Latest News

Download Rpp Ekonomi Sma 2013

SILABUS
MATA PELAJARAN EKONOMI (PEMINATAN)
Satuan Pendidikan  :  SMA / MA
Kelas                       :  X (SEPULUH)
Kompetensi Inti       : 

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai serpihan dari solusi   atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humanior adengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai  kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
1.1    Mensyukuri sumberdaya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan
1.2     Mengamalkan pedoman agama dalam memanfaatkan produk bank dan forum keuangan bukan bank serta dalam pengelolaan koperasi
2.1    Bersikap jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli, kreatif,mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
2.2    Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjakeras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melaksanakan acara ekonomi






3.1    Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi



4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi

Konsep Ekonomi
·         Pengertian Ilmu ekonomi
·         Pembagian Ilmu ekonomi
·         Prinsip ekonomi



Mengamati:
Membaca pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber belajar yang relevan

Menanya :
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber yang relevan

Mengasosiasi :
Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menciptakan kekerabatan antara pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi

Mengomunikasikan:
hasil analisis dan selesai  tentang konsep dasar ilmu ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif wacana konsep ekonomi dalam bentuk objektif dan uraian

Unjuk kerja :
Menilai kemampuan diskusi/presentasi    menyajikan konsep ilmu ekonomi

Penilaian produk :
Menilai laporan dan materi presentasi wacana konsep ilmu ekonomi

Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran


 
2 x 3 JP


·     Buku paket ekonomi Kemendikbud
·     Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·     Media massa cetak/ elektronik




3.2    Menganalisis persoalan ekonomi dan cara mengatasinya




4.2 Melaporkan hasil analisis persoalan ekonomi  dan cara mengatasinya

Masalah Ekonomi dan cara mengatasinya
·      Inti persoalan ekonomi/Kelangkaan
·      Pilihan
·      Biaya peluang
·      Skala prioritas
·      Pengelolaan keuangan
·      Permasalahan pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa)
·      Sistem ekonomi





Mengamati :
Membaca tentang inti persoalan ekonomi/kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa), dengan memakai sistem ekonomi yang berlaku dari berbagai sumber belajar yang relevan

Menanya:
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan inti persoalan ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi  (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan memakai sistem ekonomi yang berlaku

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi wacana inti persoalan ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan memakai  sistem ekonomi  yang berlaku dari berbagai sumber yang relevan.


Mengasosiasi :
Menganalisis  isu dan data-data yang diperoleh   dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  dan memilih kekerabatan antara inti persoalan ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi untuk mendapatkan  selesai dan membuat planning pemecahan persoalan ekonomi

Mengomunikasikan:
hasil analisis dan selesai masalah ekonomi  dan cara mengatasinya dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)


Tes  tertulis :
Menilai kemampuan kognitif wacana persoalan ekonomi dan cara mengatasinya dalam bentuk objektif dan uraian.

Unjuk kerja :
Menilai kemampuan diskusi/presentasi laporan hasil analisis persoalan ekonomi dan cara mengatasinya

Penilaian produk :
Menilai hasil pembuatan kiprah menyusun skala prioritas kebutuhan dan pengelolaan keuangan

Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran

 
4 x 3 JP


·     Buku paket ekonomi Kemendikbud
·     Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·     Media massa cetak/ elektronik







Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar


3.3    Menganalisis kiprah pelaku acara ekonomi



4.3 Menyajikan kiprah pelaku acara   ekonomi




Pelaku Kegiatan Ekonomi
·     Pelaku-pelaku acara ekonomi :Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri.
·     Peran pelaku acara ekonomi
·     Model diagram interaksi antar pelaku ekonomi/ circulair flow diagram



Mengamati:
Pelaku-pelaku acara ekonomi (Rumah Tangga Konsumsi, Rumah Tangga Produksi, Pemerintah, dan Masyarakat  Luar Negeri), kiprah pelaku acara ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/circulair flow diagram dari berbagai sumber belajar yang relevan

Menanya:
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pelaku-pelaku acara ekonomi (Rumah Tangga Konsumsi, Rumah Tangga Produksi, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri), kiprah pelaku acara ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/ circulair flow diagram

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang
pelaku-pelaku acara ekonomi, kiprah pelaku acara ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/circulair flow diagram dari berbagai sumber belajar yang relevan

Mengasosiasi:
Menganalisis  isu dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  serta memilih kekerabatan antara pelaku-pelaku acara ekonomi, Peran pelaku acara ekonomi, Model diagram interaksi pelaku ekonomi/ circulair flow diagram untuk mendapatkan  simpulan wacana peran pelaku acara ekonomi

Mengomunikasikan
hasil analisis dan selesai tentang kiprah pelaku acara ekonomi  dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

Tes tertulis :
Menilai kemampuan kognitif wacana kiprah pelaku acara ekonomi dalam bentuk objektif dan uraian:

Unjuk kerja:
Menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan kiprah pelaku acara ekonomi

