Latest News

Pengalaman Pembinaan Alfamart Jakarta-Cilengsijenny Purwanti

Pengalaman Traning Alfamart Cilengsi

 
Training ialah sebuah aktivitas yg dimana fungsinya yaitu pembekalan pembeljaran untuk pekerjaan yg telah di lamar dan jabatan yg bakal diemban. Makara fungsinya pembinaan ini ialah sebagai bekal untuk kesiapan dalam bekerja sesungguhnya.

Berikut ini bakal saya ceritakan gimana Pengalaman Training Kerja di Alfamart yg pernah saya alami dan jalani dalam kurun waktu satu ahad (sepekan). Tidak usang sih, hanya sangat berkesan dan sangat bermanfaat sebagai calon karyawan untuk mengetahui setrik terperinci dan mantap gimana pekerjaan yg bakal kita jalani di toko penempatan.

Awalnya setelah melalui proses yg sangat panjang dan menantang, sekarang tiba saatnya tanda tangan kontrak dilaksanakan. Hehe,, yaitu merupakan Keliru satu hak sebagai calon karyawan yg bakal bekerja. Tanda tangan kontrak telah selesai dilaksanakan, penempatan juga sudah di tetapkan. Tinggal satu langkah lagi yg belum yakni pembinaan yg merupakan tahapan akhir.

Tahun 2016 bulan April merupakan pengalaman saya untuk pertama kalinya bergabung dengan Alfamart yaitu PT. Sumber Alfaria Trijaya,tbk.

Training untuk angkatan ACOS 1704 angkatan ku terdiri atas 20 orang, yakni 10 perjaka dan 10 cewek. Dimana pembagian untuk 1 toko terdiri atas 1-2 orang. Kebetulan saya mendapatkan di kawasan Kab. Melawi masih  Kalimantan Barat sih :D, dan temen-temen ada yg mendapatkan penempatan di Kota Pontianak, Kota Sanggau Kapuas, Sintang, Sekadau dan lain-lain.


Traning

 Training alfamart dilaksanakan 1 minggu, yaitu 3 hari materi di kelas, 1 hari terjun ke toko Alfamart dan 1 hari untuk evaluasi. Sebelum hasilnya pembinaan selesai dilaksanakan dan penerima pembinaan di lepas ke masing-masing toko sesuai tanda tangan kontrak.

Peserta pembinaan tiba pukul 08.00 tempat yg sudah di tentukan oleh pihak Alfamart, kebetulan kemarin saya mendapatkan tempat di Alfamart Merdeka. 20 orang yg bakal menjalani pembinaan mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan mentor dan sahabat satu angkatan sehingga lebih mengenal satu sama lain. J

Dalam mengikuti pembinaan ini, penerima Musti/harus mengikuti hukum yg telah di sepakati bersama, yakni pakaian pembinaan perjaka dan cewek menggunakan kemeja panjang/pendek berwarna putih dan mengenakan celana jeans berwarna hitam polos. Serta kaus kaki berwarna hitam, ikat pinggang hitam, sepatu model Al-star, dan untuk perjaka rambut dipangkas rapi yakni berukuran 1-2 cm sedangkan yg cewek di ikat kuda dan untuk yg berhijab menggunakan hijab berwarna hitam polos.

Saat komitmen di sepakati maka untuk hari berikutnya tidak ada lagi penerima yg melanggarnya, jikalau ada yg melanggar maka bakal dikenakan sangsi.

20 penerima yg mengikuti pembinaan Musti terbiasa dengan komitmen ini.

Materi yg disampaikan yakni wacana sejarah alfamart, baik pendiri dan perusahaan-perusahaan yg bekerja sama dengan alfamart.

Selanjutnya materi yg dibahas yaitu dari segi perilaku kita melayani konsumen, hak dan kewajiban kita sebagai karyawan, hak dan kewajiban alamart kepada karyawan dan lain-lain.

Semua pembahasan yg diadakan mulai pukul 07.00 – 17.00 mengulas wacana toko, yaitu mulai dari rak-rak, isi toko dan semua yg bekerjasama dengan manajemen toko.

