kesan awal kunjungan ke toko alfamart
Laporan Ojt Alfamart
Disusun Oleh:
Rudianto
PT.SUBER ALFARIA TRIJAYA TBK
Kawasan Industri Menara Permai Kav. 18, Jl. Raya Narogong KM. 23.8, Cileungsi, Dayeuh, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, lantaran atas berkat rahmat dan hidayahnya penulis sanggup menuntaskan Laporan On The Job Training (OJT) Acting sebagai Pramuniaga dan Kasir. Kegiatan OJT Pramuniaga dan Kasir ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada peserta MT gimana kegiatan operasional yg dilakukan di toko. Divisi Operasional khususnya di operasional toko merupakan penggalan penting dalam alur bisnis proses Alfamart. PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. atau Alfamart merupakan perusahaan ritel yg menjual barang keperluan sehari-hari setrik eceran yg setrik eksklusif proses bisnisnya berupa penjualan barang dagangan di toko. Laporan ini dibentuk untuk merangkum hasil praktek dan penglihatan setrik eksklusif yg dilakukan oleh peserta MT saat berperan sebagai crew store. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih atas segala bimbingan dan proteksi yg diberikan selama penulis melaksanakan OJT kepada: 1.
Bapak Matteus Radiman selaku Branch Manager (BM) Cikokol, 2.
Bapak Valentinus Daru selaku Deputy Branch Manager (DBM) Cikokol, 3. Bapak Agung Kurniawan selaku Area Manager, 4. Bapak Wahyudin selaku Area Coordinator. 5.
Bapak Nurdianto selaku Chief of Store, Bapak Eko Susilo selaku Assistant Chief of Store, Bapak Gugun selaku Assistant Chief of Store, Bapak Asep selaku Assistant Chief of Store, dan Nanang, Nurzaman, Halim, Ngidun selaku Pramuniaga serta Salsa, Ika dan Sania selaku kasir Toko Alfamart Jembatan Lima 6.
Teman-teman MT yg tidak sanggup saya sebutkan satu persatu, serta seluruh pihak yg telah banyak membantu penulis dalam kegiatan selama OJT dan memperlihatkan informasi yg penulis butuhkan. Penulis menyadari laporan ini belum sempurna, oleh lantaran itu penulis mengharapkan kritik dan saran yg sanggup membangun supaya sanggup lebih menyempurnakan laporan ini. Semoga laporan ini sanggup memperlihatkan citra mengenai keadaan dan kegiatan yg dilakukan di toko dan sanggup bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN1.1 Area Ckelewat / overage1.2 1 1.2 keadaan Fisik Toko1.3 2 1.3 Layout1.4 3 1.4 Informasi TokoBAB II HASIL DAN PEMBAHASAN2.1 Uraian Aktivitas Toko7 2.2 Key Performance IndicatorBAB III PENUTUP3.1 Improvement21 3.2 Kesimpulan22 3.3 Saran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Area Covrage
Sub 1 : 85 kk
Sub 2 : 70 kk
Sub 3 : 111 kk
Sub 4 : 95 kk
Sub 5 : 96 kk
Sub 6 : 116 kk
Sub 7 : 98 kk
Sub 8 : 77 kk
Alfamart Jembatan Lima berada di Jalan KH.Moh.Hasyim yg merupakan jalanan dengan intensitas kendaraan yg tinggi, tidak jauh dari toko terdapat Pasar Jembatan Lima, di sekitar toko banyak terdapat pedagang kaki lima yg berjualan buah di pinggir jalan. Tepat di samping toko terdapat kompetitor yaitu Indomaret. Terdapat Sekolah Bhineka yg hanya dipisahkan oleh satu bangunan di samping toko. Area di belakang toko merupakan pemukiman padat penduduk yg termasuk dalam wilayah jalan pekapuran. Area di depan toko merupakan kombinasi antara pertokoan, perumahan dan pabrik konveksi rumahan, di wilayah ini terdapat banyak karyawan konveksi rumahan.
keadaan demografis di sekitar toko merupakan adonan antara penduduk supaya, warga keturunan tionghoa, dan karyawan konveksi. Dengan keadaan area ckelewat / overage mirip yg sudah disebutkan maka rata-rata
customer dari toko Alfamart Jembatan Lima yaitu adonan dari penduduk supaya, karyawan konveksi, siswa sekolah, pedagang-pedagang kaki lima, dan orang-orang yg melintas di wilayah KH. Moh.Mansyur. Untuk customer siswa bakal meningkat intensitasnya saat siang hari sewaktu istirahat dan pulang sekolah, dan untuk customer karyawan konveksi bakal meningkat intensitasnya saat simpulan pekan, hal ini dikarenakan karyawan konveksi di sekitar toko mendapatkan honor dalam jangka waktu satu ahad sekali.