Penilaian produk:
Menilai laporan dan materi presentasi wacana kiprah pelaku acara ekonomi dan model diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram)

Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran





3 x 3 JP


·    Buku paket ekonomi Kemendikbud
·    Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·    Media cetak/elektronik
·    Narasumber
·    Bila
·    memungkinkan sanggup mengakses data dari internet, contoh: http:// dodiksuwisno. blogspot.com/ 








Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

3.4     Mendeskripsikan konsep  pasar dan  terbentuknya harga pasar  dalam perekonomian



4.4    Melakukan penelitian wacana pasar dan terbentuknya harga  pasar dalam perekonomian

Pasar dalam perekonomian
·      Pengertian pasar
·      Peran pasar dalam perekonomian
·      Bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya

Permintaan dan penawaran
·      Pengertian undangan dan penawaran
·      Faktor-faktor yang memengaruhi  undangan dan penawaran
·      Kurva undangan dan penawaran
·      Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
·      Hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
·      Proses terbentuknya harga keseimbangan
·      Pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas
·      Faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran



Mengamati:
Membaca peran pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran dari berbagai sumber belajar.

Menanya:
Mengajukan pertanyaan : kiprah pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran.

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang peran pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran dari beberapa sumber yang relevan



Mengasosiasi :
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menciptakan kekerabatan tentang peran pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian undangan dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi undangan dan penawaran, kurva undangan dan penawaran, pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum undangan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga keseimbangan, pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas, faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas undangan dan penawaran.

Mengomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dan selesai dalam berbagai bentuk media serta melaporkan hasil penelitian wacana kiprah pasar dan terbentuknya harga pasar dalam perekonomian


Tes tertulis :
Menilai kemampuan kognitif wacana pasar dalam acara perekonomian dalam bentuk objektif dan uraian:

Penilaian projek  :
Menilai kiprah melaksanakan penelitian sederhana wacana kiprah pasar dalam perekonomian


Penilaian produk :
Menilai laporan hasil penelitian sederhana wacana kiprah pasar dalam perekonomian

Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran


6 x 3 JP

·   Buku paket ekonomi Kemendikbud
·   Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·   Media cetak/elektronik
·   Bila memungkinkan sanggup mengakses data dari internet, contoh: /search?q=konsep-dasar-struktur-pasar-dalam
























Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

3.5      Mendeskripsikan bank, forum keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral







4.5.   Menyajikan kiprah dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Otoritas jasa Keuangan (OJK)  dan Bank Sentral





Mengamati: pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank jenis, prinsip acara usaha, dan produk  bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan
Menanya:
bertanya dan berdiskusi  untuk mendapat penjelasan wacana pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank, jenis, prinsip acara usaha, dan produk  bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK
Mengeksplorasi:
mengumpulkan data/informasi pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank jenis, prinsip acara usaha, dan produk  bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan
Mengasosiasi :
menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian bank dan forum keuangan bukan bank, fungsi bank dan forum keuangan bukan bank jenis, prinsip acara usaha, dan produk  bank dan forum keuangan bukan bank, pengertian bank sentral, fungsi, kiprah dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia, stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan wewenang OJK berdasarkan data/informasi yang sudah dikumpulkan
Mengomunikasikan:
Laporan dan mempresentasikannya dalam bentuk verbal dan goresan pena wacana kiprah dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, serta kiprah dan fungsi bank sentral dan OJK


Tes tertulis  :
Menilai kemampuan kognitif wacana bank dan forum keuangan bukan bank dalam bentuk objektif dan uraian

Unjuk kerja  :
Menilai kemampuan mendemontrasikan fungsi dan produk bank dan forum keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral

Penilaian produk :
Menilai laporan dan materi presentasi wacana kiprah dan produk bank dan forum keuangan bukan bank


 6 x 3 JP

·     Buku paket ekonomi Kemendikbud
·     Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     www.bi.go.id
·     www.ojk.go.id
·     www.idx.co.id
·    Undang-undang No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 Tahun 2004 junto No. 6 Tahun 2009 wacana BI
·    Undang-undang No.21 tahun 2011 wacana OJK
·     Undang-undang No. 10 Tahun 1998 wacana Perbankan
·     Undang-undang No. 21 Tahun 2008 wacana Perbankan
Syariah




Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
3.6      Mendeskripsikan sistem pembayaran dan alat pembayaran



4.6    Menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran

Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran
·         Pengertian Sistem Pembayaran
·         Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran
·         Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia

Uang
·         Sejarah uang
·         Pengertian uang
·         Fungsi, jenis dan syarat uang
·         Unsur pengaman uang rupiah
·         Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia

Alat pembayaran nontunai
·         Jenis-jenis alat pembayaran nontunai

Mengamati: pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan

Menanya:
bertanya dan berdiskusi  untuk mendapat penjelasan tentang  pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai.

