Latest News

Kunci Balasan Soal Un Tahun Pelajaran 2017/2018 Dan Pembahasan Mapel Bahasa Indonesia Soal Nomor 7: Ringkasan Isi Teks



Kunci Jawaban: E
Pembahasan 
Ringkasan ialah hasil meringkaskan; ikhtisar; abreviasi dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap belahan bacaan aslinya.
Ringkasan yang sempurna menurut teks tersebut ialah pilihan balasan E. Teks tersebut menceritakan Tono yang meminta biar Udin menerka teka-tekinya perihal alasannya ialah dosen ilmu politiknya yang jikalau mengajar selalu duduk.
Jawaban E sempurna lantaran sesuai dan mencakupi isi teks secara lengkap. Jawaban A,B,  dan D bukanlah ringkasan,  tetapi kalimat yang terdapat pada teks. Jawaban C kurang sempurna lantaran tidak sesuai dengan isi teks. Pada teks, yang dibicarakan ialah dosen yang mengajar Tono, bukan yang mengajar Udin. 
RINGKASAN MATERI
PENGERTIAN RINGKASAN DAN LANGKAH-LANGKAH MERINGKAS TEKS

A.  Pengertian Ringkasan

Ringkasan ialah hasil meringkaskan; ikhtisar; abreviasi dongeng (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap belahan bacaan aslinya.

Ringkasan disusun untuk mempermudah dan mempercepat seseorang memahami isi pokok teks.

B.  Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Nonsastra

Langkah-langkah meringkaskan teks ialah sebagai berikut.

1.      Membaca secara cermat seluruh teks orisinil untuk menangkap seluruh informasi teks.

Membaca goresan pena orisinil terkadang tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan berkali- kali. Membaca seluruh teks orisinil bertujuan menemukan kalimat/ pandangan gres pokok mana yang harus diambil dan dijadikan ringkasan. Membaca goresan pena orisinil juga sanggup membantu pembuat ringkasan dalam mengambil selesai dan intisari teks.

2.      Menuliskan gagasan atau ide-ide pokok teks.

Pada ketika membaca seluruh teks, pembuat ringkasan harus mencatat dan menuliskan ide-ide pokok atau gagasan utama paragraf. Ide-ide pokok inilah yang menjadi materi untuk menciptakan ringkasan.

3.      Menyusun ide-ide pokok paragraf menjadi ringkasan teks.

Setelah mencatat ide-ide pokok paragraf, pembuat ringkasan sanggup merangkai dan menyusun ringkasan menurut ide-ide pokok tersebut menjadi paragraf gres yang lebih singkat dari goresan pena aslinya.

Contoh Ringkasan

Batuk gotong royong bukan penyakit refleks, lantaran mengalami rangsangan udara yang berpolusi,  asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat  terjadi  karena jalan masuk pernapasan atau paru-paru terkena bisul kuman-kuman tertentu. Udara dingin  atau lembab sanggup juga menciptakan orang batuk atau bersin.

Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau adonan obat yang  mengandung materi yang sanggup mengeluarkan lendir atau riak biar jalan masuk pernapasan higienis dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut yang sempurna ialah ...

A.  Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.

B.  Pengaruh batuk itu terjadi lantaran asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga jalan masuk paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut sanggup dibeli di pasar bebas.

C.  Batuk terjadi lantaran polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara jalan masuk pernapasan. Batuk sanggup diobati dengan ekspektoran.

D.  Terjadinya penyakit batuk lantaran polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara. Namun, semua sanggup diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pasaran bebas.

0 Response to "Kunci Balasan Soal Un Tahun Pelajaran 2017/2018 Dan Pembahasan Mapel Bahasa Indonesia Soal Nomor 7: Ringkasan Isi Teks"

Total Pageviews