Latest News

Download Laporan Ojt Alfamart Doc,Free

LAPORAN OJT ALFAMART
SEBAGAI KASIR & CREW












KATA PENGANTAR


Puji Tuhan Kehadirat Tuhan yg Maha Kuasa Atas Segala Rahmat, karunia terutama kesempatan yg diberikan-Nya, sehingga penulis sanggup menuntaskan makal
ah ini setrik tuntas, untuk menjadi Keliru satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini sanggup bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.


Selama proses penulisan makalah ini, penulis mendapatkan banyak proteksi dari banyak sekali pihak, baik setrik eksklusif maupun setrik tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yg telah membantu dalam penulisan makalah ini.

Sebagai insan biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, bakal menjadi pengalaman yg sangat berharga bagi penulis demi mencapai kesempurnaan makalah ini.



Jakarta 2019



Penulis






DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR
DATAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. latar Belakang
1.2. Metode Penelitian

BAB II PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Perusahaan
2.2. Visi, Misi, dan Kebudayaan Perusahaan
2.3. Tugas dan Tanggung Jawab Store Crew
2.4. Display, Reture

BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran – Saran














BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat, dengan seiring sarana warta yg menunjang sangat tidak sulit mencari warta perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis yg infonya sanggup searching di google, untuk melaksanakan pemesanan atau hanya lihat – lihat saja. Tetapi hal itu tidak semua kalangan sanggup mengaksesnya, di karnakan keterbatasan kemudahan dan kemampuan dalam mengoprasikan komputer dengan internet, dengan ini alfamart memperlihatkan kemudahan – kemudahan dalam memenuhi keperluan konsumen untuk semua kalangan, dengan membuka gerai di setiap lokasi semoga konsumen lebih Mudah mendapatkan keperluan sehari – hari.

1. Latar Belakang
Minimarket alfa ialah perjuangan menengah yg diraih dengan asset yg standard tidak melewati mirip keperluan primer, sekunder, selebihnya semacam supermarket dan hypermat. Tapi sekarang pertumbuhan perjuangan bisnis semakin pesat untuk itu saya ingin mengetahui dan mempelajari system warta dan memajang barang yg dijual yg berada didalamnya. Dengan melaksanakan riset setidaknya saya sanggup mengamati, melihat mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya system – system yg ada.

2. Metode Penelitian
Metode penelitian yg dipakai ialah dengan metode penelusuran eksklusif kesuatu toko Alfamart, metode pengumpulan makalah ini dari karyawan Alfamart yg ditunjuk, dan websait Alfamart.







BAB II


PEMBAHASAN

2.1. Sejarah Perusahaan

Alfamart merupakan Keliru satu perusahaan retail local yg dikala ini menjadi yg terbaik di Indonesia, hal ini sanggup dibuktikan dengan semakin banyaknya penghargaan yg diraih dalam kurun waktu 14 tahun semenjak didirikanya perusahaan ini.
Tahun 1989 : berdiri sebagai perusahaan dagang aneka prodak oleh Djoko Susanto dan keluarga yg kemudian lebih banyak didominasi kepemilikanya di jual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
Tahun 1994 : Struktur kepemilikanya bermetamorfosis 70% PT. HM. Sampoerna Tbk dan 30% PT. Sigmantara Alfindo ( keluarga Djoko Susanto )
Tahun 1999 : Alfa Minimart pertama mulai beroprasi di jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
Tahun 2003 : Alfa Minimart menjadi Alfamart.
Tahun 2005 : jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun, semua toko ada di pulau jawa.
Tahun 2006 : PT. HM. Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikanya menjadi PT. Sigmantara Alfindo ( 60% ) Cakrawala Mulia Prima ( 40% ). mendapatkan akta ISO 9001:2000 untuk System Manajemen Mutu.
Tahun 2007 : Alfamart sebagai jaringan Minimarket pertama di Indonesia yg mendapatkan sertifikat, jumlah gerah mencapai 2000 toko, memasuki pasar Lampung.
Tahun 2009 : Menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 januari 2009 di Bursa Efek Indonesia, gerai mencapai 3000 toko, memasuki pasar bali,
Januari 2010 : jumlah gerai lebih dari 3500 toko.

2.2. Visi, Misi dan Kebudayaan Perusahaan
VISI
MENJADI JARINGAN DISTRIBUSI RETAIL TERKEMUKA yg DIMILIKI OLEH MASYARAKAT LUAS, BERORIENTASI KEPADA PEMBEDAYAAN PENGUSAHA KECIL, MEMENUHI KEBUTUHAN HARAPAN KONSUMEN, SERTA MAMPU BERSAING GLOBAL.


MISI
Memberikan kepuasan kepada pelanggan yg terfokus pada produk dan pelayanan yg berkualitas unggul.
Selalu menjadi yg terbaik dalam segala hal yg dilakukan dan selalu menegakan tingkah laris / moral bisnis tertinggi
Ikut berpMaknasivasi dalam membangun Negara dengan menumbuh kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
Membangun organisasi global yg terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh serta bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat pada umumnya.

