harus benar. Salah satu unsur dalam vokal ialah artikulasi (kejelasan pengucapan). Kejelasan artikulasi dalam mendemonstrasikanpuisi sangat dibutuhkan. Bunyi vokal mirip /a/, /i/, /u/, /e/, /o/, /ai/, /au/, dan sebagainya harus terang terdengar, demikian pula dengan bunyi-bunyi konsonan.
ii. Ekspresi
Ekspresi ialah pengungkapan atau usaha menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, dan perasaan). Ekspresi mimik atau perubahan raut muka harus ada tapi haruslah sesuai dengan kebutuhan dalam menampilkan gagasan puisi secara tepat.
iii. Intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
Intonasi ialah ketepatan penyajian dalam menentukan keras-lemahnya pengucapan suatu kata. Intonasi terbagi menjadi dua yaitu tekanan dinamik (tekanan pada kata-kata yang dianggap penting) dan teknanan tempo (cepat lambat pengucapan suku kata atau kata).
TITIP RINDU BUAT AYAH Karya Ebiet G. Ade Di matamu/ masih tersimpan/ selaksa peristiwa// Benturan dan hempasan/ terpahat di keningmu// Kau nampak renta dan lelah, keringat /mengucur deras// namun kau/ tetap tabah// hm... Meski nafasmu /kadang tersengal/ memikul beban/yang makin sarat// kau tetap/ bertahan// Engkau/ telah mengerti /hitam dan merah/ jalan ini// Keriput/ tulang pipimu/ gambaran perjuangan// Bahumu/ yang dulu kekar, legam/ terbakar matahari// kini/kurus dan terbungkuk// hm... Namun/ semangat/ tak pernah pudar// meski langkahmu/ kadang gemetar// kau/ tetap setia// Ayah, dalam hening/ sepi /kurindu// untuk/ menuai padi/ milik kita// Tapi kerinduan/ tinggal/ hanya kerinduan// Anakmu sekarang/ banyak menanggung beban// Engkau/ telah mengerti/ hitam dan merah/ jalan ini// Keriput tulang pipimu/ gambaran perjuangan// Bahumu/ yang dulu kekar, legam terbakar/ matahari// kini kurus/ dan terbungkuk// hm... Namun/ semangat/ tak pernah pudar// meski/ langkahmu/ kadang gemetar// kau/ tetap setia// |
b. Memusikalisasikan puisi
Puisi juga sanggup dinyanyikan dengan iringan musik. Itulah yang disebut dengan musikalisasi puisi. Contohnya puisi “Titip Rindu buat Ayah” bisa dinyanyikan dan menjadi lagu popular. Dengan demikian, memusikalisasikan puisi ialah menyanyikan puisi dengan diiringi musik, sanggup berupa iringan musik yang lengkap maupun iringan salah satu jenis alat musik. Musikalisasi puisi juga bisa merupakan pembacaan puisi diiringi musik atau adonan antara keduanya.
C. Ciri-ciri Teks (Prinsip)
1. Fungsi
Setelah membaca puisi “Titip Rindu buat Ayah”, kita merasa senang dengan keindahan bahasa yang digunakannya. Misalnya: // Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa // Benturan dan hempasan terpahat di keningmu//. Dengan demikian, ternyata puisi sanggup berfungsi menghibur pembacanya.
Selain itu, puisi bisa menciptakan pembaca merenung dan memperbaiki prilakunya. Puisi “Titip Rindu buat Ayah”, bisa menciptakan pembaca merenungi perubahan fisik ayah yang semakin renta alasannya ialah berjuang keras membesarkan anaknya. Pembaca menjadi makin sayang terhadap ayah apalagi kalau mengingat keriputnya kening, kulit, dan bungkuknya punggung alasannya ialah perjuangannya membesarkan anak. Perenungan dan pencerahan jiwa itu merupakan fungsi puisi.
