Latest News

Menyunting Kalimat


MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/SMK 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Soal di atas menanyakan perbaikan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMK/MAK termasuk dalam ruang lingkup bahan menyunting kata, kalimat, dan paragraf level penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat


Kalimat efektif ditandai antara lain gampang dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.

Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.

kalimat yang tidak efektif pada kalimat (5) alasannya tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).

Analisis kalimat (5) sebagai berikut.

a.         Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini,  sehingga juri mengalami kesulitan memilih pemenangnya (tidak hemat) 
b.      Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini,  sehingga juri mengalami kesulitan memilih pemenangnya. (hemat)

RINGKASAN MATERI

A.      Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif yaitu kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif

1.    Keutuhan

Contoh:

a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.    Kesejajaran

1)   Bentuk

a.    Tugas belum dewasa hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas belum dewasa hari ini yaitu membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)   Makna

a.    Biawak itu dipegang kepalanya supaya tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya supaya tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)   Pengedepanan

a.    Sangat membanggakan siswa kita itu. 
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.    Anak yang berilmu berbicara, berilmu bergaul, dan berilmu berguru niscaya disukai banyak temannya. 
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.    Kehematan

1)   Penghilangan Subjek

a.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa  itu pribadi membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu pribadi membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)   Penghilangan Bentuk Sinonim

a.    Menjaga kebersihan sekolah yaitu merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat) 
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.    Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.    Kelogisan

Contoh:

a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)


BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN SMK/MAK 2016/2017:

1.      Menentukan isi teks anekdot


2.      Menentukan makna kata/istilah


3.      Membandingkan isi teks


4.      Menentukan interpretasi teks anekdot


5.      Menentukan urutan teks eksposisi


6.      Melengkapi teks eksplanasi


7.      Menggunakan kata penghubung


8.      Menggunakan pronomina/kata ganti


9.      Menggunakan kata bentukan


10.  Membaca matriks/tabel


11.  Menggunakan tanda baca


12.  Memvariasikan kata


13.  Mengurutkan teks prosedur


14.  Menentukan inti kalimat


15.  Menentukan isi teks negosiasi


16.  Melengkapi teks negosiasi


17.  Menentukan kalimat santun dalam teks negosiasi


18.  Mengurutkan kejadian dalam cerpen


19.  Menentukan budpekerti tokoh cerita


20.  Menentukan amanat cerita


21.  Menentukan latar cerita


22.  Menentukan majas dalam cerpen


23.  Menentukan makna ungkapan


24.  Menentukan makna peribahasa


25.  Menentukan kalimat sumbang/tidak padu dalam teks


26.  Menentukan tema pantun


27.  Melengkapi pantun


28.  Menentukan isi teks biografi


29.  Mengidentifikasi kata baku dan tidak baku


30.  Menentukan fungsi teks biografi


31.  Menggunakan konjungsi dengan sempurna


32.  Memakai tanda baca dengan tepat


33.  Menentukan kata tidak baku dalam teks


34.  Menyunting kalimat


35.  Menentukan struktur teks ulasan film


36.  Menggunakan kata bentukan dengan tepat


0 Response to "Menyunting Kalimat"

Total Pageviews