Latest News

Sejarah Menara Eiffel

Eiffel yakni salah satu bangunan paling populer di Paris, Prancis. Bahkan semenjak dibangun pertama kali pada tahun 1889, menara ini telah dikunjungi setidaknya 200juta orang dari banyak sekali belahan dunia. Pada tahun 2006 saja ada lebih dari 6 juta orang rela tiba jauh-jauh untuk melihatstruktur beton yang mempunyai tinggi 325 meter ini.

Eiffel mempunyai sejarah yang sangat panjangdalam pembangunannya sampai selesai. Berbagai duduk kasus pernah terjadi di menarayang dikala ini dipakai sebagai pemancar radio dan juga pengamatan. Meski demikian, Menara Eiffel justru bertransformasi menjadi ikon romantis dunia. Tak sedikit film, dongeng fiksi, dan pagelaran penuh cinta diadakan di sini. Mari mengenal Menara Eiffel dalam dengan mengenal sejarahnya di bawah ini. 


Ide dan Rencana Pembuatan Menara Eiffel

Kita semua mengenal Gustav Eiffel sebagai orang di balik megahnya menara jago ini.Bahkan nama dari menara pun mencatut nama dari perancangnya ini. Awalnya Gustav justru ingin membangun menara diBarcelona. Sayangnya rencana yang ia tawarkan dianggap sangat asing dan bangunannya tak sesuai. Selain itu, menara juga dianggap mengeluarkan biayayang terlalu mahal. Akhirnya ia urung menciptakan menara jenis apa pun di sekitar Eropa.

Ide pembuatan Menara Eiffel balasannya muncul dari dua anak buah Gustav berjulukan Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Ia sama sekali tidak tertarik pada awalnya. Namun begitu melihat rencana itu berjalan dengan lancar, Gustav mulai mengambil alih. Ia pun membeli hakpaten dari menara ini sampai kini dikenal sebagai Menara Eiffel yang sangat megah dan dikenal banyak orang.

Misi Pembangunan Menara Eiffel

Menara ini awalnya dibangun untuk ekspo dunia. Pihak pengembang ingin mengakibatkan menara ini sebagai tanda seratus tahun Revolusi Prancis. Menara ini yakni simbol kekuatan dari Prancis yang sangat luar biasa. Di tengah keterpurukan Eropa di era ke-18 mereka bisa berjuang dan menciptakan sebuah revolusi yang sangat besar. Bahkan besar lengan berkuasa kebanyak negara di dunia.

Gustav Eiffel menyampaikan kalau menara ini juga merupakan simbol ilmu pengetahuan modern. Simbol perkembangan ilmu pengetahuan dunia dari masa ke masa. Menara ini yakni tanda di mana sains hidup bersama manusia. Itulah mengapa di bangunan ini terdapat sekitar 72 nama dari para ilmuwan dan insinyur yang sangat populer di Prancis.

Pembangunan Struktur dan Bentuk Menara Eiffel

Pembangunan struktur dari Menara Eiffel dimulai pada tahun awal 1889 dan gres dibuka untuk umum pada 6 Mei 1889. Dalam pembangunannya menara, sekitar 300 pekerja dilibatkan untuk mengatur struktur dengan total berat mencapai 10.000 ton. Para pekerja harus berjuang dengan kuat untuk mengatur 18.038 potongan besi tempa dan sekitar 2,5 juta paku keling. Setelah berkutat selama berbulan-bulan, bangunan ini selesai dengan ketinggian dari tanah mencapai 300 meter. Lalu ditambah dengan antena menjadi 324 meter.

Bentuk Menara Eiffel awalnya mendapatkan 
banyak kritikan. Terlebih strukturnya disusun dengan bentuk yang tidak mempunyai nilai seni. Bahkan menyerupai struktur jembatan yang berada di sungai. Gustav Eiffel menyampaikan kalau bentuk ini dibentuk sesuai dengan perhitungan matematika. Tiupan angin di udara pun diperhitungkan semoga menara tidak akan roboh meski dibentuk sangat tinggi menjulang.

Pembukaan Menara Eiffel dan Efeknya BagiPenduduk

Menara Eiffel dibuka pertama kali pada Mei 1889. Saat itu menara sudah dilengkapi dengan lift yang akan membawa pengunjung dari bawah menujupuncak. Hal ini mengundang banyak sekaliwisatawan dari banyak sekali wilayah Prancis. Bahkan ada juga yang tiba jauh-jauh dari negara sekitar hanya untuk melihat Kota Paris dari ketinggian yang fantastis. Dizaman itu berada di ketinggian 300 meter yakni hal yang luar biasa.Meski menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi sebagian orang, protes terhadap pembangunan menara ini kerap dilakukan. Banyak warga sekitar merasa tidak bahagia dengan menara ini. Pertama alasannya takut kalau sewaktu-waktu bangunan ini ambruk mereka bisa menjadikorban. Lalu yang kedua alasannya merusak pemandangan. Struktur megah ini menghalangi banyak hal di udara.Hal senada juga diungkapkan oleh para seniman lukis di kota ini. Mereka menganggap kalau menara ini hanya menciptakan objek yang mereka gambar jadi hilang. Namun seiring berkembangnya waktu justru Menara Eiffellah yang menjadi objek gambar mereka. Terlebih lagi banyak wisatawan yang tiba akan meningkatkan penjualan lukisan mereka.

Fungsi Menara Eiffel di Era Modern

Meski awalnya hanya dipakai untuk peringatan satu era Revolusi Prancis, menara ini kini telah berubah menjadi menjadi salah satu menara paling dikagumi di dunia. Bahkan Eiffel yakni Prancis itu sendiri. Saat ini Menara Eiffel dikenal sebagai objek wisata paling banyakdikunjungi di dunia. Dalam setahun lebih dari 3 juta orang tiba ke sini untuk menikmati menara buatan Gustav Eiffel.Saat ini Menara Eiffel dipakai untuk menara pemancar radio. Banyak sekali stasiun informasi lokal memakai menara ini untuk bisa menjangkau semua pendengarnya seantero Paris. Selain itu, Menara Eiffel juga dipakai untuk pengamatan, baik cuaca maupun penerbangan yang ada di Prancis. Saat ada even tertentu menyerupai Natal, tahun baru, atau olimpiade, menara ini akan dihiasi dengan banyak sekali lampu. Saat malam hari menara ini akan bersinar dengan indah.Menara Eiffel begitu dicintai oleh masyarakat Prancis. Mereka menganggap menara ini yakni menara keberuntungan.Jika tidak ada Menara Eiffel mungkin tak banyak wisatawan akan tiba ke negeri ini.

Sumber : portalsejarah.com

0 Response to "Sejarah Menara Eiffel"

Total Pageviews