Latest News

Bintang Dan Galaksi


Hallo pren kali ini aku mau kisah – kisah nih ihwal si bintang dan si galaksi. Tapi ini bukan si bintang kaka kelas kau atau cem-ceman kau yah pren, hehe.

Sebelumnya  kau tau ngga pren bintang itu apa?

Nah berdasarkan dari sumber yang aku baca pren, bintang itu bola gas yang gede/besar bercahaya panas yang mengandung hydrogen dan helium.

Bintang itu sendiri mengeluarkan panas, sinar dan energy lainnya loh.
Bintang mempunyai beberapa lapisan pren, nah lapisan yang kepingan dalamnya biasa disebut disebut inti.  Inti inilah yang menciptakan bintang bersinar pren.

Kenapa ko bisa ?

ya, sebab didalem inti bintang  suhunya sangat panasssss dan terbungkus oleh adonan atom-atom. Atom hydrogen beradu satu ama lain dan menjadi helium. (Tanya ank kimia deh kalo ini)

Apa warna bintang-bintang yah ?

Mungkin klo kita liat – liat nih dari gambar anak TK/PAUD mereka selalu memberi warna kuning pada bintang, ini berdasarkan apa yang aku lihat si pren dominan niscaya mereka tau warna bintang itu kuning.

Nah terus bener gatuh ya warna bintang itu kuning ?

Ternyata pren Bintang mempunyai warna yang berbeda-beda loh. Kaprikornus kuning bener tapi gasemua bintang warnanya kuning pren. Ada yang berwarna merah tua, oranye, kuning, putih dan bahkan biru.

Kenapa warnanya beda-beda? Karena Warna bintang itu tergantung pada seberapa panas suhu bintang itu sendiri pren. Bintang yang terdingin berwarna kemerah-merahan dan yang terpanas berwarna kebiru-biruan.

Temperature permukaan bintang yang berwarna merah sekitar 3.000 c, bintang yang kuning menyerupai matahari suhunya mencapai sekitar 6000 C, yang putih kira-kiraa 10.000 C. wahhhhhhh

Seberapa besarkah bintang itu ?

Nah kini muncul lagi pertanyaan bintang ukurannya segede apa yaa ?

Bila dibanding bumi, matahari ( yang termasuk dalam bintang) berukuran raksaksa. oya mengenai matahari teman-teman bisa buka dipostingan aku sebelumnya hehe. Matahari  Besarnya berjuta-juta kali lipat dari ukuran bumi loh. Para Astronot  menciptakan perbandingan ukuran bintang mengacu keukuran matahari. Misalnya, bintang betelguese berukuran 1.000  kali dari matahari.

Setelah kita bahas mengenai bintang, yuk kita bahs juga ihwal galaksi.

Apa yang membentuk galaksi ?

Apa si yang membentuk galaksi ?

Galaksi itu terdiri atas jutaan atau milyaran bintang pren, awan gas dan debu melingkari ruang antara bintang-bintang tersebut.

Oya pren kalo bahas mengenai galaksi niscaya pernah denger kan ihwal blackhole atau lingkaran hitam ?

Para astronom yakin bahwa sebagian besar galaksi mempunyai lubang hitam (black hole) besar ditengahnya. Dilubang hitam itu ada gravitasi pren. Gravitsi lubang hitam berpengaruh bangett, sehingga bisa menarik dan menghancurkan semua benda yang mendekatinya. Bahkan cahayapun tidak luput dari tarikan gravitasinya, apapun yang ada didekatnya niscaya ketarik pren. Wah wah awas jangan deket-deket deh sama galaksi.

Seperti apa galaksi itu ?

Dalam buku-buku pelajaran sekolah kau pernah baca ngga pren
mengenai bentuk-bentuk galaksi ? 

biasanya di IPS ada nih pren, jadi galaksi itu bentuknya banyak, macem-macem. Ada yang spiral, oval materi ada yang bentuknya gajelas alias tak beraturan.

Pada galaksi spiral Bintang-bintang, awan gas, dan debu angkasa bergerak memutar perlahan. Mereka ( si awan gas dan debu ) berputar mengorbit sentra galaksi. Bintang barupun kemudian sanggup tercipta dalam awan galaksi spiral ini loh pren.

Beberapa galaksi juga ada yang berbentuk oval dan bulat. Galaksi yang berbentuk oval disebut galaksi bundar panjang (elliptical) pren. Galaksi ini cenderung berisi bintang-bintang yang udah renta pren isinya udah jompo-jompo deh. Cuma sedikit bintang gres yang tercipta disana.

Selain bentuk-bentuk galaksi diatas ada satu lagi bentuk galaksi ynag tidak memeiliki bentuk khusus pren. Iya, jadi ia tuh bentuknya ganentu, gajelas gitu, atau bisa dibilang gaberbentuk nah galaksi ini yang biasa disebut galaksi irregular (bentuknya tidak menentu)

Oke sekian dulu cerita-cerita kita ihwal si bintang dan si galaksi, mudah-mudahan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kau yah pren.

Referensi : ensiklomini pengetahuan popular

0 Response to "Bintang Dan Galaksi"

Total Pageviews