BUDAYA ( 2 I & 3 K )
- I ntegritas tinggi
- I novasi untuk kemajuan lebih baik
- K ualitas dan produktivitas yg lebih tinggi
- K erjasama team
- K epuasan pelanggan melalui standar pelayanan yg baik
Moto “ Belanja Puas, Harga Pas”

2.3. Tugas Dan Tanggung Jawab Store Crew
· Memberikan pelayanan kepada pelanggan
· Melaksanakan kebersihan
· Mempersiapakan saranan kerja yg disiapakan
· Melakukan pengawasan & pencegahan barang barang hilang
· Menerima penitipan barang
· Penurunan & pengecekan tiba barang dari DC
· Pemajangan barang ( Display ) dan pemenuhan dari gudang toko ke area penjualan
· Persiapan retur barang
· Informasi & penawaran kegiatan promosi
· Pengecekan barang
· Stock opename

Penyebaran leaflet
· Informasi barang kosong kepada MD / Ka. Toko / Ass. Ka. Toko
· Menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekiltar toko

2.4. Istilah – Istilah Dalam Toko
A. Perisabel : Barang – barang yg sanggup perhatian khusus ( Telor dan Roti)
B. BKL : Barang Kirim Langsung
C. DC : Development Center
D. Retur : Pengembalian Barang
E. Display : Memajang Barang
F. FIFO : First in First Out
G. FEFO : First Expire First Out
H. Facking Out : Merapihkan Barang yg ada di rak semoga terlihat rapih
I. Pre-Counted : Mencatat sejumlah barang sebelum melaksanakan SO
J. Planogram
2.5. 5 (lima) item produk rak 3 sheliving 2
A. Kratingdeng
B. Hydrococo
C. C 1000
D. M 150
E. Hemaviton energy
2.6 Standar penampilan pramuniaga dan kasir
a. Celana Jeans hitam panjang
b. menggunakan seragam
c. Rambut pendek rapih
d. Kaos kaki hitam
e. Sepatu Warrior (allstar) standar
f. Ikat pinggang hitam
g. Make up standar (wanita)
h. Kerudung hitam polos (wanita)
i. ID card

2.7 Standar ucapan salam kekonsumen
a. Selamat pagi, selamat tiba di alfamart
b. Terima kasih, bahagia melayani anda silaahkan tiba kembali
2.8 Manfaat tombol-tombol POS/Kasir
1. F2 : List plu (melihat data harga)
2. F3 : Calculator
3. F4 : Load data
4. F5 : Repprint (menduplikatkan struk pembelanjaan)
5. F6 : Member (infut member)
6. F7 : Return (return barang)
7. F8 : Keluar
8. F9 : Tambah harga
9. F10 : Lap sales (laporan sales)
10. F11 : Clerrek (pergantian shif)
2.9 Alur transaksi
a. Tunai
Pembelanjaan menggunakan uang tunai
b. Debit
Transaksi => Isi data card/kartu=> infut jumlah pembelanjaan => transaksikan dimesin EDC
c. Voucer
Masuk ke sajian voucer => pilih voucer => masukan barkot voucer => masukan nilai voucer => enter +
3.0 Mekanisme pembayaran card
1. Debit
Masuk ke sajian card => pilih EDC yg bakal dipakai => enter => masukan no kartu => enter => tabrakan kartu pada mesin EDC => enter =>masukan jumlah pembayaran => enter +
2. Kredit
Masuk ke sajian card => pilih EDC yg dipakai => enter => masukan no kartu => enter => masukan kartu ke dalam mesin EDC => masukan jumlah pembayaran => enter +
3. Prepaid
Masuk ke sajian SIS => masuk ke sajian transaksi => pilih PLN (pembayaran atau pembelian) => masukan NIK dan PIN E-trans => klik masuk => masuk ke sajian prepaid => masukan no meter => masukan nominal pembelian token => bayar
1. Maksud clerrek
Penyetoran uang yg dilakukan pada dikala penutupan shif dan pengecekan uang cash dengan data yg ada dikomputer
2. Devinisi E-trans
Adalah aplikasi untuk pembayaran atau pembelian transaksi Ecomers rujukan (bayar angsuran motor, pembelian pulsa dan pemesanan tiket kereta api)
3. MENU E-TRANS
1. Pembelian
2. Pembayaran
3. Pemesanan
4. Pendaftaran
5. Top up
6. Kartu saya dan pengecekan e-voucer
7. Pengeriman dokumen/barang
8. Settlement
9. Administrasi
10. Albi 123
11. E-tiket
12. Ambil uang
13. Help
14. Ganti password
15. Keluar
4. Alur pembelian evoucer
Masukan pilyou evoucer yg di inginkan => cashten => masukan no handphone => enter
5. Alur pembayaran painan motor
Masuk ke sajian e-trans => masuk ke sajian pembayaran => pilih lising yg di gunakan customers => masukan no kontrak (pastikan no kontrak dan nama sesuai dengan data customers)
6. Pengertian settlement
Adalah laporan final pembayaran atau pembelian ecomers atau EDC
7. 13 percakapan kasir
1. Salam
2. Sebut nama
3. TSS
4. Ucapkan salam
5. Sebutkan nama
6. Tanyakan kartu member
7. Tawarkan pulsa
8. Tawarkan promo PDM atau JSM
9. Tanyakan pembayaran melalui cash, kredit atau voucer
10. Tawarkan donasi
11. Ucapkan terima kasih
12. Senang melayani anda
13. Silahkan tiba kembali


Struktur yg Ada di Toko


( Gambar Struktur yg ada di toko )





3.8 KETERANGAN TOKO SEKITAR
1. Strategis
2. keadaan barang bugus dan rapih
3. Keramahan personil toko sangat ramah pada customers





3.1 Kesimpulan


Dengan perkembangan zaman dikala ini.banyak perusahaan yg bergerak dalam bidang retail.karna semakin tingginya keperluan pokok insan setiap hari.alfamart sebagai Keliru satu perusahaan yg bergerak dalam bidang retail.yg bertujuan untuk memenuhi dan melayani keperluan pokok masyarakat.


3.2 Saran – Saran


· Di tingkatkan sikap keramah-tamahan terhadap customer
· Chek kebersihan dari lokasi yg terkecil
· Memberikan pelayanan yg memuaskan kepada customer




0 Response to "Download Laporan Ojt Alfamart Doc,Free"

Total Pageviews