Latest News

Geografi Cuilan 1 Kelas Xi Part 1


BIOSFER DAN PERSEBARAN HEWAN
TUMBUHAN

Hallo pren kali ini aku akan membahas mengenai biosfer dan persebaran binatang dan flora yang biasanya keluar dimateri kelas XI IPS. 

Tahukah Anda kapan bumi terbentuk? 
Pren tau ngga kapan bumi terbentuk ? 

Bumi terbentuk kira-kira 5 milyar tahun yang kemudian loh, sesudah bumi berumur 1 milyar tahun lalj  terbentuklah air dalam wujud cair yang memungkinkan terciptanya kehidupan di bumi. Bentuk kehidupan di bumi dimulai di air pada 3,5 milyar tahun yang kemudian yg diawalai berupa bakteri, gres 600 juta tahun yang kemudian muncul binatang bercangkang dan bertulang. Makhluk hidup terus berevolusi membentuk aneka macam jenis termasuk insan pren yang bentuk awalnya sudah dimulai kira-kira 2 juta tahun yang lalu. 

Seluruh sistem kehidupan di bumi termasuk unsur pendukungnya membentuk suatu sistem yang disebut biosfer, termasuk di dalamnya makhluk hidup (hewan dan tumbuhan). 

Nah Dalam penggalan ini akan dibahas perihal biosfer dan persebaran binatang tumbuhan.

A.      Pengertian Biosfer

Secara etimologi biosfer iti adonan dari dua kata prem, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, biosfer ialah lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup prem. Nah Biosfer  meliputi lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Ketiga lapisan tersebut saling berinteraksi pren dan membentuk lapisan biosfer tempat ditemukannya kehidupan di bumi. Setiap jenis makhluk hidup mempunyai tempat masing-masing di biosfer untuk tetap hidup sesuai dengan caranya sendiri. Tempat hidup itu disebut habitat pren, yaitu tempat hidup suatu organisme. 

Tempat hidup dengan unsur-unsurnya beserta makhluk hidup yang tinggal di suatu daerah secara keseluruhan akan membentuk sistem kehidupan yang Biasa disebut ekosistem. 

Sistem kehidupan di biosfer yang sebesar bumi secara umum dibagi menjadi ekosistem daratan (terrestrial ecosystem), ekosistem maritim (marine ecosystem), dan ekosistem air tawar (fresh water ecosystem). 

Makhluk hidup atau organisme mempunyai tingkat organisasi yang berkisar dari tingkat yang paling sederhana (protoplasma) ke tingkat organisasi yang paling kompleks (biosfer). Tingkat organisasi dari bawah ke atas, semakin kompleks pren.

Protoplasma ialah zat hidup dalam sel dan terdiri dari senyawa organic yang kompleks menyerupai lemak, protein, dan sejenisnya. Sel ialah satuan dasar suatu organisme dan terdiri atas protoplasma dan inti yang terkandung dalam membran.

 Kalo Jaringan iti kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama pren, contohnya jaringan otot. 

Organ ialah penggalan dari suatu organisme yang mempunyai fungsi tertentu, contohnya kaki atau indera pendengaran pada binatang dan manusia, daun atau akar pada flora pren. 

Sistem organ ialah kolaborasi antara struktural dan fungsional yang harmonis, contohnya itu kolaborasi antara mata dan telinga, antara daun dan batang pada tumbuhan. 

Organisme ialah suatu benda hidup, atau makhluk hidup prem. 

Populasi ialah kelompok organisme yang sejenis kemudian hidup dan berkembang biak pada suatu daerah tertentu. Misalnya, populasi insan di Jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi rino di Ujung Kulon pren. 

Komunitas ialah semua populasi dari aneka macam jenis menempati suatu daerah tertentu. Pada daerah tersebut tiap populasi saling berinteraksi. Misalnya, populasi harimau berinteraksi dengan populasi gajah di Sumatra Selatan, populasi ikan emas berinteraksi dengan populasi ikan mujaer di kolam.

 Ekosistem ialah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan hubungan timbal balik yang kompleks antara organisme dan lingkungannya baik yang hidup maupun tak hidup (tanah, air, udara), yang secara bersamasama membentuk suatu sistem ekologi. Misalnya, ekosistem hutan mangrove di Segara Anakan atau ekosistem air tawar di danau Toba.

B. Persebaran Hewan Tumbuhan di Muka Bumi

1. Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi

a. Fauna di Padang Rumput

Padang rumput merupakan habitat dari aneka macam jenis binatang, alasannya ialah padang rumput menyediakan segala yang diharapkan oleh hewan-hewan pemakan rumput (herbivora). 

Lalu kira2 jenis binatang aoa yang hidup dipadang rumput ?? 

Jenis binatang yang hidup di padang rumput antara lain kuda, zebra, bison, dan kanguru (yang hidup di padang rumput Australia). Selain binatang herbivora, di daerah ini juga terdapat binatang predator loh menyerupai singa, harimau, serigala, dan binatang karnivora lainnya.

b. Fauna di Daerah Gurun

Gurun identik dengan daerah kering pren, sehingga binatang yang berada di daerah ini biasanya bisa menyesuaikan diri dan bertahan hidup dalam kondisi cuaca yang panas dan kering.
Binatang yang hidup di daerah kering dicirikan dengan pencarian mangsa pada pagi hari atau malam hari dan hidupnya di lubang-lubang untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari pada siang hari, dan cuaca hambar pada malam hari. 

Binatang yang hidup di gurun biasanya berukuran kecil, menyerupai kadal, ular, dan tikus. Binatang yang berukuran besar biasanya jarang ditemui di daerah ini, alasannya ialah adaptasinya yang sulit. Contoh, binatang besar yang bisa menyesuaikan diri dan bertahan hidup di daerah gurun ialah unta dan kuda.

Nah sekian dulu yah pren, biar bermanfaat :)

0 Response to "Geografi Cuilan 1 Kelas Xi Part 1"

Total Pageviews