PASAR DLAM PEREKONOMIAN
1. Pengertian Pasar pasar ialah suatu tempat strategis yang digunakan oleh penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) untuk melaksanakan interaksi atau aktivitas ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Fungsi Pasar
a. Fungsi Pembentukan Harga : Fungsi pembentukan harga. artinya pasar merupakan tempat dalam menentukan harga (nilai) suatu barang karna pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang saling tawar menawar sehingga terjadi suatu kesepatakan harga (nilai) barang/jasa.
b. Fungsi Distribusi : Fungsi Distribusi. artinya pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
c. Fungsi Promosi : Fungsi Promosi. artinya pasar merupakan tempat yang paling cocok bgi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.
3. Syarat terjadinya pasar
a. adanya penjual,
b. adanya pembeli,
c. tersedianya barang yang diperjualbelikan,
d. terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
4. Peranan Pasar Dalam Perekonomian
a. Peran pasar bagi produsen antara lain
• Sebagai tempat untuk memperkenalkan barang / promosi
• Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
• Sebagai tempat untuk memperoleh materi produksi / faktor produksi
b. Peranan pasar Untuk konsumen.
• Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan .
c. Peranan pasar untuk sumber daya Manusia.
• Pasar sanggup membuka peluang untuk masyarakat dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta . d. Peranan Pasar untuk Pembangunan.
• Pasar yang berkembang akan membawa dampak Positif bagi kehidupan masyarakat. Masyarakat akan semakin sejahtera .
I. PASAR BARANG DAN JASA ( OUTPUT)
A. Bentuk Pasar berdasarkan Sifat/Wujudnya
a. Pasar konkret
• Pasar aktual ialah pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada serta penjual dan pembeli bertemu langsung.
Ciri-ciri pasar konkret:
1) transaksi dilakukan secara tunai,
2) barang sanggup dibawa/diambil ketika itu juga, 3) barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata,
4) penjual dan pembeli bertemu langsung.
b. Pasar abstrak
• Pasar abstrak, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara pribadi serta antara penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung.
Ciri-ciri pasar abstrak:
1) penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya,
2) transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya,
3) barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya rujukan saja,
4) transaksi dilakukan dalam partai besar.
B. Bentuk Pasar berdasarkan Luas Wilayah Kegiatannya
a. Pasar lokal
• Pasar lokal ialah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, dan pada umumnya menunjukkan barang yang dibutuhkan masyarakat di sekitarnya.
b. Pasar nasional
• Pasar nasional ialah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara. Pasar ini menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.
c. Pasar regional
• Pasar regional ialah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu. Pasar ini biasanya di bawah naungan wadah kolaborasi regional, contohnya di daerah Asia Tenggara dibuat AFTA.
d. Pasar internasional
• Pasar internasional adala pasar yang daerah pemasarannya meliputi seluruh daerah dunia. Pasar ini juga disebut pasar dunia, alasannya menjual produk-produk yang dibutuhkan oleh semua masyarakat dunia, contohnya pasar kopi di Brasil, pasar wol di Sidney, Australia.
C. Bentuk Pasar berdasarkan Organisasi Pasar atau Hubungan antara jumlah Pembeli dan Penjual
a. Pasar persaingan tepat (perfect competition market)
• Pasar persaingan tepat ialah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli
Ciri-ciri pasar persaingan tepat yaitu:
1) penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
2) pengetahuan penjual dan pembeli perihal pasar sempurna,
3) penjual dan pembeli banyak,
4) barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
5) harga ditentukan oleh pasar
Kebaikan pasar sempurna
1) Tidak memerlukan adanya iklan
2) Tidak tampak aktivitas saling menyaingi antara penjual
3) Adanya satu harga
4) Kepuasan konsumen maksimal alasannya bebas melaksanakan pilihan penjual
5) Keuntungan produsen maksimal alasannya bisa menjual barang sebanyak-banyaknya
6) Biaya produksi minimum alasannya persaingan produsen
Kelemahan pasar sempurna
1) Harga tidak bisa ditawar lagi
2) Konsumen tidak bisa menentukan barang lain alasannya semua barang sejenis/homogen
b. Pasar persaingan tak tepat (imperfect competition market)
• Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar di mana jumlah pembeli tidak sebanding dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja atau sebaliknya dikuasai satu atau beberapa pembeli saja.
Bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:
1. Pasar monopoli
• Pasar monopoli ialah pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh satu penjual.
Ciri-ciri pasar monopoli, antara lain:
1) terdapat satu penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh penjual,
3) tidak ada barang lain yang sanggup menggantikan barang yang dijualbelikan dengan sempurna,
4) ada halangan yang besar lengan berkuasa bagi penjual gres untuk masuk dalam pasar.
Kebaikan pasar monopoli antara lain sebagai berikut.
1) Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
2) Mendorong untuk adanya penemuan gres semoga tetap terjaga monopolinya.
3)Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
kelemahan pasar monopoli sebagai berikut.
1) Timbul ketidakadilan alasannya keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
2)Tidak efisiensinya biaya produksi, alasannya perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
3) Konsumen merasa berat alasannya harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
4) Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi.
Contoh Pasar Monopoli
1) Pertamina
2) PT. POS INDONESIA
3) Telkom
4) PT. KAI
5) PT. PLN
2. Pasar duopoli
• Pasar duopoli, yaitu pasar di mana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh: penawaran minyak pelumas yang dikuasai oleh Caltex dan Pertamina.
Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual.
3. . Pasar oligopoli
• Pasar oligopoli ialah pasar di mana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang. Beberapa perusahaan yang menguasai pasar ini saling memengaruhi satu sama lain. Sifat ini mengakibatkan satu perusahaan harus mengambil keputusan secara hati-hati dalam mengubah harga, mengubah desain produk atau mengubah teknik produksi. Contoh: penawaran sepeda bermotor yang dikuasai oleh beberapa perusahaan di antaranya Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.
Ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:
1) terdapat banyak pembeli di pasar,
2) hanya ada beberapa penjual,
3) produk yang dijual bersifat,
4) terdapat kendala untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru,
5) adanya saling ketergantungan,
6) penggunaan iklan sangat intensif.
Kebaikan pasar oligopoli antara lain sebagai berikut.
1) Industri-industri oligopoly bisa mengadakan penemuan dan penerapan teknologi gres yang paling pesat,
2) berlomba penemuan proses produksi gres dan penurunan ongkos produksi, 3) Lebih bisa menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.
Adapun kelemahannya antara lain sebagai berikut.
1) Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar yang dinikmati produsen.
2) Tidak efisiensi alasannya produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.
3) Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh. 4) Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro.
Contoh Pasar Oligopoli:
1) Perusahaan Rokok
2) Perusahaan mobil
3) Perusahaan air mineral
4) Perusahaan Sepatu
5) Perusahaan Elektronik
4. Pasar monopolistik
• Pasar monopolistik ialah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan banyak sekali macam variasi. Contoh: produsen elektronik menyerupai handphone, smartphone, atau laptop.
Ciri-ciri pasar monopolistik
1) Terdapat banyak produsen.
2) Produk yang dijualbelikan sama (homogen), tetapi dengan banyak sekali macam variasi.
Kebaikan pasar monopolistik antara lain sebagai berikut.
1) Konsumen mempunyai banyak pilihan barang.
2) Produsen sanggup menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar alasannya tidak ada persaingan.
3) Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri alasannya mempunyai pasar (konsumen) sendirisendiri.
Sementara itu, kelemahannya antara lain sebagai berikut.
1) Tidak efisiennya produksi alasannya produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum.
2) Terlalu banyak perusahaan kecil.
3) Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut.
Contoh pasar persaingan monopolistik
1) Persaingan perusahaan shampoo diantaranya Emeron dengan Dove.
2) Persaingan perusahaan ditergen diantaranya Surf dengan Daia.