Mengeksplorasi:
mengumpulkan data/informasi wacana pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan

Mengasosiasi:
menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkannya wacana pengertian sistem pembayaran, kiprah Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah, pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis alat pembayaran nontunai menurut data/informasi yang sudah dikumpulkan

Mengomunikasikan laporan dalam bentuk verbal dan tulisan,  mempresentasikannya, serta mensimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran di depan kelas.

Tes tertulis :
Menilai kemampuan kognitif wacana sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam bentuk objektif dan uraian

Unjuk kerja:
Menilai kemampuan menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran (sikap dan keterampilan)

Penilaian produk :
Menilai laporan dan materi penyajian wacana sistem pembayaran dan alat pembayaran

Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran

4 x 3 JP
·   Buku paket ekonomi Kemendikbud
·   Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·   Media cetak/elektronik
·   Undang-undang Republik Indonesia No. 7 tahun 2011 Tentang Mata Uang
·   Peraturan Bank Indonesia No.6 /14/PBI/2004 tanggal 22 Juni 2004 tentang  Pengeluaran, Pengedaran, Pencxabutan, Penarikan dan Pemusnahan Uang  Rupiah
·   Peraturan Dewan Gubernur No.6/7PDG/2004 tanggal 22 Juni 2004 wacana Manajemen Pengedaran Uang
·   Surat Edaran Intern No.7/84/INTERN tanggal 28 Oktober 2005 wacana petunjuk Pelaksana Pengeluaran Uang Rupiah Baru





Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

3.7    Mendeskripsikan konsep manajemen


4.7 Menerapkan konsep manajemen dalam acara sekolah


Manajemen
·      Pengertian administrasi
·      Fungsi-fungsi manajemen
·      Unsur-unsur manajemen
·      Bidang-bidang manajemen
·      Penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah



Mengamati :
Membaca pengertian manajemen,  fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan

Menanya:
Mengajukan pertanyaan pengertian manajemen,  fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah

Mengeksplorasi
mengumpulkan data/informasi wacana pengertian manajemen,  fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan

Mengasosiasi
menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta memilih hubungannya tentang pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, bidang-bidang administrasi dan penerapan fungsi administrasi dalam acara sekolah menurut data/informasi yang sudah dikumpulkan

Mengomunikasikan
Menyampaikan laporan wacana rancangan penerapan teori administrasi dalam acara sekolah dan mempresentasikannya dalam bentuk goresan pena dan lisan



Tes tertulis :
Menilai kemampuan kognitif wacana hakikat administrasi dalam bentuk objektif dan uraian.

Penilaian projek :
Menilai kemampuan mempraktikan teori administrasi dalam acara sekolah
(sikap, keterampilan)


Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran


 3 x 3 JP

·     Buku paket ekonomi Kemendikbud
·     Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·     Media cetak/elektronik









Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

3.8    Mendeskripsikan konsep koperasi dan pengelolaan koperasi



4.8   Menerapkan konsep koperasi  dan pengelolaan koperasi


Koperasi
·      Pengertian koperasi
·      Asas koperasi
·      Prinsip-prinsip koperasi
·      Tujuan koperasi
·      Jenis-jenis koperasi
·      Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi


Pengelolaan koperasi
·      Peran koperasi
·      Perangkat organisasi koperasi
·      Sumber permodalan koperasi
·      Prosedur pendirian koperasi

Mengamati
Membaca pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi, peran koperasi, perangkat organisasi koperasi, sumber permodalan koperasi, dan mekanisme pendirian koperasi dengan memakai banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan

Menanya:
Mengajukan pertanyaan pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi,  peran koperasi, perangkat organisasi koperasi, sumber permodalan koperasi,  dan mekanisme pendirian koperasi

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang  pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi. peran koperasi sekolah, perangkat organisasi koperasi sekolah, sumber permodalan koperasi sekolah, dan mekanisme pendirian koperasi sekolah dari banyak sekali sumber mencar ilmu yang relevan

Mengasosiasi:
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi, peran koperasi, perangkat organisasi koperasi, sumber permodalan koperasi, dan mekanisme pendirian koperasi menurut data/informasi yang sudah dikumpulkan

Mengomunikasikan rencana penerapan konsep koperasi dalam praktik pengelolaan Koperasi Siswa (KOPSIS)




Tes  tertulis :
Menilai kemampuan kognitif wacana hakikat koperasi dalam bentuk objektif dan uraian:

Penilaian projek :
Menilai kemampuan dalam mempraktikan pengelolaan koperasi sekolah melalui KOPSIS.


Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran


 6 x 3 JP

·     Buku paket ekonomi Kemendikbud
·     Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·    Undang-undang No.17 Tahun 2012 wacana Perkoperasian
·    Keputusan Bersama Menteri Koperasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negeri No.SKB 125/M/KPTS/X/1984, No.0447/U/1984, dan No. 71 tahun 1984 wacana pelatihan dan pengembangan koperasi sekolah.


               

0 Response to "Download Rpp Ekonomi Sma 2013"

Total Pageviews