RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah : SMP/MTs.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Menelaah unsur drama menurut struktur dan kaidahnya
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
3.16. Menelaah karakterikstik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang
Berbentuk naskah atau pentas.
Indikator
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menentukan unsur-unsurdrama
· Menganalisis kaidah penulisan teks drama
C. Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran inkuiri, akseptor didik dibutuhkan dapat:
1. Menelaah unsur-unsur drama dengan lengkap.
2. Menanggapi pementasan drama
3. Memerankan tokoh dari cuplikan naskah drama yang ada.
D. Materi Pembelajaran :
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
· Karakteristik naskah drama menurut struktur dan kaidahnya
· Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinil
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
· Karakteristik naskah drama menurut struktur dan kaidahnya
· Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinil
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Karakteristik naskah drama menurut struktur dan kaidahnya
· Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinil
E. Metode Pembelajaran :
· Tanya jawab
· Diskusi
· Penugasan
· Latihan
F. Media dan Bahan :
· Video
· Cuplikan naskah drama
G. Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs. .
H. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
· Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam acara pendahuluan, guru wajib:
· Menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran
·Memberi motivasi mencar ilmu akseptor didik secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi bahan bimbing dalam kehidupan sehari-hari, dengan menunjukkan pola dan
perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta diubahsuaikan dengan
karakteristik dan jenjang akseptor didik;
· Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya
dengan bahan yang akan dipelajari;
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
· Menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
· Peserta didik melihat video atau membaca cuplikan naskah drama secara cermat..
Menanya :
· Setelah mencermati cuplikan naskah drama, akseptor didik diarahkan untuk berpikir mendiskusikan karakteristik unsur drama.
· Setelah mencermati cuplikan naskah drama, akseptor didik diarahkan untuk berpikir mendiskusikan kaidah kebahasaan teks drama
Mengumpulkan Informasi:
· Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan karakteristik unsur drama yang ditayangkan video
· Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan kaidah kebahasaan teks drama.
Mengasosiasi:
· Peserta didik membandingkan hasil analisisnya dengan kelompok lain dalam
menentukanunsur drama
· Peserta didik menelaah kembali dan rangkuman unsur-unsur drama secara
lengkap.
· Peserta didik membandingkan hasil analisisnya dengan kelompok lain dalam
menentukankaidah kebahasaan teks drama
· Peserta didik menelaah kembali dan rangkuman kaidah kebahasaan teks drama secara lengkap.
Mengomunikasikan
· Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dalam menelaah unsur drama dan kaidah kebahasaan naskah drama.
· Peserta didik membacakan rangkuman hasil diskusi dalam menelaah unsur drama dan kaidah kebahasaan naskah drama.
c. Kegiatan Penutup
· Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok bahan yang telah
dipelajari.
· Peserta didik bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan
kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
· Peserta didik mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
· Peserta didik diwajibkan membaca tek drama minimal satu buah. Hasil
bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
· Peserta didik mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
I. Penilaian
1. Teknik evaluasi
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan naskah drama
1. Tulislah unsur-unsur dari naskah drama tersebut!
2. Apa tema dari drama itu?
3. Tulis huruf dari masing-masing tokohnya!
d. Keterampilan
Teknik : Penilaian kinerja.
Bentuk : Keterampilan proses.
Indikator Soal :
Disajikan sebuah cuplikan cerpen.
· Ubahlah cuplikan cerpen tersebut menjadi naskah drama!
· Bagaimana tata pangung yang sesuai dengan naskah drama tersebut!
· Tulis kostum yang sesuai untuk masing-masing tokohnya
2.Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
3. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran
Aspek | skor |
· Jawaban sempurna | 5 |
· Jawaban kurang sempurna | 3 |
· Jawaban tidak sempurna | 1 |
Skor Maksimal | 15 |
Skor yang diperoleh
Skor akhir = -------------------------- x 100
Skor maksimal
……………, ………………….. 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………. . …………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (4.16)
Sekolah : SMP…
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Langkah-langkah pementasan drama
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
4.16. Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah.
Indikator
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menulis naskah drama.