3) Persaingan perusahaan motor diantaranya Honda dengan Yamaha.
4) Persaingan perusahaan computer diantaranya Acer dengan Toshiba.
5) Persaingan perusahaan handphone diantaranya Nokia dengan Sony.
D. Menurut Waktu Penyelenggaraannya
a. Pasar harian
• Pasar harian ialah pasar yang dilakukan setiap hari.
Contohnya pasar-pasar tradisional di lingkungan rumah yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, pasar Horas di pematangsiantar dan lain-lain.
b. Pasar mingguan
• Pasar mingguan ialah pasar yang dilakukan hanya setiap seminggu sekali. Biasanya nama pasar ini diambil dari nama hari pelaksanaan, contohnya Pasar Senin, Pasar Minggu,Pasar Rebo, dan lain-lain.
c. Pasar bulanan
• Pasar bulanan ialah pasar yang dilakukan sebulan sekali. Pasar bulanan biasanya terdapat di sekitar pabrik dan dibuka setiap kali karyawan pabrik tersebut mendapatkan gaji.
d. Pasar tahunan
• Pasar tahunan ialah pasar yang dilakukan setahun sekali. Pasar ini diselenggarakan berkaitan dengan program atau aktivitas dan sering digunakan sebagai ajang pekan raya atau promosi. Contohnya Pekan Raya Jakarta (PRJ), medan Fair di Sumatera Utara yaitu ajang pekan raya karya daerah kabupaten/Kota
E. Menurut Jenis Barang yang Diperjualbelikan
a. Pasar barang produksi
• Pasar barang distribusi ialah pasar yang menjual faktorfaktor produksi. Misalnya bursa tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin-mesin produksi, dan lain-lain.
b. Pasar barang konsumsi
• Pasar barang konsumsi ialah pasar yang menjual barangbarang yang secara pribadi sanggup dikonsumsi/dipakai. Contohnya pasar buah, pasar ikan, pasar pakaian, dan lain-lain.
PASAR INPUT
A. Pengertian Pasar input ialah suatu pasar yang melaksanakan aktivitas penawaran atas faktor-faktor produksi perusahaan.
B. Faktor produksi
1) Pasar Input Tanah
Teori perihal pasar input tanah:
a) Teori Kesuburan Asli tanah Maksudnya, harga sewa tanah semakin mahal apabila tingkat kesuburan orisinil tanah semakin tinggi.
b) Teori Perbedaan Kesuburan Tanah Maksud teori perbedaan kesuburan tanah ini cenderung menitikberatkan pada keterbatasan jumlah tanah yang subur alasannya ketersediaanya yang langka.
c) Teori Lekak Tanah Maksudnya, harga sewa tanah dipengaruhi letak tanah.Letak tanah yang strategis memungkinkan timbulnya peluang ekonomi yang lebih besar dalam berusaha dan meraih keuntungan.
d) Teori Harga Derivasi Tanah Maksud teori harga derivasi tanah menyatakan bahwa harga sewa tanah ditentukan pada perubahan usul barang yang dihasilkan oleh tanah sebagai faktor produksi.
2) Pasar Input Tenaga Kerja Adalah pasar yang menyediakan atau mempertemukan para pencari kerja (faktor produksi berupa tenaga kerja) dengan perusahaan.
a) Upah tenaga kerja Adalah imbalan yang diterima para pekerja atas jasa yang diberikan dalm menggerakan proses produksi barang atau jasa.
b) Teori Upah Tenaga kerja
1) Teori upah normal Upah diberikan sesuai dengan kebutuhan hidup minimum tenaga kerja beserta keluarganya
2) Teori Upah Besi Besarnya upah rata-rata tenga kolaborasi dengan biaya minimum buruh.
3) Teori Dana Upah Pemberian upah bergantaung pada kemampuan keuangan perusahaan. Jika keuntungan yang diperoleh perusahaan tinggi, upah yang diberikan kepada tenaga kerja akan bertambah.