2. Struktur
Jika diperhatikan dan dicermati kembali puisi-puisi yang telah dibaca, di dalamnya terdapat struktur yang membangunnya. Contoh dalam puisi “Titip Rindu buat Ayah” terdapat struktur/bagian yang membangunnya, yaitu :
a. Terdapat baris-baris yang mana baris ini tidak sama dengan baris yang biasa dikenal dalam teks lain. Dalam puisi, baris ini disebut larik. Contoh puisi di atas terdiri dari 25 larik.
b. Terdapat kumpulan larik yang mempunyai kesatuan makna yang disebut bait. Dalam pola puisi di atas terdapat empat kumpulan larik. Dengan demikian, puisi tersebut mempunyai empat bait
c. Larik-larik puisi dari awal hingga tamat tampak membentuk tipe gambar tertentu. Contoh puisi di atas membentuk segi empat yang bisa dilihat dan dicermati. Itulah tipografi puisi yang bisa memberi makna perhiasan dan bentuknya bisa didapati pada jenis puisi konkret. Tipografi bentuknya majemuk antara lain berbentuk grafis, kaligrafi, kerucut dan sebagainya.
3. Kebahasaan
Ciri khas kebahasaan puisi yang membedakannya dengan jenis teks lain yaitu:
a. Menggunakan majas metafora
Puisi mengungkapkan sesuatu secara tidak pribadi sehingga penyair memakai majas metafora untuk menggambarkan maksudnya tersebut. Salah satunya ialah majas metafora. Metafora merupakan bahasa figuratif yang memperbandingkan suatu hal dengan hal lainya yang intinya tidak serupa. Contoh : Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
b. Menggunakan majas hiperbola
contohnya: hiperbola dipakai untuk menyatakan begitu beratnya beban yang harus dipikul oleh ayah yang dilukiskan dengan /memikul beban yang makin sarat/.
c. Menggunakan kata konkret
dalam puisi, biasanya pengarang memakai kata konkret untuk menggambarkan suatu lukisan keadaan atau suasana batin dengan maksud untuk membangkitkan imaji pembaca. Dalam pola puisi di atas terdapat dalam larik /Benturan dan hempasan/ terpahat di keningmu//
D. Prosedur Pembelajaran (sesuai KD)
1. Mengidentifikasi Suasana, Tema, dan Makna Puisi
Sebelum mengidentifikasi komponen penting dalam puisi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan komponen penting puisi, yaitu :
a. suasana dalam puisi yang dibacakan;
langkah-langkah yang dilakukan semoga bisa menentukann suasana dalam puisi yang dibacakan yaitu mencermati puisi dengan saksama. Ketika mencermati tersebut, perhatikan juga pilihan kata (diksi) dalam puisi yang dibaca untuk mengetahui isi puisi. Diantara kata-kata atau larik-larik yang membangun puisi itu ada yang menyentuh perasaan maka larik-larik yang menciptakan perasaan tersentuh itu dicatat. Kemudian timbullah perasaan sesudah mendengarkan puisi tersebut. Perasaan itu bisa berupa perasaan sedih, marah, bangga, dan sebagainya. Dengan begitu, suasana sudah sanggup ditentukan.
b. Tema dalam puisi,
Dalam menentukan tema puisi, terdapat mekanisme yang bisa dilakukan yaitu dengan merunut kata-kata yang berulang. Kata-kata yang berulang itu merupakan inti puisi. Akhirnya inti puisi yang merupakan tema sanggup disimpulkan dengan menyertakan alasan-alasan yang mendukung tema.
c. Makna dalam puisi,
Ketika hendak menentukan makna puisi, langkah-langkah berikut ini akan membantu yaitu pertama kali carilah larik-larik yang mendukung makna. Kemudian maknai masing-masing larik tersebut. Berdasarkan makna larik-larik tersebut sanggup disimpulkan makna puisi secara utuh.