1.2.keadaan Fisik Toko
a. Eksternal Eksternal
Toko mencakup area parkir dan teras toko. Area parkir yg disediakan cukup luas . Terdapat tiga tenant yg berjualan di area parkir tenant tersebut antara lain tenant yg berjualan kentang goreng sehat, bakso, dan jus buah. Alas parkiran terbuat dari aspal, area teras cukup luas untuk menyinpan galon dan kontainer . Terdapat satu buah kawasan sampah dan info komunitas toko. Setrik keseluruhan teras toko terlihat padat diakibatkan terlalu banyaknya galon yg di
Display dan kontainer.
b. Internal Internal
toko mencakup area sales, kasir, kantor, lorong, dapur, gudang, kamar mandi dan beranda luar. Terdapat dua mesin ATM di area sales, yaitu ATM BCA dan ATM BRI. keadaan lantai khususnya di depan pintu dan jalan yg sering dilewati terlihat sudah kusam dan tergores. Tembok banyak yg rembes air dan jikalau hujan bakal membanjiri area di kasir dan di samping kasir, dan lantai ada beberapa yg retak dan rusak. Selain itu terdapat beberapa penggalan tembok yg bolong dikarnakan tikus. keadaan gudang belakang toko cukup bersih, namun terdapat wangi yg tidak sedap dikarnakan terdapat pipa yg bocor dan septic tank yg bocor. Gudang di toko alfamart jembatan lima ini terletak di lantai dua dan lantai tiga, gudang di lantai dua untukmenyimpan baran-barang recehan sedangkan gudang di lantai tiga dipakai untuk menyimpan barang-barang kartonan. Toko alfamart jembatan lima mempunyai satu kamar mandi dan terletak di lantai tiga, hal ini sangat menyulitkan jikalau ada customer yg menanyakan letak kamar mandi. Selain itu keadaan kamar mandi di toko alfamart jembatan lima sanggup dibilanga cukup memprihatinkan, hal ini dikarenakan oleh pintu kamar mandi yg engsel pintunya sudah patah dimakan usia dan bersama-sama sudah tidak layak pakai.
1.3 Layout
layout Toko |
1.4. Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Alfamart Jembatan Lima b.
Valentinus Daru (DBM)
Agung M Kurniawan (AM)
Wahyudin (AC) N
urdianto (Chos)
Eko Susilo Asep Puput Zaelani Gugun Gunawan (Acos)
Nanang Kuswantoro Sangidun Nur Halim Nurzaman Abdul Goffur (Pramu)
Sania Herdian Ika Supriatin Salsabila K (Kasir)
C .Analisis SWOT Strenght Weakness Opportunity Threat
Pelayanan dan Penawaran
Pelayanan yg ditunjukkan oleh para crew store Alfamart Jembatan Lima sudah dilaksanakan dengan baik, mirip TSS dan penawaran produk promo hal ini membuat customer loyal terhadap toko Alfamart Jembatan Lima
Toko 24 Jam
Toko Alfamart Jembatan Lima buka selama 24 jam, hal ini merupakan peluang dikarnakan di sekitar toko banyak tempat-tepat hiburan malam sehinggan cukup banyak customer yg tiba pada malam hingga dini hari
Terdapat ATM BRI dan BCA Alfamart Jembatan Lima mempunyai dua mesin ATM yaitu ATM BCA dan BRI hal ini membuat intensitas orang yg masuk ke dalam toko semakin tinggi
Sarana Prasarana
Alfamart Jembatan Lima mempunyai kekurangan dalam hal fasilitas, terutama akomodasi toilet, di Alfamart Jembatan Lima hanya terdapat satu toilet dan toilet tersebut berada di lantai tiga, sudah banyak customer yg mengeluhkan wacana duduk kasus toilet ini. Fasilitas daya listrik yg terkadang tidak berpengaruh menjadikan listrik di toko sering padam membuat komputer dan pelayanan terhambat. Gedung yg sudah renta menjadikan tembok rembes jikalau diguyur hujan, dan rembesan air hujan hingga menggenangi area kasir dan sekitarnya.
