Latest News

Langkah-Langkah Menyusun Soal Hots, Format Kisi-Kisi Soal Hots, Dan Kartu Soal Hots


LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS
HOTS atau higher order thinking skill yakni proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi bloom yang direvisi Anderson menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS yakni kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Guru dituntut untuk melaksanakan proses pembelajaran yang HOTS sehingga muaranya penerima didik bisa menuntaskan soal HOTS. Soal HOTS harus bisa mengukur transfer  of knowledge, Problem solving dan Critical thinking. Soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang dipakai untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan berpikir yang tidak sekadar mengingat (remember), memahami (undestand), atau menerapkan (apply).
Langkah-Langkah Menyusun Soal HOTS
Untuk menulis butir soal HOTS, penulis soal dituntut untuk sanggup menentukan sikap yang hendak diukur dan merumuskan bahan yang akan dijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu sesuai dengan sikap yang diharapkan. Selain itu uraian bahan yang akan ditanyakan (yang menuntut budi budi tinggi) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh alasannya yakni itu dalam penulisan soal HOTS, dibutuhkan penguasaan bahan ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksi soal), dan kreativitas guru dalam menentukan stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi tempat di sekitar satuan pendidikan.Berikut dipaparkan langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS.
1. Menganalisis KD yang sanggup dibentuk soal-soal HOTS
Terlebih dahulu guru-guru menentukan KD yang sanggup dibuatkan soal-soal HOTS. Tidak semua KD sanggup dibuatkan model-model soal HOTS. Guru-guru secara berdikari atau melalui lembaga MGMP sanggup melaksanakan analisis terhadap KD yang sanggup dibuatkan soal-soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal
Kisi-kisi penulisan soal-soal HOTS bertujuan untuk membantu para guru dalam menulis butir soal HOTS. Secara umum, kisi-kisi tersebut dibutuhkan untuk memandu guru dalam: (a) menentukan KD yang sanggup dibentuk soal-soal HOTS, (b) menentukan bahan pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan level kognitif.
3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual.
Stimulus yang dipakai hendaknya menarik, artinya mendorong penerima didik untuk membaca stimulus. Stimulus yang menarik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh penerima didik. Sedangkan stimulus kontekstual berarti stimulus yang sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, menarik, mendorong penerima didik untuk membaca.Dalam konteks Ujian Sekolah, guru sanggup menentukan stimulus dari lingkungan sekolah atau tempat setempat.
4. Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal
Butir-butir pertanyaan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan butir soal HOTS.Kaidah penulisan butir soal HOTS, agak berbeda dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya.
Perbedaannya terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relative sama. Setiap butir soal ditulis pada kartu soal, sesuai format terlampir.
5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban
Setiap butir soal HOTS yang ditulis hendaknya dilengkapi dengan pedoman penskoran atau kunci jawaban.Pedoman penskoran dibentuk untuk bentuk soal uraian.Sedangkan kunci balasan dibentuk untuk bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.


TRIK DAN TIPS MENYUSUN SOAL HOTS
1. Gunakan Konteks Dunia Nyata
Contoh soal
Soal A.1 (tidak memakai konteks dunia nyata)
Seorang peneliti menetapkan tingkat signifikansi 0,05. Berapakah nilai uji signifikansi yang sanggup dapat diterima untuk menolak hipotesis penelitian? 
Soal A.2 (menggunakan konteks dunia nyata)
Seorang peneliti membandingkan berat tubuh dua kelompok untuk meneliti efektivitas obat pelangsing. Peneliti tersebut menetapkan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji signifikansi memperoleh nilai 0,017. Apakah yang sanggup disimpulkan oleh peneliti tersebut?
Penjelasan: Penyajian Kasus Nyata memungkinkan proses menelaah informasi

2. Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
Contoh soal
Soal B.1
Apakah tugas burung Elang dalam suatu rantai makanan?
Soal B.2
Cermati gambar berikut!


Seorang ilmuwan berhasil menemukan pestisida ampuh pembasmi ulat sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada Elang?
Penjelasan: Melalui analisa visual skema yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
3. Tanyakan alasan dari balasan yang diberikan
Abad ke-21 yakni kala digital dan kala informasi. Arus informasi yang begitu deras berdampak negatif terhadap disintegrasi bangsa. Misalnya insiden SARA di suatu sekolah yang belum terverifikasi kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar kelompok. Oleh alasannya yakni itu, pembatasan penggunaan media umum harus diterapkan kepada semua pelajar.  
Setujukah Kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4. Soal pilihan ganda dan soal objektif DAPAT mengukur HOTS






Sumber
Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta:  Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
BACA JUGA

1. MENGAPA HOTS? KLIK  /search?q=mengapa-hots

2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK  /search?q=mengapa-hots

3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK  /search?q=mengapa-hots

4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK  /search?q=mengapa-hots
Unduh 
1. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) KLIK https://drive.google.com/open?id=1Ch-Vb9iyp_BYlJ3lKzQjQrghxnjh9QgF
3. Format Kartu Soal HOTS Pilihan Ganda KLIK https://drive.google.com/open?id=1GahcMLPfRI6enQ3kuSbUBeomyo66Xy9i
5. Format Istrumen Telaah Soal HOTS Pilihan Ganda dan Uraian KLIK https://drive.google.com/open?id=1vbmKCIr1KqRqQvj58PNOJWo08eB8stuq
6. PPT Materi Workshop Penyusunan Soal HOTS KLIK https://drive.google.com/open?id=1w-AIgeAU4YkJWCsg1U6YRJ5HniFT21KC

0 Response to "Langkah-Langkah Menyusun Soal Hots, Format Kisi-Kisi Soal Hots, Dan Kartu Soal Hots"

Total Pageviews