· Mementaskan naskah drama
C. Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran berbasis proyek, akseptor didik dibutuhkan dapat:
1. Menulis naskah drama dengan lengkap.
2. Mementaskan drama
3. Memerankan tokoh sesuai dengan karakternya.
D. Materi Pembelajaran :
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
· Langkah-langkah pementasan drama.
· Menulis naskah drama sesuai dengan struktur dan kaidahnya.
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
· Langkah-langkah pementasan drama.
· Menulis naskah drama sesuai dengan struktur dan kaidahnya.
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Langkah-langkah pementasan drama.
· Menulis naskah drama sesuai dengan struktur dan kaidahnya.
E. Metode Pembelajaran :
· Tanya jawab
· Diskusi
· Penugasan
· Latihan
F. Media dan Bahan :
· Video
· Cuplikan naskah drama
G. Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs. .
H. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
· Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam acara pendahuluan, guru wajib:
· Menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran
·Memberi motivasi mencar ilmu akseptor didik secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi bahan bimbing dalam kehidupan sehari-hari, dengan menunjukkan pola dan
perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta diubahsuaikan dengan
karakteristik dan jenjang akseptor didik;
· Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya
dengan bahan yang akan dipelajari;
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
· Menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
· Peserta didik melihat video atau membaca cuplikan naskah drama secara cermat..
Menanya :
· Setelah mencermati cuplikan naskah drama, akseptor didik diarahkan untuk berpikir mendiskusikan tema, tokoh dan penokohan, latar, alur dan sebagainya.
· Setelah mendiskusikan unsur drama, akseptor didik diarahkan untuk berpikir mendiskusikan dialog/bahasa serta kaidah penulisan teks drama
Mengumpulkan Informasi:
· Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan penulisan unsur naskah drama yang yang dibuat.
· Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan denganpenulisan kaidah kebahasaan teks drama.
Mengasosiasi:
· Peserta didik membandingkan hasil analisisnya dengan kelompok lain dalam
Menulis naskah drama
· Peserta didik menyelidiki kembali penulisan naskah drama secara cermat untuk
hasil yang sempurna.
Mengomunikasikan
· Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dalam menulis naskah
drama
· Peserta didik membacakan hasil penulisan naskah drama di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup
· Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok bahan yang telah
dipelajari.
· Peserta didik bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan
kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
· Peserta didik mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
· Peserta didik diwajibkan membaca tek drama minimal satu buah. Hasil
bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
· Peserta didik mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan
berikutnya.
I. Penilaian
1. Teknik evaluasi
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan naskah drama
1. Tulislah cara menulis naskah drama dengan benar!
2. Apayang dimaksud dengan teks lakuan itu?
3. Tulis pola kalimat prolog!
d. Keterampilan
Teknik : Penilaian kinerja.
Bentuk : Keterampilan proses.
Indikator Soal :
Disajikan sebuah gambaran cerita.
· Ubahlah ilustrasicerita tersebut menjadi naskah drama!
· Tulis petunjuk lakuan yang sesuai dengan huruf tokoh tersebut!
· Tulis panggung yang sesuai untuk masing-masing tokohnya
2. Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
3. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran
Aspek | skor |
· Jawaban sempurna | 5 |
· Jawaban kurang sempurna | 3 |
· Jawaban tidak sempurna | 1 |
Skor Maksimal | 15 |
Skor yang diperoleh
Skor akhir = -------------------------- x 100
Skor maksimal
………….., 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
………… ……………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tahun Pelajaran 2017/2018 Semester 2
Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs.
Kurikulum 2013
1. RPP TEKS ULASAN KD 3.11 DAN 4.11
2. RPP TEKS ULASAN KD 3.12 DAN 4.12
3. RPP TEKS PERSUASI KD 3.13 DAN 4.13
4. RPP TEKS PERSUASI KD 3.14 DAN 4.14
5. RPP TEKS DRAMA KD 3.15 DAN 4.15
6. RPP TEKS DRAMA KD 3.16 DAN 4.16
KLIK /search?q=rpp-bahasa-indonesia-kelas-viii
0 Response to "Rpp Teks Drama Kelas Viii Semester 2 Kd 3.16 Dan 4.16 (Draf)"