Saat pembinaan ini lah semua aktivitas toko di jelaskan mulai menjadi seorang kasir hingga proses pembayaran baik pembayaran manual, kartu kredit dan lain sebaginya.

Namun meskipun banyak di jelaskan gimana trik-trik kerjanya Jika tidak terjun kelapangan bakal galau kan? Nah saya mendapatkan kesempatan 1 hari untuk tiba pribadi ke toko Alfamart dan meminta izin untuk bekerja menjadi seorang karyawan di toko tersebut.

Maka saya full untuk mengikuti aktivitas yg bakal dilaksanakan ditoko, angap saja itu menjadi toko saya. Kami bakal dikenalkan dengan Kepala toko tempat saya magang tersebut, selaian kepala toko saya juga dikenalkan dengan karyawan yg bekerja di situ, baik di perkenalkan dengan koordinator wilayah dan lain-lain.

Selain dengan saya mendatangi toko Alfamart tersebut, saya juga mendapatkan kiprah dari Tim Training, yaitu saya Musti sanggup menuntaskan kiprah yg diberikan nya. Yaitu sebagai pertimbanga apakah saya telah melakukan kiprah yg telah di berikan toko dengan baik atau tidak. J

Kegiatan satu hari di toko tempat magang tersebut saya mempunyai banyak kenangan dan menyebabkan saya tembahan semangat dalam bekerja, sebab semua aktivitas di lakukan dengan kolaborasi satu sama lain dengan teman-teman satu toko. J

 Satu toko di alfamart biasanya terdiri atas 5-8 orang.

setelah satu hari terjun ke toko Alfamart, saya membuat laporan untuk materi penilaian kepada Tim training, saya menjelakan dan menceritakan pengalaman yg di laksanakan ditko, dan ada beberapa pertanyaan yg di olok-olokan oleh tim training. J

Satu ahad mengikuti Training di Alfamart bukan lah sesuatu yg lama, sebab traning merupakan sebuah pengenalan dan citra gimana nantinya kita kerja ya mirip itu.

Jadi dengan waktu satu ahad di rasa kurang jikalau kita dituntut Musti menguasai semua materi yg diberikan, dengan itu kita Musti terjun pribadi ke toko alfamart supaya lebih mengerti situasi dan keadaan yg sebenarnya. Hihihi

Satu ahad itu merupakan satu ahad yg sangat seru, berkesan dan bahkan susah untuk dilupakan. Susah untuk diceritakan dengan panjang lebar, sebab jikalau di ceritakan juga tidak bakal selesai dalam goresan pena ini, hihi

Bagi teman-teman yg bakal mengikuti pembinaan maka saran supaya selalu menaati peraturan dan pahami materi yg bakal di sampaikan oleh tim pembinaan sebab sangat bermanfaat bagi kita di toko nantinya.

Kegiatan semuanya seru kok, pake banget lah pokoknya. Hihi,

Dijalani aja dulu, kita bakal medapatkan banyak sahabat dan tentunya kerja di toko bakal ketemu orang banyak sehingga kita tidak bakal bosan. hehe

Berikut ini sedikit dari banyak keseruan yg saya dokumentasikan Saat pembinaan Alfamart tahun 2016 April kemarain. J

Semoga dongeng Pengalaman Training Kerja di Alfamart ini sanggup menambah semangat dan citra sekilas gimana aktivitas satu ahad Saat pembinaan di alfamart J

Sukses selalu teman-teman. Semua dimulai dari bawah. Ikuti prosesnya dan jalani pekerjaannya maka insya allah hasilnya bakal memuaskan. Pintar itu penting, namun jujur itu Musti J kalo keduanya di gabungkan maka semua bakal indah J

#alfamart
#PengalamanTrainingKerjaDiAlfamart
#BelanjaPuas
#HargaPas
#AlfamartPontianak
#PengalamanKerja
#AlfamartCipinang
#AlfamartCilengsi








0 Response to "Pengalaman Pembinaan Alfamart Jakarta-Cilengsijenny Purwanti"

Total Pageviews