Latest News

Memprediksi Tragedi Menurut Isi Teks: Seri Persiapan Usbn Sd Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


MEMPREDIKSI KEJADIAN BERDASARKAN ISI TEKS
Memprediksi artinya memperkirakan. Kejadian yaitu suatu peristiwa. Dengan demikian, memprediksi insiden yaitu memperkirakan suatu insiden yang akan terjadi.
Peristiwa atau insiden sanggup mempunyai kekerabatan alasannya yaitu akibat. Artinya insiden satu sanggup menjadi alasannya yaitu bagi insiden yang lain. Sebaliknya, insiden satu merupakan jawaban dari insiden yang lain. 
Hubungan alasannya yaitu jawaban insiden atau insiden sanggup menjadi dasar penyusunan paragraf alasannya yaitu akibat.

Paragraf alasannya yaitu jawaban yaitu salah satu paragraf yang merupakan pengembangan dari pola pikir paragraf induktif dimana kalimat utama diletakkan di final paragraf dan sering disebut juga dengan kesimpulan. Berdasarkan pola ajaran tersebut, paragraf alasannya yaitu jawaban atau yang disebut dengan paragraf kausatif merupakan paragraf yang dimulai dengan fakta-fakta khusus sebagai alasannya yaitu kemudian disimpulkan menjadi fakta umum pada serpihan final kalimat yang disebut dengan akibat.

Ciri-Ciri Paragraf Sebab Akibat

1. Karena mengikuti pola pikir paragraf induktif, kalimat pertama pada paragraf alasannya yaitu jawaban berupa kalimat-kalimat khusus.
2. Paragraf ini memaparkan banyak contoh, problem atau insiden khusus yang disebut dengan alasannya yaitu kemudian di simpulkan menjadi satu contoh, problem atau insiden umum yang timbul jawaban sebab-sebab tersebut yang disebut juga dengan kalimat akibat.
3. Gagasan utamanya terletak pada serpihan final kalimat atau kalimat yang menjadi jawaban di dalam suatu paragraf.
4. Adanya keterkaitan yang logis antara kalimat yang menjadi alasannya yaitu dan kalimat akibat.

Contoh Paragraf Sebab Akibat 
Saat ini marak terjadi penebangan pohon secara liar. Hal ini dilakukan oleh cukong-cukong yang tak bertanggung jawab dengan seenaknya saja membabat hutan tanpa menanaminya kembali. Tak hanya maraknya penebangan pohon, tanah-tanah telah kehilangan fungsinya sebagai sumber resapan air dikarenakan pembangunan yang terjadi secara luas dan massif tanpa mengindahkan lingkungan. Di tambah lagi dengan kebiasaan jelek para insan yang tinggal di sekitar sungai. Mereka dengan sengaja membuang sampah mereka di sungai sehingga menciptakan sungai menjadi dangkal lantaran sampah yang menumpuk di permukaan sungai. Bahkan mereka juga membangun rumah-rumah di pinggiran sungai yang menambah ke semerautan wilayah sungai. Oleh kerena itu tidaklah heran mengapa tragedi banjir sering terjadi pada demam isu penghujan ini.

Paragraf di atas menyajikan sebuah bahasan perihal jawaban terjadinya banjir pada demam isu kemarau. Berikut yaitu pola dari paragraf alasannya yaitu jawaban di atas:

Penebangan hutan (Sebab khusus)
Hilangnya fungsi tanah serapan (Sebab  khusus)
Pendangkalan sungai (Sebab  khusus)
Pembangunan rumah di sekitar sungai (Sebab khusus)
Banjir selalu tiba pada demam isu kemarau.     (Akibat umum) ( /search?q=pengertian-dan-contoh-paragraf-sebab-akibat-beserta-ciri-cirinya)
Contoh soal dan kunci jawaban.
Tanah di lereng perbukitan itu sudah kritis. Beberapa serpihan tampak retak-retak. Di samping itu di sana sudah tidak ada tumbuhan. Padahal hujan terus mengguyur bukit itu. Wajar kalau penduduk mulai was-was. 
Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi kisah tersebut yaitu ....
A. bukit gundul
B. air menggenang
C. hujan deras
D. tanah longsor


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali info tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan pandangan gres pokok teks

  1. menggali info tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi insiden menurut isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan info tersurat pada karya sastra
a. Menentukan info tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan info tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan info tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, etika tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali info tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai serpihan teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi insiden menurut isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=pengertian-dan-contoh-paragraf-sebab-akibat-beserta-ciri-cirinya

0 Response to "Memprediksi Tragedi Menurut Isi Teks: Seri Persiapan Usbn Sd Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"

Total Pageviews