Latest News

Apa Arti Nilai 100 ?



Apa arti nilai 100 ? 

“Kebiasaan menawarkan yang terbaik yaitu alat yang bisa mengubah kerikil menjadi mutiara” ini merupakan sebaris kalimat yang diungkapkan oleh Hindra Gunawan yang merupakan pengajar sekaligus penulis buku. Salah satu bukunya yang sangat menarik perhatian aku yaitu “Rahasia Mendapatkan Nilai 100”. Saya menemukan buku ini dikala duduk dibangku SMP, dikala itu aku sangat tertarik untuk membeli buku tersebut namun sayangnya belum ada rezeki hehe. Suatu dikala aku tiba ke program pameran buku dan menemukan buku ini lagi dengan harga yang lebih ramah dikantong hasilnya aku sanggup membeli buku tersebut. 

Sebagai seorang pelajar siapa sih yang tidak mau mendapat nilai 100 terlebih dengan hasil keringat sendiri. Hal itupun yang aku rasakan dikala duduk dibangku sekolah sampai-sampai dalam lemari buku penuh diisi dengan buku motivasi dan semacamnya. Namun sayangnya banyak pelajar termasuk aku yang tidak paham akan arti dari nilai 100 itu sendiri. Pada goresan pena kali ini aku akan sedikit memaparkan apa arti dari nilai 100 yang aku dapatkan dari buku “Rahasia Mendapatkan Nilai 100” dan tentunya akan aku tulis dengan lebih singkat dan semoga sanggup lebih gampang dipahami. 

Sebelumnya mari kita baca terlebih dahulu kisah faktual yang sangat luar biasa. Kamu pernah dengar kisah wacana pianis dari korea yang berjulukan Hee Ah Lee ? ia terlahir cacat dengan kondisi panjang kakinya hanya sebatas lutut, jari-jarinya hanya ada empat buah (dua dikiri dan dua dikanan) selain itu ternyata ia juga mengalami keterbelakangan mental. Namun yang luar biasa walaupun terlahir cacat, yang artinya untuk setara dengan orang yang terlahir normal ia harus berusaha lebih keras apalagi kalau ia ingin melebihi orang yang terlahir  normal, ia harus berusaha berkali-kali lipat dari orang yang terlahir normal, namun ia hasilnya  mampu menjadi seorang pemain piano professional yang populer di Asia bahkan Dunia. 

Bagaimana mungkin ? …. Coba kau bayangkan banyak lho orang yang berjari-jari lengkap tapi tetap tidak bisa berguru piano atau bisa menguasai alat music itu dengan baik. Diantara mereka banyak yang berhenti latihan ditengah jalan, arau berhenti alasannya merasa sudah bosan. Ah Lee telah menerangkan kepada kita semua arti dari sebuah kesabaran, ketekunan, dan kegigihan yang sangat menakjubkan untuk mraih sebuah cita-cita. Ia pernah diundang keberbagai Negara untuk konser tunggal, selain itu ia pun pernah tur konser di Asia Tenggara termsuk diIndonesia. Prestasi yang sangat luar biasa bukan ? kau niscaya tahu, berapa nilai yang pantas untuk prestasi Ah Lee. Dan masih banyak tokoh inspiratif lainnya. Banyak hal yang sanggup kita jadikan contoh dari kisah tersebut. Kegigihan, ketekunan, kemauan yang keras,disiplin dan rasa percaya diri mereka. Keinginaan menawarkan yang terbaik bagi diri sendiri, walapun kondisi mereka sangat terbatas, bahkan nyaris tidak memungkinkan. Mereka berjuang dengan gigih melampaui keterbatasan yang mereka miliki. Mereka tidak menyalahkan situasi. Sebaliknya mereka membuktikan diri sebagai manusia-manusia berkualitas unggul dengan cara berbuat yang terbaik semaksimal mungkin. Baik kita sanggup menasikkesimpulan salah satu makna dari nilai 100, yaitu nilai maksimal yang diberikan kepada seseorang yang  memiliki semangat untuk menawarkan yang terbaik dalam proes pencapaian sesuatu apapun yang ingin dicapai dalam hidup ini. Misalnya mengerjakan pekerjaan rumah atau soal-soal ujian dengan perjuangan maksimal. 

Nah sebagai siswa-siswi disekolah kau niscaya tahu bahwa tugasmu disekoah yaitu berguru dengan baik. Orang renta kita niscaya pernah bilang “belajar yang benar ya nak biar kelak bisa membahagiakan ibu/bapak”, Pertanyaannya apakah kita sudah merasa menawarkan yang terbaik dalam proses berguru disekolah ? mungkin kita galau bagaimana caranya biar kita tahu bahwa kita sudah menawarkan yang terbaik selama disekolah. Ternyata ada salah satu tolak ukur atau evaluasi secara objektif yang diberikan sekolah untuk memilih apakah kau sudah menawarkan perjuangan terbaikmu  yaitu apakah kau sudah mendapat nilai 100 dalam setiap mata peajaran disekolah?. Kita sanggup menyimpulkan secara kasat mata bahwa mendapat nilai 100 artinya kita telah mencapai prestasi tertinggi dalam tes atau ujian sekolah. Secara tekhnis kau bisa menjawab semua pertanyaan dari guru dengan sempurna. 

Sudah merupakah suatu hal yang lumrah bahwa untuk mencapai sesuatu hasil yang terbaik niscaya akan menemukan banyak rintangan dan cobaan, kesulitan-kesulitan niscaya akan tiba menghampiri namun lagi kita sanggup berguru dari semgat  Hee Ah Lee ataupun tokoh lainnya. Kita harus semangat pantang mengalah dalam menghadapi kesulitan-kesuliatan yang akan datang. Kalau mereka yang mempunyai keterbatasan saja begitu bersemangat dalam belajar, bagaimana dengan kita yang dianugerahi fisk lengkap dan sehat ?.   

sabagai kaimat penutup  

"focus dan pantang mengalah yaitu dua alat terbaik untuk memungut hikmah-hikmah yang dititipkan Tuhan memlalui banyak sekali cobaan dan kendala – H"

 

0 Response to "Apa Arti Nilai 100 ?"

Total Pageviews