2. Cara Membacakan Puisi
Selain mengidentifikasi komponen puisi, terkadang perlu membaca puisi untuk lebih memahami puisi. Agar penjiwaan, ekspresif, dan volume bunyi tepat dan mengena dikala pembacaan puisi, langkah awal yang harus dan mutlak dilakukan ialah membaca dan memahami isi puisi. Pemahaman terhadap isi puisi ini tidak hanya untuk mendapatkan tafsir makna terhadap puisi yang akan dibacakan melainkan juga untuk menentukan bagaimana lafal, nada, tekanan serta intonasi diucapkan dikala pembacaan puisi.
Memusikalisasikan Puisi
Sebelum memusikalisasikan atau menyanyikan puisi dengan diiringi musik, lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut :
- pahamilah suasana, tema, dan makna puisi tersebut
Pemahaman ini didapatkan sesudah mengidentifikasi komponen puisi yaitu suasana, tema dan makna puisi.
- Setelah memahami komponen puisi, buatlah aransemen sederhana menurut suasana, tema, dan makna puisi tersebut.
- Kemudian berlatihlah menyanyikan puisi tersebut dengan iringan aransemen yang telah dibuat.
2. Menganalisis unsur pembangun puisi
Untuk menganalisis unsur pembangun puisi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:
a. Memahami makna judul
Pertama kali yang dibaca dalam puisi ialah judul. Judul merupakan identitas atau cap sebuah puisi. Biasanya judul sudah memperlihatkan gambaran isi sebuah puisi secara garis besar. Mursal Esten mengibaratkan judul sebagai sebuah lubang kunci untuk menengok makna keseluruhan puisi itu. Bahkan melalui judul tersebut sanggup terbuka makna yang ada dalam sebuah puisi. Untuk memahami makna sebuah judul, harus dicari dulu makna lugasnya. Usahakan memahami makna kata, frase, atau kalimat demi kalimat. Untuk mencari makna judul sebuah puisi, sebaiknya memakai makna baku terlebih dahulu mirip yang ada dalam kamus. Setelah itu gres mencari makna tambahannya.
- Memahami Makna Kata Kunci
Dalam setiap puisi terdapat beberapa kata yang menentukan makna puisi itu. Kata-kata mirip itu dinamakan kata kunci. Kata kunci ialah kata yang sering diulang penyair dalam puisinya, contohnya kata yang mengambarkan waktu dan tempat, kata-kata asing, atau kata-kata yang sengaja diberi perhatian khusus oleh penyair dengan memberi garis bawah, mencetak miring, dan sebagainya.
Makna kata dalam sebuah puisi mencakup makna lugas atau makna leksikal, makna citraan atau makna imaji, dan makna lambang. Makara untuk memahami puisi, ketiga makna tersebut harus diungkapkan.
i. Makna Lugas
Makna lugas ialah sebuah kata, frase, atau kalimat yang maknanya sesuai dengan makna leksikal atau makna yang terdapat dalam kamus. Beberapa kata mungkin perlu dicari maknanya di dalam kamus semoga makna kata tersebut bisa dipahami dengan baik.
ii. Makna Citraan atau Makna Imaji
Dalam menentukan sebuah kata, seorang penyair tidak hanya bermaksud memberikan makna lugas saja. Lebih dari itu, penyair membentuk citraan atau imaji tertentu pada pikiran pembacanya. Makna yang ditimbulkan itu disebut makna citraan atau makna imajis.
iii. Makna Lambang
Penyair seringkali memberi beban pada kata tertentu melebihi makna yang biasa dikandung makna kata tersebut. Dalam puisi, sebuah kata sanggup saja merupakan lambang dari sesuatu di samping mempunyai makna yang biasa. Beban perhiasan itu disebut makna lambang sebuah kata. Pembaca harus berupaya untuk menyingkapkan makna lambang sebuah kata dalam puisi dengan beberapa kemungkinan yang ada.
- Mengusut Rujukan Kata Ganti
Penyair sering menggunaka kata ganti, kata penyapa, atau nama seseorang dalam puisinya. Penggunaan kata-kata tersebut sering secara tiba-tiba, tanpa diberi tahu siapa yang dirujuk dengan kata-kata tersebut. Pembaca puisi harus berusaha memeriksa referensi yang dimaksud penyair dengan kata-kata itu.
