MENENTUKAN INFORMASI TERSURAT PADA KARYA SASTRA (PUISI)
A. Menentukan Isi Pantun
1. Pengertian Pantun
Pantun merupakan puisi usang yang terdiri atas empat larik. Dua larik pertama merupakan sampiran dan dua larik berikutnya merupakan isi. Pantun mempunyai contoh rima selesai a-b-a-b.
2. Ciri-Ciri Pantun
a. Terdiri atas empat larik dalam satu bait.
- Terdiri empat hingga dengan enam kata dalam satu larik.
- Terdiri atas delapan hingga dengan dua belas suku kata.
- Larik pertama dan kedua merupakan sampiran dan larik ketiga dan keempat merupakan isi.
e. Larik pertama dan ketiga mempunyai selesai yang sama. Larik kedua dan keempat juga mempunyai selesai yang sama. Dengan kata lain, rima selesai larik bersajak a-b-a-b atau bersajak silang.
Contoh pantun
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam si riang-riang
Menangis mayit di pintu kubur
Teringat tubuh tidak sembahyang
Isi pantun terdapat pada baris ketiga dan keempat. Isi pantun tersebut yaitu penyesalan orang yang sudah meninggal alasannya yaitu ketika hidup di dunia tidak sembahyang.
3. Jenis Pantun Dilihat dari Isinya
a. Pantun Anak-Anak
Contoh :
Elok rupanya si kumbang jati
Dibawa itik pulang petang
Tidak terkata besar hati
Melihat ibu sudah datang
b. Pantun Orang Muda/Berkasih-Kasihan
Contoh :
Tanam melati di rama-rama
Ubur-ubur sampingan dua
Sehidup semati kita bersama
Satu kubur kelak berdua
c. Pantun Orang Tua/Pantun Nasihat
Contoh :
Asam kandis asam gelugur
Kedua asam riang-riang
Menangis mayit di pintu kubur
Teringat tubuh tidak sembahyang
d. Pantun Jenaka
Contoh :
Elok rupanya pohon belimbing
Tumbuh bersahabat pohon mangga
Elok rupanya berbini sumbing
Biar murka tertawa juga
e. Pantun Teka-Teki
Contoh :
Kalau puan, puan cemara
Ambil gelas di dalam peti
Kalau tuan bijak laksana
Binatang apa tanduk di kaki
f. Pantun Agama
Contoh
Kalau Menegakkan Benang Basah
Aib Malu Orang Sekampung
Kalau Menegakkan Agama yang Salah
Hidup Mengerang Mati Menanggung
B. Menentukan Isi Syair
Syair adalah puisi usang yang berasal dari Arab.
CIRI - CIRI SYAIR :
a. Setiap bait terdiri dari 4 baris
b. Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
c. Bersajak a – a – a – a
d. Isi semua tidak ada sampiran
e. Berasal dari Arab
Contoh :
Pada zaman dahulu kala (a)
Pada zaman dahulu kala (a)
Tersebutlah sebuah cerita (a)
Sebuah negeri yang kondusif sentosa (a)
Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)
Negeri berjulukan Pasir Luhur (a)
Tanahnya luas lagi subur (a)
Rakyat teratur hidupnya makmur (a)
Rukun raharja tiada terukur (a)
Raja berjulukan Darmalaksana (a)
Tampan rupawan elok parasnya (a)
Adil dan jujur penuh wibawa (a)
Gagah perkasa tiada tandingnya (a)
Isi syair tersebut yaitu mengisahkan sebuah kerajaan yang dipimpin raja yang bijaksana sehingga rakyatnya hidup sejahtera.
C. Menentukan isi puisi gres
Puisi gres yaitu puisi yang tidak lagi terikat oleh jumlah baris dan persajakan dalam setiap baitnya. Dengan kata lain, jumlah baris dalam setiap baitnya tidak mempunyai jumlah tertentu dan persajakannya tidak mempunyai rumus pasti.
Contoh puisi gres
Lingkungan Desa
Lingkungan desa
Kau sangat indah
Bersih tanpa sampah
Penuh rasa damai
Pada waktu matahari terbit
Orang-orang berombongan
Pergi ke pasar
Anak-anak ke sekolah
Lingkungan desa
Kau sangat indah
Bersih tanpa sampah
Penuh rasa damai
Pada waktu matahari terbit
Orang-orang berombongan
Pergi ke pasar
Anak-anak ke sekolah
Isi puisi tersebut yaitu perihal lingkungan desa mempunyai pemandangan yang indah. Lingkungannya higienis tanpa sampah. Keadaan menyerupai itu membuat rasa tenang bagi hati dan pikiran.
Contoh soal dan kunci jawaban
1. Perhatikau syair berikut!
Ingat selalu kepada Tuhan
Jernihkan hati kuatkan iman
Supaya hidup menjadi ringan
Tetap berserah tanpa beban
Maksud syair di atas yaitu ....
A. hidup akan tenang kalau kita sanggup menjadi beban
B. tubuh kita akan berpengaruh kalau hati ringan beriman
C. hidup akan tenang kalau berserah kepada Tuhan
D. hidup akan tenteram kalau hati kita mempunyai beban
2. Perhatikan puisi berikut
Tanyaku
Tuhan...
Ke mana udara higienis itu?
Semua telah bercampur asap dan polusi
Hanya menyesakkan dada
Tuhan...
Ke mana kesegaran pepohonan?
Semua berganti bangunan kokoh
Merusakkan bumi kami
Tuhan...
Maafkanlah kami...
Beri kami kesempatan
Untuk memelihara bumi kami
Oleh: Dessy Fitriani Putri
(Sumber: Bobo Tahun XL Nomor 30, 1 November 2012)
Isi puisi di atas yaitu ... .
A. Pertanyaan kepada Tuhan perihal keindahan alam yang ada di bumi
B. Pertanyaan dan permohonan maaf kepada Tuhan atas kerusakan di bumi
C. Pernyataan terima kasih dikarenakan telah membuat dunia yang indah
D. Permintaan maaf kepada Tuhan karena selama di bumi telah berbuat dosa
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali gosip tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan wangsit pokok teks
- menggali gosip tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi bencana menurut isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan gosip tersurat pada karya sastra
a. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan gosip tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali gosip tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi bencana menurut isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun aneka macam petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun aneka macam teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi aneka macam jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks
0 Response to "Menentukan Isu Tersurat Pada Karya Sastra (Puisi): Bahan Dan Soal Persiapan Usbn Sd"