Latest News

Lebih Erat Dengan Matahari




Hal apa yang terlintas dikala teman-teman mendengar kata matahari ? mungkin panas, gatau ataupun jawaban-jawaban lainnya. banyak hal-hal yang mungkin sudah kita anggap biasa sehingga menciptakan kita menjadi tidak tertarik untuk membahasanya atau mengetahuinya. Berbeda dengan anak kecil yang selalu bertanya, selalu ingin tahu sesuatu yang ia lihat ataupun ia dengar. Contohnya saja, aku mempunyai adik yang berumur kurang dari 6th kini duduk dibangku SD, terkadang ibu aku bilang gini kepada adik aku “haduh ibu gatau” ia itu yang sering ibu aku jawab dikala adik aku bertanya dan bertanya terus lantaran memang yang ditanyakan itu sulit untuk dijelaskan bahkan ibu aku atau sayapun tidak tahu jawabannya hehe. 

Sekarang kila balik lagi ketopik mengenai matahari. Sebenernya amatahri itu terbuat dari apa sih ? kok bisa ada matahari ya ? sayapun sebagai anak ips, kuliah jurusan ips terkadang dengan pertanyan-pertanyaan inipun tidak bisa menjawab, mungkin aku sudah baca tapi aku lupa,  *mungkinefekilmuyangtidakdiamalkan. Agar tidak melupakan terus, biar tidak lupa lagi lupa lagi aku coba tuliskan  hasil bacaan yang aku pahami tentunya akan lebih lebih singkat dari buku yang aku baca. 

*nb murni ngetik sendiri khususon pembaca tercinta ❤

Bagaimana matahari terbentuk ? 

Para astronom meyakini system tata surya kita terbentuk oleh putaran awan bubuk dan gas yang terjadi seitar 4,6 miliyar tahun lalu. Kali pertama yang terbentuk pada sentra putaran itu yakni matahari, kemudian planet-planet yang lain. 

Menurut para peneliti suatu hari nanti matahari akan padam. Tetapi kita tidak perlu khawatir, lantaran astrnom menyampaikan bahwa materi bakar matahari itu masih ada untuk beberpa milyar tahun lagi. (boleh dipercaya boleh ngga)

Seberapa besarkah matahari itu ? 

Matahari terlihat kecil lantaran jaraknya sangat jauh. Jarak bumi kematahri kira-kira 150 juta kilometer. Itu berarti jaraknya sama dengan kita berjalan mengelilingi bumi sebanyak 3.700 kali!
Gravitasi bumi yang menciptakan kita berpijak kebumi. Gravitasi matahri menahan bumi, asteroid, komet, debu, angkasa, dan planet-lanet lainnya untuk tetap mengorbit. Matahari yakni salah satu ari 400 milyar bintang digalaksi bima sakti . galaksi yakni kumpulan besar dari bintang-bintang. matahari dan bintang mengorbit kepusat bimasakti.

Energy dari matahari

Sebagian besar energy dari bumi didapatkan dari matahari. Panas matahari menciptakan bumi menjadi hangat dan cocok untuk kehidupan. Tanaman menggunakan matahari untuk tumbuh dan mengeluarkan oksigen . hewan memakan tanaman dan menghirup udara beroksigen. Binatang memerlukan tanaman untuk kelangsungan hidupnya, begitu juga tanaman yang membutuhkan matahari untuk hidupnya. 

Inti matahari 

hal yang mungkin sudah kita anggap biasa sehingga menciptakan kita menjadi tidak tertarik untu Lebih Dekat dengan Matahari

Inti matahri sangatlah panas, kita insan yang berada dibumi saja yang jaraknya cukup jauh dengan matahari tetap bisa mencicipi panasnya matahari, kemudian bagaimana dengan panasnya inti matahri ? mengapa inti matahari sangat panas ? berdasarkan para pakar astronomi hal itu disebabkan atom-atomnya saling bertabrakan dan menjadikan reaksi nuklir. Semua energy matahari berasal dari intinya. Perjalanan energy inti keluar menuju permukaan matahri sangat usang yaitu sekitar 170.000 tahun!

Permukaan matahari 

Permukaan matahri yang kila lihat disebut dengan fotosper. Fotosper mengandung gas hydrogen dan helium yang sangat panas. Cahaya dan panasnyalah yang mencapai bumi. Suhu fotosper mencapai 5.500 derajat celcius. 

Luapan gas merah yang panas menyembur dari permukaan fotosper menuju ke atmosfer matahari dan titik-titik hitam yang disebut sunspot terbentuk pada lapisan fotosper itu. 

hal yang mungkin sudah kita anggap biasa sehingga menciptakan kita menjadi tidak tertarik untu Lebih Dekat dengan Matahari Jauh dari fotosper ada lapisan yang disebut korona. Korona yang mempunyai suhu 2.000.000 derajat celcius terletak diatas lapisan atmosfer matahari yang sangat redup dan hanya bisa terlihat dikala seluruh cahaya matahari terhalang. Para astronom menggunakan lempengan cakram untuk mempelajari korona. Gasgas yang melepaskan korona keluar angkasa disebut angina matahri dan gas tersebut bisa mencapai jarak yang melampaui bumi. 

 Matahari yakni magnet

Matahri yakni magnet yang besar. Daya magnetnya menjadikan beberapa insiden yang aneh. Ledakan cahaya yang disebut cerawat matahari disebut korona. Cerawat itu menjadikan gas-gas tersebut terlontar ke luar angkasa. Terkadang ada ledakan besar pada korona itu yang bisa mengeluarkan bermilyar-milyar ton material. Ledakan dan kilatan itu sanggup menjadikan angin ribut magnetic kebumi. Badai ini mamengganggusistem isu satelit dan telepon genggam.

Informasi diatas berdasarkan hasil penelitian loh ya bukan hasil karangan aku atau hasil tebakan saya, hehe semoga bermanfaat. 

Sebagai epilog aaya selipin juga nih mitos twntang matahark biar apdol 

Mitos mengenai matahari 

Orang-orang zaman dahulu mempercayai matahari memegang peranan penting dan dianggap ebagai dewa. Rakyat yunani kuno menganggap matahari ebagai yang kuasa yang berlayar menggunakan bahtera melintasi angkasa. 

Referensi : ensiklomini pengetahuan popular

0 Response to "Lebih Erat Dengan Matahari"

Total Pageviews