- Mempelajari Konteks Penciptaan
Kadang-kadang untuk memahami puisi tidak cukup hanya dengan membaca apa yang tersurat dalam puisi, tetapi juga perlu mempelajari hal-hal yang berada di luar puisi tersebut. Hal-hal tersebut contohnya penyair, riwayat hidup penyair, pandangan hidup penyair, latar belakang penciptaan, situasi ketika puisi itu diciptakan, dan sebagainya. Semua itu disebut dengan konteks penciptaan.
- Merumuskan Makna Utuh
Makna utuh sebuah puisi ialah makna keseluruhan dari puisi itu, baik makna tersurat, tersirat, maupun yang berkaitan dengankonteks penciptaannya. Untuk merumuskan makna utuh dalam sebuah puisi, dibutuhkan makna lugas, citraan, lambang, dan konteks penciptaan puisi itu. Setelah itu gres menentukan sikap terhadap makna utuh atau pengalaman penyair. Dengan memahami sebuah puisi berarti kita telah mencoba memahami perasaan, pikiran, dan gagasan orang lain (penyair) yang dituangkan secara khas. Tanpa disadari, pengalaman dan wawasan bertambah. Dengan bertambahnya pengalaman dan wawasan itu terasa ada kepuasan batin dikarenakan telah sanggup mengambil hikmah dari pengalaman orang lain.
4. Menulis puisi
Selain menikmati puisi karya orang lain, terkadang kita juga ingin mengungkapkan perasaan dalam bentuk puisi. Selain itu, insiden yang terjadi di sekitar kita mungkin begitu mengesankan sehingga menarik kita untuk menuliskannya dalam puisi. Menulis puisi yang baik harus memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan. Dengan demikian terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan
- Menentukan tema
Sebelum menulis puisi, pertama kali harus ditentukan temanya. Dalam hal ini, pilihlah sesuatu yang menciptakan kita terinspirasi. Tema merupakan suatu gagasan yang dituangkan dalam sebuah bentuk puisi. Misalkan puisi bertemakan perihal cinta, ketuhanan, kemanusiaan, keindahan alam, dan sebagainya.
- Menggambarkan Suasana Puisi
Setelah itu, perlu digambarkan suasana puisi yang akan dibangun dalam puisi yang dibuat. Suasana puisi maksudnya ialah gambaran perasaan penyair dalam puisi. Jika suasana senang bahasa yang dipakai romantis, lembut, dan indah. Begitu juga sebaliknya jikalau suasana yang dirasakan sedang sedih, bimbang, penggunaan bahasa dalam menciptakan puisi memakai bahasa yang sinis dan keras.
- Mendaftar kata-kata yang sesuai
Setelah menggambarkan suasana, perlu mendaftar atau memakai kata-kata yang diwarnai dengan ungkapan-ungkapan yang bermakna. Misalnya ungkapan rasa sayang terhadap ayah. Ayah, luasnya bumi tak seluas sayangku padamu.
d. Memilih diksi
Setelah mendaftarkan kata yang sesuai, perlu dilakukan pemilihan kata atau diksi. Pilihlah kata-kata yang memperlihatkan nilai rasa tertentu. Selain itu, perhatikan juga makna lugas, makna citraan, dan makna lambanga setiap kata yang akan dituliskan dalam puisi.
e. Menulis Puisi
Setelah keempat langkah diatas telah dilakukan, maka barulah menciptakan sebuah puisi. Yang dimulai dari ide yang telah didapat.
Daftar Pustaka
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran bahasa Indonesia kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
/search?q=rpp-20172018-kelas-xi-semester-2-mapel
0 Response to "Rpp Kelas X Semester 2 Teks Puisi Kd 3.17, 4.17 Dan Bahan Pembelajaran"