Latest News

Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun 2017/2018 Nomor 31: Kata Ulang


31. Cermati paragraf Berikut!
Aku  menjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Lalu dari tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan biar membentuk corong di sekitar mulut, saya berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, saya dapat lebih dari kalian. Aku bisa, saya niscaya bisa!!” Semua orang melihatku, tapi saya tidak peduli. Aku lebih menentukan melanjutkan berjalan menuju rumah dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku.” Dengan perlahan-lahan, saya berbisik pada diriku sendiri. 
Perbaikan kata ulang dicetak miring pada paragraf tersebut yaitu . . . .
A. keras-keras
B. sekeras-kerasnya
C. sekeras-keras
D. keras-kerasan
E. mengeras-keras
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Perbaikan kata ulang tersebut yang sempurna yaitu sekeras-kerasnya (opsi B). Kata ulang sekeras-kerasnya bermakna menyatakan tingkat paling.
RINGKASAN MATERI
Pembentukan Kata dengan Pengulangan
Reduplikasi atau perulangan yaitu proses pengulangan kata atau unsur kata. Reduplikasi juga merupakan proses penurunan kata dengan perulangan utuh maupun sebagian (https://id.wikipedia.org/wiki/Reduplikasi)
Pengulangan dalam bahasa Indonesia juga termasuk bab dari proses pembentukan kata.
Dalam hal ini, khususnya pada ragam tulis, ditambahkan tanda hubung di antara unsur yang
diulang dan unsur pengulangnya. Tanda hubung tersebut ditulis rapat, tidak didahului atau diikuti
spasi.
Misalnya:
tanda
à tanda-tanda
lari -
à berlari-lari
kejar --
à  berkejar-kejaran
tolong -
à tolong-menolong
tembak
à  tembak-menembak
tanam
à  tanam-tanaman
Catatan:
Bentuk ulang adonan kata ditulis dengan mengulang unsur pertama.
Misalnya:
surat kabar
® surat-surat kabar
kapal barang
® kapal-kapal barang
rak buku
® rak-rak buku
kereta api cepat
® kereta-kereta api cepat
Mustakim. 2014. Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 


2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik  /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
3. Latar Suasana Cerita Klik 
/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
4. Konflik dalam Cerpen Klik 
/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
5. Keterkaitan Isi Cerpen
Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik  /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa




10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa







21. Menentukan inspirasi pokok paragraf Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa


23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa


25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

29. Penulisan Nama Geografi Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

30. Pengembangan Topik Cerita Klik /search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa


0 Response to "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun 2017/2018 Nomor 31: Kata Ulang"

Total Pageviews

114,497