4) Teori Upah Etika Besar upah bergantung pada besar biaya pemeliharaan hidup dan produktivitas kerja buruh.
3) Pasar Input Modal
Modal ialah segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi lanjutan pada perusahaan.
a) Bunga Modal Bunga modal merupakan balas jasa yang diterima investor (pemilik modal) atas modal yang disertakannya pada proses produksi perusahaan.
b) Teori Bunga Modal
1) Teori Produktivitas Maksudnya, modal pertolongan bisa digunakan untuk aktivitas perjuangan produktif. 2) Teori Abstinence Maksudnya, bunga modal diberikan sebagai balas jasa pemilik modal atas investasi yang tidak digunakan oleh orang atau perusahaan lain.
3) Teori Agio Maksudnya, bunga modal diberikan kepada pemilik modal atas kerugian jawaban perbedaan nilai.
4) Teori Liquidity Preference Maksudnya, bunga modal diberikan sebagai ganti rugi atas pengorbanan alasannya tidak memakai uang liquid jawaban dipinjam orang lain.
5) Teori Bunga Dinamis Maksudnya, barang modal yang digunakan dalam proses produksi akan menghasilkan keuntungan usaha.
c) Fungsi Pasar Input Modal
1) Memudahkan pengusaha memperoleh modal jangka pendek atau jangka panjang.
2) Memperlancar aktivitas pengembangan aktivitas usaha.
3) Membantu perusahaan atau masyarakat untuk memanfaatkan dananya dalam aktivitas produktif pada suatu perusahaan.
3) Membantu pemerintah membiayai pembangunan.
4) Pasar Input Kewirausahaan Kewirausahaan ialah suatu kemampuan untuk berpikir kreatif dan berperiaku inovatif guna menghadapi tantangan usaha.
a. Laba wirausaha Laba wirausaha ialah balas jasa yang diterima wirausaha dalam menjalankan aktivitas usahanya.
b. Teori keuntungan wirausaha
1) Teori penemuan Maksudnya, keuntungan wirausaha merupakan balas jasa atas kemampuan pengusaha dalam mengadakan kombinasi gres atau penemuan gres dalam proses produksinya.
2) Teori nilai lebih Maksudnya, wirausaha harus membayar aktivitas tenaga kerja untuk memperoleh produktivitas tenaga kerja.
3) Teori keuntungan Maksudnya, keuntungan yang diperoleh wirausaha akan ditentukan dari keahlian wirausaha dalam memimpin perusahaan dan bisa mengatasi resiko yang akan dihadapinya
4) Teori resiko perjuangan Maksudnya, wirausaha akan menanggung resiko kerugian jikalau perjuangan yang dikelolanya mengalami kerugian.
5) Teori residu Maksudnya, wirausaha memperoleh keuntungan jikalau ada kelebihan penerimaan perusahaan.
c. Unsur-unsur keuntungan wirausaha
1) Upah wirausaha diartikan balas jasa wirausah atas kemampuannya dalam mengelola perusahaan. 2) Bunga modal diartiakan balas jasa wirausaha alasannya menginvestasikan modal di suatu perusahaan. 3) Sewa tanah diartikan balas jasa wirausaha sebagai pemilik faktor produksi tanah atau lahan.
4) Premi resiko diterima wirausaha atas kemungkinan terjadinya resiko kerugian.
d. Fungsi kewirausahaan
1) Wirausaha akan memikirkan ide.
2) Menentukan keputusan
3) Menanggung resiko selama pelaksanakan proes produksi dan pemasaran berlangsung.
4) Wirausaha akan mengatur dan mengawasi proses produksi semoga perusahaan sanggup berjalan sesuai rencana yang diharapkan.
5) MenEntukan cara yang paling efisien dalam rangka menjalankan proses prosuksi guna menghasilkan dan menyediakan barang kebutuhan masyarakat.
