RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Teks Persuasi
Tema : Pendidikan dalam Bahasa Indonesia
Subtema 2 : Wajib Belajar Sembilan Tahun, Ayo mencar ilmu Giat,
Tuntutlah Ilmu Setinggi Mungkin
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tangung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator dan Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan ihwal aneka macam permasalahan faktual ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan / atau keragaman budaya, dll ) dari aneka macam sumber yang didengar dan dibaca. | 3.14.1Mengidentifikasi info teks berupa teks persuasi 3.14.2 Menemukan struktur teks persuasi 3.14.3Menemukan unsur- unsur kebahasaan teks persuasi 3.14.4 Menemukan aspek ekspresi teks persuasi |
4.14 Menyajikan teks persuasi ( saran, ajakan, dan pertimbangan ) secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan. | 4.14.1 Menjawab pertanyaan ihwal teks persuasi 4.14.2 Menulis isi teks persuasi |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Siswa dapat menyebutkan info yang terdapat pada teks persuasi, menemukan struktur teks persuasi,dan menemukan unsur kebahasaan teks persuasi, serta menemukan aspek ekspresi teks persuasi
Pertemuan ke-2
Bersama kelompoknya para siswa sanggup menjawab teks persuasi dan menulis isi teks persuasi
D Materi Pembelajaran
· Teks persuasi
· Struktur teks persuasi
· Unsur kebahasaan teks persuasi
· Aspek ekspresi teks persuasi
D. Metode Pembelajaran
1. Metode discovery learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
2. Model Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
E. Media
1. Teks persuasi
F. Sumber Belajar
1) Buku Siswa (Kemendikbud.2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTS KelasVIII. Jakarta: Kemendikbud)
2) Buku Guru (Kemendikbud.2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud)
3) Multi media
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pertemuan Pertama Pendahuluan | 1. Siswa menjawab salam guru pada awal pelajaran serta merespon pertanyaan guru tetntang aneka macam kesiapan belajar. 2. Siswa mendapatkan info ihwal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3. Siswa mendapatkan info kompetensi yang harus dicapai, tujuan pembelajaran, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan 4. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing. | 10 menit |
Kegiatan Inti | MENGAMATI · Dengan sikap peduli dan santun siswa mengamati teks persuasi sebagai materi untuk sanggup membangun konteks sesuai dengan tema. MENANYA · Dengan memakai bahasa Indonesia yang benar dan santun, siswa menanyakan soal-soal yang harus dikerjakan. MENGUMPULKAN DATA · Dengan sikap tanggung jawab, siswa menjawab pertanyaan , sebagai materi untuk membangun konteks. MENALAR · Dengan sikap responsif dan bertanggung jawab siswa mendiskusikan sekali lagi apakah jawaban-jawaban yang telah dibentuk itu sudah betul atau belum, atau masih memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. MENGKOMUNIKASIKAN 1. Dengan perilaku jujur dan tanggung jawab serta santun masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya secara tertulis. 2. Dengan sikap tanggung jawab, santun, dan jujur salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas. | 60 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Dengan sikap tanggung jawab, jujur, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran 2. Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami dikala menjawab sosl-soal yang harus dikerjakan. 3. Dengan sikap responsif dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka ihwal kendala dalam menjawab soal. 4. Siswa menyimak info mengenai planning tindak lanjut pembelajaran pada pertemuan kedua | 10 menit |
Pertemuan Kedua Pendahuluan | 1. Siswa menjawab salam dari guru pada awal pelajaran. 2. Siswa mendapatkan info ihwal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3. Siswa mendapatkan info kompetensi yang harus dicapai dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | 10 menit |
Kegiatan Inti | MENGAMATI · Dengan sikap tanggung jawab, dan jujur siswa bersama kelompoknya mengamati tanaman yang ada di halaman sekolah MENANYAKAN · Dengan memakai bahasa Indonesia yang benar dan santun, siswa bertanya hal-hal yang berafiliasi dengan nama dan kegunaan dari flora yang sedang diamati. MENGUMPULKAN DATA · Dengan sikap tanggung jawab, dan jujur siswa mengumpulkan data-data ihwal flora yang diamati sesuai dengan kelompoknya (apotik hidup, warung hidup, flora pangan, atau flora hias), yang sanggup dipakai untuk menyusun karangan/teks persuasi. MENALAR · Dengan sikap tanggung jawab, dan jujur siswa menjelaskan manfaat dari masing-masing kelompok flora tersebut, sebagai materi laporan. MENGKOMUNIKASIKAN 1. Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa melaporkan hasil pengamatannya itu dalam bentuk teks persuasi. 2. Siswa yang lain ,menanggapi laporan hasil pengamatan yang telah disampaikan oleh kelompok yang bertugas. | 60 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Dengan sikap tanggung jawab, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran 2. Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami dikala memahami struktur teks persuas.i 3. Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka ihwal kendala dalam memahami struktur teks persuasi. 4. Dengan sikap tanggung jawab, responsif, dan santun siswa menyimak info mengenai planning acara pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. | 10 menit |
H. Penilaian
1. Penilaian Proses (Pengamatan Sikap),
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c. Kisi-kisi:
Instrumen: lihat Lampiran 01
2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Penugasan
c. Kisi-kisi:
No | Indikator | Butir Instrumen |
1 | Membangunkonteks. | B1 |
2 | Menyusun teks persuasi | B2 |
Instrumen: lihat Lampiran 02.
3. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes Tuls
b. Kisi-kisi:
Keterampilan | Butir Instrumen |
· Menyusun teks persuasi | C1 |
……….., ………..2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengah Pertama Guru Mata Pelajaran
............ .......................
Lampiran 01
Instrumen Penilaian
Penilaian Proses (Pengamatan Sikap),
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : VIII...
No. | Nama Siswa | PENGAMATAN SIKAP | |||
Religious | Jujur | Tanggung Jawab | Santun | ||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 | |||||
6 | |||||
7 | |||||
8 | |||||
9 | |||||
10 | |||||
11 | |||||
12 | |||||
13 | |||||
14 | |||||
15 | |||||
16 | |||||
17 | |||||
18 | |||||
19 | |||||
20 | |||||
21 | |||||
22 | |||||
23 | |||||
24 | |||||
25 | |||||
26 | |||||
27 | |||||
28 | |||||
29 | |||||
30 | |||||
31 | |||||
32 | |||||
33 |
Rubrik evaluasi sikap
Rubrik | Skor |
Sama sekali tidak mengatakan perjuangan sungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan | 1 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten | 2 |
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten | 3 |
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara secara terus-menerus dan ajeg/konsisten | 4 |
Instrumen Penilaian
Penilaian Proses (Pengamatan Sikap),
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : VIII...
No. | Nama Siswa | PENGAMATAN SIKAP | |||
Religious | Jujur | Tanggung Jawab | Santun | ||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 | |||||
6 | |||||
7 | |||||
8 | |||||
9 | |||||
10 | |||||
11 | |||||
12 | |||||
13 | |||||
14 | |||||
15 | |||||
16 | |||||
17 | |||||
18 | |||||
19 | |||||
20 | |||||
21 | |||||
22 | |||||
23 | |||||
24 | |||||
25 | |||||
26 | |||||
27 | |||||
28 | |||||
29 | |||||
30 | |||||
31 | |||||
32 | |||||
33 | |||||
34 |
Rubrik evaluasi sikap
Rubrik | Skor |
Sama sekali tidak mengatakan perjuangan sungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan | 1 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten | 2 |
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten | 3 |
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara secara terus-menerus dan ajeg/konsisten | 4 |
Instrumen Penilaian
Penilaian Proses (Pengamatan Sikap),
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : VIII....
No. | Nama Siswa | PENGAMATAN SIKAP | |||
Religious | Jujur | Tanggung Jawab | Sntun | ||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 | |||||
6 | |||||
7 | |||||
8 | |||||
9 | |||||
10 | |||||
11 | |||||
12 | |||||
13 | |||||
14 | |||||
15 | |||||
16 | |||||
17 | |||||
18 | |||||
19 | |||||
20 | |||||
21 | |||||
22 | |||||
23 | |||||
24 | |||||
25 | |||||
26 | |||||
27 | |||||
28 | |||||
29 | |||||
30 | |||||
31 | |||||
32 | |||||
33 |
Rubrik evaluasi sikap
Rubrik | Skor |
Sama sekali tidak mengatakan perjuangan sungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan | 1 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten | 2 |
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten | 3 |
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara secara terus-menerus dan ajeg/konsisten | 4 |
=
Instrumen Penilaian
Penilaian Proses (Pengamatan Sikap),
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : VIID
No. | Nama Siswa | PENGAMATAN SIKAP | |||
Religious | Jujur | Tanggung Jawab | Santun | ||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 | |||||
6 | |||||
7 | |||||
8 | |||||
9 | |||||
10 | |||||
11 | |||||
12 | |||||
13 | |||||
14 | |||||
15 | |||||
16 | |||||
17 | |||||
18 | |||||
19 | |||||
20 | |||||
21 | |||||
22 | |||||
23 | |||||
24 | |||||
25 | |||||
26 | |||||
27 | |||||
28 | |||||
29 | |||||
30 | |||||
31 | |||||
32 | |||||
33 | |||||
34 |
Rubrik evaluasi sikap
Rubrik | Skor |
Sama sekali tidak mengatakan perjuangan sungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan | 1 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten | 2 |
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten | 3 |
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melaksanakan acara secara terus-menerus dan ajeg/konsisten | 4 |
Lampiran 02
Lembar Kerja Siswa “Pendidikan dalam” Bahasa Indonesia
Tugas 1
Membangun konteks :
Sebelum membaca teks, coba kau jawab pertanyaan berikut!
1) Apa yang kau ketahui ihwal pendidikan dalam bahasa Idonesia?