Jumlah Karyawan
Toko Alfamart Jembatan Lima mempunyai karyawan yg jumlahnya 12 orang, untuk toko yg mempunyai sales
Demografis
keadaan demografis di sekitar toko Alfamart Jembatan Lima merupakan kombinasi antara penduduk supaya, karyawan pabrik, anak sekolah, dan pedagang kaki lima di sekitar toko
Lokasi
Toko Alfamart Jembatan Lima mempunyai lokasi yg sangat strategis yaitu berada di pinggir jalan KH Moh.Hasyim mempunyai intensitas kendaraan yg sangat tinggi, berada akrab dengan sekolah, pabrik, dan perkantoran. Selain itu di malam hari terdapat banyak kawasan hinuran malam di sekitar wilayah toko
Indomaret dan Warung Asongan
Alfamart jembatan Lima mempunyai kompetitor yaitu Indomaret yg letaknya tepat ada di sebelah Alfamart Jembatan lima, selain itu terdapat pesaing mirip warung asongan di pinggir jalan
Sindikat/ Pengutil Toko Alfamart Jembatan Lima mempunyai NBH yangg cukup tinggi, faktor utama dari tingginya NBH yaitu kurang optimalnya pengawasan berkaitan dengan kurangnyan jumlah personel
BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN
2.1. Uraian Aktivitas Toko
2.1.1 Aktivitas Barang Datang
Aktivitas barang tiba dibedakan menjadi dua yaitu kedatangan barang dari Distribution Center dan kedatangan barang eksklusif dari supplier tanpa melalui DC atau disebut Barang Kirim Langsung (BKL).
a. Penerimaan Barang Dari DC
Alfamart Jembatan lima berada di pinggir jalan KH.Moh.Mansyur dan mempunyai area parkir yg cukup luas sehingga tidak mengakibatkan kesulitan dalam mempersiapkan lahan parkir untuk Truk dari DC Cikokol. Rata-rata barang tiba dari DC dua hari sekali dengan kisaran nilai barang berjumlah Rp. 20.000.000
Rp. 40.000.000. Untuk proses penerimaan barang dari DC bakal diuraikan setrik detail mirip berikut ProsesPenerimaan barang dari DC : 1.
b. Kedatangan barang
c. Parkir Truk
Pejabat toko mengambil kunci dan mengecek keadaan segel, jikalau segel dalam keadaan terbuka maka pejabat bakal melaksanakan koordinasi dengan AC
Membuka gembok Penurunan barang, proses penurunan barang dilakukan setrik estafet dan barang yg diturunkan dihentikan dilempar
Pemisahan barang kartonan & container (kontainer berisi rokok dan susu dipisahkan terlebih dahulu) Pengelompokan menurut nomor urut 2.Pengecekan barang Membawa faktur dan alat tulis Menghitung kuantitas barang, untuk kontainer berisi susu dan rokok mendapatkan perlakuan khusus Membuka kontainer dan menghitung kuantitas
Mencocokkan fisik barang dengan faktur Apabila terdapat ketidaksesuaian kuantitas maupun jenis barang yg dikirim maka dilakukan retur ke DC mirip Barang Tidak Ada (BTA), Barang Kurang (BK), Barak Rusak Pengiriman (BRP), Keliru Barang (SB) dan Barang Non Faktur (BNF). Untuk barang lebih makan barang dikembalikan dengan menggunakan Surat Jalan Internal (SJI). setelah selesai pengecekan barang maka semua produk dimasukkan kedalam kontainer kemudian dibawa ke gudang. Untuk pen
displayan digudang barang dipisahkan terlebih dahulu antara barang food & non food dengan menggunakan metode Firt Expired First Out (FEFO). Untuk toko Alfamart Jembatan Lima, gudang penyimapanan barang receh
terdapat di lantai dua, sedangkan untuk penyimpanan barang kartonan terda[at di lantai tiga. Selain itu terdapat Recipe barang melelaui komputer server setelah pengecekan barang dari DC, yaitu :