1. Pengertian Pasar pasar ialah suatu tempat strategis yang digunakan oleh penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) untuk melaksanakan interaksi atau aktivitas ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Fungsi Pasar
a. Fungsi Pembentukan Harga : Fungsi pembentukan harga. artinya pasar merupakan tempat dalam menentukan harga (nilai) suatu barang karna pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang saling tawar menawar sehingga terjadi suatu kesepatakan harga (nilai) barang/jasa.
b. Fungsi Distribusi : Fungsi Distribusi. artinya pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
c. Fungsi Promosi : Fungsi Promosi. artinya pasar merupakan tempat yang paling cocok bgi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.
3. Syarat terjadinya pasar
a. adanya penjual,
b. adanya pembeli,
c. tersedianya barang yang diperjualbelikan,
d. terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
4. Peranan Pasar Dalam Perekonomian
a. Peran pasar bagi produsen antara lain
• Sebagai tempat untuk memperkenalkan barang / promosi
• Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
• Sebagai tempat untuk memperoleh materi produksi / faktor produksi
b. Peranan pasar Untuk konsumen.
• Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan .
c. Peranan pasar untuk sumber daya Manusia.
• Pasar sanggup membuka peluang untuk masyarakat dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta . d. Peranan Pasar untuk Pembangunan.
• Pasar yang berkembang akan membawa dampak Positif bagi kehidupan masyarakat. Masyarakat akan semakin sejahtera .
- Kebutuhan akan pembangunan juga diperoleh di pasar .
- Selain itu Negara memperoleh pemasukan dari aktifitas pasar melalui pajak dan retribusi . Penerimaan tersebut sanggup digunakan sebagai salah satu sumber pembangunan daerah maupun pemangunan Nasional.
I. PASAR BARANG DAN JASA ( OUTPUT)
A. Bentuk Pasar berdasarkan Sifat/Wujudnya
a. Pasar konkret
• Pasar aktual ialah pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada serta penjual dan pembeli bertemu langsung.
Ciri-ciri pasar konkret:
1) transaksi dilakukan secara tunai,
2) barang sanggup dibawa/diambil ketika itu juga, 3) barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata,
4) penjual dan pembeli bertemu langsung.
b. Pasar abstrak
• Pasar abstrak, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara pribadi serta antara penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung.
Ciri-ciri pasar abstrak:
1) penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya,
2) transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya,
3) barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya rujukan saja,
4) transaksi dilakukan dalam partai besar.
B. Bentuk Pasar berdasarkan Luas Wilayah Kegiatannya
a. Pasar lokal
• Pasar lokal ialah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, dan pada umumnya menunjukkan barang yang dibutuhkan masyarakat di sekitarnya.
b. Pasar nasional
• Pasar nasional ialah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara. Pasar ini menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.
c. Pasar regional
• Pasar regional ialah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu. Pasar ini biasanya di bawah naungan wadah kolaborasi regional, contohnya di daerah Asia Tenggara dibuat AFTA.
d. Pasar internasional
• Pasar internasional adala pasar yang daerah pemasarannya meliputi seluruh daerah dunia. Pasar ini juga disebut pasar dunia, alasannya menjual produk-produk yang dibutuhkan oleh semua masyarakat dunia, contohnya pasar kopi di Brasil, pasar wol di Sidney, Australia.
C. Bentuk Pasar berdasarkan Organisasi Pasar atau Hubungan antara jumlah Pembeli dan Penjual
a. Pasar persaingan tepat (perfect competition market)
• Pasar persaingan tepat ialah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli
Ciri-ciri pasar persaingan tepat yaitu:
1) penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
2) pengetahuan penjual dan pembeli perihal pasar sempurna,
3) penjual dan pembeli banyak,
4) barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
5) harga ditentukan oleh pasar
Kebaikan pasar sempurna
1) Tidak memerlukan adanya iklan
2) Tidak tampak aktivitas saling menyaingi antara penjual
3) Adanya satu harga
4) Kepuasan konsumen maksimal alasannya bebas melaksanakan pilihan penjual
5) Keuntungan produsen maksimal alasannya bisa menjual barang sebanyak-banyaknya
6) Biaya produksi minimum alasannya persaingan produsen
Kelemahan pasar sempurna
1) Harga tidak bisa ditawar lagi
2) Konsumen tidak bisa menentukan barang lain alasannya semua barang sejenis/homogen
b. Pasar persaingan tak tepat (imperfect competition market)
• Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar di mana jumlah pembeli tidak sebanding dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja atau sebaliknya dikuasai satu atau beberapa pembeli saja.
Bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:
1. Pasar monopoli
• Pasar monopoli ialah pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh satu penjual.
Ciri-ciri pasar monopoli, antara lain:
1) terdapat satu penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh penjual,
3) tidak ada barang lain yang sanggup menggantikan barang yang dijualbelikan dengan sempurna,
4) ada halangan yang besar lengan berkuasa bagi penjual gres untuk masuk dalam pasar.
Kebaikan pasar monopoli antara lain sebagai berikut.
1) Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
2) Mendorong untuk adanya penemuan gres semoga tetap terjaga monopolinya.
3)Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
kelemahan pasar monopoli sebagai berikut.
1) Timbul ketidakadilan alasannya keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
2)Tidak efisiensinya biaya produksi, alasannya perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
3) Konsumen merasa berat alasannya harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
4) Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi.
Contoh Pasar Monopoli
1) Pertamina
2) PT. POS INDONESIA
3) Telkom
4) PT. KAI
5) PT. PLN
2. Pasar duopoli
• Pasar duopoli, yaitu pasar di mana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh: penawaran minyak pelumas yang dikuasai oleh Caltex dan Pertamina.
Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual.
3. . Pasar oligopoli
• Pasar oligopoli ialah pasar di mana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang. Beberapa perusahaan yang menguasai pasar ini saling memengaruhi satu sama lain. Sifat ini mengakibatkan satu perusahaan harus mengambil keputusan secara hati-hati dalam mengubah harga, mengubah desain produk atau mengubah teknik produksi. Contoh: penawaran sepeda bermotor yang dikuasai oleh beberapa perusahaan di antaranya Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.
Ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:
1) terdapat banyak pembeli di pasar,
2) hanya ada beberapa penjual,
3) produk yang dijual bersifat,
4) terdapat kendala untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru,
5) adanya saling ketergantungan,
6) penggunaan iklan sangat intensif.
Kebaikan pasar oligopoli antara lain sebagai berikut.
1) Industri-industri oligopoly bisa mengadakan penemuan dan penerapan teknologi gres yang paling pesat,
2) berlomba penemuan proses produksi gres dan penurunan ongkos produksi, 3) Lebih bisa menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.
Adapun kelemahannya antara lain sebagai berikut.
1) Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar yang dinikmati produsen.
2) Tidak efisiensi alasannya produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.
3) Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh. 4) Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro.
Contoh Pasar Oligopoli:
1) Perusahaan Rokok
2) Perusahaan mobil
3) Perusahaan air mineral
4) Perusahaan Sepatu
5) Perusahaan Elektronik
4. Pasar monopolistik
• Pasar monopolistik ialah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan banyak sekali macam variasi. Contoh: produsen elektronik menyerupai handphone, smartphone, atau laptop.
Ciri-ciri pasar monopolistik
1) Terdapat banyak produsen.
2) Produk yang dijualbelikan sama (homogen), tetapi dengan banyak sekali macam variasi.
Kebaikan pasar monopolistik antara lain sebagai berikut.
1) Konsumen mempunyai banyak pilihan barang.
2) Produsen sanggup menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar alasannya tidak ada persaingan.
3) Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri alasannya mempunyai pasar (konsumen) sendirisendiri.
Sementara itu, kelemahannya antara lain sebagai berikut.
1) Tidak efisiennya produksi alasannya produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum.
2) Terlalu banyak perusahaan kecil.
3) Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut.
Contoh pasar persaingan monopolistik
1) Persaingan perusahaan shampoo diantaranya Emeron dengan Dove.