2) Mengapa wajib mencar ilmu sembilan tahun harus dilaksanaka
3) Tulislah kalimat beupa ungkapan yang berafiliasi dengan pendidikan di indonesia?
Ranbu-rambu balasan kiprah 1 :
Tugas Menyusun Teks Persuasi
Petunjuk :
Penilaian Hasil
LEMBAR PENILAIAN PROYEK
Nama Kelompok : ……………………..
Nama Siswa : 1 …………. 2 …………. 3 ………… 4 ………… 5…………….
Judul Proyek : Menulis Teks Persuasi
Kegiatan | No | Aspek yang dinilai | Skor | Bobot | Nilai |
Perencanaan | 1. | Kekreatifan dalam memilih gagasan | 1 – 3 | ||
2. | Merumuskan kerangka | 1 – 3 | |||
3. | Sumber tumpuan yang akan dituliskan | 1 – 3 | |||
Pengumpulan Data | 5 | Keluasan susukan mencari data | 1 – 3 | ||
6 | Keakuratan sumber data | 1 – 3 | |||
7 | Pengolah data materi tulisan | 1 – 3 | |||
Penulisan Teks Persuasi | 8. | Unsur orientasi | 1 – 3 | ||
9. | Unsur komplikasi | 1 – 3 | |||
10. | Unsur resolusi | 1 – 3 | |||
11. | Kreativitas dalam membuatkan gagasan | 1 – 3 | |||
12. | Kaidah kebahasaan | 1 – 3 | |||
Skor maksimum |
Rubrik Penilaian
Aspek | Kriteria dan Skor | ||
3 | 2 | 1 | |
Perencanaan | Jika memuat langkah-langkah persiapan, merumuskan tujuan, tempat pengambilan data, dan daftar isian dengan lengkap dan tepat | Jika memuat langkah -langkah persiapan, merumuskan tujuan, tempat pengambilan data, dan daftar isian kurang lengkap dan kurang tepat | Jika memuat langkah -langkah persiapan, merumuskan tujuan, tempat pengambilan data, dan daftar isian tidak lengkap dan tidak tepat |
Pengumpulan data | Jika data yang ditampilkan dalam tabel semuanya benar, data tercatat dengan rapi dan lengkap serta sumber data yang akurat | Jika data kurang tercatat dengan lengkap, dan data yang ditampilkan dalam tabel hanya sebagian yang benar serta sumber data yang kurang akurat | Jika data tidak tercatat dengan rapi, tidak lengkap dan data yang ditampilkan dalam tabel banyak yang salah serta sumber data yang tidak akurat |
Pengolahan data | Jika analisis data sesuai dengan data yang diperoleh dan dilakukan dengan dengan benar | Jika analisis data sesuai dengan data yang diperoleh tetapi dilakukan dengan kurang sempurna | Jika analisis data tidak sesuai dengan data yang diperoleh dan dilakukan dengan tidak tepat |
Penulisan | Jika struktur teks eksposisi benar, bahasa komunikatif, penyampaian orientasi, komplikasi dan resolusi dikembangkan dengan baik menurut kaidah. dan kreatif. | Jika struktur teks eksposisi benar, bahasa komunikatif, penyampaian orientasi, komplikasi dan resolusi dikembangkan kurang baik menurut kaidah. dan kreatif. | Jika struktur teks eksposisi benar, bahasa komunikatif, penyampaian orientasi, komplikasi dan resolusi dikembangkan tidak baik menurut kaidah. dan kreatif. |
Pedoman Penskoran :
Tugas 1 :
Aspek | Skor |
Jawaban benar dan lengkap | 8-10 |
Jawaban benar tetapi kurang lengkap | 6-7 |
Jawaban benar tidak lengkap | 3-5 |
Jawaban salah | 0-2 |
SKOR MAKSIMAL | 10 |
No | Aspek yang dinilai | Skor | Bobot | Nilai |
1. | Kekreatifan dalam memilih gagasan | 1 – 3 | ||
2. | Merumuskan kerangka | 1 – 3 | ||
3. | Sumber tumpuan yang akan dituliskan | 1 – 3 | ||
5 | Keluasan susukan mencari data | 1 – 3 | ||
6 | Keakuratan sumber data | 1 – 3 | ||
7 | Pengolah data materi tulisan | 1 – 3 | ||
8. | Unsur orientasi | 1 – 3 | ||
9. | Unsur komplikasi | 1 – 3 | ||
10. | Unsur resolusi | 1 – 3 | ||
11. | Kreativitas dalam membuatkan gagasan | 1 – 3 | ||
12. | Kaidah kebahasaan | 1 – 3 | ||
Skor maksimum |
Skor maksimal kiprah 1 = 10 X 1 = 10
Skor maksimal kiprah 2 = 12 X 5 = 60
Jumlah = 70
Nilai Akhir = Perolehan Skor
70
Mengetahui, Kepala Sekolah .... | …………., ……… 2018 Guru Mata Pelajaran |
0 Response to "Rpp Teks Persuasi Kd 3.14, Kelas Viii/2"