1. Membuka e-mail dari admin PO, kemudian save attachment yg telah dikirim oleh admin PO setelah itu keluar dari e-mail.
2. Pada layar Store Information System (SIS), klik sajian proses
3. Pilih update PO
4. Atur tanggal sesuai tanggal PO yg terdapat di e-mail kemudian klik proses
5. Isi tanggal PO sesuai e-mail dari admin PO
6. Klik proses
b. Penerimaan Barang
Supplier BKL Barang Kirim Langsung (BKL) yaitu barang yg dikirim eksklusif oleh supplier yg bersangkutan. Barang-barang BKL ini antara lain Aqua galon, Sari Roti, Paroti, Buah, Telur, Es Krim Walls dan Campina,dan Yakult. Untuk proses penerimaan BKL bakal diuraikan sebagai berikut. Proses penerimaan BKL :
1. Supplier tiba ke toko membawa barang
2. Supplier memperlihatkan faktur untuk pengecekan
3. Proses pengecekan dilakukan setrik bersama-sama oleh pejabat toko dan supplier
c. LPB BKL Proses LPB BKL :
a. Klik transaksi pada Store Application System (SIS)
b. Klik item BKL kemudian klik/ pilih item gres
c. Masukkan instruksi supplier (di isi tanggal kedatangan barang)
d. Masukkan kuantitas barang jumlah barang tiba
e. Pada sajian T.netto dikali 1,1
f. Save kemudian dicetak 3 rangkap. Putih untuk supplier , merah untuk DC dan kuninguntuk toko.
2.1.2 Aktivitas Pengelolaan Barang di Toko
Aktivitas pengelolaan barang di toko mencakup atrik display,handling product,pelayanan, promosi dan penawaran produk.
a. Display
Aktivitas display merupakan suatu kegiatan memajang atau menata produk di rak sesuai dengan ketentuan planogramnya, aktifitas display tidak hanya dilakukan di area sales, tapi juga di area gudang. Toko Alfamart Jembatan Lima mempunyai keterbatasan lahan gudang di lantai 2, dan untuk menampung jumlah barang terutama barang kartonan, maka terdapat
terdapat di lantai dua, sedangkan untuk penyimpanan barang kartonan terda[at di lantai tiga. Selain itu terdapat Recipe barang melelaui komputer server setelah pengecekan barang dari DC, yaitu :
1. Membuka e-mail dari admin PO, kemudian save attachment yg telah dikirim oleh admin PO setelah itu keluar dari e-mail.
2. Pada layar Store Information System (SIS), klik sajian proses
3. Pilih update PO
4. Atur tanggal sesuai tanggal PO yg terdapat di e-mail kemudian klik proses
5. Isi tanggal PO sesuai e-mail dari admin PO
6. Klik proses
b. Penerimaan Barang
Supplier BKL Barang Kirim Langsung (BKL) yaitu barang yg dikirim eksklusif oleh supplier yg bersangkutan. Barang-barang BKL ini antara lain Aqua galon, Sari Roti, Paroti, Buah, Telur, Es Krim Walls dan Campina,dan Yakult. Untuk proses penerimaan BKL bakal diuraikan sebagai berikut. Proses penerimaan BKL :
1. Supplier tiba ke toko membawa barang
2. Supplier memperlihatkan faktur untuk pengecekan
3. Proses pengecekan dilakukan setrik bersama-sama oleh pejabat toko dan supplier
c. LPB BKL Proses LPB BKL :
a. Klik transaksi pada Store Application System (SIS)
b. Klik item BKL kemudian klik/ pilih item gres
c. Masukkan instruksi supplier (di isi tanggal kedatangan barang)
d. Masukkan kuantitas barang jumlah barang tiba
e. Pada sajian T.netto dikali 1,1
f. Save kemudian dicetak 3 rangkap. Putih untuk supplier , merah untuk DC dan kuninguntuk toko.
2.1.2 Aktivitas Pengelolaan Barang di Toko
Aktivitas pengelolaan barang di toko mencakup atrik display,handling product,pelayanan, promosi dan penawaran produk.
a. Display
Aktivitas display merupakan suatu kegiatan memajang atau menata produk di rak sesuai dengan ketentuan planogramnya, aktifitas display tidak hanya dilakukan di area sales, tapi juga di area gudang. Toko Alfamart Jembatan Lima mempunyai keterbatasan lahan gudang di lantai 2, dan untuk menampung jumlah barang terutama barang kartonan, maka terdapat
0 Response to "Laporan Ojt Alfamart"