2) Persaingan perusahaan ditergen diantaranya Surf dengan Daia.
3) Persaingan perusahaan motor diantaranya Honda dengan Yamaha.
4) Persaingan perusahaan computer diantaranya Acer dengan Toshiba.
5) Persaingan perusahaan handphone diantaranya Nokia dengan Sony.
D. Menurut Waktu Penyelenggaraannya
a. Pasar harian
• Pasar harian ialah pasar yang dilakukan setiap hari.
Contohnya pasar-pasar tradisional di lingkungan rumah yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, pasar Horas di pematangsiantar dan lain-lain.
b. Pasar mingguan
• Pasar mingguan ialah pasar yang dilakukan hanya setiap seminggu sekali. Biasanya nama pasar ini diambil dari nama hari pelaksanaan, contohnya Pasar Senin, Pasar Minggu,Pasar Rebo, dan lain-lain.
c. Pasar bulanan
• Pasar bulanan ialah pasar yang dilakukan sebulan sekali. Pasar bulanan biasanya terdapat di sekitar pabrik dan dibuka setiap kali karyawan pabrik tersebut mendapatkan gaji.
d. Pasar tahunan
• Pasar tahunan ialah pasar yang dilakukan setahun sekali. Pasar ini diselenggarakan berkaitan dengan program atau aktivitas dan sering digunakan sebagai ajang pekan raya atau promosi. Contohnya Pekan Raya Jakarta (PRJ), medan Fair di Sumatera Utara yaitu ajang pekan raya karya daerah kabupaten/Kota
E. Menurut Jenis Barang yang Diperjualbelikan
a. Pasar barang produksi
• Pasar barang distribusi ialah pasar yang menjual faktorfaktor produksi. Misalnya bursa tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin-mesin produksi, dan lain-lain.
b. Pasar barang konsumsi
• Pasar barang konsumsi ialah pasar yang menjual barangbarang yang secara pribadi sanggup dikonsumsi/dipakai. Contohnya pasar buah, pasar ikan, pasar pakaian, dan lain-lain.
PASAR INPUT
A. Pengertian Pasar input ialah suatu pasar yang melaksanakan aktivitas penawaran atas faktor-faktor produksi perusahaan.
B. Faktor produksi
1) Pasar Input Tanah
Teori perihal pasar input tanah:
a) Teori Kesuburan Asli tanah Maksudnya, harga sewa tanah semakin mahal apabila tingkat kesuburan orisinil tanah semakin tinggi.
b) Teori Perbedaan Kesuburan Tanah Maksud teori perbedaan kesuburan tanah ini cenderung menitikberatkan pada keterbatasan jumlah tanah yang subur alasannya ketersediaanya yang langka.
c) Teori Lekak Tanah Maksudnya, harga sewa tanah dipengaruhi letak tanah.Letak tanah yang strategis memungkinkan timbulnya peluang ekonomi yang lebih besar dalam berusaha dan meraih keuntungan.
d) Teori Harga Derivasi Tanah Maksud teori harga derivasi tanah menyatakan bahwa harga sewa tanah ditentukan pada perubahan usul barang yang dihasilkan oleh tanah sebagai faktor produksi.
2) Pasar Input Tenaga Kerja Adalah pasar yang menyediakan atau mempertemukan para pencari kerja (faktor produksi berupa tenaga kerja) dengan perusahaan.
a) Upah tenaga kerja Adalah imbalan yang diterima para pekerja atas jasa yang diberikan dalm menggerakan proses produksi barang atau jasa.
b) Teori Upah Tenaga kerja
1) Teori upah normal Upah diberikan sesuai dengan kebutuhan hidup minimum tenaga kerja beserta keluarganya
2) Teori Upah Besi Besarnya upah rata-rata tenga kolaborasi dengan biaya minimum buruh.
3) Teori Dana Upah Pemberian upah bergantaung pada kemampuan keuangan perusahaan. Jika keuntungan yang diperoleh perusahaan tinggi, upah yang diberikan kepada tenaga kerja akan bertambah.
4) Teori Upah Etika Besar upah bergantung pada besar biaya pemeliharaan hidup dan produktivitas kerja buruh.
3) Pasar Input Modal
Modal ialah segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi lanjutan pada perusahaan.
a) Bunga Modal Bunga modal merupakan balas jasa yang diterima investor (pemilik modal) atas modal yang disertakannya pada proses produksi perusahaan.
b) Teori Bunga Modal
1) Teori Produktivitas Maksudnya, modal pertolongan bisa digunakan untuk aktivitas perjuangan produktif. 2) Teori Abstinence Maksudnya, bunga modal diberikan sebagai balas jasa pemilik modal atas investasi yang tidak digunakan oleh orang atau perusahaan lain.
3) Teori Agio Maksudnya, bunga modal diberikan kepada pemilik modal atas kerugian jawaban perbedaan nilai.
4) Teori Liquidity Preference Maksudnya, bunga modal diberikan sebagai ganti rugi atas pengorbanan alasannya tidak memakai uang liquid jawaban dipinjam orang lain.
5) Teori Bunga Dinamis Maksudnya, barang modal yang digunakan dalam proses produksi akan menghasilkan keuntungan usaha.
c) Fungsi Pasar Input Modal
1) Memudahkan pengusaha memperoleh modal jangka pendek atau jangka panjang.
2) Memperlancar aktivitas pengembangan aktivitas usaha.
3) Membantu perusahaan atau masyarakat untuk memanfaatkan dananya dalam aktivitas produktif pada suatu perusahaan.
3) Membantu pemerintah membiayai pembangunan.
4) Pasar Input Kewirausahaan Kewirausahaan ialah suatu kemampuan untuk berpikir kreatif dan berperiaku inovatif guna menghadapi tantangan usaha.
a. Laba wirausaha Laba wirausaha ialah balas jasa yang diterima wirausaha dalam menjalankan aktivitas usahanya.
b. Teori keuntungan wirausaha
1) Teori penemuan Maksudnya, keuntungan wirausaha merupakan balas jasa atas kemampuan pengusaha dalam mengadakan kombinasi gres atau penemuan gres dalam proses produksinya.
2) Teori nilai lebih Maksudnya, wirausaha harus membayar aktivitas tenaga kerja untuk memperoleh produktivitas tenaga kerja.
3) Teori keuntungan Maksudnya, keuntungan yang diperoleh wirausaha akan ditentukan dari keahlian wirausaha dalam memimpin perusahaan dan bisa mengatasi resiko yang akan dihadapinya
4) Teori resiko perjuangan Maksudnya, wirausaha akan menanggung resiko kerugian jikalau perjuangan yang dikelolanya mengalami kerugian.
5) Teori residu Maksudnya, wirausaha memperoleh keuntungan jikalau ada kelebihan penerimaan perusahaan.
c. Unsur-unsur keuntungan wirausaha
1) Upah wirausaha diartikan balas jasa wirausah atas kemampuannya dalam mengelola perusahaan. 2) Bunga modal diartiakan balas jasa wirausaha alasannya menginvestasikan modal di suatu perusahaan. 3) Sewa tanah diartikan balas jasa wirausaha sebagai pemilik faktor produksi tanah atau lahan.
4) Premi resiko diterima wirausaha atas kemungkinan terjadinya resiko kerugian.
d. Fungsi kewirausahaan
1) Wirausaha akan memikirkan ide.
2) Menentukan keputusan
3) Menanggung resiko selama pelaksanakan proes produksi dan pemasaran berlangsung.
4) Wirausaha akan mengatur dan mengawasi proses produksi semoga perusahaan sanggup berjalan sesuai rencana yang diharapkan.
5) MenEntukan cara yang paling efisien dalam rangka menjalankan proses prosuksi guna menghasilkan dan menyediakan barang kebutuhan masyarakat.
0 Response to "Pasar Dalam Ekonomi"